Senin, 26 Oktober 2009

MEMBANGUN NEGARA BERKEADABAN


Pengertian
o  Bahasa: 
                       - State (Inggeris)
-   Staat (Belanda & Jerman)
-   Etat (Perancis)
o  Istilah:
Perpaduan antara alat negara (agency) & wewenang (authority) yang mengatur & mengendalikan persoalan bersama. (Roger H. Soltau)
Unsur
o  - Rakyat
o  - Wilayah
o  - Pemerintah
o  - Pengakuan negara lain
Tujuan
o  - Memperluas kekuasaan
o  Ketertiban hukum
o  - Kesejahteraan umum
o  - Memajukan kesusilaan manusia, sebagai individu & makhluk sosial (Plato)
o  - Mencapai penghidupan & kehidupan aman & tenteram dg taat kpd & di bawah pimp Tuhan. (Thomas Aquinas & Agustinus)
o  - Agar manusia dpt menjalankan kehidupannya dg baik, jauh dr sengketa & menjaga intervensi pihak-pihak asing.
Teori Terbentuknya
-  Kontrak sosial (Thomas Hobbes, John Locke, JJ. Rouseau)
-  Teokrasi
-  Kekuatan
Bentuk Negara
a. Konsep
o  Kesatuan (unitarianisme)
-  sentralisasi
-  desentralisasi                      
o  Serikat (Federasi)
b. Mekanisme Pemilihan
o      - Monarki
o      - Oligarki
o      - Demokrasi
Hubungan dg Negara
a. Agama & Negara
o  - Integralistik
o  - Simbiotik
o  - Sekularistik
b. Agama & Negara di Neg. Muslim
o  - Arab Saudi
o  - Pakistan
o  - Iran
o  - Malaysia
c. Agama & Negara di Eropa
o  - Gereja
o  - Sekuler
Agama & Negara: Indonesia
  1. Nasionalis Muslim: Negara Islam  (H. Agus Salim, KH. Mas Mansur, KH. Wachid Hasyim)
  2. Nasionalis Sekuler: Negara sekuler (Soekarno)
  3. Piagam Jakarta (Jakarta Charter):
                Negara Indonesia berdasarkan Ketuhanan YME dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya. Ini dikenal sbg the gentlemen agreement: hasil kompromi antara nasionalis muslim n nasionalis sekuler.
       4.      1945-50 Masa Soekarno: Islam negara: ketegangan
       5.      1950-59 Islam & nasionalis sekuler: ketegangan
Islam & Negara Orba
-          antagonistik: Awal orba – 1980
                politik Islam “minoritas”
-          Akomodatif        : 1980 – akhir orba
                - RUU Pendidikan
                - RUU PA
                - jilbab siswi di sekolah umum
                - ICMI


129 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr.wb
    Nama : Farida Nur'Aini
    Kelas : 1c
    NIM : 26.09.3.1.090
    jurusan : Tarbiyah

    Menurut pendapat saya pelajaran tentang kewarganegaraan(civic education)lebih fungsional bagi para peserta didik dengan menghadapkan mereka kepada lingkungan atau kehidupan sehari-hari(sosial, ekonomi, politik, dan sebagainya) baik yang berskala lokal maupun internasional.dan mudah di pahami tapi belum semua saya kuasi dan bab ini mempunyai tujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis, melalui aktivitas menanamkan kesadaran kepada generasi baru tentang kesdaran bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yang paling menjamin hak-hak warga masyarakat. . .

    BalasHapus
  2. Nama; Etika Kurniawati
    NIM ; 26.09.3.1.086
    Tarbiyah/pai/1c

    Menurut saya,pendidikan kewargaan merupakan wadah aktualisasi praktik demokrasi melalui pendidikan,yang bertujuanmenanamkan kesadaran pada masyarakat akan hak,kewajiban,dan tanggungjawab sebagai warga negara,agar mampu melakukan perubahan didalam masyarakat mengenai prinsip-prinsip dalam kehidupan bermasyarakat.

    BalasHapus
  3. Nama:emi patmawati
    nim:26.09.3.1.079
    kelas:1c
    Assalamu'alaikum wr wb
    menurut saya setelah mempelajari bab pendahuluan ini, kita di harapkan bisa menjadi warga indonesia yang baik dan dapat berfikir kritis dan bertindak demokratis.
    serta dengan mempelajari civic education kita dapat menambah cinta pada tanah air....

    BalasHapus
  4. nama :zulis setiawati
    nim :26.09.3.1.295
    kelas :pai 1i
    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut pemikiran saya, setelah saya mempelajari tentang bab membangun negara yang berkeadaban, bahwasanya warga negara itu mempunyai wewenang yang penting untuk memajukan bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  5. nama :
    nim :
    kelas :
    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut saya, setelah membaca bab membangun negara berkeadaban,kita sebagai warga negara diharapkan menjadi warga negara yang bisa menjalankan kehidupan yang baik,jauh dari sengketa/konflik,dan dapat menjaga kedamaian sosial.

    BalasHapus
  6. nama :zulfah ullinnuha
    nim : 26.09.3.1.294
    kelas :pai 1i

    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut saya, setelah membaca bab membangun negara berkeadaban, kita sebagai warga negara diharapkan menjadi warga negara yang bisa menjalankan kehidupan yang baik, jauh dari sengketa/ konflik,dan dapat menjaga kedamaian sosial.

    BalasHapus
  7. wahid purnama
    26.09.3.1.285
    1i
    menurut saya kita harus selalu mendukung setiap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah asalkan tidak bertentangan dengan undang - undang.tetapi kita juga harus selalu melakukan kontrol terhadap pemerintah agar pemerintahan tidak berjalan sewenang - wenang.

