Senin, 28 September 2009

Pendahuluan

1. Pendidikan demokrasi di Indonesia



2. Istilah CE:

a. Civics

b. Civic Education

c. Citizenship

d. Citizenship Education



3. Pengertian:

Pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis, dengan menanamkan kesadaran kepada generasi baru bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yang paling menjamin hak-hak warga masyarakat.



4. Kompetensi

a. Standar Kompetensi:

- Menjadi warga negara yang cerdas & berkeadaban

b. Kompetensi Dasar:

- Pengetahuan Kewargaan (civic knowledge)

- Sikap Kewargaan (civic dispositions)

- Keterampilan Kewargaan (civic skills)

c. Tujuan:

- Membangun karakter bangsa.



5. Ruang Lingkup:

a. Demokrasi

b. HAM

c. Masyarakat Madani (civil society)


6. Paradigma: Demokratis

Orientasi yang menekankan pada upaya pemberdayaan mahasiswa sebagai bagian warga negara Indonesia secara demokratis.



7. Urgensi:

Salah satu cara untuk mengembangkan cultur demokratis berkeadaban.

119 komentar:

  1. assalamualaikum wr.wb
    Nama ;faisal riza
    kelas; 1c
    NIM ; 26.09.3.1.089


    menurut saya Tujuan civic education adalah partisipasi yang bermutu dan bertanggung jawab dalam kehidupan politik dan masyarakat baik ditingkat lokal, maupun nasional. Hasilnya adalah dalam masyarakat demokratis kemungkinan mengadakan perubahan sosial akan selalu ada, jika warga negaranya mempunyai pengetahuan, kemampuan dan kemauan untuk mewujudkannya. Partisipasi warga negara dalam masyarakat demokratis, harus didasarkan pada pengetahuan, refleksi kritis dan pemahaman serta penerimaan akan hak-hak dan tanggung jawab. Partisipasi semacam itu memerlukan (1) penguasaan terhadap pengetahuan dan pemahaman tertentu, (2) pengembangan kemampuan intelektual dan partisipatoris, (3) pengembangan karakter atau sikap mental tertentu, dan (4) komitmen yang benar terhadap nilai dan prisip demokrasi. Dan bagian pendahuluan Civic Education memberdayakan warganegara untuk dapat membuat pilihan yang bijak dan penuh dengan kesadaran dari berbagai alternatif yang ditawarkan, memberikan pengalaman-pengalaman dan pemahaman yang dapat memupuk berkembangnya komitmen yang benar terhadap nilai-nilai dan prinsip yang memberdayakan sebuah masyarakat bebas untuk tetap bertahan.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum wr.wb cayo pak
    Nama ;Gigih aditya
    kelas ;1c
    NIM ; 26.09.3.1.096

    Menurut saya pada bab pendahuluan ini merupakan penjelasan yang lebih lanjut terhadap bab -bab yang lainnya dan wajib diikuti dan di terapkan oleh mahasiswa. Dan Civic Education bukan hanya meningkatkan partisipasi warga negara, tetapi juga menanamkan partisipasi yang berkompeten dan bertanggungjawab dan kompeten harus didasarkan pada perenungan, pengetahuan dan tanggung jawab moral.Pendidikan yang bersifat demokratis, harus memiliki tujuan menghasilkan tujuan menghasilkan lulusan yang mampu berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dan mampu mempengaruhi pengambilan keputusan kebijakan publik. Dengan kata lain, pendidikan harus mampu menanamkan kesadaran dan membekali pengetahuan kan peran warga dalam masyarakat demokratis.Pada bab pendahuluan ini menerangkan 3 bab yang penting antara lain demokrasi,HAM,dan masyarakat madani.

    BalasHapus
  3. nama = eko parwanto
    NIM = 26.09.3.1.077
    jurusan = tarbiyah

    assalamu'alaikum.wr.wb
    menurut saya, pembukaan civic education ini sangat bermanfaat sekali. karena di dalamnya sudah diterangkan secara detail dan jelas, apalagi diterangkan oleh bapak. lebih-lebih lagi, di adakan diskusi secara kelompok, hal ini lebih menjelaskan apa yang telah terkandung didalam pendahuluan,.
    terima kasih pak Abdul Aziz, karena telah memberikan banyak ilmu kepada kami. muda-mudahan pengorbanan bapak mendapat pahala disisi Allah SWT,amiin...
    tetap semangat pak, doakan kami agar menjadi orang yang berguna bagi masyarakat, bangsa, maupun negara, amiin..
    sukses slalu buat pak Abdul AZiz,..
    wasssalaamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  4. nama:habib miftakul falaah
    kelas :1c
    nim:26.09.3.1.097

    assalamualaikum.wr.wb
    menurut saya bab pendahuluan sangat penting karena membuat mahasiswa untuk mempersiapkan diri ke pelajaran berikutnya.dalam bab pendahuluan ada 3 bab yang penting yaitu demokrasi,ham,masyarakat madani.untuk menciptakan persiapan kepada para mahasiswa dalam mempelajari bab berikutnya pendahuluan juga sangat penting untuk menerangkan bab-bab berikutnya.semoga kita semua dapat meraih apa yang menjadi yang dicita-citakan.sukses ya pak.
    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  5. Nama :Dwidar manto
    kelas:1C
    Nim :26.09.3.1.069

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Menurut saya pendidikan kewarganegaraan/disebut juga dengan Civic education sangat penting,karna pendidikan civic education merupakan bekal dan pengetahuan yang penting untuk membangun sebuah negara yang ber keadaban,berkarakter dan masyarakat yang berfikir kritis dan bertindak demokrasi.Civic Education membarikan pengetahuan dan pengertian tentang bagaimana membangun negara yang berkadaban maka dari itu diperlukan keterlibatan semua pihak untuk mendukung seluruh komponen akademik ,staf karyawan dan pimpinan dan pserta didik yang aktif dan berfikir kritis.Wassalam Wr .Wb.

    BalasHapus
  6. nama; fifi fitriana
    kelas;1c
    nim;26.09.3.1.092

    assalamualaikum wr.wb.

    menurut saya bab pendahuluan sangat bagus untuk diketahui oleh para mahasiswa untuk mempersiapkan materi materi yang akan dipelajari dan yang akan dipresentasikan. supaya tidak kacau dibelakang, dan pendidikan civic education dangat penting dipelajari supaya bisa mencetak generasi yang benar benar mampu.berkualitas,peka terhadap perkembangan jaman, dan mampu mengubah tatanan masyarakat menjadi lebih baik..

    makasih pak dah berbagi ilmu....

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  7. assalam'ualaikum WR. WB
    Nama :Emi Purwanti
    jurusan :Tarbiyah/pai
    kelas :1c
    NIM :26.09.3.1.080

    Menurut saya tujuan pembelajaran civic education bagi mahasiswa supaya berkembangnya potensi agar menjadi manusia yang berakhlak mulia berbudi pekerti baik dan menjadi manusia yang bertanggung jawab di negara yang demokrasi,selain itu juga membentuk mahasiswa yang kritis dan berpartisipasi dalam kehidupan bernegara,sehingga mahasiswa menjadi mahasiswa berperan penting dalam masyarakat. di bab pendahuluan ini mengenalkan tentang Demokrasi, Hak asasi manusia dan Masyarakat madani.
    Sekian dari saya terima kasih
    wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  8. menurut saya civic education sangat penting bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. civic education sebagai wadah dan media pembangunan karakter dan bangsa yang berkeadaban untuk mewujudkan tujuan pendidikan yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa dan bertanggungjawab. civic lebih fungsional bagi peserta didik dengan menghadapkan mereka kepada lingkungan atau kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum wr.wb........

    nama:dyan pratiwi
    nim:26.09.3.1.073
    jurusan: tarbiyah
    prodi: pai 1C

    Comment untuk bab pendahuluan:

    Menurut saya pada bab pertama ini menerangkan pengertian dan materi-materi civic education secara umum yang kemudian akan diterangkan pada bab-bab selanjutnya yang lebih spesifik dan lebih menyeluruh....
    subbab-subbab yang diterangkan dalam
    dalam bab ini meliputi:
    -Pengertian civic education
    -Konsep dasar civic education
    -Tujuan civic education
    -Ruanglingkup civic education
    -paradiga civic education
    -Urgensi civic education

    penertian dari civic education itu sendiri adalah pendidikan kewarganegaraan yang dijadikan sebagai wadah dan instrument untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri danmenjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

    Dari pengerian diatas dapat kita ketahui bahwa materi civic education sangat penting dipelajari dan direalisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar tercipta warganegara yang berwawasan dan sadar akan keadaan kehidupan negaranya...


    demikian commentdari saya,

    wassalamu'alaykum wr.wb.......

    BalasHapus
  10. Nama: Fitri Nur Hasanah
    NIM : 26.09.3.1.093
    Kelas: 1C

    Assalamu'alaykum Wr.Wb

    Menurut saya, Civic education merupakan pendidikan yang harus diketahui oleh semua kalanga masyarakat, khususnya mahasiswa. Kenapa mahasiswa, yaitu karena mahasiswa merupakan calon penerus-penerus wakil rakyat di masa yang akan datang. serta diharapkan dapat melahirkan mahasiswa yang cerdas, aktif, kritis, dan demokratis. Sehingga cita-cita dalam berbangsa dan bernegara dapat terwujud, yakni suatu masyarakat yang madani, menjunjung tinggi HAM serta berasaskan demokrasi.
    Wassalamu'alaykum Wr.Wb.

