Senin, 28 September 2009

DEMOKRASI

DEMOKRASI:


TEORI DAN AKSI

Materi:



1. Hakikat Demokrasi

2. Demokrasi: Pandangan dan Tatanan Kehidupan Bersama

3. Sejarah Demokrasi

4. Demokrasi di Indonesia

5. Unsur Pendukung Tegaknya Demokrasi

6. Parameter Tatanan Kehidupan Demokrastis

7. Partai Politik dan Pemilu dlm Kerangka Demokrasi

8. Islam dan Demokrasi



Poin-poin



• Makna

Demos (rakyat) & Cratos (kekuasaan)

- goverment of the people

- government by the people

- government for the people

• Unsur:

- Kesadaran akan pluralisme

- Musyawarah

- Cara sejalan dengan tujuan

- Jujur dalam permusyawaratan

- Kebebasan nurani (freedom of consience); persamaan hak dan kewajiban (egalitanianism);

- Trial & error



* Unsur Pendukung Tegaknya Demokrasi

- Negara Hukum

- Masyarakat Madani

- Aliansi Kelompok Strategis



* Parameter Tatanan Kehidupan Demokratis

– Pemilu

– Susunan kekuasaan Negara

– Kontrol Rakyat







* Sejarah >Barat:

-Abad VI SM – IV M – direct demokracy (di Yunani)

- Akhir abad ½ an - Magna Charta (Eropa)

- Pembatasan kekuasaan raja

- HAM lebih penting dari pada kedaulatan raja.

- Abad ke 16 –Renaissance & reformasi > protestanisme

- 1632-1704 – John Loke: Live, leberal, property

- 1689-1744- Montesquien: legislatif, eksekutif, yudikatif (Trias Politica)



• Indonesia

1. 1945-1959 - parlementer

2. 1959- 1965 - terpimpin

3. 1965- 1998 - pancasila

4. 1998-……. – demolrasi HAM secara konsekwen

114 komentar:

  1. nama ;DWI NUR HAYATI
    Nim ; 26.09.3.1.070
    Tarbiyah /pai/1c
    setelah mempelajari maka dapat saya simpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan (civic educatian) perlu diterapkan dalam pendidikan saat ini karena didalammya memuat unsur -unsur substantif melalui model pembelajaran yang demokratis, interaktif, dan humanis. Sehingga peserta didik setelah lu;lus dari pendidikan mampu menjadi masyarakat madani

    BalasHapus
  2. nama : galuh asriani
    nim : 26.09.1.1.004
    DAKWAH DAN KOMUNIKASI (KPI)

    Sesudah membaca apa yang terdapat dalam bab demokrasi saya menyimpulkan bahwa demokrasi dan konstitusi harus sejalan.demokrasi juga masuk dalam pelajaran civic education.kewajiban kita mempelajari sekligas mempraktekan sesuai dengan konstitusi bangsa INDONESIA ,yaitu UUD1945.......demokrasi mungkin secara formal sudah terlaksana,tapi secara subtasional di indonesia belum.

    BalasHapus
  3. Nama : Shella Permata ratri
    Mahasiswi dakwah Prodi BKI
    NIM; 26.09.1.2.008

    menurut pendapat saya, Konstitusi dan Demokrasi harus berjalan seiring karena tanpa konstitusi pemerinthan negara demokrasi tak akan berjalan. kita sebagai bangsa Indonesia, wajib mengetahui dan mempelajari akan civic educati0n itu sendiri agar kita mengetahui apa yang ada pada negara ini. Karena Civic education mengandung unsur-unsur Demokrasi tersebut.

    BalasHapus
  4. nama ;sugeng
    nim ;26.09.11.009
    DAKWAH KOMONIKASI
    Mrnurut saya pemerintah yang menjalankan amanah rakyat lewat pemilu harus dapat menjalankan amanah itu seperti tujuan demokrasi dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat,

    BalasHapus
  5. Mama:shofi puji astiti
    Nim:26.09.1.2.009
    Prodi:BKI
    Assalamualaikum wr.wb
    menurut saya dalam kehidupan masyarakat harus ada demokrasi karena demokrasi mengandung nilai dan prinsip bagaimana seharusnya seseorang berprilaku yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi, dalam kerangka menjaga kepentingan dan kehidupan bersama secara rasional,toleran,adil dan damai.

    BalasHapus
  6. nama : akhry rahmat hermadi
    nim : 26.09.11.002
    dakwah dan komunikasi

    pendapat saya konstitusi dan demokrasi harus dilakukan scr bersamaan karena pemerintahan demokrasi tdk bisa dijalankan tanpa konstitusi

    BalasHapus
  7. nma : akhry rahmat hermadi
    nim : 26.09.1.1.002
    dakwah dan komunikasi KPI

    menurut saya demokrasi harus diterapkan dlm hidup bermasyarakat,karena tujuan demokrasi adalah dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat

    BalasHapus
  8. Nama : purwanti
    Jurusan: JEBI
    Prodi : akuntansi syariah
    Nim : 26.09.5.2.023


    Menurut pendapat saya demokrasi merupakan hal yang penting dalam suatu negara untuk menjalankan suatu sistem pemerintahan yang kedaulatannya berada ditangan rakyat.tiga faktor yang meripakan tolok ukur umum dari suatu pemerintahan yang demokrtis adalah pemerintah dari rakyat,pemerintah oleh rakyat,dan pemerintah untuk rakyat.oleh karena itu demokrasi harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari agar suatu tujuan didalam demokrasi dapat tercapai.akan tetapi ketidakmengertian arti serta makna dari demokrasi sebagai aturan,hukum,dan tatanan ketertiban masih sering kali dipahami oleh sebagian besar masyarakat kita dengan kebebasan untuk berbuat serta bertindak main hakim sendiri,anarki atau abmoral.oleh karena itu pemahaman tentang arti demokrasi itu sangat penting.

    BalasHapus
  9. Romy Bagus P
    JEBI/AKS
    260952024


    Menurut saya sistem pemerintahan demokrasi sudah tepat diterapkan di Indonesia, karena pada hakikatnya demokrasi merupakan peran utama rakyat dalam proses sosial dan politik. Dengan kata lain sistem pemerintahan demokrasi merupakan sistem yang memiliki makna dari rakyat, oleh rakyat, dan nantinya kembali juga pada rakyat. Sebagai contoh, pemilu merupakan sebuah pesta demokrasi dimana rakyat dapat mengapresiasikan suatu keinginannya untuk menuju sistem pemerintahan yang lebih maju.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Hafid Marzuki
    JEBI/AKS
    260952011


    Menanggapi sebuah sistem demokrasi, banyak pengklasifikasikan sistem tersebut, tetapi permasalahan pokok disini adalah bagaimana demokrasi tersebut dapat sesuai dengan pola pemikiran rakyat, sedangkan dalam keadaan realita pemerintah sering bertolak belakang dengan pemikiran rakyat. Padahal konsep demokrasi adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, maka dari itu untuk membentuk sebuah negara yang reliabel dan fleksibel, negara tidak hanya menjalankan demokrasi secara formalitas saja, tetapi juga harus berdasarkan pertimbangan dari aspek substansial dan yuridis.

    BalasHapus
  12. anita sulistyowati
    26.09.5.2.003
    JEBI/ akuntansi syari'ah

    Demokrasi dapat diartikan suatu keadaan dimana negara dalam sistem pemerintahnya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada ditangn rakyat dan kekuasaan oleh rakyat.
    Menurut saya, demokrasi di Indonesia sudah ditetapkan dengan sangat baik, namun dalan penerapannya belun sesuai dengan apa yang dibuat oleh pemerintah Indonesia.
    Memang si...sudah ada beberapa contoh konkret tentang demokrasi,yaitu PEMILU, namun jg masih ada beberapa hal yg masih belum sesuai demokrasi di Indonesia, Y.... semoga saja...pemerintah Indonesia tidak hanya menampung aspirasi rakyat saja...namun jg bisa mempertimbangkan apa yg menjadi aspirasi rakyat Indonesia.

    BalasHapus
  13. NAMA:NINGTYAS
    PRODI:AKUNTANSI SYARIAH

    Asslmkm,
    Menurut saya,proses demokrasi di indonesia sudah cukup baik karena pada hakikatnya demokrasi memiliki prinsip yakni dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat.Prinsip ini dapat ditemukan dalam proses pemilu presiden dimana rakyat memilih sendiri sosok pemimpin yang menurut mereka dapat memberi perubahan dalam terciptanya masyarakat dan negara yang memiliki mutu&kualitas yang terbaik.Tetapi kenyataannya demokrasi di indonesia ini,belum sesuai dengan apa yang saya pikirkan.