    BalasHapus
  8. nama: zaenudin apriyanto
    nis : 26.09.3.1.292
    kls : 1i
    kita sebagai warga berkeadaban di harakan menjadi wrga negara yang bisa menjalankan yang lebih baik dari pada kehidipan sebelumnya dan mempunyai wewenang yang penting untuk memajukan bangsa negara kita.

    BalasHapus
  9. nama : Wulan Yuniarfi
    nim : 26.09.3.1.289
    kelas :PAI / 1i

    menurut saya membangun negara yang berkeadaban itu sangat sulit, karena adanya permasalahan yang kompleks yang terjadi di suatu negara. akan tetapi juga tidak mustahil kalau negara yang beradab itu juga bisa di bangun jika masyarakat ikut berperan aktif dalam pemerintahan serta adanya hubungan yang baik antara warga negara dengan pemerintah. sama - sama saling mendukung..

    BalasHapus
  10. Nama : Wahyu Nurma Gunita
    NIM : 26.09.3.1.287
    Kelas : Tarbiyah PAI 1.i

    Assalamu'alaykum wr wb..

    Sebagai warga negara yang baik, hendaknya kita slalu mendukung, mentaati, dan brpartisipasi dalam mewujudkan negara indonesia yang berkeadaban.. Apa yang terjadi dngan negara kita saat ini adalah tanggung jawab bersama.. Tidak ada saling menyalahkan.. Persatuan dan kesatuan sangat dperlukan dalam membangun bangsa yang berkeadaban.. Majulah ind0nesiaku!!!

    BalasHapus
  11. nama : Tri Suharni
    nim : 26.09.3.1.274
    kelas: PAI / 1i

    membangun negara berkeadaban adalah salah satu tujuan negara kita. bagaimana untuk mewujudkannya ? menurut saya salah satu cara yang bisa dilakukan adalah negara dan warga negara menjalankan hak dan kewajibannya masing - masing. negara berkewajiban menjamin dan melindungi hak - hak seluruh warga negara Indonesia, hak mendapatkan pendidikan, kebebasan berorganisasi, dsb. namun disisi lain warga negara juga harus menjalankan kewajibannya misalnya warga negara juga harus membayar pajak.

    BalasHapus
  12. nama : Zeni Putriningrum
    nim : 26.09.3.1.293
    kelas: PAI / 1i

    menurut saya untuk membentuk negara yang berkeadaban, negara harus bisa menjalanakan tujuan dan fungsi negara dimana disini yang berperan adalah lembaga negara dan masyarakat. masyarakat tanpa ada bantuan dari lembaga negara tidak akan terlaksana dengan baik, misalnya kita sebagai pemuda dapat terus mengembangkan budaya daerah masing - masing sehingga budaya atau adatnya tidak akan punah dan lembaga negara lah yang akan memperkenalkan kepada dunia, mewujudkan putra - putri bangsa yang cerdas dengan memberikan pendidikan yang lebih terjangkau, pemberantasan terhadap koruptor dan memberi sanksi yang sangat berat supaya mereka jera dengan begitu akan sedikit mewujudkan negara yang berkeadaban.

    BalasHapus
  13. nama : Susi Susanti
    nim :26.09.3.1.265
    kelas: PAI / 1i

    menurut saya negara berkeadaban merupakan suatu proses dimana negara dan warga negara berperan di dalamnya untuk membangun dan menciptakan sebuah keadilan, baik secara sosial maupun politik. yang berdasarkan atas kesadaran negara maupun warga negara yang mampu melaksanakan hak dan kewajibannya masing - masing.

    BalasHapus
  14. Nama : Yeni Ramawati
    NIM : 26.09.3.1.290
    Kelas: pai 1i

    Assalamu'alaikum...

    Menurut saya.. negara berkeadaban itu adalah negara yang mampu menjalankan kebijakan-kebijakannya dengan menyeluruh, mampu menjaga budaya yang ada di negara tersebut. mampu menjalankan hukum dan bersikap adil terhadap semua pihak.

    BalasHapus
  15. Nama : Woro Hapsari S.S
    NIM : 26.09.3.1.288
    Kelas: PAI 1i

    Assalamu'alaykum...

    Menurut saya.. negara berkeadaban adalah negara yang mampu melindungi dan menjaga kekayaan negara dan apa saja yang ada di dalamnya. untuk itu, diperlukan kerja sama yang terkontrol antara pemerintah dan warga negara sehingga tujuan dari negara tersebut dapat tercapai. walaupun kerja sama itu sulit teraplikasi, namun peran dari semua komponen negara setidaknya secara internal dapat membuat negara itu menjadi negara yang berkeadaban..

    BalasHapus
  16. Nama : Syamsiyah Ika Nurhayati
    NIM : 26.09.3.1.268
    Kelas: PAI 1i

    Assalamu'alaykum...

    Menurut saya membangun negara berkeadaban tidaklah semudah mengatakannya. Mengacu pada tujuan negara itu sendiri seperti memperluas wilayah, mensejahterakan rakyatnya itupun juga tidak semudah mengatakannya.
    Antara pemerintah dan rakyat harus ada sinkronisasi. Pemerintah haruslah bersikap bersih, jujur, terbuka dan konsekuen terhadap keputusan yang telah disepakati. Tidak bertindak sewenang-wenang terhadap hak-hak rakyat. Rakyatpun harus bersikap kritis terhadap segala keputusan pemerintah, tidak asal menerima semua keputusan yang ada. Tetapi ketika keputusan itu telah menjadi suatu ketetapan bersama, maka rakyat harus menerima keputusan tersebut.
    Dengan demikian ketika keduanya saling menjalankan perannya masing-masing, maka suatu negara berkeadaban bukanlah hal yang tidak mungkin.