    BalasHapus
  11. assalamualaikum.Wr.Wb.
    nama:elsa dewi.k.
    kelas:1C
    nim:26.09.3.1.078
    menurut saya bab pendahuluan ini sangat berguna bagi kita semua.disi sudah di jelaskan secara detai l tentang apa itu pendidikan demokrasi,tujuannya,ruang lingkupnya.maka dengan ini semua mahasiswa dapat memehai dengan jelas apa itu pendidikan nasional dan tujuan dari pendidikan itu sebenarnya pendidikan.dan bisa diterapkan dalam kehidupan di masyarakat.dan dengan diadakan pembelajaran kelompok dalam kelas ini dapat membuat mahasiswa menjadi aktif..

    BalasHapus
  12. nama:dwiariyani
    prodi/kelas:pai/1c
    nim:26.09.3.1.067
    bab pendahuluan sebagai pengantar untuk menuju bab-bab selanjutnya,setelah mempelajari bab ini dapat kita simpulkan bahwa civic education adalah studi tentang pemerintahan dan kewarganegaraan yang terkait dengan kewajiban,hak dan hak-hak istimew wrga negara yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis,dan bertindak demokratis.

    BalasHapus
  13. bagi saya civic education itu dlam setiap pendidikan menempatkan peserta didik sebagai subjek aktif pendidik sebagai mitra peserta didik dalam proses pembelajaran. sebagai upaya pembelajaran yang diarahkan agar peserta didik tidak hanya mengetahui sesuatu melainkan dapat belajar untuk menjadi manusia yang bertanggungjawab sebagai individu dan makhluk sosial serta belajar untuk melakukan sesuatu pengetahuan yang dimilikinya.

    BalasHapus
  14. Gemala C,PAI,1c
    Bab pendahuluan Civic Education berisi tentang apa saja yg akan dipelajari di CIVIC EDUCATION, demokrasi&HAM adalah hal yg sangat penting dan semua WN harus mengerti dan paham betul tantang hal-hal tersebut,wajar jika mahasiswa&WN harus menguasai semua yg ada dalam Civic education,Bab pendahuluan memberikan gambaran&motivasi untuk memppelajari lebih dalam Civic Education,Jika Mahasiswa dan WN mampu memahami dan mengamalkan smua yg ada pd Civic Education maka dipastikan Indonesia akan menjadi lebih dewasa dan menjadi negara demokrasi yg sesungguhnya,dimana HAM dijunjung tinggi dan kehidupan Masyarakatnya teratur dan lancar.

    BalasHapus
  15. bagi saya civic education penting untuk pendidikan masyarakat. tujuan dari civic education itu sendiri adalah bagaimana menjadikan warga negara yang cerdas dan baik serta mampu mendukung keberlangsungan bangsa dan negara. konsep warga negara yang cerdas dan baik tentunya amat tergantung dari pandangan hidup dan sistem politik negara yang bersangkutan.

    BalasHapus
  16. nama : erni ruhayati
    nim : 26.09.3.1.084
    kelas : 1c
    jurusan : tarbiyah
    prodi : pai
    assalamualaikum wr.wb.
    setelah mempelajari bab pendahuluan ini saya mengerti bahwa mempelajari civic education sagatlah penting bagi kehidupan kita sebagai warga negara Indonesia, karena di dalam nya terdapat tatacara kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan bukan hanya di mengerti saja melainkan juga di realisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta kehidupan :
    yang demokrasi, HAM setiap warga terjamin
    dan masyarakat madani........
    dan sebagai mahasiswa kita di tuntuk agar berfikir kritis dan bertindak demoratis....

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    nama :Farikhah putri solihati
    jurusan :tarbiyah/PAI
    Kelas/NIM :1C/26.09.3.1.091

    Menurut saya civic education(pendidikan kewarganegaraan) adalah salah satu mata kuliah yang sangat penting bagi mahasiswa karena dengan adanya matakuliah ini dapat menjadikan mahasiswa yang kritis bertindak demokratis, menanamkan kesadaran kepada generasi baru tentang kesadaran bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yangpaling menjamin hak-hak warga masyarakat dan berpartisipasi dalam bernegara
    agar menjadi manusia yang memiliki rasa kebanggaan dan rasa cinta terhadap tanah air. dan semoga tujuan itu semua menjadi nyata amiiiin........
    Wassalamu'alaikum Wr.wb.

    BalasHapus
  18. Nama: Hana Mutmainah
    Kelas :1c
    NIM: 26.09.3.1.098
    Assalamu'alaikum wr.wb.

    Menurut saya, civic education adalah pendidikan kewargaan untuk menjadikan warga negara yang cerdas, aktif, demokratis, dan berkeadaban. Diharapkan pendidikan kewargaan ini peserta didik tidak hanya sekedar mengetahui pengetahuan tentang kewarganegaraan tetapi juga mampu menjadi warga negara yang memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan didalam masyarakat dan menjadi change agent bagi masyarakatnya serta mampu melakukan proses pembelajaran diri dalam kehidupan nyata.
    GOOD LUCK Mr.ABDUL AZIZ
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  19. Nama : Ervina Wulandari
    Kelas : 1c
    Prodi : PAI
    NIM : 26.09.3.1.085
    Setelah mempelajari bab pendahuluan kita dapat mengetahui pengertian, kompetensi dasar, ruang lingkup,dan tujuan civic education. ADapun tujuannya adal;ah mendidik untuk berpikir kritis dan bertindak demokrasi.Bab pendahuluan juga mengantarkan kita untuk memahami bab-bab civic education selanjutnya.Demikian komentar saya, terima kasih

    BalasHapus
  20. nama:eny sri hastuti
    nim:26.09.3.1.082
    jurusan:pai/1c

    menurut saya pengertian civic education adalah ilmu tentang hubungan seseorang dengan orang lain dalam suatu perkumpulan.
    dalam mempelajari civic education banyak sekli keuntungannya antara lain dapat membentuk kecakapan partisipatif,menjadikan kita cerdas aktif kritis dan demokratis dan kita juga dapat mengembangkan kultur demokrasi yang berkeadapan.

    BalasHapus
  21. Nama :HARI CAHYONO
    Nim :26.09.3.1.099
    kelas :1c
    assalamualaikum wr.wb

    menurut saya tentang ilmu civic educatoin (kenegaraan )adalah suatu ilmu yang sangat penting untuk di pelajari karena dengan adanya ilmu civic education seorang dapat mengetaui betapa pentingnya arti suatu negara bagi kehidupan, karena dengan mempelajari ilmu ini seseorang dapat mengetahui bagai mana caranya menjadi warganegara yang baik dan seseorang juga dapat mengetahui bagaimana cara memimpin suatu negara yang adil dan beradap atau negara yang baik maka dari itu pantaslah seseorang mempelejari atau mengajarkan ilmu civic education ini kepada seluruh warga negara indonosia.
    wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  22. nama:dwi astuti
    nim:26.09.3.1.068
    kelas:1c

    Assalamu'alaikum.wr.wb,
    Menurut pendapat saya, dari tujuan pendidikan kewarganegaraan merupakan pembelajaran mata kuliah yang dielaborasikan melalui cara pembelajaran yang demokratis, partisipatif,dan aktif sebagai upaya serta persyaratan utama berkembangnya masyarakat madani. Dengan ini civic education dapat membangun karakter bangsa.
    Wassalamu'alaikum.wr.wb.

    BalasHapus
  23. assalamu'alaikum
    Nama:Erli Puspita Dewi
    NIM:26.09.3.1.083
    Prodi:PAI 1C

    Menurut pendapat saya pendidikan kewarganegaraan yang berkeadapan yaitu 1. meningkatkan gejala dan kecenderungan political illiteracy, tidak melek politik dan tidak mengetahui cara kerja demokrasi dan lembaga-lembaganya dikalangan warga negara. 2. meningkatkan political apathism(apatisme politik) yang ditunjukan dengan sedikitny a keterlibatan warga negara dalam peroses_proses politik. pendidikan kewargaan adlh salah satu upaya oenyemaian budaya demokrasi yang yang tidak bisa diabikan olehbangsa yang memiliki komitmen kuat menjadi lebih demokratis dan berkeadaban.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  24. nama = etika kurniawati
    NIM = 26.09.3.1.086
    tarbiyah/PAI 1C

    bahwa pendidikan kewargaan merupakan wadah aktualisasipraktik demokrasi melalui pendidikan yang bertujuan menanamkan kesadaran kepada masyarakat akan HAK, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga ngara agar masyarakat mampu melakukan perubahan didalam masyarakat mengenai prinsip-prinsip dalam kehidupan bermasyarakat.

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum wr.wb
    Nama : Farida Nur'aini
    Kelas : 1c
    Nim : 26.09.3.1.090
    Jurusan : Tarbiyah

    Menurut pendapat saya pelajaran tentang kewarganegaraan (civic education) lebih fungsional bagi para peserta didik dengan menghadapkan mereka kepada lingkungan atau kehidupan sehari-hari (sosial, ekonomi, politik, dan sebagainya), baik berskala lokal maupun internasional.dan bertujuan untukmempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis ,melalui aktivitas menanamkan kesadaran kepada generasi baru tentang kesadaran bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yang paling menjamin hak-hak warga masyarakat. .

    BalasHapus
  26. Nama: Endang Estorina
    kelas : 1c
    NIM : 26.09.3.1.081

    Assalamu'alaikum wr.wb.

    Dari bab pendahuluan ini saya dapat lebih memahami dan mengerti apa itu pendidikan kewarganegaraan.menyadari pentingnya serta ingin mengapresiasikan pentingnya pendidikan kewarganegaraan,dan yang terahir ingin merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
    sebagaimana kenyataan, bahwa sampai saat ini pun jumlah masyarakat indonesia masih mayoritas awam terhadap pendidikan,termasuk didalamnya pendidikan kewarganegaraan,yang seharusnya setiap warga negara harus memahami apa itu arti kewarganegaraan.bagi saya pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dalam artian membebaskan warga negara yang masih awam terhadap pendidikan dari belenggu keawamannya.
    besar harapan saya, setelah lulus nanti bisa menjadi warga negara yang memiliki berbagai kemampuan untuk menciptakan perubahan dalam masyarakat sekitar,umumnya bagi masyarakat indonesia.amin..
    wassalamu'alaikum wr.wb.
    GOD BLESS YOU AND ME.