    BalasHapus
  14. Nama : DEKA TRI S
    Jur/Prodi : JEBI/AKS
    NIM : 26.09.5.2

    Menurut saya demokrasi dindonesia belum berjalan dengan baik. Why???????????
    dikarenakan dalam proses pemilu ada banyak kecurangan seperti manipulasi kertas suara serta adanya penyuapan sehingga pemilu itu tidak murni,dan mengakibatkan adanya demo di wilayah-wilayah indonesia sebagai dampak dari kecurangan tersebut

    BalasHapus
  15. nama:nur aisyah turriskiyah
    prodi:akuntansi syariah
    nim:26.09.5.2.019

    pada hakikatnya demokrasi tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi(pemilu,suksesi dan aturan mainnya). tetapi harus dilakukan secara santun dan beradab yakni melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan,tekana,dan ancaman dari dan oleh sapapun, ttapi dilakukan secara suka rela,dialogis dan saling menguntungkan. di indonesia sendiri demokrasi hanya sebagai formalitas saja substansi nya sampe skrg masih blum,. dan keberadaan kalangan cendikiawan dan kebebasan pers,aktvis kampus, merupakan kelmpok penekan yang sangat signifikan untuk mewujudkan sistem demokratis dalam penyelengaraan negara dan pemerintahan,. dan diharap kan melalui pendidikan kewarganegaraan ini mahasiswa bisa berpikir cerdas dan kritis,serta penuh solusi dan sadar bahwa mereka punya andil juga dalam demokrasi di negara ini,semagat!!

    BalasHapus
  16. NAMA ;JOKO ARIF SUTRISNO
    NIM ;26.09.1.1.005
    PRODI ;KPI

    konstitusi dan demokrasi harus bersama karena bertujuan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat untuk menjalankan kedua-duanya pemerintah harus menerapkan sistem dengan sebenar-benarnya

    BalasHapus
  17. nama : nurul septiana
    nim : 26.09.5.2.021
    prodi : akuntansi syariah

    menurut saya, demokrasi dan agama masih banyak disalah pahami oleh sebagian masyarakat indonesia, pendidikan demokrasi dimasa lalu menjadi salah sartu penyebab terjadinya keawaman demokrasi. oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang benar pada warga masyarakat tentang demokrasi.

    BalasHapus
  18. nila denicha w
    26.09.5.2.016
    JEBI/AKS

    menurut saya... .demokrasi merupakan sebuah sistem yang memiliki kekuatan yang sangat besar atau sering disebut people power. Dimana rakyat memiliki kekuasaan penuh untuk mengawasi suatu kinerja pemerintahan. Agar pemerintahan tidak bertindak sebagaimana seperti diktator. Jadi intinya adalah demokrasi merupakan sebuah alat kontrol bagi jalannya pemerintahan.

    BalasHapus
  19. NAMA :EVA YUNITA
    NIM :26.09.5.2.009
    PRODI :AKUNTANSI SYARIAH


    Assalamu'alaikum wr wb...

    Menurut saya demokrasi memiliki pengertian suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Demokrasi harus diupayakan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari tetapi harus dilakukan secara santun dan beradab yakni melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan, tekanan dan ancaman dari dan oleh siapapun, tetapi dilakukan secara sukarela, dialogis dan saling menguntungkan. Keberhasilan demokrasi ditunjukkan oleh sejauh manademokrasi sebagai prinsip dan acuan hidup bersama antar warga negara dan antar warga negara dengan negara dijalankan dan dipatuhi oleh kedua belah pihak. Demokrasi di Indonesia belum dilaksanakan secara riil tetapi masih bersifat simbolik dan formalitas saja. Hal ini disebabkan karena Indonesia masih dipengaruhi budaya kerajaan yang feodal sehingga kehidupan demokrasi sulit diterapkan di Indonesia.

    BalasHapus
  20. NAMA : TRI SUHENI
    NIM : 26.09.5.2.029
    PRODI : AKUNTANSI SYARIAH

    Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang berada di tangan rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.
    indonesia merupakan negara demokrasi tetapi dalam pelaksanaan nya belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Demokrasi dapat dikatakan berhasil apabila dalam pelaksanan demokrasi telah sesuai dengan harapan dan keinginan rakyat. pemilu merupakan bentuk dari tatanan demokrasi dapi dalam pelaksanaanya pemilu di Indonesia masih banyak kecurangn - kecurangan.

    BalasHapus
  21. Nama : Sufiari Wulandari
    NIM : 26.09.5.2.026
    Prodi : Akuntansi Syariah

    Menurut saya, Demokrasi di Indonesia sudah cukup baik. Namun masih terjadi pemberontakan dalam hal itu, contohnya saja dalam pemilihan umum yang terjadi ditahun - tahun sebelumnya masih terjadinya kecurangan dalam pemilihan. Banyak yang menyatakan bahwa demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.

    BalasHapus
  22. tiya ari astiwi/akuntansi syariah/26.09.5.2.028

    demokrasi merupakan suatu sistem kedaulatan rakyat,dimana suatu pemerintahan itu dari rakyat,yang dilakukan oleh wakil-wakil pilihan rakyat,dan dilaksanakan dengan kebijakan-kebijakan untuk kesejahteraan rakyat.demokrasi bisa berjalan dengan baik apabila orang-orang mengerti akan makna/esensiyang terkandung dalam demokrasi,dan juga demokrasi itu dapat berdiri bukan karna satu atau dua orang tetapi butuh banyak orang yang mengerti akan hakikat-hakikat dalam demokrasi,baru demokrasi dapat berdiri dengan tegak dan terutama didukung oleh faktor-faktor lain penunjang tegaknya sistem ini.

    BalasHapus
  23. M Yusuf Fauzi
    26.09.5.2.034
    JEBI/Akuntansi Syariah

    Dalam demokrasi di Indonesia telah dilaksanakan dengan bijaksana. Namun masih terjadi kontrofersi dalam demokrasi, seharusnya demokrasi itu oleh faktor-faktor pendukung seperti pemilihan yang tidak dipaksakan banyak yang memaksakan kehendaknya dalam pemilihan. Karena Demokrsi sendiri dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.

    BalasHapus
  24. Nama : Essamsudin
    NIM : 26.09.5.2.008
    Prodi : Akuntansi Syariah


    Assalamu'alaikum
    Demokrasi di Indonesia belum bisa dikatakan seperti slogan "dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakayat". seperti dalam pemilu masih banyak diskriminasi yang dilakukan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab. Seperti money politik (uang suap) masih saja berlaku di negra kita.
    Dengan berkiblat pada ajaran Islam insyaAllah demokrasi akan berjalan lancar.seperti pada zaman rosululloh SAW. dulu.
    Wallahu a'lam bisshowab.
    Wassalam

    BalasHapus
  25. Heri Susanto
    26.09.5.2.012
    JEBI / Akuntansi Syariah

    Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang berada di tangan rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Demokrasi merupakan suatu sistem kedaulatan rakyat,dimana suatu pemerintahan itu dari rakyat,yang dilakukan oleh wakil-wakil pilihan rakyat,dan dilaksanakan dengan kebijakan-kebijakan untuk kesejahteraan rakyat.

    BalasHapus
  26. Muh Istamar BY
    Akuntansi S
    26.09.5.2.015

    Demokrsi memiliki arti suatu keadaan Negara dimana dalam system pemerintahnya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaan rakyat. Demokrasi pada hakekatnya tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi, tetapi harus dilaksanakan secara santun dan beradab yakni melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan, tekanan, dan ancaman dari siapapun, tetapi dilakukan secara sukarela, dialogis dan saling menguntungkan. Untuk meminimalkan unsure-unsur negative demokrasi, partisipasi warga Negara mutlak dibutuhkan. Sebagai Negara yang minim pengalaman berdemokrasi indonesia masih membutuhkan percobaan-percobaan dalam berdemokrasi.

    BalasHapus
  27. Kelompok 2
    Nama :
    1). Syaiful Amri
    2). Syamsiyah Ika N
    3). Syarifah A
    Kelas :1i

    BalasHapus
  28. Demokrasi ialah suatu bentuk kerajaan dimana kuasa menggubal undang-undang dan struktur kerajaan adalah ditentukan oleh rakyat. Dalam sistem demokrasi, undang-undang digubal samada oleh rakyat atau wakil yang dipilih oleh rakyat. Sebuah negara atau kerajaan yang mengamalkan sistem demokrasi adalah dipanggil negara atau kerajaaan yang demokratik.

    BalasHapus
  29. kelompok 5
    kelas 1 H
    BAB DEMOKRASI

    Nama kelompok
    1. sigit triono :26.09.3.1.
    2. siti fatimah :26.09.3.1.245
    3. siti istiqomah:26.09.3.1.246
    4. sosanto :26.09.3.1.

    BalasHapus
  30. Nama :Rona Nafisyah
    Nim :26.09.1.2.007
    Prodi:Bimbingan konseling islam(BKI)

    Menurut saya pemerintahan yang demokrasi itu sangat bagus dan setuju sebab dengan pemerintahan yang demokratis maka aspirasi dari semua rakyat bisa tersalurkan.

    BalasHapus
  31. ahmad riyadi
    akuntansi syariah
    26.09.5.2.001

    setelah saya baca bab 5 menurut saya bahwa demokrasi bukanlah kata benda, tetapi lebih merupakan kata kerja yang mengandung makna sebagai proses. karena itu demokrasi harus diupayakan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  32. MAHMUD ARIFIN
    26.09.5.2.013
    AKUNTANSI SYARIAH



    Assalamu'alaikum.........
    Menurut saya,proses demokrasi di indonesia sudah cukup baik karena pada hakikatnya demokrasi memiliki prinsip yakni dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat.Prinsip ini dapat ditemukan dalam proses pemilu presiden dimana rakyat memilih sendiri sosok pemimpin yang menurut mereka dapat memberi perubahan dalam terciptanya masyarakat dan negara yang memiliki mutu dan kualitas yang terbaik.Tetapi kenyataannya demokrasi di indonesia ini,belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh rakyat.