    BalasHapus
  17. nama:Titik farida Kwardiana
    Kelas:PAI /1i
    NIM:26.09.3.1.272

    menurut pendapat saya,negara yang berkedaban itu harus bisa menjalankan peraturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah.dan sebagai pemerintah itu harusnya bisa bersikap adil.dan berkewajiban mengayomi masyarakat,serta menjamin hak-hak warga masyarakat.

    BalasHapus
  18. nama:yosi nur pramita
    nim:26.09.3.1.291
    kelas:1i

    menurut saya negara merupakan perpaduan antara alat (agency) dan wewenang(authority)yang mengatur dan mengendalikan persoalan-persoalan bersama.maka kita sebagai warga nagara indonesia yang baik kita harus bisa mengatur masalah-masalah yang dihadapi warga negara kita indonesia.

    BalasHapus
  19. nama:tri setiyawati
    nim:26.09.3.1.273
    kelas:1i
    menurut saya dalam konteks negara indonesia tujuan negara menurut uud45 adalah untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.tetapi indonesia belum melaksanakan tujuan itu sepenuhnya.

    BalasHapus
  20. nama : Ulina Munfangati
    nim : 26.09.3.1.279
    kelas : PAI / 1i

    menurut saya suatu negara itu harus mempunyai tujuan dan unsur negara, tanpa adanya keduanya itu suatu negara tidak akan bisa berjalan dengan lancar. mayoritas penduduk Indonesia itu beragama Islam tetapi di INdonesia sistem pemerintahannya bukan negara islam. sekarang umat islam di indonesia sangat memprihatinkan karena begitu banyaknya perdebatan yang intensif di kalangan pakar muslim, dan sampai sekarang pun masih, karena perbedaan pendapat tiap aliran. dan kita sebagai generasi harus bisa mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi umat islam sekarang, supaya antara aliran tersebut tidak ada perdebatan dan bisa saling menghargai, menghormati antara aliran - aliran yang lain.

    BalasHapus
  21. nama :shofi puji astiti
    nim :26.09.1.2.009
    prodi :BKI

    ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
    menurut saya, warga negara memiliki wewenang penting dan daya tawar terhadap negara untuk sesalu dan terus mengontrol proses penyelenggaraan negara agar tetap sesuai denga konstitusi dan undang- undang yang berlaku, bukan selalu tunduk da pasrah.

    BalasHapus
  22. TRIO HANDOKO
    1I
    26.09.3.1.277
    KOMENTAR SAYA TENTANG NEGARA ADALAH SEBAGAI BERIKUT NEGARA MERUPAKAN ORGANISASI BESAR YANG MANA TERDAPAT HUKUM DAN UNDANG-UNDANG YANG DIJALANKAN OLEH PEMERINTAH DAN RAKYAT YANG MANA HUKUM DAN UNDAN-UNDANG ITU BERLAKU UNTUK KEPENTINGAN RAKYAT SEPENUHNYA

    BalasHapus
  23. VENDI ZULFIKAR
    1I
    26.09.3.1.283
    KOMENTr saya adalah bahwa negara ini dilindungi undang-undang tetapi semua itu tidak berjalan dengan semestinya

    BalasHapus
  24. topik nopika utomo
    1i
    1i 26.09.3.1.270
    komentar saya menurut saya negara yang baik adalah negara yang memiliki pemerintahan yang bersih tanpa adanya tindak kriminal seperti korupsi. Dan kita sebagai warga negara juga harus bisa menaati apa yang menjadi peraturan pemerintah yang sudah ditetapkan oleh undang-undang.

    BalasHapus
  25. triastanto
    1i
    26.09.3.1.276
    menurut saya sebagai warga negara harus menaati dan menjaga serta melindungi agar kebudayaan negara kita tidak dicuri oleh negara lain sehingga negara kita bisa maju dan dapat berkembang.

    BalasHapus
  26. syaeful amri
    1i
    26.09.3.1.267
    menurut saya negara itu harus mempunyai undang- undang untuk mengatur warga negaranya agar negaranya dapat berkembang dan maju.

    BalasHapus
  27. nama :Galih Tri AgIstini
    kelas :1c
    prodi : PAI
    NIM :26.09.3.1.094


    menurut saya,membangun negara berkeadapan sangatlah penting. karena di dalam negara yang berkeadapan pasti di dalamnya akan tercipta suatu tatanan kehidupan masyarakat yang dinamis dan mempunyai tingkat derajat di mata dunia.

    BalasHapus
  28. Nama : Essamsudin
    NIM : 26.09.5.2.008
    Prodi : Akuntansi Syariah


    Asslamu'alaikum
    Perilaku warga negara terhadap negaranya sudah di atur dalam agama Islam. Seperti dalam suatu riwayat dijelaskan " hubbul wathon minal iman " (al Hadits). Islam sudah mengatur semuanya dari hubungan anatra manusia dengan manusia dan hubungan makhluk dengan Sang Pencipta.
    walapun demikian tidak ada salahnya dalam dunia pendidikan diajabkan civic education (pendidikan kewargaan). dan itu bisa memperjelas kepada masyarakat awam pada umumnya atau kepada generasi penerus.