    BalasHapus
  27. nama :DWI NUR HAYATI
    Nim :26.09.3.1.070
    Tarbiyah/pai/ic
    Setelah mempelajari maka saya dapat menyinpulkan bahwa pendidikan kewargnegaraan perlu diterapkan dalammodel pembelajaran saat ini karena di dalamnya memut unsur-unsur substansi melalui model pembelajaran yang demokratis, interaktif dan humanis. Sehingga peserta didik setelah lulus dari jalur pendidikan formal (sekolah) dapat menjadi warga negara yang madani.

    BalasHapus
  28. Nama :Syarifah Anwar
    Nim :26.09.3.1.269
    Kelas:1i

    Menurut pendapat saya, Negara Indonesia merupakan Negara hukum dan mempunyai UUD. Namun kenyataannya Indonesia belum menjadi Negara yang baik karena rakyatnya masih banyak yang belum sejahtera, hukum belum ditegakkan, sistem pemerintahan belum sepenuhnya terlaksana, penyelewengan UUD masih terjadi.
    Oleh sebab itu pemerintah harus menegakkan hukum dan menyejahterakan rakyatnya.

    BalasHapus
  29. nama :Uswatun Khasanah
    nim :26.09.3.1.282
    kelas :1i PAI

    Menurut saya...negara harus menjamin keamanan dan kenyamanan prosees penyaluran aspirasi warga negara melalui penyediaan fasilitas-fasilitas publik yang berfungsi sebagai wadah untuk mengontrol negara, selain memberikan pelayanan publik yang profesional .

    BalasHapus
  30. Nama :Umi salamah
    Nim :26.09.3.1.280
    Kelas :PAI 1i

    Memurut saya, kehadiran sebuah negara menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari. Negara diartikan sebagai organisasi tertinggi diantara kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup dalam satu kawasan dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat.

    BalasHapus
  31. Nama : Rifqi Miftahush Shobirin
    NIM : 26.09.3.1.214
    KLS :PAI 1 G

    Menurut pendapat saya, mengenai mata kuliah civic education ini merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis, dengan menanamkan kesadaran kepada generasi baru bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yang paling menjamin hak-hak warga masyarakat.
    tetapi juga menanamkan partisipasi yang berkompeten dan bertanggungjawab dan kompeten harus didasarkan pada perenungan, pengetahuan dan tanggung jawab moral.Pendidikan yang bersifat demokratis, harus memiliki tujuan dan mampu menghasilkan lulusan yang berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dan mampu mempengaruhi pengambilan keputusan kebijakan publik.

    BalasHapus
  32. Rendi H
    1G / TAR/ PAI

    Menurut saya, civic education itu juga sangat diperlukan dalam pendidikan di Indonesia. karena dengan perkembangan pola berfikir dan kebebasan berpendapat, Civic education memberikan ruang untuk perkembangan tersebut tetapi juga sekaligus memberi batasan-batasan terhadap kebebasan. jika tidak adanya batasan-batasan tersebut, maka generasi muda ini akan terlalu jauh tersesat bahkan bisa dikatakan akan berakibat rusaknya bangsa Indonesia.
    Negara Indonesia adalah negara Hukum yang dimana segala sesuatunya ada aturannya dan konstitusi itu sendiri saya anggak sangat penting dalam suatu negara. karena konstitusi mengatur wewenang dari pemerintah dan juga melindungi hak-hak rakyat. tq

    BalasHapus
  33. nama: siti lestari

    Perubahan konstitusi merupakan keharusan dalam sistem ketatanegaraan suatu negara, karena bagaimanpun konstitusi haruslah sesuai dengan ralitas kondisi bangsa dan warga negaranya. Dengan kata lain, bahwa sifat dinamis suatu bangsa terhadap setiap peradaban harus mampu diakomodasi dalam konstitusi negara tersebut. Karena jika tidak, maka bukan tidak mungkin bangsa dan negara tersebut akan tergilas oleh arus perubahan peradaban itu sendiri.

    BalasHapus
  34. Nama : SEPTY SILANINGRUM
    NIM : 26.09.3.1.237
    TARBIYAH / PAI 1 H


    Menur pendapat saya konstitusi harus ada dlm suatu negara itu karena merupakan suatu bagian yang terkait dan saling membutuh kan.
    dengan kata lain konstitusi itu sangat penting.
    tanpa adanya konstitusi masyarakat akan semena - mena dengan pemerintah dan negara.

    BalasHapus
  35. menurut saya!
    Demokrasi memiliki arti suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahanya kedaulatan ditangan rakyat,untuk rakyat dan kekuasaanya berada ditangan rakyat, jadi tdk heran jika demokrasi itu sendiri bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat unt berfikir kritis dan bertindak demokratis untuk mencapai hak-hak rakyat itu sendiri.

    BalasHapus
  36. nama : sETYO pAMBUDI
    kelas : 1H
    TARBIYAH PAI

    menurut saya!
    Demokrasi memiliki arti suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahanya kedaulatan ditangan rakyat,untuk rakyat dan kekuasaanya berada ditangan rakyat, jadi tdk heran jika demokrasi itu sendiri bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat unt berfikir kritis dan bertindak demokratis untuk mencapai hak-hak rakyat itu sendiri.

    BalasHapus
  37. nama : siti lestari
    kelas : 1 H
    nim : 26.09.3.1.247
    menurut saya....
    konstitusi perlu ada...diindonesia,karena konstitusi sebagai keseluruhan dari peraturan-peraturan tertulis,maupun tidak tertulis...yang mengatur bagaimana,suatu pemerintahan yang diselenggarkan dalam suatu masyarakat.

    BalasHapus
  38. nama : echwan hadi
    kelas ; 1c
    ass.wr,wb
    menurut saya ruanglingkup civic education adalah persatuan dan kesatuan masyarakat indonesia dan bangga menjadi warga negara indonesia, kemudian akan tercipta suasana saling mengingatkan tentang aturan-aturan yang ada di negara, ketika semua ini bisa tercipta maka negara akan makmur.

    BalasHapus
  39. saya Shella dari dakwah BKI smt.1 nim: 26.09.1.2.008

    menurut saya konstitusi sangat perlu dalam negara. Karen oknum Indonesia perlu adanya aturan-aturan yang berdasarkan hukum agar tak hanya hidup seenaknya saja tapi,haruslah terikat pada aturan.

    BalasHapus
  40. Nama:Aida Tiara
    Nim: 26.09.1.1.001
    Prodi:KPI

    assalamu'alaikum ww

    menurut saya,
    konstitusi sangat penting untuk pembentukan Negara. Tidak hanya negara indonesia, bahkan negara lain pun memerlukannya. karena konstitusi adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur bagaimana suatu pemerintahan dalam negara.

    BalasHapus
  41. Nama: Aida Tiara
    Nim:260911001
    Prodi:KPI

    assalamu'alaikum ww.

    menurut saya,
    konstitusi sangat penting untuk pembentukan negara. Tidak hanya negara indonesia ,bahkan negra lainpun memerlukannya karena konstitusi adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan tertulis maupun tidak tertulis , yang mengatur bagaimana suatu pemerintahan dalam negara.

    BalasHapus
  42. nama:ningtyas
    prodi:akuntansi syariah
    nim:26.09.05.2.017

    assalamu'alaikum

    menurut saya,
    dalam pembangunan negara dan warga negara yang demokratis.konstitusi sangatlah penting.namun demikian tidak ada jaminan adanya konstitusi yang demokratis akan melahirkan sebuah negara yang demokratis.hal ini disebabkan dengan adanya penyelewengan atas konstitusi oleh penguasa yang otoriter.maka dari itu,agar nilai-nilai demokrasi tidak diselewengkan maka pertisipasi warga negara dalam menyuarakan aspirasi perlu ditetapkan didalam konstitusi untuk ikut berpartisipasi dan mengawal proses demokrasi pada sebuah negara.

    BalasHapus
  43. Nama: Rizki Yuni Fajar Wati
    NIM: 260911008
    Prodi: KPI

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Menurut saya konstitusi di negara Indonesia sangatlah penting, karena Indonesia merupakan negara demokrasi yang mempunyai undang undang dan peraturan, Peraturan tersebut ada yang tertulis maupun tidak tertulis.
    karena itu warga indonesia diharapkan wajib mentaati peraaturan yang berlaku.