    BalasHapus
  33. Muh. Addin Ba'tsa
    26.09.5.2.014
    Akuntansi Syariah

    Assalamu'alaikum........
    Demokrsi memiliki arti suatu keadaan Negara dimana dalam system pemerintahnya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaan rakyat. Demokrasi pada hakekatnya tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi, tetapi harus dilaksanakan secara santun dan beradab yakni melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan, tekanan, dan ancaman dari siapapun, tetapi dilakukan secara sukarela, dialogis dan saling menguntungkan.

    BalasHapus
  34. BAB 4

    nama ;joko arif sutrisno
    prodi ;KPI
    NIM ;26.09.1.1.005

    nama ;abdul halim
    prodi ;BKI
    NIM ;26.09.1.2.001

    BalasHapus
  35. nama ;muhammad arif ondang
    prodi ;KPI
    NIM ;26.09.1.1.010

    BalasHapus
  36. nama :sugeng
    nim :26 09 11 009
    nama :M.zeinudin
    nim :26 09 11 006
    Demokrasi;tiori dan Aksi
    Demokrasi :pemerintahan yang berdasar pada pemerintahan dari rakyat ,oleh rakyat ,untuk rakyat ,Unsur-Unsur
    Demokrasio:Prulalisme,Musyawarah,Cara sejalan dengan tujuan,Jujur dalam permusyawaratan,Kebebasan nurani,persamaan dalam hak dan kewajiban,tria end error,Unsur tegagnya demokrasi :Negara hukum ,Masyarakat madani,aliansi kelompok strategis,Parameter tatanan kehidupan demokrasi :Pemili, Susunan kekuasaan Negara ,Kontrol rakya.Sejarah demokrasi :Demokrasi tumbuh pertamakali di yunani dengan asal kata demos -rakyat dan cratos -kekuasaan.Pada abad 6sm -4m Demokrasi sudah di pratekkan di yunani denga sistem demokrasi langsun.demokrasi tumbuh lagi di eropa pada abad pertengahan di tandai dengan piagam Magna charta,pada abad 16 pada masa renainse (PENCERAHA),TH 1632-1704 JON LOKBERPENDAPAT ;LIVE,LIBERAL,PROPERTI ,th 1689-1744 montequies berpendapat : lesgilatif,eksekutif,yudikatif,Demokrasi di indonesia
    sejarah demokrasi :pada th 1945-1959 demokrasi parlementer ,th 1959-1965 demokrasi terpimpin ,th 1965-1998 demkrasi pancasila,1998- demokrasi HAM secara konsekuen

    BalasHapus
  37. saiful rochman
    26.09.5.2.025
    AKS

    menurut pendapat saya, Konstitusi dan Demokrasi harus berjalan seiring karena tanpa konstitusi pemerinthan negara demokrasi tak akan berjalan. kita sebagai bangsa Indonesia, wajib mengetahui dan mempelajari akan civic education itu sendiri agar kita mengetahui apa yang ada pada negara ini. Karena Civic education mengandung unsur-unsur Demokrasi tersebut.

    BalasHapus
  38. nama: novitasari
    nim: 26.09.5.2.018
    prody: akuntansi syari'ah

    menurut saya demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat, oleh rakyat... dan menurut saya Indonesia belum bisa mewujudkan demokrasi

    BalasHapus
  39. menurut saya demokrasi yang baik itu memenuhi aspirasi rakyat....
    pemerintah adalah wakil rakyat bukan boss rakyat....

    BalasHapus
  40. nama : Syaiful sya'ban
    prodi: akuntansi syariah
    nim : 26.09.5.2.027

    menurut saya demokrasi yang baik itu memenuhi aspirasi rakyat....
    pemerintah adalah wakil rakyat bukan boss rakyat....

    BalasHapus
  41. PRODI PAI 1C
    BAB DEMOKRASI

    Nama : Emi Patmawati
    NIM : 26.09.3.1.078

    Nama : Emi Purwanti
    NIM : 26.09.3.1.080

    Nama : Fachrudin Al Anshari
    NIM : 26.09.3.1.087

    Nama : Hana Mutmainah
    NIM : 26.09.3.1.098

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. nama : Intan Sofiana
    kelas: 1c
    nim : 26.10.3.1.085

    menurut saya, demokrasi merupakan sebuah sistem yang memiliki kekuatan besar. dimana kedaulatan berada ditangan rakyat serta rakyat memiliki kekuasaan penuh untuk mengawasi kinerja pemerintah. agar pemerintah tidak bertindak sewenang-wenang. dilihat dari pengertiannya, demokrasi yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. maka, ini perlu diterapkan maupun dilaksanakan agar tujuan dan cita-cita bangsa bisa terwujud.

    BalasHapus
  44. NAMA : Kurnia
    PRODI : PAI
    KELAS : 1c
    demokrasi merupakan sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Tapi kenyataannya saat ini sistem pemerintahan hanya menguntungkan gol atas saja, dan tidak memihak gol bawah. sistem demokrasi sebenarnya sangat cocok dan bagus untuk diterapkan di negara ini,dan sistem ini akan berhasil jika rakyat yang berada didalamnya bertanggung jawab.

    BalasHapus
  45. Nama : Lina Sih Isnawati
    kelas: 1c
    NIM : 26.10.3.1.104

    Menurut saya demokrasi di Indonesia belum dilaksanakan secara real.Diliat dari pengertian demokrasi yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.Namun dalam kenyataannya pemerintah belum melaksanakan sistem demokrasi sebagaimana mestinya.Sehingga,rakyat belum bisa mendapatkan hak-haknya sebagai rakyat.

    BalasHapus
  46. NAMA : hanan nurwati
    kelas :1c
    nim : 26.10.3.1.075

    demokrasi menurut saya adalah suatu sistem pemerintahan yang berada di tangan rakyat dan untuk kemakmuran rakyat. tetapi kenyataan Indonesia saat ini adalah kemakmuran para pejabat tinggi lebih diutamakan lebih daripada kemakmuran rakyatnya.

    BalasHapus
  47. assalamu'alaikum wr.wb.

    ibadu rohmaniyah/pai/1c/26.10.3.1.080

    saya sependapat dengan teman-teman saya bahwa demokrasi saat ini tidak terlaksana sesuai jalur dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat. karena pada saat ini rakyat hanya menjadi penonton, sedangkan pejabat pemerintah yang menjadi lakon. yang berkuasa pejabat, yang menikmati pejabat, yang makmur pejabat. melihat seperti ini, dimana dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat??? lebih cocoknya dari rakyat oleh rakyat untuk pejabat.

    jazakumullah khoiron katsiron

    wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  48. Saudara-saudara mahasiswa ekonomika & bisnis Islam KPS A&B, materi kuliah civic education hari ini adalah tentang Demokrasi: Teori& Aksi. Silahkan Anda pelajari & diskusikan. Bagaimana hasil diskusi atau komentar Anda (individual) tentang materi tersebut, silahkan Anda kemukan di kolom komentar berikut ini. Selamat belajar smoga sukses...

    BalasHapus
  49. NAMA: AN MARISSA AKHADIAH
    JURUSAN: JEBI / PBS A
    NIM: 26.10.5.3.005

    Demokrasi suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintah rakyat dan kekuasaan oleh rakyat.
    Di Indonesia menganut demokrasi,
    tetapi dalam sektor rielnya malah justru aksi aksi rakyat tidak di perdulikan.
    bahkan para pejabat pun enggan mengerti keadaan rakyat yang terseok-seok (alias terpuruk dengan keterpurukan di tambah dengan ulah para pejabat yang semakin menterpurukkan keadaan rakyat).
    ambil contoh : rakyat sekarang sedang tertimpa bencana alam,
    tapi apakah para pejabat mau peduli dengan rakyat??
    kepeduli pejabat saat ini tentu pastinya dengan embel embel politik.
    para pejabat berhamburan datang ke pengungsiaan bencana alam dengan membawa kepartaiannya,
    tidak dengan tulus ingin membantu malah ingin mempromosikan golongan.
    sebagus apapun teori kedaulatan yang di anut suatru bangsa,
    jika para pejabatnya bejat,
    apalah arti dari teori selama ini??
    hanya berbentuk tulisan tanpa perbuatan.
    omong kosong belaka...
    trimakasi..

    BalasHapus
  50. Nama : Nurul Fathinah Al-Abidah
    NIM : 26.10.1.1.020
    Prodi: KPI

    Assalamu'alaikum.......................

    Demokrasi banyak digunakan dan diungkapkan dalam perbincangan sehari-hari. Tapi banyak juga di salah pahami,telah di salah artikan oleh sebagian kelompok dengan sikap dan tindakan anarkis dan sikap merasa pandangan dan berperilaku beragamanya paling benar dan paling sempurna.

    Wa'alaikumsalam Wr.Wb..