    Wassalam

    BalasHapus
  29. Asssalamu'alaikum,,
    nama:ulina munfangati
    kelas:1i
    NIM: 26.09.3.1.279

    menurut saya HAM diINDONESIA belum sesuai dengan ajaran islam, yakni pada Alqur'an dan Hadis. begitu juga Ham belum sesuai dengan apa yang di harapkan masyarakat.
    wasalamu'alaikum

    BalasHapus
  30. nama : novitasari
    nim : 26.09.5.2.018
    prody : akuntansi syari'ah

    menurut saya HAM di negara ini belum terpenuhi.karena banyak negara kita yang masih tertindas tanpa diberi kebebasan dalam mempertahankan haknya

    BalasHapus
  31. kelompok 3.BAB 2 (NEGARA)
    1 .Dwidar manto ;NIM 26.09.3.1.069
    2 .Dwi nurhayati;NIM 26.09.3.1.070
    3 .Dwi priyatni ;NIM 26.09.3.1.071

    BalasHapus
  32. NAMA ; EVA YUNITA
    PRODI : AKUNTANSI SYARIAH (JEBI)
    NIM : 26.09.5.2.009


    Assalamu'alaikum Wr. Wb...


    menurut saya untuk membentuk negara yang berkeadaban, negara harus bisa menjalanakan tujuan dan fungsi negara dimana disini yang berperan adalah lembaga negara dan masyarakat. masyarakat tanpa ada bantuan dari lembaga negara tidak akan terlaksana dengan baik, misalnya kita sebagai pemuda dapat terus mengembangkan budaya daerah masing - masing sehingga budaya atau adatnya tidak akan punah dan lembaga negara lah yang akan memperkenalkan kepada dunia, mewujudkan putra - putri bangsa yang cerdas dengan memberikan pendidikan yang lebih terjangkau, pemberantasan terhadap koruptor dan memberi sanksi yang sangat berat supaya mereka jera dengan begitu akan sedikit mewujudkan negara yang berkeadaban...

    BalasHapus
  33. nama :Asih puji lestari
    prodi :AKS


    Menurut saya negara yang berkeadaban merupakan negara yang mempunyai sistem pemerintahan yang baik,dan sudah sesuai dengan tujuan bangsa.Negara yang bebas dari korupsi,serta selalu mengedepankan kepentingan rakyat.

    BalasHapus
  34. ningtyas
    26.09.5.2.017
    akuntansi syariah


    negara berkeadaban merupakan negara yang mampu menjalankan fungsi dan tujuan yang akan dicapai untuk menciptakan negara yang makmur dan berkembang.

    BalasHapus
  35. purwanti
    26.09.5.2.023
    akuntansi syaria'ah

    negara berkeadaban merupakan perpaduan antara alat negara dan wewenangnya untuk mengatur dan mengendalikan persoalan persoalan bersama ,yang mempunyai tujuan seperti memperluas kekuasaan,ketertiban hukum,kesejahteraan umum dll,dan salah satu cara untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan cara setiap warga negara menjalankan hak dan kewajiban nya sendiri sendiri ,serta negara juga harys melindungi hak hak warga negaranya tanpa membeda bedakan status yang ada.

    BalasHapus
  36. Nama :Shella Permata Ratri
    Jurusan : Dakwah & Komunikasi
    Prodi : BKI
    NIm : 26.09.1.2.008

    Menurut saya dengan Keberadaban suatu instrusi yang bernama Negara tidak dapat dielakkan, hal ini karena kodrat manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan perangkat yang menjadi ikatan kebersamaan dalam kontrak sosial antar manusia dan diharapkan menjadi wadah agar manusia bisa menjalankan kehidupannya dengan baik. Dengan adanya itu, maka agar manusia jauh dari sengketa atau konflik dan menjaga kedamaian sosial. Dan Negara sangat berperean aktif dalam kehidupan bernegara.

    BalasHapus
  37. ahmad riyadi
    akuntasi syariah
    26.09.5.2.001

    negara berkeadaban adalah salah satu tujuan di negara kita Indonesia yang harus kita lestarikan karena pada zaman sekarang di negara kita sedikitnya moral bangsa yang menjunjung tinggi negara yang berkeadaban sehingga di Indonesia masih sangat rawan dengan kejahatan

    BalasHapus
  38. saiful rochman
    26.09.5.2.025
    akuntansi syariah

    negara berkeadaban merupakan suatu cita-cita yang ingin dicapai dari semua negara. jadi kita harus selalu terus berusaha untuk dapat mewujudkannya.dan kita HARUS YAKIN BAHWA SUATU SAAT NANTI KITA PASTI AKAN MERAIHNYA.

    BalasHapus
  39. AKS
    Kelompok II:
    Nur Aisyah Turiskiyah
    Hafid Marzuki
    Virgintia

    BalasHapus
  40. exsisca mulandari
    AKS
    26.09.5.2.010

    menurut saya negara berkeadaban merupakan suatu proses dimana negara dan warga negara berperan di dalamnya untuk membangun dan menciptakan sebuah keadilan, baik secara sosial maupun politik. yang berdasarkan atas kesadaran warga negara yang mampu melaksanakan hak dan kewajibannya masing - masing.

    BalasHapus
  41. SYAIFUL SYA'BAN
    26.09.5.2.027
    AKUNTANSI SYARIAH

    Menurut saya negara berkeadapan itu harus bisa menjalankan peran dengan baik.
    menetapkan tujuan yang konkrit dan menjalankan pemerintahan yang adil dan bijaksana

    BalasHapus
  42. negara adalah suatu wadah untuk menindas, dari sang penguasa kepada rakyat.

    BalasHapus
  43. nama : hestin alfia rani
    prodi : kps.A
    nim : 26.10.5.3.042

    menurut saya idenyitas nasional Indonesia yg berbasis pada masyarakat multikultural sangat elevan bagi penegasan kembali identitas nasional bangsa Indonesia yg Demokratis, inklusif, dan tolerandgn tetap mengakar pada identitasnya yg majemuk.

    BalasHapus
  44. ANNAFI AZIZAH
    KPS A
    Menrut saya identitas suatu negara di lihat dri bgamana pemerintahan di dlam negara tersebut.

    BalasHapus
  45. ASTI ANGGRAINI
    KPS.A
    26.10.5.3.014

    Identitas nasional adl sesuatu yg selalu berubah dan terbuka untuk di beri makna baru agar tetap sesuai dengan tuntutan zaman. Identitas nasional dpt juga bermuara pada suatu Ideologi. Di Indonesia identitas tersebut adl Pancasila.