    BalasHapus
  44. nama:mhammad zainuddin
    NIM:26.06.1.1.06
    jurusan: dakwah
    prodi: KPI

    menurut saya konstitusi sangatlah penting dalam kehidupan bertata negara,dan dapat membatasi pemerintah dalam melakukan hak wewenang pemerintah dalam suatu pekerjaannya,konstitusi juga dapat manjamin hak-hak rakyat jika konstitusi tidak ada maka negara akan berpecah belah

    BalasHapus
  45. Nama:Muhammad Zainuddin
    NIM:26.06.1.1.06
    jurusan:Dakwah/KPI
    menurut pendapat saya Demokrasi merupakan sistem dan nilai yang mendukung peradaban tinggi,melindungi mereka yang minoritas dan berpendapat berbeda dari kelompok mayoritas,mempersatukan beragam arah kecenderungan kekuatan-kekuatan bangsa dan mengubah ketercerai-beraian arah masing-masingkelompok menjadi berputar bersama-samamenuju arah kedewasaan,kemajuan dan integritas bangsa

    BalasHapus
  46. Nama:Pundat Marjono
    NIM:
    jurusan:Dakwah.BKI
    Demokrasi menyamakan semua derajat manusia sama yang berhak dan berkewajiban sebagai sarana membangun negeri yang adil dan cerminan masyarakat madinah kala itu

    BalasHapus
  47. nama:nur wachida setyaningsih
    prodi:akuntansi syariah
    NIM :260952020

    KONTITUSI merupakan seperangkat aturan main dalam kehidupan bernegara yang mengatur hak dan kewajiban warga negara dan negara,kontitusi suatu negara biasanya di sebut dengan UUD,Dalam pembangunan negara dan warga negara yang demokratis keberadaan kontitusi sangatlah penting.Dengan kata lain kontitusi demokratis lahir dari negara yang demokratis namun demikian tidak jaminan adanya kontitusi yang demokratis akan melahirkan suatu negara yang demokratis.

    BalasHapus
  48. nama:asih puji lestari
    prodi :akuntansi syariah
    NIM :26.09.5.2.005

    Konstitusi merupakan peraturan yang harus ada dalam suatu negara,karena untuk membatasi hak dan kewajiban seluruh rakyat dalam negaranya.Tanpa konstitusi entah mau jadi apa negara kita.Misalnya,di indonesia Konsitusinya berupa undang-undang dasar 1945.Yang isinya semua tentang hal-hal dalam kehidupan bernegara,agar tidak terjadi kesewenang-wenangan para penguasa.

    BalasHapus
  49. Nama: Aida Tiara SAri
    NIM :26.09.11.001
    Prodi :KPI

    assalamu'alaikum wr.wb...

    menurut pendapat saya, Demokrasi bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat untuk berfikir kritis dan bertindak demokratis untuk mencapai hak-hak rakyat itu sendiri. DAn kita sebagai rakyat harus bisa memanfaatkan adanya demokrasi di negara ini, karena sistem pemerintahannya ditangan rakyat, untuk rakyat, dan kekuasaan berada ditangan rakyat.

    BalasHapus
  50. Nama : novitasari
    NIM : 26.09.5.2.018
    JEBI
    AKS

    Assalamu'alaikum wr. wb........................
    demokrasi menurut pendapat saya adalah suatu pemerintahan yang sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat.
    pertanyaan saya apakah demokrasi benar-benar sudah tercipta untuk Negara Indonesia?
    terimakasih

    BalasHapus
  51. Muh Istamar BY
    Akuntansi S
    26.09.5.2.015

    Demokrsi memiliki arti suatu keadaan Negara dimana dalam system pemerintahnya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaan rakyat. Demokrasi pada hakekatnya tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi, tetapi harus dilaksanakan secara santun dan beradab yakni melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan, tekanan, dan ancaman dari siapapun, tetapi dilakukan secara sukarela, dialogis dan saling menguntungkan. Untuk meminimalkan unsure-unsur negative demokrasi, partisipasi warga Negara mutlak dibutuhkan. Sebagai Negara yang minim pengalaman berdemokrasi indonesia masih membutuhkan percobaan-percobaan dalam berdemokrasi

    BalasHapus
  52. Nama :Asih Puji Lestari
    NIM :26.09.5.2.005
    Akuntansi Syari'ah

    Menurut saya,Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang menjunjung tinggi kepentingan rakyat.Jadi rakyat mempunyai hak dalam menentukan nasip bangsa.misalnya,dalam pemilu.Rakyat secara langsung mempunyai hak memilih sesuai dengan apa yang ingin dipilihnya.Tanpa paksaan dari orang lain.Menurut saya sistem pemerinyahan ini sangat bagus,tidak bertindak hanya sesuai dengan keputusan petinggi negara.intinya demokrasi adalah dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat.

    BalasHapus
  53. menurut saya, HAM di negara Indonesia ini sudah menyebar luas di berbagai negara khususnya Indonesia. maka sebagai warga negara yang baik hendaknya saling menghargai perbedaan pendapat yang telah menjadi pedoman seseorang, dengan saling menghargai maka akan tercipta masyarakat yang aman, danmai dan sejahtera. banyak HAM yang harus kita ketahui, misalnya "menurut pasal 3-21 DUHAM, hak personal, hak legal, hak sipil,dan politik: diantaranya hak untuk hidup, kebebasan dan penghambaan. hak atas satu bangsa, hak untuk menikah dan membentuk keluarga, dll. adapun hak ekonomi, sosial, dan budaya diantaranya hak atas jaminan sosial,hak untuk bekerja, hak atas pendidikanm dll. untuk menjaga pelaksanaan HAM dilakukan melaluiproses pengadilan HAM melalui tahap-tahap penyelidikan, penyidikan, dan penuntunan. pengadilan HAM merupakan pengdilan khusus yang berada dilingkungan pengdilan umum. mari kita junjung tinggi HAM di Indonesia.

    BalasHapus
  54. NAMA : HARI CAHYONO
    NIM : 26.09.3.1.099
    KELAS : 1C

    OTONOMI DAERAH DALAM KERANGKA NKRI


    ASSALMUALAIKUM Wr.Wb

    menurut saya otonomi daerah adalah suatu langkah/cara pemerintah yang tepat karena dengan adanya otonommi daerah diharapkan akan mempercepat pertumbuhan dan pembangunan daerah di indonesia. akan tetapi pertumbuhan dan pengembangan daerah tidak akan terlaksana tanpa adanya peran dari daerah tersebut dan juga peran dari pemerintah dan ada juga sesutu persyaratan yang harus ada dalam hal ini salah satunya adalah pemerintah daerah harus kreatif nah kita sebagai warga negara indonesia harus ikut serta dalam hal inisupaya program ini dapat berjalan dengan lancar dan baik.
    ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

    BalasHapus
  55. nama= eko parwanto
    nim= 26.09.3.1.077
    jurusan= tarbiyah.
    menurut saya, HAM di negara Indonesia ini sudah menyebar luas di berbagai negara khususnya Indonesia. maka sebagai warga negara yang baik hendaknya saling menghargai perbedaan pendapat yang telah menjadi pedoman seseorang, dengan saling menghargai maka akan tercipta masyarakat yang aman, danmai dan sejahtera. banyak HAM yang harus kita ketahui, misalnya "menurut pasal 3-21 DUHAM, hak personal, hak legal, hak sipil,dan politik: diantaranya hak untuk hidup, kebebasan dan penghambaan. hak atas satu bangsa, hak untuk menikah dan membentuk keluarga, dll. adapun hak ekonomi, sosial, dan budaya diantaranya hak atas jaminan sosial,hak untuk bekerja, hak atas pendidikanm dll. untuk menjaga pelaksanaan HAM dilakukan melaluiproses pengadilan HAM melalui tahap-tahap penyelidikan, penyidikan, dan penuntunan. pengadilan HAM merupakan pengdilan khusus yang berada dilingkungan pengdilan umum. mari kita junjung tinggi HAM di Indonesia.

    BalasHapus
  56. Nama: Fitri Nur Hasanah
    NIM: 26.09.3.1.093
    Tarbiyah/PAI/1C

    HAM (Hak Asasi Manusia) merupakan hak yang dimiliki oleh setiap manusia yang merupakan pemberian dari Tuhan sejak lahir. Akan tetapi dalam pelaksanaannya harus disesuaikan dengan nilai-nilai lokal yang ada sehingga HAM yang ada disetiap negara berbeda-beda.
    Sejarah HAM di Indonesia dimulai sejak berdirinya NKRI.
    HAM dalam sudut pandang agama Islam terdapat dalam Alquran maupun Hadis, yang berisi tentang hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan (GENDER).

    BalasHapus
  57. nama: eko nurfais
    kelas: 1c
    jurusan : tarbiyah

    Menurut saya HAM merupakan suatu hak dasar yang dimiliki manusia yang merupakan anugrah dari Tuhan yang maha kuasa. setiap orang berhak/ bebas melakukan apapun yang sesuai kehendaknya, namun dalam melaksanakan haknya tersebut kebebasan seseorang dibatasi oleh kebebasan orang lain.jadi yang dimaksud HAM bukanlah kebebasan yang sebebasnya, tetapi merupakan kebebasan yang bertanggung jawab.dengan kata lain kita bebas melakukan apapun yang kita ingikan tapi kita juga harus mampu menghormati hak-hak orang lain yang ada di sekitar kita.

    BalasHapus
  58. nama = elsa dewi kustati
    nim = 26.09.3.1.078
    jurusan = tarbiyah

    menurut saya HAMdi negara Indonesia haruslah kita junjung, karena dengan HAM tersebut kita bisa bebas berpendapat tentang sesuatu. diantara HAM yang ada dinegara Indonesia, antara lain: hak untuk hidup dengan layak, hak pendidikan, hak merdeka, dan masih banyak lagi HAM yang ada. mak itu sebagai warga negara yang baik hendaknya berusaha untuk senantiasa menghargai pendapat orang lain, karena bebas berpendapat juga termasuk HAM. semua orang mempunyai HAM, maka salinglah menghargai antara sesama manusia, agar tercipta hidup yang aman, tentram, dan harmonis.