    BalasHapus
  51. KELOMPOK 5

    Dedy Prayitno 26.10.1.1.005
    Ginanjar Tri S. 26.10.1.1.009
    Lutfi Rijalul 26.10.1.1.012
    Nuraida Ulfa 26.10.1.1.019
    Nurul Fathinah Al 26.10.1.1.020

    BAB 5 Demokrasi Teori dan Aksi

    Secara etimologis "demokrasi" terdiri dari dua kata yunani yaiti "Demos" yang berarti rakyat atau penduduk suatu tempat dan "cratein" yang berarti kekuasaan atau kedaulatan.
    Demokrasi
    Pandangan dan tatanan kehidupan bersama

    Pertama, kesadaran dan pluralisme. Kedua musyawarah. Ketiga, cara haruslah sejalan dengan tujuan. Keempat, norma kejujuran dalam kemufakatan. Kelima, kebebasam Nurani. Keenam, trial dan eror

    Unsur-unsur pendukung tegaknya demokrasi

    1.Negara Hukum
    2.Masyarakat Madani
    3.Aliasnsi Kelompok Strategis

    Parameter Tatanan Kehidupan Demokratis
    1. Partai Politik
    Merupakan suatu kelompok yang terorganisir dimana angota-anggotanya orientasi nilai dan cita-cita yang sama.
    2. Pemilihan Umum
    Adalah pengejewantahan sistem demokrasi

    BalasHapus
  52. NAMA : Nur Rifa'i
    KELAS : JEBI/PBS A
    NIM : 26.10.5.3.072

    Assalamu'alaikum.wr.wb

    Menurut saya arti demokrasi di negara kita indonesia ini perlu ditekankan n diluruskan lagi karena demokrasi itu dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat,karena banyak sekali dari institusi2 negara kita ini dipimpin oleh pemimipin yang bejat,ngomong doang,janji2 palsu,juga banyak keputusan2nya menyengsarakan rakyat2 kecil,jadi dalam pesta demokrasi sharusnya kita harus bener2 dalam memilih pemimpin kita klu dari semua yg jadi calon menurut kita g ada yg baik sbaiknya kita juga g memilih alias golput,krn golput itu juga wujud dari demokrasi jgn salah & jgn sampai kita kalah dengan uang yg g seberapa nominalnya yang akhirnya kesenngsaraan yg kita dapatkan,

    terimakasieh......

    Wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  53. DEMOKRASI : TEORI DAN AKSI
    KELOMPOK 5
    PAI / 1D

    Masna Sarifah : 26.10.3.1.116
    Muhlisin : 26.10.3.1.129
    Muhtar Khairuddin : 26.10.3.1.130
    Niken Larasati : 26.10.3.1.137

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menurut pakar hukum Moh. Mahfud MD, Demokrasi sebagai asas fundamental dan asas kenegaraan yang esensial. Dari bahasa Yunani "demos" = rakyat, "cratos" = kedaulatan. Sistem pemerintahan kedaulatan di tangan rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat.
    Hakekat demokrasi adalah peran utama rakyat dalam proses sosial dan politik, sebagai landasan hidup bermasyarakat, bernegara dan sebagai pandangan dan tatanan kehidupan bersama (kesadaran akan pluralisme, musyawarah, sejalan dengan tujuan, kejujuran dalam permufakatan, trial-eror, kebebasan nurani dan persamaan hak-kewajiban).
    Unsur-unsur pendukung tegaknya demokrasi (negara hukum, masyarakat madani, aliansi kelompok strategis).
    Kerangka demokrasi (parpol dan pemilu). Parameter tatanan kehidupan demokrasi (pemilu, susunan kekuasaan negara, kontrol rakyat).

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  54. Nama :ISTIQOMAH
    Nim :26.10.1.2.010
    Prodi :BKI

    Assalamu;alaikum...
    demokrasi adl slh satu sistem pyg d pkai bngsa Idonisia.yang mana mempunyai artian scr umum pemerinthn d tngan rakyat.dlm artian masyarakt ikt berprn dlm pemerinthn yg mengungkpkn pendapat scr bebs yg d smpaikan oleh para wakil rakyat.
    yg mana pemernthn tidk bs bertindk semaunya atw diktator.
    akn tettp knp d ngr qt yg mnjd pr wakil rtakyt tik bsa mewakili rkyt.bnyk yg terjd d klngan pra pjbt tdk membrkn hak" rkyt.aknkh indonesia yg demokrasi tp dlk knytaan tdk.
    "BANGKITKAN INDONISIA YANG DEMOKRASI"
    Wassalamu’alaikum……..

    BalasHapus
  55. Noviana Rahayu
    26.10.3.1.142
    1D/PAI

    Demokrasi yang ada di indonesia merupakan demokrasi yang dijiwai dan diintegrasikan dengan sila-sila yang terkandung pada pancasila sebagai dasar negara.Hal itu berarti bahwa hak-hak demokrasi haruslah selalu disertai dengan rasa tanggung jawab kepada Tuhan Yana Maha Esa,haruslah menjunjung tinggi nilai kemanusian sesuai dengan harkat dan martabat manusia haruslah menjamin dan mempersatukan bangsa dan haruslah pula dimanfaatkan untuk mewujudkan keadilan sosial.

    BalasHapus
  56. Nama : Kholifatus Sa'diya
    Nim : 26.10.1.1.011
    Prodi: DK /KPI

    1.jika sustu demokrasi bisa ditegakkan dengan adanya aliensi kelompok strategis, maka sebenarnya apakah aliensi kelompok strategis itu??? dan seperti apakah kelompok strategis yang dibutuhkan????

    2.Pemilu sebagai alat pengejawantahan sistem demokrasi, jadi apakah yang dimaksud dengan pengejawantahan sistem demokrasi itu sendiri????

    BalasHapus
  57. Menurut saya, demokrasi di indonesia belum bisa dikatan sesuai dengan pancasila ataupun berjalan sesuai dengan maksud demokrasi itu sendiri, karena masih banyak penyimpangan2 yang terjadi di negara ini, masih banyak bentuk ketidakprofesionalan seorang wakil rakyat dalam menjalankan kewajiban mereka....
    perlu dipertanyakan tentang proses berjalannya kewajiban para wakil rakyat tersebut....
    terimakasih..

    BalasHapus
  58. asalamu'laiku.....

    nama : septian aji
    nim: 26.10.1.2.020
    prodi :bki

    menurut saya, demokrasi adalah aturan2 yang dibuat oleh rakyat untuk rayat yang di dlmnya terdapat suatu 7an tertentu..di indonesia demokrasi sudah dapat dikatakan berjalan lancar, namun perlu ada pengawasan karena masih adanya penyimpangan2
    contohya :
    1. pejabat dpr yang sering absen rapat pari purna
    2. saat sunami mentawai, gubernur sumatra barat malah ASIK-ASIKAN mengadakan kunjungan....
    3. pejabat dpr mengadakan pemantauan haji d mekah dengan memberangkatkan semua pejabat dpr, ternyata semata2 hanya untuk berhaji GRATIS......

    AH ..... apa kata DUNIA?????? padahal d negara kita sedang di timpa musibah bertibi-tubi....

    sekian terimakasih...
    wassalamu'alaikum.....

    BalasHapus
  59. Nama : Agus Budiyanto
    NIM :26.10.1.1.001
    Prodi : KPI

    Assalamu'alikum
    Demokrasi itu kan keadaan suatu negara dimana sistem pemerintahan berada di tangan rakyat , oleh rayat , dan untuk rakyat.

    Tapi kenapa sampai saat ini msih banyak rakyat yang belum bisa mendapatkan hak mereka .....!!!!!!!!!!
    Tapi justru orang" tertentu yang menguasai pemerintahan yg tidak lagi peduli kpd rakyat..

    " FREEDOM N SAVE OUR RAKYAT "

    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  60. nama: Cahya Sasmi Kurniyasih
    prodi:BKI
    NIM: 26.10.1.2.005
    ..assalamualaykum...
    demokrasi....
    demokrasi itu kan pada hakikatnya/ secara garis besarnya bisa berarti pemerintah yang berdaulat untuk,dari, daan oleh raakyat...
    pemerintah baik dewan parlemen atau para menteri seharusnya mengayomi rakyat dan menyejahterakan rakyat...pemerintahan diselenggarakan dengan sesungguhnya tanpa harus merugikan rakyat....
    saya menilai demokrasi di indobesia masih sangat kurang...dikarenakan kelakuan para dewan di parlemen yang masih sangat memprihatinkan..
    terimakasih..
    wassalamualaykum...

    BalasHapus
  61. Mitayani
    26.10.3.1.120
    1D/PAI

    Istilah demokrasi yang diartikan pemerintahan atau kekuasaan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.Namun pelaksanaan demokrasi pada era reformasi sekarang ini,kurang mendasarkan pada keadilan bagi seluruh rakyat indonesia.comtoh pemilu,memang pemilu dilaksanakan langsung oleh rakyat tetapi setelah itu kepentingan rakyat tidak diperhatikan melainkan untuk kepentingan para penguasa sendiri.Tegaknya suatu sistem demokrasi tergantung pada masyarakatnya harus ada timbal balik yang positif,yaitu rakyat terlibat atau berpartisipasi baik langsung maupun tidak langsung dalam pemerintahan negara dan penguasa wajib mengutamakan kepentingan rakyat.

    BalasHapus
  62. Nur Arifatur Rohmah
    26.10.3.1.146
    1D/PAI

    Demokrasi adalah sebuah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
    Demokrasi juga adalah adalah bentuk pemerintahan politik dimana kekuasaan pemerintahan berasal dari rakyat, baik secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan (demokrasi perwakilan).
    Demokrasi pada dasarnya adalah aturan orang, dan di dalam sistem politik yang demokratis warga mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama di dalam mengatur pemerintahan di dunia publik,dan keputusan berdasarkan suara terbanyak. Di Indonesia, pergerakan nasional juga mencita-citakan pembentukan negara demokrasi yang berwatak anti-feodalisme dan anti-imperialisme, dengan tujuan membentuk masyarakat sosialis.