    BalasHapus
  46. Jonathan pratiwi
    26.10.5.3.053
    KPS A

    Unsur identitas itu secra normatif brbentuk sebagai nilai, adat, bahasa, dan letak geografis.

    BalasHapus
  47. HESTIN ALFIA RANI
    KPS.A
    26.10.5.3.042

    Identitas nasional pada hakekatnya merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yg tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dgn ciri" khas, dan dgn ciri" khas tersebut maka suatu bangsa berbeda dgn bangsa lainnya.

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. NURI WIJAYANTI
    KPS B
    26.10.5.3.073
    saya sangat senang dan atusias dengan materi ini, karena pada materi ini dibahas tentang identitas nasional yang merupakan pembeda atau ciri khas bangsa indonesia dengan bangsa lain. yaitu indonesia memiliki pancasila sebagai landasan ideologi yang dapat bertahan sampai saat ini.

    BalasHapus
  50. RETNO ROYANI
    KPS B
    26.10.5.3.082
    Menurut saya materi ini sangat membangun karna didalamnya dibahas tentang identitas nasional dan hakikat globalisasi beserta pengaruhnya dalam berbagai bidang.Dan dari sekian banyak materi yang dijelaskan ada satu yang paling saya suka yaitu pembahasan penyelewengan pancasila dimasa lalu yang menyebabkan masyarakat phobia terhadap pancasila meski tidak secara detail. Tapi ini bisa menjadi cambuk bagi kita untuk senantiasa melaksanakan demokrasi secara seimbang dan tetap menjunjungi tinggi nilai-nilai luhur pancasila sebagai ideologi negara kita.

    BalasHapus
  51. Rahmah
    KPS-A
    26.10.5.2.044


    Menurut saya,pendidikan kewargaan merupakan wadah aktualisasi praktik demokrasi melalui pendidikan,yang bertujuanmenanamkan kesadaran pada masyarakat akan hak,kewajiban,dan tanggungjawab sebagai warga negara,agar mampu melakukan perubahan didalam masyarakat mengenai prinsip-prinsip dalam kehidupan bermasyarakat.

    BalasHapus
  52. NUR KURNIA
    KPS_B
    26.10.5.3.071

    Assalamualaikum wr .wb

    Menurut saya, setelah membaca dan memahami BAB IV tentang identitas nasional dan globalisasi, saya menjadi lebih paham akan hakekat identitas nasional,memahami pembentukan identitas nasional,dapat menganalisa keberadaan pancasila sebagai nilai bersama dalam kehidupan keluarga,bangsa,dan negara.Saya menjadi lebih yakin dalam menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila.dan melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.karena dengan membaca bab ini saya merasa bahwa identitas nasinal kita ini patut dan pantas untuk dipertahankan

    BalasHapus
  53. Aulia Rizky
    KPS_A

    menurut saya membangun negara yang berkeadaban itu sangat sulit, karena adanya permasalahan yang kompleks yang terjadi di suatu negara. akan tetapi juga tidak mustahil kalau negara yang beradab itu juga bisa di bangun jika masyarakat ikut berperan aktif dalam pemerintahan serta adanya hubungan yang baik antara warga negara dengan pemerintah. sama - sama saling mendukung..

    BalasHapus
  54. Aprillia Riqqi
    KPS A

    negara berkeadaban merupakan perpaduan antara alat negara dan wewenangnya untuk mengatur dan mengendalikan persoalan persoalan bersama ,yang mempunyai tujuan seperti memperluas kekuasaan,ketertiban hukum,kesejahteraan umum dll,dan salah satu cara untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan cara setiap warga negara menjalankan hak dan kewajiban nya sendiri sendiri ,serta negara juga harys melindungi hak hak warga negaranya tanpa membeda bedakan status yang ada.

    BalasHapus
  55. Dharu Dyah Arum S
    KPS B
    26.10.5.3.025

    Assalamualaikum,,,
    unsur unsur pembentukan identitas itu antara lain sejarah,kebudayaan,suku bangsa dan bahasa,,

    BalasHapus
  56. Eko Rohmiyati
    KPS B
    26.10.5.3.032
    Assalamualaikum
    Indonesia merupakan kawasan subur bagi pertumbuhan beragam aliran pemikiran dan pergerakan nasional dengan basis ideologi yang beraneka ragam : nasionalisme,sosialisme,liberalisme,humanisme

    BalasHapus
  57. Hana Sofia
    KPS A
    26.10.5.3.039
    Assalamu'alaikum
    Menurut saya,Dampak adanya Globalisasi di Indonesia sangat besar pengaruhnya terutama dalam pola kehidupan masyarakat indonesia, yang cenderung meniru dan mengaplikasikan budaya barat dalam kehidupan mereka, tanpa menyaring baik buruknya budaya tersebut. oleh karena itu adanya multikulturalisme sangat penting jika aneka kebudayaan hidup sangat berdekatan, seperti di Indonesia saat ini, hal ini sebagai penerjemaahan pancasila dalam konteks yang lebih konkrit dan praktis.

    BalasHapus
  58. Nama : Nurul Fathinah Al Abidah
    NIM : 26.10.1.1.020
    Prodi : KPI

    kOMENTAR : bab 4.

    menurut saya :
    globalisasi dapat menimbulkan suatu solidaritas global yang melintasi kelompok etnis,batas teritorial negara, atau kelompok agama. Sedangkan identitas berbasis pada masyarakat miltikultur sangat relevan bagi penegasan kembali identitas nasional bangsa indonesia yang demokratis.