    BalasHapus
  59. DYAN PRATIWI
    26.09.3.1.073
    TRBIYAH PAI 1C

    Assalamu'alikum wr wb

    Coment bab HAM:

    Menurut sya,Hak asasi manusia adalah hak-hak dasar yang melekat pada setiap manusia yang merupakan pemberian dari Tuhan YME yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, hokum, pemerintah, dan semua orang..
    meski seseorang berhak untuk melalkukan apapun sesuai kehendak dan kemauannya, namun dalam hal tersebut ia dibatasi oleh kewajiban untuk tidak melanggar hak oranglain.
    jadi dalam memanfaatkan hak asasi yang kita miliki, kita juga harus memerhatikan hak orang lain dan tidak boleh mengganggunya.
    selain itu hak merupakan suatu yang didapat dari pelaksanaan sebuah kewajiban.maka sebelum menuntut hak,kita harus memenuhi kewajiban terlebih dulu.....

    demikian coment dari sya,,,

    wassalamu'alikum wr wb

    BalasHapus
  60. Nama:Dwi Ariyani
    NIM:26.09.3.1.067
    Tarbiyah/PAI/1C

    Hak Assi Manusia adalah Hak dasar yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia sejak lahir.Akan tetapi dalam penggunaannya,kita juga harus memperhatikan hak-hak manusia yang lainnya.Dengan kata lain dalam mempergunakan Hak ini tidak boleh sewenag-wenang karena keberadaanya dibatasi oleh hak-hak manusia lainnya.

    BalasHapus
  61. Nama:Etika kurniawati
    NIM:26.09.3.1.086
    Tarbiyah/PAI/1C


    HAM/Hak Asasi Manusia adalah suatu seperangkat hak yang melekat pada manusia yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Esa.Yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi.Akan tetapi dalam pelaksannan hak ini harus diseimbangkan dengan kewajiban manusia itu.dalam islam manusia itu diletakkan pada posisi yang sangat mulia dan di dalam alquran telah disebutakn bahwa manusia itu adalahmakhluk yang paling sempurna dan harus dimulikan.Islam menekankan hak kepemilikan harus memiliki nilai sosial dan harta kekayaan harus diortientasikan untuk kesejahteraan umat manusia

    BalasHapus
  62. nama : Susi susanti
    NIM : 26.09.3.1.265
    Jurusan : Tarbiyah / PAI

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Coment bab Good and Clean Governance
    Good and clean governance merupakan suatu tata kelola pemerintah yang baik dan bersih denga adanya transparansi disegala bidang. Yang bertujuan untuk mewujudkan pemerintah yag bersih dan berwibawa dengan melandaskan segala sesuatunya dengan prinsip-prinsip yang telah ada, serta mekanisme pengelolaan negara yang dilakukan secara terbuka. Hal ini untuk mengikis atau mengurangi budaya korupsi, yang mengakibatkan dampak buruk yang terjadi di Negara dan Warganegara yang menanggungnya.

    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  63. Nama:Syarifah A
    Kelas:1i/PAI
    Nim:26.09.3.1.269

    Assamu'alaikum wr.wb

    comment Good & clean Gocernance
    Good & clean Gocernance adalahsuatu tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dengan adanya transparasi di segala bidang. telah dilakukan banyak cara untuk menciptakan Good & clean Gocernance. di perguruan tingi telah diajarkan Good & clean Gocernance tetapi kenyataannya pada saat pemerintahan saat ini masih banyak pelanggaran2 yang dilakukan oleh pejabat tinggi seperti, korupsi dan penyelewengan prinsip2 Good & clean Gocernance.

    BalasHapus
  64. Nama: Wahyu Nurma Gunita
    NIM : 36.09.3.1.287
    Kls : PAI/1I

    Assalamu'alaykum..

    Menurut saya.. Hak Asasi Manusia adalah hak yang mendasar.. hak yang valid dan tidak dapat diganggu atau pun digugat.. setiap orang harus menghargai dan menghormati hak asasi orang lain.. hak asasi juga harus dijunjung tinggi agar tercapai keadilan.. karena pada dasarnya.. hak asasi tiap orang itu sama..

    Wassalam..

    BalasHapus
  65. Nama : Wahyu Nurma Gunita
    NIM ; 26.09.3.1.287
    Kls : PAI/1I

    Assalamu'alaykum Wr.Wb..

    Pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya.. mengayomi..melindungi.. dan menjaga keamanan masyarakat..menjunjung tinggi nilai moral dan keadilan.. tidak memandang suku, ras, atau jabatan dalam kasus-kasus hukum..

    Wassalamu'alaykum wr.wb..

    BalasHapus
  66. Nama:Syamsiyah Ika Nurhayati
    Kelas:1i/PAI
    Nim:26.09.3.1.268


    Assamu'alaikum wr.wb
    Coment bab Good and Clean Governance

    Kepemerintahan yang baik dan bersih adalah salah satu bentuk kepemerintahan yang dinantikan oleh semua negara. Namun dalam kenyataannya, pelaksanaan kepemerintahan yang baik dan bersih belumlah berjalan dengan sempurna. Dalam kepemerintahan yang baik dan bersih, perlu adanya Transparasi dalam segala bidang pemerintahan. Sehingga dengan adanya transparasi tersebut, dapat meminimalisirkan tindak korupsi.
    Selain itu pemerintah juga seharusnya memaksimalkan pelayanan publik terhadap masyarakat, sehingga masyarakat bisa menaruh kepercayaan terhadap pemerintah.

    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  67. Good & clen governance adalah sesuatu yang sulit diwujudkan,tetapi itu bukanlah sesuatu yang mustahil ada pada negara kita jika kita dapat mengikis budaya korupsi , dan memperbaiki moralitas pejabat dan aparatur pelayanan pubik. Mari kita berjuang bersama- sama untuk Indonesia yang lebih baik.

    BalasHapus
  68. good & clean governance adalah sebuah pemerintahan yang didambakan oleh nagara indonesia, namun pada kenyataanya Indonesia belum bisa mencapai itu. Penyebab yang paling menonjol adalah tingginya korupsi yang menduduki peringkat 111 diatas Vietnam, tradisi ini telah ada sejak awal berdirinya negara Indonesia dan mungkin tradisi ini tidak bisa dihapuskan, bahkan menurun pada sektor swasta. Menurut saya, supaya tercapai good & clean governance pemerintah harus benar-benar menjalankan prinsip-prinsip pokok good &governanace dan menjatuhkan hukuman mati kepada para korupsi.Sehingga masyarakat lebih ringan bebannya.

    BalasHapus
  69. Nama :Emi patmawati
    NIM :26.09.3.1.079
    Kelas :1C

    Hak asasi manusia adalah suatu hak yang melekat pada manusia, tidak ada unsur paksaan. Dengan adanya hak asasi ini manusia bebas untuk menentukan atau memilih segala sesuatu. Contohnya : kita bebas untuk memilih agama yang kita yakini.

    BalasHapus
  70. nama:erni ruhayati
    NIM :26.09.3.1.084
    kelas :1c
    jurusan : tarbiyah
    prodi : PAI


    hak asasi manusia/HAM adalah suatu seperangkat hak yang melekat pada manusia yang di berikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Esa yang harus di hormati, di junjung tinggi, dan dilindungi oleh hukum, pemerintah, dan siapa saja. tetapi hak-hak yang telah di berikan ini harus diimbangi dengan pelaksanaan-pelaksanaan kewajiban dan juga tidak mengganggu kebebasan orang lain. jadi sebelum menuntut hak kita harus melaksanakan kewajiban kita terlebih dahulu baik terhadap pemerintah juga kepada orang lain.......

    BalasHapus
  71. Nama:Dwi Astuti
    NIM :26.09.3.1.068
    Kelas:1c/Tarbiyah

    Menurut saya pengertian HAM sangatlah luas.Dari pendapat para ahli,demikian ini dapat disimpulkan bahwa Hak Asasi Manusia sangatlah melekat pada setiap manusia, yaitu hak-hak yang mendasar, bersifat dasar, dan hak pokok sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.Manusia sendiri memiliki kebebasan atau dengan kata lain hak tersebut seperti hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pengakuan, hak bergerak dll.Dengan adanya hak-hak tersebut manusia bisa merasakan dan menikmati karunia dari Tuhan Yang Maha Esa.Tetapi, hak tidak bisa dipisahkan dari kewajiban.Keduanya harus saling mengimbanginya.Kebebasan dibatasi oleh kewajiban seseorang untuk menjaga hak orang lain untuk memperoleh kenyamanan.

    BalasHapus
  72. Nama : Ervina Wulandari
    Kelas : 1C
    NIM : 26.09.31.085

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Menurut saya hak asasi manusia adalah Hak-hak yang melekat pada setiap manusia,yang dianugerahkan oleh Allah YME.Dengan diberikannya hak bukan berarti manusia bisa bertindak seenaknnya.Tuntutan hak harus diimbangi dengan pelaksanaan kewajiban.Selain itu,HAM harus dilindungi oleh hukum, negara,dan pemerintahan agar HAM orang-orang yang lemah tidak diinjak-injak oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan.

    BalasHapus
  73. nama : WULAN YUNIARFI
    kelas : PAI / 1i
    nim : 26.09.3.1.289

    bicara mengenai good governance memang sesuatu yang sangat sulit untuk diwujudkan. setiap negara di mana pun pasti akan ada sedikit banyak cacat mengenai pemerintahannya. dan salah satu ketidaksuksesan good governance adalah adanya korupsi dan kkn. untuk itu perlu adanya kerjasama antara warga negara dan negara dalam memberantas itu semua. dan perlu adanya pula kontrol diri dari individu, masyarakat, dan negara agar terwujud good governance.

    BalasHapus
  74. Wahid Purnama
    1i
    26.09.3.1.285
    Menurut saya tata kelola kepemerintahan di Indonesia belum dilaksanakan dengan baik dan bersih karena di Indoneseia masih banyak kasusu suap-menyuap dan kaorupsi, baik itu dilakukan oleh pejabat pemerintahan atau oleh rakyatnya sendiri. oleh karena itu pemerintah dan rakyat Indonesia harus bekerja sama dengan baik untuk mewujudkan pemerintahan Indonesia yang baik dan bersih.