    BalasHapus
  63. NAMA : Mardhiyaturrositaningsih
    KELAS : KPS A
    NIM : 26.10.5.3.063

    Assalamu’alaikum,,

    Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, Oleh rakyat dan untuk rakyat.Yaitu suatu sistem dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

    Negara Indonesia menganut sistem pemerintahan demokrasi.Walaupun Banyak orang yang tau demokrasi tetapi banyak yang belum mengerti arti demokrasi yang sebenarnya.Bahkan sebagian menyalah artikan arti demokrasi. Dengan melakukan tindakan – tindakan seenaknya sendiri.
    Misalnya Demo disertai kerusuhan.

    Salah satu bukti Negara kita(Indonesia) menganut sistem pemerintahan Demokrasi yaitu pelaksanaan pemilu dimana rakyat ikut berpartisipasi untuk memilih wakil Rakyatnya.

    Menurut saya, dalam kenyataannya sistem demokrasi di Indonesia belum dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan skalanya. Misalnya kesadaran Pluralisme, Kini Perbedaan bahkan dapat memunculkan Perpecahan dan berakibat terjadinya tindakan – tindakan anarkis.

    Wassalamu’alaikum,,

    BalasHapus
  64. nama : rauf abdul jakpar
    NIM :26.10.1.1.022
    Prodi : KPI

    Assalamu'alakum wr.wb.

    komentar saya: demokrasi diartikan pemerintahan atau kekuasaan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

    Yaitu suatu sistem dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

    Salah satu bukti Negara kita(Indonesia) menganut sistem pemerintahan Demokrasi yaitu pelaksanaan pemilu dimana rakyat ikut berpartisipasi untuk memilih wakil Rakyatnya.

    Wassalamu’alaikum,,

    BalasHapus
  65. nama :arif nur rohman
    nim :26.10.1.1.002
    prodi:KPI

    Asalamualaikum,,,,

    menurut saya,
    mewujudkan negara demokrasi harus di awali dari nol.
    contohnya negara indonesia.

    Demokrasi harus dilandasi dengan UUD'45. Bukannya UUD( UJUNG-UJUNGNYA DUIT )
    akakakakakak,,...

    terima kasih, kurang lebihnya saya minta maaf kepada bapak abdul aziz,,,

    wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  66. Novianti Eka Nur Utami
    26.10.3.1.143
    TARBIYAH/PAI/1D

    Assalamu'alakum wr.wb

    Menurut saya,
    Kata demokrasi telah menyatu dalam interaksi dan pergaulan sosial di masyarakat.Dari pengertian umum demokrasi bahwa keadaan negara di mana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat.Sehingga kepentingan rakyat harus lebih didahulukan di atas segalanya.
    Sedangkan impian dan kepentingan rakyat adalah terwujudnya suasana kehidupan yang demokratis.Hal ini bisa terjadi bila mekanisme pemerintahan dapat mewujudkan prinsip-prinsip demokrasi.
    Demokrasi tidak akan datang,tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.Oleh karena itu demokrasi memerlukan usaha nyata setiap warga dan perangkat pendukungnya.
    Sekian dan terimakasih.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  67. Novi Eryani
    26.10.3.1.141
    TAR/PAI/1D
    Assalamu'alakum wr.wb

    Menurut saya,
    demokrasi sekarang sering disalah artikan.Kita ambil contoh sering terjadi main hakim sendiri.Kenapa di indonesia belum melaksnakan makna demokrasi yang sesungguhnya.
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  68. NUNING PRATIWI
    26.10.3.1.144
    PAI / 1 D

    Menurut saya,
    Demokrasi merupakan wujud peran utama rakyat dalam proses sosial maupun politik yang berasaskan prinsip akal sehat dan dialogis. Sekaligus secara konsekwen dan sungguh-sungguh menjamin dan menegakkan HAM serta memberdayakan masyarakat sebagai masyarakat madani. Dengan kata lain demokrasi merupakan suatu wadah bagi rakyat untuk berpastisipasi secara aktif dalam tatanan kehidupan bernegara.

    BalasHapus
  69. NAMA :MAGFIROTUL HASANAH
    NIM :26.10.3.1.112
    KELAS :1D/TARBIYAH

    Assalamu'alaikum wr.wb.......

    Menurut saya,
    Demokrasi pada hakekatnya sebagai pemerintahan di tangan rakyat,rakyat mengandung pengertian tiga hal:pemerintahan dari rakyat,pemerintahan oleh rakyat,dan pemerintahan untuk rakyat.
    Demokrasi pada dasarnya tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi (pemilu dan aturan mainnya),tetapi harus dilakukan secara santun dan beradab yakni melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan,tekanan,dan ancaman dari dan oleh siapapun,tetapi dilakukan secara sukarela,dialogis,dan saling menguntungkan.

    Wassalamu'alaikum wr.wb.....

    BalasHapus
  70. Nama :Mahiro dacolal jannah
    Nim :26.105.3.062
    Prody:kps b
    Demokrasi di indonesia belum sesuai dengan makna demokrasi yang sebenarnya,yaitu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahanya,kedaulatan berada di tangan rakyat,kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa.tetapi di indonesia pemerintahlah yang berkuasa.

    BalasHapus
  71. Nama : Lestiana Ririn Hastutik
    NIM : 26.10.3.1.103
    Kelas: Ic/PAI

    Menurut saya, Demokrasi adalah pemerintahan rakyat, dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. yang berdasarkan Demokrasi Pancasila dan berasaskan kekeluargaan.

    BalasHapus
  72. Nama :Itsniyati marfu'ah
    nim :26.10.3.1.091
    kelas:1C/PAI

    Menurut saya,demokrasi adlh suatu sistem pemerintahan yang bersumber dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat.Dimana dalam pelaksanaannya mengandung unsur2 musyawarah untuk mencapai mufakat demi kemaslahatan bersama.

    BalasHapus
  73. NUR FATMA HENDRAINI
    26.10.1.2.017
    BKI
    ASSALAMU'ALAIKUM.WR.WB
    DEMOKRASI merupakan kebebasan dalam mengutarakan aspirasi yang dimiliki oleh rakyat.Negara yang menganut sistem demokrasi salah satunya adalah Indonesia.yang artinya kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.Namun realita sekarang di indonesia kekuasaan berada di tangan pemerintah.

    BalasHapus
  74. ESPA SUCILA
    26.10.1.2.008
    BKI

    Assalamu'alaikum.wr.wb
    demokrasi dalam arti yang sesungguhnya adalah kekuasaan yang berada di tangan rakyat,dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
    seperti pemilu yang diadakan oleh pemerintah namun dalam aspek yang lain pemerintah berkuasa penuh dalam urusan kenegaraan tanpa memikirkan aspirasi rakyat.

    BalasHapus
  75. LISMAWATI
    26.10.1.2.012
    BKI
    assalamu'alaikum.wr.wb
    demokrasi dalam suatu negara kekuasaan sepenuhnya berada di tangan rakyat. namun, realita yang ada di Indonesia jelas-jelas menganut demokrasi tidak melaksanakan dan mengamalkan arti demokrasi yang sebenarnya.

    BalasHapus
  76. IRENA FITRIANI
    TARBIYAH/1C
    26.10.3.1.086

    Menurut saya demokrasi itu merupakan salah satu dari 3 unsur(demokrasi,Ham,dan Masyarakat Madani)yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalan rangka mewujudkan Indonesia baru yang demokratis dan beradaban. Yang mana dalam tatanan kehidupan demokrasi terkandung nilai dan prinsip bagaimana seharusnya seseorang atau kelompok warga negara dan lenbaga kenegaraan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai demokratis dalam kerangka menjaga kepentingan dan kehidupan bersama secara rasional, toleran,adil dan damai.

    BalasHapus
  77. NAMA : NURI WIJAYANTI
    KELAS : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.073

    Assalamu'alaikum.........
    Menurut sepengetahuan saya demokrasi merupakan kekuasaan rakyat yang artinya dari rakyat,, oleh rakyat dan untuk rakyat.
    dan kedaulatan serta andil besar dalam setiap keputusan ialah berada ditangan rakyat.
    Apabila sistem demokrasi ini diterapkan dalam negara secara benar dan sungguh-sungguh maka akan tentram dan damai sentosa.

    BalasHapus
  78. PUJI LESTARI
    JEBI/KPS-A
    26.10.5.3.074

    Menurut saya,makna demokrasi sebagai tatanan ketertiban,taat aturan dan hukum. Akan tetapi di Indonesia demokrasi masih dimaknai dengan tindakan-tindakan yang jelas-jelas berlawanan dengan makna demokrasi itu sendiri. Maka dari itu, bersandar pada keawaman sebagian masyarakat akan demokrasi ini, pemahaman tentang demokrasi menjadi penting.Demokrasi di Indonesia sebenarnya sudah ada setelah lahirnya era reformasi, akan tetapi belum teraplikasi secara maksimal dalam sistem berkenegaraan.

    BalasHapus
  79. NUR KASANAH
    26.10.1.2.018
    BKI

    Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara indonesia menganut sistem demokrasi. hal ini menunjukkan bahwa bangsa indonesia adalah negara yang beraulat. Dengan adanya demokrasi rakyat dari semua golongan bebas untuk menyampaikan inspirasi, pendapat kepada pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.