    BalasHapus
  59. Nama : Azizah Nova F
    NIM : 26.10.5.3.017
    Prodi: KPS B

    Menurut saya identitas nasional adalah jati diri sutu bangsa yang ada semenjak bangsa itu lahir. dan pancasila merupakan salah satu dari ldentitas nasional indonesia karena pancasila merupakan filter untuk kebudayaan-kebudayaan yang masuk dan berkembang di Indonesia.

    BalasHapus
  60. Nama : Dewi Fatmawati
    NIM : 26.10.5.3.022
    Prodi: KPS B

    Menurut pendapat saya,dari bacaan bab 4 tersebut,identitas suatu negara dapat dilihat dari apa yang dimiliki negara tersebut.
    Misal kebudayaan,adat istiadat,dan suku bangsa yang bermacam-macam.

    BalasHapus
  61. Nama: Munirotun Nisak
    NIM: 026.10.1.1.016
    Prodi: KPI Dakwah Dan Komunikasi
    bagaimana peran pancasila dalam menghadapi kondisi negara Indonesia yang seperta ini?

    BalasHapus
  62. Nama : Kholifatus Sa'diya
    NIM : 26.10.1.1.011
    Prodi: DK/KPI

    bagaimana tanggapan Anda tentang Demokrasi yang ada di Indonesia dengan adanya realitas seperti sekarang ini? serta bagaimana pula seharusnya suatu negara yang berdaulat dikatakan berdaulat?

    pak g terjun k tkp bencana merapi? qta studi tentg peran civil society dalam penanggulangan bencana alam. hehehehehe
    makasih pak.................!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  63. assalamu'alaikum wr.wb
    Nama :Santi Kusuma Ismiati
    kelas:KPSB
    NIM :26.10.5.3.090

    Menurut saya identitas nasional sangat penting di dunia internasional.Dengan kita memilki sebuah identitas kita akan dikenal oleh bangsa lain.Gotong royong dan ramah tamah merupakan dua Contohidentitas yang dimilki Bangsa kita sejak dahulu.Kita harus mempertahankannya.Namun,era Globalisasi telah masuk dunia kita.Budaya-budaya Barat dengan mudahnya mempengaruhi bangsa ini.Sebagai bangsa penganut budaya Timur kita harus benar-benar selektif dalam menghadapi era ini.Disisi lain,era globalisasi ini juga berpengaruh positif yaitu terbentuknya multikultural.
    terima kasih.
    wassalamu'alaykum wr.wb

    BalasHapus
  64. Nama:Dian Mayasari
    Prodi:BKI
    NIM:26.10.1.2.007

    Pada materi ini membahas tentang Identitas nasional dan hakikat globalisasi,dan keduanya ini saling berkaitan.
    Maksud dari negara bersifat terbuka itu apa?

    pada era globalisasi ini terdapat dampak positif dan negatif.Menurut saya dampak yang terjadi di indonesia banyak yang masuk dampak negatifnya.
    Karna,,dampak negatif tersebut banyak masyarakat indonesia yang meniru budaya barat.contoh : fastion,bahasa,gaya hidup,dan pergaulan bebas,yang mengakibatkan bangsa indonesia khususnya generasi muda banyak yang tidak meneruskan studynya karna dampak negatif dari globalisasi tersebut.

    Terima kasih...

    BalasHapus
  65. nama : mila khoiri
    kelas: 1D
    NIM :26.10.3.1.119

    assalamu'alaikum..
    sepengetahuan saya bahwa dalam materi identitas nasional dan globalisasi terdapat unsur-unsur pembentuk identitas nasional.
    salah satu identitas bagsa indonesia dikenal sebagai sebuah bangsa yang majemuk.
    salah satu kemajemukan indonesia dapat dilihat dari sisi agama.
    mensyukuri nikmat kemajemukan pemberian ALLAH dapat dilakukan dengan salah satunya, sikap dan tindakan untuk tidak memaksakan keyakinan dan tradisi suatu agama baik mayoritas maupun minoritas atas kelompok lan.
    agama islam yang dulumya merupakan agama yang mayoritas sekarang bahwasannya ditarik demi terwujudnya persatuan dan kesatuan indonesia.
    peristiwa itu perdampak sangat besar bagi perjalanan negara indonesia dan islam diindonesia untuk kedepannya.
    wassalamu'alaikum....

    BalasHapus
  66. nama :Noviana Rahayu
    kelas :1D
    NIM :26.10.3.1.142

    Suatu bangsa berinteraksi dengan bangsa lain dengan identitasnya masing-masing , namun nilai-nilai dasar daripada identitas nasional hendaknya tetap sebagai penyanggah untuk kehidupan berbangsa dalam menghadapi kekuatan-kekuatan luar sebagai bangsa tersebut tetap berkarakter secara tersendiri dan yang membedakannya dengan bangsa lain .

    BalasHapus
  67. nama : Mitayani
    nim : 26.10.3.1.120
    kelas: 1D

    Era globalisasi memang menimbulkan perubahan yang signifikan.Globalisasi disegala aspek membawa dampak positif dan negatif dlm kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara sutu bangsa tidak dapat menutup diri terhadap era globalisasi.Khususnya bagi bangsa indonesia harus bersikap selektif terhadap pengaruh-pengaruh globalisasi,menerima pengaruh tanpa kehilangan jati diri kepribadian bangsa .Oleh karena itu msks didalam menerima pengaruh globalisasi harus didasarkan pancasila,yang telah memiliki beberapa fungsi dan kedudukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara .

    BalasHapus
  68. Assalamu’alaikum.Wr.Wb
    Nama : Jamilatun
    Kelas : 1 C
    NIM : 26.10.3.1.093

    Identitas Nasional
    Menurut saya,Identitas Nasional adalah ciri khas (jati diri) yang dimiliki suatu Negara/bangsa yang dapat membedakan dari Negara yang satu dengan yang lain. Namun siring dengan perkembangan zaman identitas iniakan selalu berubah-ubah dan akan selalu bekembang.dalam hal ini identitas nasional bersifat tidak mutlak/tidak tetap. Terbukti misalnya di Negara kita, Indonesia dikenal dengan identitas sebagai bangsa yang ramah, sopan santun, agamis itu dahulu. Tetapi perkembangan zaman hal tersebut telah berubah. Indonesia sekarang menjadi bangsa yang koruptor, banyak teroris, banyak kriminal, anarkis demonstrasi dimana-mana, dan lain-lain. Dalam identitas nasioanal dapat ditinjau dari segi: sisi sejarah, budaya, suku bangsa, agama, dan bahasa yang digunakan oleh negara tersebut. Selain itu juga ditinjau dari pedoman yang dimiliki oleh negara tersebut. Misalnya Indonesia menggunakan pancasila, amerika liberalis, cina sosialis, rusia kapitalis dll.
    Globalisasi
    Menurut saya Globalisasi adalah suatu perubahan sosial, budaya maupun karakter suatu negara maupun masyarakat secara global/menyeluruh. Hal ini disebabkan sesuai dengan perkembangan zaman/teknologi yang modern.

    BalasHapus
  69. titis_261011025_kpi

    Assalamu'alaikum'

    Saya sangat mnyukai metode belajar dg cara diskusi, krn di sini stiap mahasiswa dituntut unk bisa mnyampaikan meteri secara lisan dan mjawab partanyaan dari teman2.

    Mahasiswa juga bisa lebih paham dgn materi yg sedang didiskusikan. Saya berharap di semester depan ada presentasi individu, supaya kami sbg mahasiswa bisa lebih pandai bicara di dpan banyak orang.

    Identitas negara Indonesia adalah dikenalnya qt sbg bangsa yg ramah tamah dan berbudi luhur. Maka qt harus brusaha sebaik mngkn menjaganya, apalagi negara qt mayoritas beragama Islam, jd swajarnya qt mjaga nama baik negara agar dunia mengetahui bahwa Indonesia negara yg beradab.

    Wassalamu,alikum.

    BalasHapus
  70. nama :mini lestari
    nim :26.10.1.1.013
    jurusan :dakwah & komunikasi
    prodi :kpi

    komentar:
    Assalamialaikum Wr.Wb
    negara indonesia berdasarkan ketuhanan yang maha esa,tapi pada kenyataan yang sebenarnya,fakta yang ada di lapangan menunjukkan tidak demikian.
    masih banyak pornografi,kriminalitas,korupsi,free sex terjadi di negara kita ini.
    menurut bapak bagaimana seharusnya kita menyikapi hal tersebut?

    sekian dan terima kasih.
    Wassalammu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  71. nimas putri budayati
    26.10.1.2.015
    BKI

    assalamu'alaikum wr.wb.
    kewajiban asasi setiap negara salah satunya adalah menciptakan perdamain. tapi kenyataannya tidak demikian adanya. contohnya saja didaerah sampit,hanya karena masalah persengketaan tanah,semua warga masyarakatnya menjadi korban atas masalah tersebut. hanya parang dan golok yang selalu dibawa untuk menyakiti bahkan membunuh saudaranya sendiri.
    bagaimana tanggapan bapak tentang masalah ini?

    sekian terima kasih
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  72. Nur Aisyah Budi Ashinta
    26.10.1.1.018
    KPI

    Assalamu'alaikum......
    Menurut saya identitas nasional sangat penting di dunia internasional.Dengan kita memilki sebuah identitas kita akan dikenal oleh bangsa lain.Gotong royong dan ramah tamah merupakan dua Contohidentitas yang dimilki Bangsa kita sejak dahulu.Kita harus mempertahankannya.
    Sedangkan Globalisasi adalah suatu perubahan sosial, budaya maupun karakter suatu negara maupun masyarakat secara global/menyeluruh. Hal ini disebabkan sesuai dengan perkembangan zaman/teknologi yang modern.

    Sekian Terimakasih....
    Wassalamu'alaikum wr,wb....

    BalasHapus
  73. nama :uswatun hasanah
    nim :26.10.5.3.099
    prodi: kpdb

    assalamu'laikum u
    menurut saya pemdagian kekuasaan dan pemisaan kekuasaan itu berbeda.contohnya indonesia dan amerika. di indonesia menganut pembagian kekuasaan jd antara eksekutif,legislatif dan yudikatif dapat saling bekerjasama dalam mengerjakan tugas,sedangkan di amerika menganut paham pembagian kekuasaan,yaitu antara bagian negara yang satu dengan yang lain itu mengerjakan tugas masing-masing tidak ada nya campur tangan dari masinag-masing bagian negara.

    terimakasih
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  74. Nama:ngatmini
    Nim :26.10.3.1.126
    Kls :1d/PAI

    Assalamualaikum wr,wb.
    identitas nasional ialah susunan yg berubah dan terbuka untuk diberi warna baru agar sesuai dg tuntunan lama,tetapi budaya kita telah berubah budaya yang dulu dianggap ramah dan santun sekarang mulai pudar,untuk itu kita perlu menggali kembali nilai-nilai yg telah hilang serta bersikap bijaksana.
    wassalamu'alaikum wr,wb.

    BalasHapus
  75. Nama :Merwita Ika Fermiliana
    Nim :26.10.3.1.118
    Kls :1D
    Prodi:PAI

    Asalamualaikum..
    menurut saya,Pembentukan identitas nasional merupakan unsur dalam identitas nasional itu sndri dan globalisasi.
    dalam unsur globlalisasi tsb akan membawa beberapa dampak negatif maupun positif.
    ktita harus selektif dalam menyikapi atau mghadapi unsur unsur tsb.krna globalisasi juga mrupakan suatu perubahan sosial.
    wassalamualikum..