    BalasHapus
  75. TRIASTANTO
    1I
    26.09.3.1.76
    KOMENTAR SAYA TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH MENISCAYAKAN ADANYA TRANSPARANSI DI SEGALA BIDANG. HAL INI UNTUK MENGIKIS BUDy KORUPSI YANG MENGAKIBATKAN TERJADINYA KEBBOCORAN DALAM ANGGARAN. PENGGUNAAN UANG NEGARA UNTUK KEPENTINGAN INDIVIDU ATAU GOLONGAN DAN BUKAN UNTUK KEPENTINGAN KESEJAHTERAAN RAKYAT.

    BalasHapus
  76. ZAINUDIN APRIYANTO
    1I
    PENDAPAT SAYA TENTANG TATA KELOLE KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH ADALAH UNTUK MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BERSIH DAN BERWIBAWA SESUAI DENGAN CITA-CITA NEGARA INDONESIA. DALAM PENGELOLAAN NEGARA HARUS SECARA TERBUKA DAN TRANSPARAN, MISALNYA DALAM PENGANGKATAN TENAGA BARU, KEKAYAAN PEJABAT, KEAMANA DAN KETERTIBAN, DAN KEBIJAKAN STRATEGIS UNTUK PENCERAHAN KEHIDUPAN MASYARAKAT.

    BalasHapus
  77. TRIO HANDOKO
    1I
    KOMENTAR SAYA PEMRINTAH YANG BERSIH ADALAH PEMERINTAH YANG BERSIH DARI KKN, MENJUNJUNG DEMOKRASI DAN HAM, SERTA MENJALAN PEMERINTAHAN SECARA PROFESIONAL DAN AKUNTABEL UNTUK KEPENTINGAN RAKYAT.

    BalasHapus
  78. SYAEFUL AMRI
    26.09.3.1.267
    1I
    SEMBILAN ASPEK FUNDAMENTAL DALAM GOOD GOVERNANCE PARTISIPASI, [ENEGAKAN HUKUM, TRANSPARANSI, RESPONSIF, KEADILAN , EFEKTIVITAS, AKUNTABILITAS, APABILA SEMUA ASPEK DIJALANKAN DENGAN BAI DAN JUJUR DI INDONESIA, MAKA NEGARA INI PASTI TERBEBAS DARI KETIDAKADILAN.

    BalasHapus
  79. VENDI ZULFIKAR
    26.09.3.1.283
    1I
    MENURUT SAYA SECARA UMUM, APABILAPELAKSANAAN POLITIK, EKONOMI DAN ADMNISTRASI DALAM MEMGELOLA MASLAH-MASALH BANGSA PELAKSANAAN KEUANGAN TERSEBUT BISA DIKATAKAN BAIK JIKA DILAKUKAN DENGAN EFEKTIF DAN EFISIEN, RESPONSIF TERHADAP KEBUTUHAN RAKYAT, DALAM SUASANA DEMOKRATIS AKUNTABEL SERTA TRANSPARAN.

    BalasHapus
  80. M.ILZAM.F
    26.09.3.1.296
    1I
    MENURUT SAYA BERKAITAN DENGAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH SANGAT DIPERLUKAN UNTUK DITERAPKAN DI NEGARA KITA, UNTUK MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BERSIH DAN BERWIBAWA SESUAI DENGA CITA-CIATA GOOD GOVERNANCE SELURUH MEKANISME PENGELOLAAN NEGRA HARUS DILAKSANAKAN SECARA TERBUKA.

    BalasHapus
  81. TAUFIQ NOVIKA U.
    26.09.3.1.270
    1I
    SUATU PEMERINTAHAN AGAR DAPAT MENJADI PEMRINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH ADALAH PEMERINTAH YANG MENJALANKJAN PEMERINTAHAN ITU DENGAN TRANSPARAN, TIDAK TERTUTUP KARENA JIKA PEMERINTAHAN BERSIFAT TERTUTUP, MAKA TERJADILAH KORUPSI DI MANA-MANA. JANGANKAN BERSIFAT TERTUTUP SEKARANG SAJA PEMERINTAHAN YANG TRANSPARAN TETAPI KORUPSI MASIH JUGA ADA BAHKAN MENJAMUR DI NEGARA KITA INI.

    BalasHapus
  82. T.M. JAMALUDIN.M.
    26.09.3.1.271
    1I
    PEMERINTAHAN MERUPAKAN SESUATU YANG SANGAT PENTING DALAM SUATU NEGARA. OLEH KARENA ITU, PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIHLAH YANG KITA HARAPKAN DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA. ADAPUN YANG SANGAT BERPERAN DALAM HAL ITU ADALAH PEMERINTAH ITU SENDIRI, KARENA PEMERINTAHANLAH YANG MENGATUR JALANNYA PEMERINTAHAN DALAM SUATU NEGARA. DAN CARA AGAR TERBENTUK PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH ADALAH PEMERINTAH TERSEBUT HARUS BERSIFAT EFEKTIF, EFISISN, AKUNTABEL DAN TRANSPARAN. KARENA DENGAN PEMERINTAHAN YANG BERSIFAT TRANSPARAN, MAKA ITU AKAN MENGURANGI TERJADINYA KORUPSI YANG MERAJALELA.

    BalasHapus
  83. nama:emi purwanti
    nim:26.09.3.1.080
    jurusan:pai/1c


    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut saya hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki manusia sejak lahir yang diberikan oleh tuhan yang maha esa.
    seperti
    (1)hak untuk hidup
    (2)hak memilih keyakinan
    (3)hak berpendapat
    (4)hak memiliki
    (5)hak memperoleh pendidikan,dll
    hak yang kita miliki hurus diakui oleh orang lain, begitu jugasebaliknya kkita juga harus mengakui hak orang lain, selain itu kita sebagai makhluk sosial harus menghargai hak-hak orang lain sekalipun kita tidak mengenalnya.
    kita sebagai warga negara indonesi harus melaksanakan kewajiban seperti membayar pajak, membela negara, dll.
    begitu juga negara/pemerintah juga harus mensejahterakan warga negara/ masyarakat umum.
    demikian dari saya
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  84. nama :zulfah ulinnuha
    nim :26.09.3.1.294
    kelas:PAI (1i)

    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut pendapat saya dengan adanya tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih semoga dapat mewujudkan pemerintahan yang bebas KKN. Tetapi hal itu harus dilakukan/ dikelola dengan terbuka dan transparan supaya masyarakat dapat hidup dengan aman dan sejahtera.

    BalasHapus
  85. nama:zulis setiawati
    nim:26.09.3.1.295
    kelas:PAI 1i
    Assalamualaikum Wr.Wb
    menurut saya tata kelola yang baik dan bersih harus meniscayakan tentang adanya transparasi disegala bidang. hal tersebut untuk mengikis budaya korupsi yang mengakibatkan terjadinya kebocoran dan penggunaan uang negara untuk kepentingan individu bukan pula untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

    BalasHapus
  86. nama :habib miftakul f
    kelas :1c
    nim :26.09.3.1.097
    HAK ASASI MANUSIA
    assalamualaikum,wr,wb.menurut saya ham sangat berguna diajarkan di semua kalangan,karena ham mengandung hak untuk memperoleh bagian di negara indonesia ini,isi ham juga sudah cukup lengkap untuk diajarkan juga bermanfaat untuk masa depan siswa dan mahasiswa,ham juga berisi tentang hak yang paling hakiki yaitu hak kepada tuhan ,hak yang diberikan tuhan yaitu hak untuk hidup,hak untuk memilih kepercayaan,dll,setiap manusia mempunyai hak untuk bebas tetapi harus dipertanggung jawabkan.semoga mata kuliah ini berguna untuk mahasiswa di masa depan dan untuk kehidupan setelah menjadi pekerja-pekerja.
    asalamualaikum,wr,wb

    BalasHapus
  87. Nama: Umi Salamah
    Kelas: PAI/1i
    Nim : 26.09.3.1.280


    Assalamu'alaikum....
    Menurut saya, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita-cita Good Governance, seluruh mekanisme pengelolaan negara harus dilakukan secara transparan dalam segala bidang. Hal itu untuk mengikis budaya korupsi yang mengakibatkan terjadinya kebocoran dalam anggaran, penggunaan uang negara untuk kepentingan individu, bukan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.

    BalasHapus
  88. nama :uminarsih widhi .a
    kelas :1i
    nim :26.09.3.1.281

    assalamu'alaikum.......
    menurut saya good & clean governance merupakan pemerintahan yang bersih tetapi mengapa di negara kita Indonesia belum bersih? misalnya saja tentang korupsi,di Indonesia merupakan negara utama tentang korupsi. seharusnya pemerintah memberantas para koruptor agar Indonesia layak disebut good & clean governance.
    wassalamu'alaikum........

    BalasHapus
  89. kelompok 1c resume pendahuluan
    1.Echwan Hadi Suprapto NIM :26.09.3.1.074
    2.Dwi Ariyani NIM :26.09.3.1.067
    3.Dwi Astuti NIM : 26.09.3.1.068

    BalasHapus
  90. Nama :Susi Susanti
    Kelas :1i/PAI
    Assalmu'alaikum..........
    Menurut saya, civic education (pendidikan kewargaan) dijadikan sebagai wadah dan instrumen untuk mewujudkan tujuuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi yang beriman, berilmu, kreatif dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
    Wassalam........