    BalasHapus
  80. Bondan Baihaqi
    26.10.5.3.020
    JEBI/KPS B

    Assalamu'allaikum. . . . .
    menurut saya Demokrasi yang telah lama dikenal lama dalam peradaban manusia bahkan sejak abad VI SM, pasilah tetntunya Demokrasi berkembang dari waktu ke waktu, sejalan dengan itu Indonesia yang juga menganut arti penting Demokrasi di dalam Pemerintahannya juga mengalami perubahan mulai dari Demokrasi Parlemen diawal kemerdekaan RI, disusul Demokrasi Terpimpin, Demokrasi Pancasila, hingga Demokrasi di era Reformasiseperti saat ini. Namun dari perkembangan Demokrasi yang di Indonesia, Demokrasi yang ada di Indonesia belum sejalan dengan arti Demokrasi itu sediri yang " Pemerintahan dari Rakyat, Pemerintahan oleh rakyat, dan Pemerintahan untuk Rakyat " ini terbukti dengan berbagai masalah - masalah di Indonesia, sebagai contoh Rakyat masih di jadikan batu lompatan para pejabat negara untuk menduduki tampuk pemerintahan, rakyat belum dipandang sebagai bagian dari subyek pemerintahan, masyarakat belum mampu menyampaikan aspirasinya secara penuh, rakyat hanya seperti dijadikan sapi perah oleh penguasa. contoh yang lain hukum di Indonesia belum berjalan secara transparan atau hukum di Indonesia belum memandang pelaku secara adil, maling negara ratusan milyar disamakan dengan hukuman maling ayam, itu yang perlu ditinjau lagi. dan semoga Demokrasi di Indonesia pada tahun - tahun yang akan datang dapat berjalan sebagaimana mestinya.
    Wassalamu 'allaikum ......

    BalasHapus
  81. Nama : Yanni Utami
    Prodi : jebi (kps A)
    NIM

    Menurut saya Demokrasi merupakan kebebasan untuk berpendapat,kebebasan untuk mengeluarkan suara dan kebebasan untuk memilih,,
    Demokrasi jg merupakan sistem pemerintahan yang berada ditangan rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat
    contoh Demokrasi yaitu pemilu presiden dan kepala daerah karena rakyat bebas memilih secara langsung seorang pemimpin dan juga contohnya lagi para mahasiswa yang turun langsung ke jalan untuk menyuarakan pendapat mereka,maka dari itu Indonesia negeri kita tercinta ini merupakan negara yang menganut sistem Demokrasi.

    BalasHapus
  82. NAMA : NINA KURNIANINGSIH
    NIM : 26.10.3.1.138
    JURUSAN : TARBIYAH/ PAI (kelas 1D)

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Demokrasi adalah sebuah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi juga adalah bentuk pemerintahan polotik dari rakyat, baik secara langsung atau melalui perwakilan. Berbicara mengenai demokrasi adalah memperbincangkan tentang kekuasaan, atau lebih tepatnya pengelolaan kekuasaan secara beradab. Pelaku utama demokrasi adalah kita semua, setiap orang yang selama ini selalu di atasnamakan namun tidak pernah ikut menentukan. Demokrasi pada dasarnya adalah aturan arab, dan di dalam sistem politik yang demokratis warga mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama di dalam mengatur pemerintahan di dunia publik. Sedang demokrasi adalah keputusan berdasarkan suara terbanyak.
    Gagasan pokok atau gagasan dasar suatu pemerintahan demokrasi adalah pengakuan hakikat manusia, yaitu pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan yang sama dalam hubungan sosial. Berdasarkan gagasan dasar tersebut terdapat 2 asas pokok demokrasi, yaitu :
    1. Pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan
    2. Pengakuan hakikat dan martabat manusia
    Ciri-ciri suatu pemerintahan demokrasi yaitu :
    1. Adanya keterlibatan warga negara atau rakyat dalam mengambil keputusan politik, baik langsung maupun tidak langsung atau perwakilan
    2. Adanya persamaan hak bagi seluruh warga negara dalam segala bidang
    3. Adanya kebebasan dan kemerdekaan bagi seluruh warga negara
    4. Adanya pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat

    Demokrasi di Indonesia
    Bisa dikatakan bahwa Indonesia sangat berpotensi menjadi kiblat demokrasi di kawasan Asia, berkat keberhasilan mengembangkan dan melaksanakan sistem demokrasi. Keberhasilan Indonesia dalam bidang demokrasi bisa menjadi contoh bagi negara-negara di kawasan Asia yang hingga saat ini beberapa di antaranya masih di perintah dengan "tangan besi". Indonesia juga bisa menjadi contoh, bahwa pembangunan sistem demokrasi dapat berjalan seiring dengan upaya pembangunan ekonomi. Presiden Indonesia, Susilo Bamban Yudhoyono menerima anugerah medali demokrasi. SBY pun memaparkan panjang lebar perjalanan demokrasi Indonesia. Menurutnya, demokrasi Indonesia merupakan jawaban terhadap skeptisme perjalanan demokrasi di negeri ini. Beliau pun menambahkan bahwa demokrasi di Indonesia menunjukkan Islam dan moderitas dapat berjalan bersama. Meski pada awalnya banyak yang meragukan pelaksanaan demokrasi di Indonesia, kenyataannya demokrasi di Indonesia saat ini telah berusia 10 tahun dan akan terus berkembang. Sebagian orang pernah berpendapat bahwa demokrasi tidak akan berlangsung lama di Indonesia, karena masyarakatnya belum siap. Mereka juga pernah mengatakan bahwa negara Indonesia terlalu besar dan memiliki persoalan yang kompleks keraguan tersebut bahkan menyerupai kekhawatiran yang dapat membuat Indonesia chaos yang dapat mengakibatkan perpecahan. Sementara itu, mantan wakil perdana menteri Malaysia, Anwar Ibrahi, yang turut hadir menyebutkan bahwa demokrasi telah berjalan baik di Indonesia dan hal itu telah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan populasi 4 besar dunia yang berhasil melaksanakan demokrasi. Hal ini juga membuat Indonesia sebagai negara yang berpenduduk Islam terbesar di dunia yang telah berhasil menerapkan demokrasi. Dia juga berharap agar perkembangan ekonomi juga semakin meyakinkan sehingga demokrasi bisa disandingkan dengan kesuksesan pembangunan. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bila demokrasi dapat mencegah korupsi dan penumpukan kekayaan hanya pada elit tertentu.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  83. Annisa Santa Dewi
    26.10.5.3.003
    KPS B

    Setelah membaca bab lima, saya lebih mengerti tentang arti Demokrasi bahwa Demokrasi sangat berpengaruh di dalam kehidupan bernegara, dengan Demokrasi Pemerintahan dapat membuat rakyat diakui (kalau Pemerintahan menggunakan azas demokrasi secara benar ) sebagai subyek yang berpengaruh dalam Pemerintahan, dengan Demokrasi yang berarti, pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, Pemerintahan dapat berjalan sesuai yang dicita - citakan rakyat, dan tidak ada pertentangan antara pemerintah dan masyarakat karena masyarakat sudah puas dengan kebijakan - kebijakanya, dan semoga sistem demokrasi yang semaam ini dapat tumbuh di Negeri kita Indonesia. Amin. . .

    BalasHapus
  84. NAMA : GHULAM FADHLILLAH DARMA PUTRA
    NIM : 26.10.5.3.038
    JURUSAN : JEBI
    PRODI : KPS A


    Menurut saya demokasi sangat penting bagi suatu negara.
    Karena demokrasi merupakan landasan yang baku daam pemerintahan.
    Demokrasi adalah dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat.
    Kita sebagai warga negara perlu menjaga keutuhan demokrasi.
    Agar tercipta suasana yang kondusif serta bisa menyalurkan aspirasi rakyat.
    Sedangkan kita sebagai warga negara wajib menjunjung tinggi aza demokrasi

    BalasHapus
  85. W ABDUL ZAHLIL
    26.10.1.2.022
    DAKWAH / BKI

    ASSLAMU'ALAIKUM ......

    indonesia sebagai negara hukum dan juga negara yang berdaulat dengan sistem pemerintahan yang demokrasi. sebagai warga negaranyapun saya merasa sudah menunaikan kewajiban dan mendapatkan hak, tapi seiring berkembangnya pola kehidupan dan juga pola pikir rakyat indonesia, demokrasi yang seharusnya dijunjung tinggi oleh rakyat tersebut malah justru dijadikan sebagai ajang bisnis ataupun yang lainya (" suara rakyat indonesia dibeli oleh ...." ) padahal gambaran umum tentang demokrasi yaitu dari rakyat ,oleh rakyat dan untuk rakyat.
    dalam hal ini seharusnya kekuasaan sepenuhnya ada ditangan rakyat bukanya sebaliknya , rakyat indonesia yang menyuarakan demokrasi justru malah terjajah oleh demokrsi itu sendiri, seolah -olah demokrasi hanya formalitas belaka , memang demokrasi diindonesia tidak semua ber rpor merah, seperti kebebasan pers,aksi, dll
    menjadi hal yang patut dibanggakan oleh bangsa ini dibandingkan dimasa orde baru
    " apa yang seharusnya dilakukan seorang mahasiswa sebagai kaum terdidik ?, sedangkan yang umumnya dilakukan selama ini hanyalah demo, adakah cara lain yang bisa dilakukan erat kaitanya dengan demokrasi ?