    BalasHapus
  91. Kelas 1i/PAI
    Kelompok 1 : BAB PENDAHULUAN
    1.SUSI SUSANTI NIM:26.09.3.1.265
    2.TAUFIK NOVIKA NIM:26.09.3.1.270
    3.WAHYU GUNITA NIM:26.09.3.1.287

    BalasHapus
  92. BAB I PENDAHULUAN
    ANGGOTA KELOMPOK:
    1)ANITA KUSUMAWARDANI(BKI)
    26.09.1.2.002
    2)RONA NAFISYAH(BKI)
    26.09.1.2.007
    3)YUDI ASTUTI(BKI)
    26.09.1.2.010

    BalasHapus
  93. NAMA : EVA YUNITA
    PRODI : AKUNTANSI SYARIAH (JEBI)
    NIM : 26.09.5.2.009

    Assalamu'alaikum Wr. Wb...


    Menurut saya tujuan pembelajaran civic education bagi mahasiswa supaya berkembangnya potensi agar menjadi manusia yang berakhlak mulia berbudi pekerti baik dan menjadi manusia yang bertanggung jawab di negara yang demokrasi,selain itu juga membentuk mahasiswa yang kritis dan berpartisipasi dalam kehidupan bernegara,sehingga mahasiswa menjadi mahasiswa berperan penting dalam masyarakat. di bab pendahuluan ini mengenalkan tentang Demokrasi, Hak asasi manusia dan Masyarakat madani.

    BalasHapus
  94. Kelompok 1 Akuntansi Syari'ah

    sudah maju bab 1 Pendahuluan

    Essamsudin (26.09.5.2.008)
    Nurul Septiana
    Ningtias

    BalasHapus
  95. saiful rochman
    26.09.5.2.025
    AKS

    dengan sistem demokrasi di negara indonesia diharapkan segala bentuk aspirasi dapat tersalurkan tanpa adanya tekanan dari pihak penguasa.diharapkan juga dari demokrasi tersebut adanya perubahan tingkah laku yang dulunya bertindak anarkis sekarang bisa menjadi lebih santun dan kreatif

    BalasHapus
  96. menurut saya dalam bab pendahuluan ini negara yang bersistim demokrasi baik itu akan memudahkan dalam pemerintahan itu sendiri.dan seharusnya demokrasi di indonesia harus ditegakkan karena ini juga menyangkut ham. Dan bagi mahasiswa haruslah menjadi tonggak dalam perintis demokrasi

    BalasHapus
  97. nama : Syaiful sya'ban
    prodi: akuntansi syariah
    nim : 26.09.5.2027

    menurut saya dalam bab pendahuluan ini negara yang bersistim demokrasi baik itu akan memudahkan dalam pemerintahan itu sendiri.dan seharusnya demokrasi di indonesia harus ditegakkan karena ini juga menyangkut ham. Dan bagi mahasiswa haruslah menjadi tonggak dalam perintis demokrasi

    BalasHapus
  98. titis_261011025_kpi

    Assalamu'alaikum'

    Saya sangat mnyukai metode belajar dg cara diskusi, krn di sini stiap mahasiswa dituntut unk bisa mnyampaikan meteri secara lisan dan mjawab partanyaan dari teman2.

    Mahasiswa juga bisa lebih paham dgn materi yg sedang didiskusikan. Saya berharap di semester depan ada presentasi individu, supaya kami sbg mahasiswa bisa lebih pandai bicara di dpan banyak orang.

    Identitas negara Indonesia adalah dikenalnya qt sbg bangsa yg ramah tamah dan berbudi luhur. Maka qt harus brusaha sebaik mngkn menjaganya, apalagi negara qt mayoritas beragama Islam, jd swajarnya qt mjaga nama baik negara agar dunia mengetahui bahwa Indonesia negara yg beradab.

    Wassalamu,alikum.

    BalasHapus
  99. NAMA :MAGFIROTUL HASANAH
    NIM :26.10.3.1.112
    KELAS:1D/TARBIYAH

    Assalamu'alaikum wr.wb....
    Menurut saya,
    Demokrasi pada hakekatnya sebagai pemerintahan di tangan rakyat,rakyat mengandung pengertian tiga hal:pemerintahan dari rakyat,pemerintahan oleh rakyat,dan pemerintahan untuk rakyat.
    Demokrasi pada dasarnya tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi (pemilu dan aturan mainnya),tetapi harus dilakukan secara santun dan beradab yakni melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan,tekanan,dan ancaman dari dan oleh siapapun,tetapi dilakukan secara sukarela,dialogis,dan saling menguntungkan.

    Wassalamu'alaikum wr.wb.......

    BalasHapus
  100. Nama : Putri Arum Widyasari
    Kelas : KPS ^A^
    NIM : 26.10.5.3.077

    Assalamu'alaikum

    Menurut saya,
    Demokrasi iTu sistem negara yang paling adil untuk rakyat.
    Karena Demokrasi sendiri mempunyai arti dari rakyat,untuk rakyat,dan oleh rakyat.
    Indonesia menganut sistem tersebut,tapi pemerintahan belum secara baek melaksanakan. Sebagian rakyat masih dikuasai oleh para pejabat tinggi.Mereka kurang memperhatikan HAM,contoh:masih kurang adil ny suatu hukum.
    Jadi,kita seluruh rakyat Indonesia harus menegakkan Demokrasi demitercapainya Negara yang adil.makmur,dan damai

    BalasHapus
  101. nama;novita madyaning ati
    kelas;kpi
    nim;26.10.1.1.017
    ass.....



    demokrasi lebih megutamakan keberlangsungan ketertiban dan kemaslahatan umum. demokrasi membutuhkan ketegasan negara untuk ertindak tegas terhadap anasir terhadap kebebasan yang mengancam ketertiban umum.

    BalasHapus
  102. nama: tika tri hamidah
    nim: 26.10.5.3.097
    kelas: KPS B

    assalamualaikum pak aziz......
    menurut saya demokrasi adl suatu tatanan yg d tujukan untuk rakyat, oleh rakyat dan dari rakyat.
    demokrasi ada yang berhubungan erat dg islam, ada yang tidak sesuai dg islam jika meniru dg apa yg di praktekan di bangsa barat/ eropa dan itu seharusnya tidak di terapkan di bangsa indonesia.sebagai ngara hukum dan demokrasi kita sbg penerus bangsa harus meematuhi apa yg sudah memjadi ketetapan dri pemerintah untuk mewujudkan demokrasi yg jujur dan adil...
    sekian,
    wassalamm,,,,

    BalasHapus
  103. nama :siti affifatul isaroh
    prodi : pbs_a
    nim : 026.10.5.3.094

    assalamia'alaikum ....
    Demokrasi adalah pemerintahan untuk, oleh dan dari rakyat, dimana demokrasi adalah pemerintahan yang kekuasaanya dipegang penuh oleh rakyat.
    Bangsa yang demokrasi dibutuhkan penegak hukum yang tegas dalam sistem pemerintahan. pejabat tinggi negara yang memanfaatkan tenaga rakyat sebagai motor gudang uang yang kapan saja tinggal menggesek credit cart , tanpa memandang etika negara yang berkeadapan, sehingga rakyat berbondong-bondong mengumpulkan keringat kehidupan yang menyakitkan. inilah cermin kehidupan Indonesia yang selama ini memandang teori keberadapan pancasila sebagai bungkus gorengan. apa arti dari terbentuknya negara dengan tingkatan teori kalo hanya dimanfaatkan sebagai bungkus gorengan. untuk menjadi negara yang beradap haruslah mempunyai hukum negara yang adil, mayarakat madani yang kuat, dan partai politik yang tangguh.

    terimakasih ....

    wa'alaikumsalam

    BalasHapus
  104. kelompok 7
    kelas 1c
    nama :
    Muhammad Affan A.
    Luluk Hamidah
    Isna Nurul
    Ika Ambarini

    TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH
    (GOOD & CLEAN GOVERNANCE)


    1. good governance adalah pelaksanaan politik, ekonomi, dan administrasi dalam mengelola masalah-masalah bangsa. Pelaksanaan kewenangan tersebut bisa dikatakan baik (good atau sound) jika dilakukan dengan efektif dan efesien, responsif ternadap kebutuhan rakyat, dalam suasana demokratis, akuntabel serta transparan.

    2. Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita good governance, seluruh mekanisme pengelolaan negara hares dilakukan secara terbuka mekanisme pengelolaan negara yang hares dilakukan secara transparan, yaitu: a.penetapan posisi, jabatan atau kedudukan, b kekayan penjabat publik. c. permberian penghargaan, d.penetapan kebijakan yang ferkait dengan pencerahan kehidupan . e. Kesehatan, f- morafitas pars pejabat dan aparatur pelayanan pubrik. 9. keamanan dan ketertiban, h-kebiakan strategis untuk pencerahan kehidupan masyarakat
    3. Kontrol masyarakat akan berdampak pada tats pemerintahan yang baik dan efektif (good government) dan bersih (clean government), ibebas dari KKN. Untuk mewujudkan pemerintahan Yang baik dan bersih -berdasarkan prinsip-prinsip pokok good and clean governance, setidaknya dapat dilakukan melalui pelaksanaan prioritas program. yakni: 1). Penguatan Fungsi dan Peran Lembaga Perwakilan, 2)- Kemandirian Lembaga Peradilan, 3) Profesionalitas dan Integritas Aparatur Pemerintah 4)- Penguatan Partisipasi Masyarakat Madam _(Civic Society,5). peningkatan Kesejahteraan.