    WASSALAMU'ALAIKUM ......

    BalasHapus
  86. m. abdul. kohar
    dakwah(kpi)

    asslm-ikum.
    "DEMOKRASI"
    Menurut saya, Demokrasi di indonesia belum sesuai dengan makna demokrasi yang sebenarnya, karena di indonesia masih banyak sekali hal2 yang bertentangan dengan demokrasi,
    sungguh bahagianya warga indonesia jikalau sistem demokrasi diindonesia bisa berjalan/terlaksana dengan benar diindonesia, tapi kenapa-ya, kok kata2 "demokrasi" itu lebih cenderung akan "kekerasa & anarkisme"?
    heran saya,,,,,

    BalasHapus
  87. Nama : Fitri Yani
    NIM : 26.10.5.3.036
    Jurusan : Ekonomi dan Bisnis Islam
    Prodi : PBS

    Assalammu'alaikum wr.wb
    Menurut saya,Identitas nasional indonesia yang berbasis pada masyarakat multikultura sangat relevan bagi penegasan kembali identitas nasional bangsa indonesia yang demokratis,inklusif dan toleran dengan tetap mengakar pada identitasnya yang majemuk,sebagai mana relevansi dalamkonsep dasar negara pancasila.Konsep masyarakat multikultural dapat menjadi wadah pengembangan demokrasi dan masyarakat madani serta bisa menjadi modal sosial.Bagi pengembangan model masyarakat multikultural indonesia.

    BalasHapus
  88. Assalamualaikum wr.wb
    Nindyana M Tyas
    26.10.1.2.016
    dakwah/bki

    Menurut saya demokrasi di Indinesia belum terlaksana dengan baik. sebagai contoh
    ketika pemilu suara rakyat sangat dibutuhkan tapi ketika rakyat tidak setuju dengan keputusan pemerintah dan melakukan demo, mengapa suara rakyat sepertinya tidak di gubris, apakah itu yang dinamakan demokrasi??

    BalasHapus
  89. Nama:Defi Fidiastuti
    NIM :26.10.1.2.006

    Assalamualaikum
    Menurut saya demokrasi ialah suatu pendapat yg di berikan rakyat untuk rakyat.seperti contoh;Demokrasi saat pemilihan umum yang ada di indonsia.sudah kita liat seperti pemilihan sebelumya di indonesia demokrasinya msih blum terlaksana karena masih banyak kericuan di mana mana yg berbeda pendapat saat pemutusan pemilihan umum ini di putuskan.

    BalasHapus
  90. Atik Milawati
    26.10.1.1.003
    asssalamualaikum,
    menurut saya demokrasi merupakan suatu masalah yg harus kita tingkatkan agar dapat terwujudnya negara yg adil dan sejahtera.

    BalasHapus
  91. fhera kristina D.
    BKI
    26.10.1.2.009

    MENURUT SAYA
    adanya demokrasi rakyat indonesia bisa bebas mengerluarkan suaranya untuk memilih apa yang dianggapnya benar dan terbaik untuk kehidupan nya.dengan begitu demokrasi tidak akn mati di negara ini

    BalasHapus
  92. Nama: Dian Mayasari
    Prodi : BKI
    NIM : 26.10.1.2.007

    Menurut saya,,,
    Demokrasi mempunyai banyak arti tetapi banyak juga disalah fahami.hmpir smua ngr mnjkan demokrasi sbg azas fundamental krn demokrasi scr eksensial tlh mmbrkan arah bg peranan masy,unk menyelenggarakan negara sbg organisasi tertinggi dlm rkyt lah yg memegang kekuasn tertinggi.demokrasi pd hakekatnya tdk hny6 sbatas plaksanaan prosedur2 demokrasi seperti pemilu,suksesi atu atran2 lain nya,ttp hrus dilaksnakan scr santun dan beradab yaitu mrlalui proses demokrasi yg dilakukan tnp paksaan dari siapapun.
    terima kasih

    BalasHapus
  93. nimas putri
    26.10.1.2.015
    BKI

    assalamu'alaikum wr.wb
    kata demokrasi sdh tidak asing ditelinga bangsa indonesia khususnya. secara gamblang demokrasi menurut pemahaman saya adalah dari,oleh dan untuk rakyat.bicara tentang demokrasi tidak akan jauh dengan kekuasaan.pelaku demokrasi sendiri jga tidak lain adalah kita sendiri,rakyat indonesia.sbgai perbandingan demokrasi di indonesia n di AS,di AS sudah terkenal dg negara yg demokrasi dan membentuk negara yg demikian tidaklah mudah,btuh waktu yg relatif lama utk menciptakan negara yg berdemokrasi.

    sekian terimakasih
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  94. ibadu rohmaniyah
    1c pai tarbiyah
    26.10.3.1.080

    assalamu'alaikum wr.wb

    demokrasi saat ini tidak terlaksana sesuai jalur dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat. karena pada saat ini rakyat hanya menjadi penonton, sedangkan pejabat pemerintah yang menjadi lakon. yang berkuasa pejabat, yang menikmati pejabat, yang makmur pejabat. melihat seperti ini, dimana dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat??? lebih cocoknya dari rakyat oleh rakyat untuk pejabat.

    BalasHapus
  95. NAMA : MILA KHOIRI
    KELAS : PAI 1 D
    NIM : 26.10.3.1.119

    Assalamu'alaikum...
    menurut sepengetahuan saya demokrasi adalah suatu keadaan dimana sistem pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat.
    yang artinya sebagai landasan hidup bermasyarakat dan bernegara demokrasi meletakkan rakyat sebagai komponen penting dalam proses dan praktik-praktik berdemokrasi dan kekuasaan sepenuhnya berada ditangan rakyat.
    ada beberapa unsur penopang tegaknya demokrasi meliputi:
    1. Negara Hukum (rechtsstaat atau the rule of low)
    2. Masyarakat Madani (civil society)
    3. Aliansi Kelompok Strategis.
    apabila sistem ni ditegakkan secara adil dan sungguh-sungguh maka rakyat tidak akan pernah hidup menderita dan bukan hanya orang petinggi yang bisa merasakan indahnya hidup.
    tegakkan keadilan rakyat yang pada hakikatnya kekuasan yang tinggi ialah berada ditangan rakyat.
    wassalamu'alaikum...........

    BalasHapus
  96. Nama ; Muchtar Adhy Pamungkas
    NIM : 26.10.3.1.112
    Kelas : I D
    prodi : PAI
    JURUSAN : TARBIYAH


    Assalamu'alaikum....
    menurut pandangan saya,,demokrasi adalah salah satu komponen penting suatu negara. dan juga dapat diartikan sebagai "kedaulatan dari rakyat,untuk rakyat,oleh rakyat", yang berarti kekuasaan mutlak berada di tangan rakyat.
    sebuah negara tidak akan berdiri tegak tanpa adanya demokrasi
    ALLAHU AKBAR....


    matur nuwun...
    Wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
  97. NAMA: NUR HIDAYAH
    KELAS: PAI 1D
    NIM: 26.10.3.1.147


    Assalamu'alaikum....

    menurut saya demokrasi adalah suatu keputusan politik dimana masyarakat mempunyai kesempatan untuk memutuskan suatu peraturan.Disini negara menjadikan keputusan rakyat sebagai landasan utama kebijakan sebuah pemerintah yang demokratis maka dari itu kita sebagai rakyat harus berfikir panjang dalam memutuskan suatu peraturan.Karena keputusan itu dibuat oleh rakyat dan digunakan oleh rakyat juga.

    BalasHapus
  98. NINDA INDARI
    26.10.3.1.140
    PAI / 1 D

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Menurut saya,
    Masyarakat Indonesia belum sepenuhnya paham tentang makna demokrasi yang sesungguhnya. Hal ini terlihat dari cara mereka menyampaikan aspirasi yang selalu identik dengan tindakan anarkis. Tidak hanya masyarakat yang miskin pengetahuan tentang demokrasi, pemerintah nampaknya juga mengalami hal yang sama. Pada saat Orde Baru, pemerintah bertindak semena-mena dengan adanya pengingkaran dan penyelewengan terhadap nilai-nilai dasar negara Pancasila.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  99. NUR AFNI FAUZIAH
    1D/ pai
    26.10.3.1.145

    demokrasi dmn kita bebas memilih untuk hdp yang lbh baik lg, negara kita katany sudah demokrasi tapi kenyataanya banyak rakyat indonesia blm paham apa arti demokrasi itu sendiri??
    mereka msh banyk yang kesusahan krn ulah pimpinan meereka sendiri,, pemerintah kurang memperhatikan nasib para rakyatny,, padahl di sejumlh daerh msh banyk yang blm paham arti demokrasi,
    mulai dr sekarang pemerintah harus bisa mengubah hdp rakyat kita untuk lebih baik lagi, agar merka tidak di no 2 kan....
    karena biaya yang keluar selama ini kebanyakan dari rakyat indonesia. maka pmpinan jgan hanya cm duduk z,,,,,,

    BalasHapus
  100. nama : nina sulistyawati
    NIM : 261031139
    Kelas : 1D
    Jurusan : Terbiyah /PAI
    Askum...
    menurut saya, Untuk membangun suatu system demokrasi disuatu Negara bukanlah hal yang mudah karena tidak menutup kemungkinan pembangunan system demokrasi di suatu Negara akan mengalami kegagalan. Tetapi yang harus kita banggakan dmokrasi dinegara Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat contahnya dari segi kebebasan, berkeyakinan, berpendapat atau pun berkumpul mereka bebas bergaul tanpa ada batasan-batasan yang membatasi mereka. Tapi bukan berarti demokrasi di Indonesia saat ini sudah berjalan sempurna masih banyak kritik-kritik yang muncul terhadap pemerintah yang belum sepenuhnya bisa menjamin kebebasan warga negaranya. Dalam hal berkeyakian juga pemerintah belum sepenuhnya.
    Waskum...