    4. Teta kelola kepemerintahan yang baik dan bersih (clean and good Governance) meniscayakan adanya tranparansi di segala bidang. Hal ini untuk mengikis budaya korupsi yang mengakibatkan terjadirrya kebocoron dalam anggaran, penggunaan sang negara untuk kepentingan individu atau golongan, dan bukan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

    5. Tiga pilar pentinnya pelayanan publik menjadi titik strategis untuk memulai pengembangan dan penerapan good governance di indonesia. Pertama, pelayanan publik selama ini menjadi tanah (area) dimana negara yang diwakili pemeritah bertinteraksi dengan lembaga non pemerintah. Keberhasilan dalam pelayan publik akan mendorong tingginya dukungan masyarakat terhadap kerja birokrasi; kedua, pelayanan publik adalah ranch dimana bertagai aspek good govern, ance dapat diartikulasikan secara tebih mudah ketiga, pelayanan publik melibatkan kepentingan semua unsur governance yaitu pemerintah, masyarakat dan mekanisme pasar. Dengan demikian pelayanan publik menjadi titik pangkal efektifnya kerja birokrasi.

    BalasHapus
  105. Assalamualaikum
    Nama : Jamilatun
    Kelas : 1 C
    NIM : 26.10.3.1.093

    Menurut saya Good Governance adalah suatu tidakan / langka untuntuk mengarahkan atau mengatur pemerintahan dalam pelaksanaanya yaitu bidang politik, ekonomi, sosial administrasi dalam mengelola masalah bangsa agar terwujud negara yang aman, jujur, dan damai. Namun di negara kita, dalam melaksanakan sistem Good Governance belum dan masiah jauh dari kata MAKSIMAL. Hal ini terbukti dalam Aspek Partisipasi bahwa semua warga masyarakat berhak untuk dalam pengambilan keputusan, tetapi yang terjadi tidak demikian suara rakyat tidak dihiraukan bahkan dianggap angin saja oleh pamerintah. Ini juga menyimpang Aspek Reponsif yang seharusnya pemerintahan lebih peka dengan persoalan yang dialami oleh rakyat. Dari Aspek Penegakkan Hukum sendiri, misalnya ada orang yang mencuri ayam bisa kena hukuman lebih dari satu tahun tetapi pemerintah yang koruptor uang rakya ratusan juta bahkan milyaran bebas berkeliyaran, walaupun di hukum tatapi mendapat perlakuan yang istimewa. Penegak Hukum ini tidak adil dan hanya memandang dari segi pangkat, tahta, dan kekayaan saja. Hal ini juga menyimpang dari Aspek Kesetaraan yaitu kesamaan perlakuan dan palayanan. Diamping itu juga menyimpang dari Aspek transparansi yaitu pemerintahan tidak menjelaskan secara gamplang / konkrit tentang hal-hal yang menyangkut kepentingan bersama./umum. pemerintahan juga kurang bertanggung jawab dan efektif dalam menjalankan tugas sebagaimana mestinya kepada rakyat. Apabila pemerintahan menjalankan semua Aspek dalam Good Governance dengan bersih dan ikhlas saya yakin insyaallah Indonesia terwujud Negara yang jujur, aman, tentaram, damai dan sejahtera. Aminnnnnnnnnnnnnnnnn????????????

    Terimakasih

    BalasHapus
  106. NAMA : HIDAYATUL HASANAH
    KELAS : KPS A
    NIM : 26.10.5.3.044

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Menurut saya, membangun masyarakat madani adalah sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat.Dalam tujuannya keseimbangan antara kebebasan individu & kestabilan masyarakat harus sesuai dengan prinsip moral.

    Dalam karakteristiknya strategi membangun masyarakat madani di indonesia ini belum maksimal banyak kendala yang ada. Sistem sosial yang berdasarkan prinsip moral pada saat ini juga belum terealisasikan sebab moral bangsa ini saat ini sangat buruk. Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip moral bangsa agar tercapai sistem sosial yang baik.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  107. Nama :Artiningrum W.T
    Kelas :KPS A
    NIM :26.10.5.3.013

    Assalamualaikum wb.wr
    menurut saya membangun masyarakat madani merupakan suatu sistem sosial.yang dimana bertujuan untuk menyeimbangkan kebebasan antar individu


    di indonesia ini masih belum diterapkan sistem masyarakat madani,karena dalam hal ini indonesia belum maksimal menterealisasikan prinsip bangsa...
    sehingga masih banyak kasus yang terjadi di indonesia.
    untuk itu dibutuhkan kesadaran dari pihak masyarakat untuk menjunjung bangsa indonesia ini.

    Wassalamualaikum.wb.wr

    BalasHapus
  108. Nama : KhoiRIL Badriyah
    Kelas: Ic
    Nim : 26.10.3.1.096

    ASSalamualaikum,
    menurut saya tata kelola pemerintah yang baik, harus diterapkan dalam negara ini supaya tidak ada lagi kebocoran dalam anggaran yang disebut korupsi. setidaknya pemerintah bisa mewujudtkan itu kepada rakyatnya.

    BalasHapus
  109. Nama : ilham failosof m
    kelas : 1c
    Nim : 26.10.3.1.083


    assalamualaikum.,.,.
    membangun masyarakat madani merupakan suatu sistem sosial.yang dimana bertujuan untuk menyeimbangkan kebebasan antar individu


    Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita good governance, seluruh mekanisme pengelolaan negara hares dilakukan secara terbuka mekanisme pengelolaan negara yang hares dilakukan secara transparan

    BalasHapus
  110. nam :hery santoso
    kelas:1c
    nim:26.10.3.1.079

    Pertama, pelayanan publik selama ini menjadi tanah (area) dimana negara yang diwakili pemeritah bertinteraksi dengan lembaga non pemerintah. Keberhasilan dalam pelayan publik akan mendorong tingginya dukungan masyarakat terhadap kerja birokrasi; kedua, pelayanan publik adalah ranch dimana bertagai aspek good govern, ance dapat diartikulasikan secara tebih mudah ketiga, pelayanan publik melibatkan kepentingan semua unsur governance yaitu pemerintah, masyarakat dan mekanisme pasar.

    BalasHapus
  111. nama :imam khoiruddin
    kelas : IC
    Nim : 26.10.3.1.084

    membangun masyarakat harus menyatukan setiap aspirasi yang bertujuan membangun akan tetapi tidak setiap aspirasi di terima tetapi harus terseleksi dengan baik.

    mekanisme negara dilakukan secara transparan agar rakyat mengetahui apa yang dilakukan oleh pemerintah dan juga agar tidak menjadikan keputusan sepihak.

    BalasHapus
  112. nama:hanifah cahya m
    nim:26.10.3.1.076
    kelas :pai/1c

    Assalamualaikum.
    saya mau bertanya pada kelompok 7 pada point k 3 di sana di tulis bahwa untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih maka perlu di dasarkan pada prisip-prinsip pokok good&clean goverment,,nah yang saya tanyakan prisip2 pokoknya itu seperti apa/bagaimana....!!!!

    BalasHapus
  113. nama : KHOIRUL ANNISA
    NIM : 26.10.3.1.098
    KELAS : 1C

    ASSalamualaikum...
    menurut saya good govemance adalah upaya/cara pemerintah yang baik untuk mengelola negara dalam suasana demokratis,akuntabel serta tranparan.yang juga harus di terapkan dalam negara kita salah satunya agar tidak terjadi koropsi yang merajalela.

    BalasHapus
  114. Nama :Muhammad khoirul Anwar
    Kelas:1C
    NIM :26.10.3.1.109

    Masyarakat madani adalah masyarakat yang berfungsi menyeimbangkan kebebasan antar individu.
    Saya ingin bertanya bagaimana cara mengembangkan sistem msyarakat madani keIndonesia...???

    BalasHapus
  115. Nama : Kristianto
    NIM : 26.10.3.1.099
    Kelas : 1C

    Assalamualaikum,
    Tata kelola pemerintahan yang ada saat ini belumlah dapat dikatakan baik, karena masih banyak terjadi praktek-praktek KKN dalam menjalankan pemerintahan. Oleh karena itu kita harus lebih bisa mengoptimalkan peran dari lembaga pengawas pemerintahan. Kita harus membenahi segala kekurangan atau celah-celah yang bisa memancing tindakan KKN. Para aparatur penegak hukum adalah ujung tombak dalam pemberantasan KKN. Apabila rakyat sudah dapat menikmati pelayanan publik yang baik dan transparan dalam segala hal, itu merupakan cerminan dari tata kelola pemerintahan yang bersih dari KKN.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  116. Nama :Lutfiyana Eka Saputri
    Kelas :1C
    NIM :26.10.3.1.107

    Assalamu'laikum Wr.Wb.
    Menurut saya Good Goverment itu merupakan langkah awal untuk menciptakan negara yang berdasarkan aturan-aturan politik. Kita sebagai anak bangsa seharusnya bisa mewujudkan indoiesia yang adil,makmur,dan sejahtera selalu.Untuk itu kita juga harus berusaha semaksimal mungkin.
    Wassalamu'laikum Wr Wb.

    BalasHapus
  117. nama : Herman sabari
    nim :26.10.3.1.077
    kelas:1c


    Tiga pilar pentingnya pelayanan publik itu sendiri apakah spenuh sudah terealisasikan secara penuh/menyeluruh di indonesia?

    jika tidak,faktor apa yang menghambat terealisasinya pelayanan publik tersebut?

    BalasHapus
  118. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  119. KELOMPOK I
    Prodi PBS/B
    Nama Kelompok:
    1.Endang Noviana
    2.Eri Nurdiana
    3.Erika Putri
    4.Erning Nur Yuniati
    5.Evi Novitasari
    6.Estu Wulandari
    7.Firdhaus Ikhtiar Budhi Utomo

    kecakapan partisipasi, menjadikan warga Negara yang cerdas,aktif,dan demokrasi, mengembangkan kultur demokrasi.
    Materi civic education terdiri dari tiga macam yaitu Demokrasi,Hak Asasi Manusia,Masyarakat madani.

    BalasHapus