    BalasHapus
  101. Ngatmini
    26.10.3.1.136
    1D/Tarbiyah-PAI
    Assalamualaikum wr.wb..
    Menurut saya,
    Demokrasi adalah sebuah proses yang terus-menerus merupakan gagasan dinamis yang terkait erat dengan perubahan. Jika suatu Negara mampu menerapkan kebebasan, keadilan, dan kesejahtraan dengan sempurna. Maka Negara tersebut adalah Negara yang sukses menjalankan system demokrasi sebaliknya jika suatu Negara itu gagal menggunakan system pemerintahan demokrasi maka Negara itu tidak layak disebut sebagai Negara demokrasi. Oleh karena itu kita sebagai warga Negara Indonesia yang meganut system pemerintahan yang demokrasi kita sudah sepatutnya untuk terus menjaga dan memperbaiki, melengkapi kualitas-kualitas demokrasi yang sudah ada.
    Wa'alaikumsalam wr.wb..

    BalasHapus
  102. Nur Laili Fauziah
    1D
    Tarbiyah/PAI
    Assalamualaikum...
    saya berpendapat bahwa demokrasi di Indonesia menunjukkan Islam dan moderitas dapat berjalan bersama. Dan terlepas dari goncangan hebat akibat pergantian 4 kali presiden selama periode 1998-2002, demokrasi Indonesia telah menciptakan stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Selain itu, Indonesia juga telah berhasil menjadi sebuah negara demokrasi terbesar di dunia dan melaksanakan pemilu yang kompleks dengan sangat sukses.
    Wassalamualaikum...

    BalasHapus
  103. Nama : Kristianto
    NIM : 26.10.3.1.099
    Kelas : PAI / 1C

    Assalamualaikum,
    Mengenai demokrasi ini sudah diatur sejak awal oleh para pendiri bangsa kita mengingat sejak awal berdirinya bangsa indonesia merupakan bangsa yang majemuk sesuai semboyan bhineka tunggal ika, kemudian untuk mempersatukan kita maka dipilihlah sistem demokrasi dengan wujud nyata diadakannya pemilu, meskipun dalam perjalanan sejarah terjadi beberapa kali perubahan sistem demokrasi. Dalam pancasila sila ke-4 terkandung hikmah permusyawaratan untuk mencapai mufakat dalam memecahkan segala persoalan. Parpol sebagai wadah aspirasi rakyat dapat dijadikan sarana dalam mendidik bagaimana cara berdemokrasi secara benar dan menghindarkan dari perbuatan yang bersifat anarki.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  104. nama;jahid imam
    jurusan Bki
    NIM:26.10.1.2.011
    assalamualikum menurut saya bahwa demokrasi itu memamng di indonesia ini kurng bgitu bagus karena bisa dilihat dari rakyat unutk rakya oleh rakyat hanya sebagai simbol
    trimaksih

    BalasHapus
  105. Nama : Masruroh
    NIM : 26.10.3.1.117
    Kelas : 1D/PAI

    Assalamu'alaikum
    menurut saya Demokrasi adalah sebuah kebebasan. Baik kebebasan dalam berfikir,berpendapat dll. Tapi dalam Demokrasi harus ada sebuah aturan untuk mengikat agar tetap mengindahkan hak dan kewajiban orang lain. sehingga tetap terjalin masyarakat yang harmonis.

    BalasHapus
  106. Nama :Muchtar syaifudin
    NIM :26.10.3.1.123
    Kelas :1D
    Prodi :PAI

    Ass.
    saya sangat setuju dengan pendapat Abraham Lincoln yang mengatakan bahwa demokrasi adalah pemerintahan itu berada di tangan rakyat,untuk rakyat, dan oleh rakyat.
    Konsep demkrasi lahir pada abad ke-6 SM sampai abad ke-4 SM di Yunani Kuno. Kemudian yang ingin saya tanyakan adalah faktor apa yang menyebabkan munculnya konsep demokrasi ????????
    Makasih.....
    Wass..

    BalasHapus
  107. Nama :mukhlis adi nugraha
    NIM :26.10.3.1.131
    Kelas:1D PAI



    assalamu'alaikum
    menurut saya demokrasi itu kebebasan berpendapat,kebebasan dalam mengeluarkan dan memberikan inspirasi untuk kemajuan Negara . kemudian bagaimanakah sikap kita dalam berpendapat yang memberi manfaat.dan cara mengeluarkan suara rakyat yang mungkin tidak begitu diperhatikan pemerintah..? mana mungkin negara Demokrasi akan maju ,jika masyarakat yang berpendapat tidak diterima !!!!!

    terimakasih.. wassalamu'alaikum ..

    BalasHapus
  108. NAMA :IKA AMBARINI
    KELAS :TARBIYAH PAI 1C
    NIM :26.10.3.1.082

    MENURUT saya DEMOKRASI adalah suatu kebebasan yang berasal dari rakyat,untuk rakyat dan oleh rakyat.namun kebesasan itu belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat,apalagi rakyat rakyat kecil yang tertindas kehidupannya.
    terima kasih...

    BalasHapus
  109. nama:hanifah cahya m
    nim:261031076
    kelas:1c/pai

    menurut saya,demokrasi yaitu suatu kebebasan untuk mengeluarkan pendapat kita ttg masalah yang ada di negara kita maupun dunia sesuai dg fikiran kita....dg cara yang bijaksana...

    terimakasih...


    nama:khoirul annisa
    nim:261031098
    kelas:1c

    menurut saya DEMOKRASI adalah pendapat rakyat untuk ralyat yang berarti kompomem penting dalam siatu negara yang juga bisa di artikan suatu kebebasan berpendapat untuk memajukan negara itu sendiri.
    terimakasih

    BalasHapus
  110. nama:M.Miftah M
    kls:1c

    Menurut saya demokrasi adalah suatu pemerintahan yang berasal dari rakyat,untuk rakyat, dan oleh rakyat. Maka setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya.

    BalasHapus
  111. nama:M.Sodik nuransori
    kls:1c

    Menurut saya demokrasi adalah suatu konstitusi yang terdapat pada suatu negara yang membolehkan rakyatnya untuk mengemukakan aspirasinya secara umum, secara bebas dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  112. Nama:Jevi Gusmiati
    Nim:26.10.5.3.051
    Jur./prodi:JEBI/KPS A

    Assalamualaikum
    Mengenai demokrasi ini sudah diatur sejak awal oleh para pendiri bangsa kita mengingat sejak awal berdirinya bangsa indonesia merupakan bangsa yang majemuk sesuai semboyan bhineka tunggal ika, kemudian untuk mempersatukan kita maka dipilihlah sistem demokrasi dengan wujud nyata diadakannya pemilu, meskipun dalam perjalanan sejarah terjadi beberapa kali perubahan sistem demokrasi. Untuk membangun suatu system demokrasi disuatu Negara bukanlah hal yang mudah karena tidak menutup kemungkinan pembangunan system demokrasi di suatu Negara akan mengalami kegagalan. Tetapi yang harus kita banggakan dmokrasi dinegara Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat contahnya dari segi kebebasan, berkeyakinan, berpendapat atau pun berkumpul mereka bebas bergaul tanpa ada batasan-batasan yang membatasi mereka.
    Dalam pancasila sila ke-4 terkandung hikmah permusyawaratan untuk mencapai mufakat dalam memecahkan segala persoalan. Parpol sebagai wadah aspirasi rakyat dapat dijadikan sarana dalam mendidik bagaimana cara berdemokrasi secara benar dan menghindarkan dari perbuatan yang bersifat anarki.Tapi bukan berarti demokrasi di Indonesia saat ini sudah berjalan sempurna masih banyak kritik-kritik yang muncul terhadap pemerintah yang belum sepenuhnya bisa menjamin kebebasan warga negaranya.
    Wasalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  113. NAMA:ISNA NURUL LATIFAH
    KELAS:1C
    PAI

    Menurut pendapat saya demokrasi memiliki dampak bagi pemerintah dan rakyatnya sehingga demokrasi harus di atur sedemikian rupa,demi terciptanya negara berdaulat


    NAMA:LULUK HAMIDAH D
    KELAS:1C
    PAI

    Menurut pendapat saya,demokrasi merupakan dampak yang menunjang akan terciptanya negara yang berdaulat dan terjadinya keterpemimpinan yang akurat

    BalasHapus
  114. NAMA MUHAMMAD AFFAN A.
    KELAS 1C
    PAI

    Saya berpendapat bahwa demokrasi memang tepat untuk mengatur indonesia.tetapi lebih baik lagi jika menerapkan hukum islam.

    BalasHapus