    BalasHapus
  76. NINDYANA M TYAS
    26.10.1.2.016 BKI
    SEBAGAI GENERASI MUDA APA YG HARUS QITA LAKUKAN AGAR KITA BISA MJGA IDENTITAS BANGSA?

    BalasHapus
  77. sebagaimana yang di sebut di atas bahwa globalisasi merupakan suatu perubahan sosial dlm bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor lain akibat perkembangan teknologi. dengan kata lain membawa kesadaran kita bahwa semua kehidupan masyarakat dunia adalah saling keterkaitan meski secara fisik terbentang jarak yang sangat jauh.
    hal ini membawa kesadaran pula akan adanya dampak negatif terutama bagi negara miskin atau berkembang seperti indonesia misalnya. dengan adanya pasar global tersebut seringkali negara berkembang berulang kali terjebak utang. Dapat kita lihat pula bahwa dalam pasar bebas pemilik modal semakin kuat dan sebaliknya para petani, buruh, atau pengusaha kecil semakin tertindas dan semakin tidak mempunyai potensi dalam persaingan pasar global untuk menghadapi korporasi-korporasi besar mancanegara.
    para petani miskin negara-negara berkembang di paksa menghadapi persaingan dengan petani negara-negara maju yang mempunyai subsidi besar pula dari pemerintahnya.
    untuk itulah dengan adanya globalisai tersebut dari sisi ekonomi mungkin pemerintah perlu mempunyai kebijakan untuk kontrol legalisasi pasar bebas yang akan mnguasai dan menindas pengusaha kecil dan petani miskin.

    BalasHapus
  78. MUHAMMAD MIFTAH MURTADLO
    37
    1 C
    26.10.3.1.110

    Identitas berarti ciri-ciri, sifat-sifat khas yang melekat pada suatu hal sehingga menunjukkan suatu keunikkannya serta membedakannya dengan hal-hal lain. Nasional berasal dari kata nasion yang memiliki arti bangsa, menunjukkan kesatuan komunitas sosio-kultural tertentu yang memiliki semangat, cita-cita, tujuan serta ideologi bersama.Jadi, Identitas Nasional Indonesia adalah ciri-ciri atau sifat-sifat khas bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia. dentitas Nasional Indonesia meliputi segenap yang dimiliki bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa lain seperti kondisi geografis, sumber kekayaan alam Indonesia, demografi atau kependudukan Indonesia, ideolgi dan agama, politik negara, ekonomi, dan pertahanan keamanan.

    BalasHapus
  79. NAMA;M.SHODIQ NUR ANSHORI
    NO:37
    KELAS:1C
    ASS,MENURUT SAYA NEGARA ITU HARUS MEMPUNYAI KARAKTER SENDIRI-SENDIRI,NEGARA KITA HARUS MEMISAHKAN ANTARA IDEOLOGI KITA DENGAN EDEOLOGI NEGARA LAIN.JANGAN SAMPAI KITA SEBAGAI WARGA INDONESIA MENIRU BUDAYA NEGARA LAIN.

    BalasHapus
  80. Nama :Lutfiyana Eka Saputri
    NIM :26.10.3.1.107
    Kelas:1C

    Assalamu'laikum Wr.Wb
    Menurut saya indentitas nasional itu sangat penting bagi bangsa indonesia. Bangsa Indonesia tanpa indentitas nasional tidak akan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Kemajemukan masyarakat harus tetap dipertahankan dengan adanya persatuan dan kesatuan. Dengan ini indonesia dapat mewujudkan cita-cita yang tercermin dalam undang-undang di negara kita.
    Wassalamu'laikum Wr.Wb

    BalasHapus
  81. Nama : khoiriL badriyah
    Nim : 26.10.3.1.096
    Kelas: 1c

    assalamu'alaikum,
    Glokalisasi adl penyesuaian produk global dengan karakter lokal.Menurut saya, produk global yang berada di indonesia sngatlah banyak dan terkenal.Seharusnya harganya sesuai dengan harga-harga di indonesia.Tidak terlalu mahal tidak pula terlalu murah.sehingga masyarakat apapun bisa menkonsumsi sesuai kantong mereka.

    BalasHapus
  82. M.AFFAN.A

    MENURUT SAYA PERLU DI TINGGKATKAN LAGI

    BalasHapus
  83. Nama:Irawati
    Nim:26.10.1.1.010
    KPI
    DEMOKRASI.
    Menurut saya demokrasi saat ini terlalu berlebihan.pada kenyataannya masih banyaknya para akedemis yang masih melakukan tindakan demo yang anarkis.

    BalasHapus
  84. nama :hery santoso
    kelas :1c
    jurusan :PAI/tarbiyah



    Menurut pendapat saya demokrasi dan identitas nasional di Indonesia perlu ditingkatkan karena sebagian besar demokrasi dan identitas tersebut belum dapat dilaksanakan semaximal mungkin maka dari itu masih banyaknya kesenjangan,kecemburuan sosial antar rakyat-rakyat kecil dengan rakyat-rakyat atas,masih banyaknya korupsi yang merajalela,demo-demo yang anarkis,dan masih banyak lainnya.

    Saran saya untuk pemerintahan bangsa ini khususnya bagi para pemimpin.
    "didalam merdeka butuh toleransi cara kekerasan kita lekang dari sini".

    BalasHapus
  85. NAMA :MINI LESTARI
    NIM :26.10.1.1.013
    PRODI :KPI

    ASSALAMU'ALAIKUM WR WB

    Menurut pendapat saya,demokrasi yang ada di negara ini masih belum bisa berjalan dengan baik,pemerintah masih belum bisa mendengarkan aspirasi rakyat kecil.

    pemerintah masih membuat peraturan yang lebih menguntungkan pejabat tinggi dari pada rakyat kecil.

    dan pandangan saya,SAYA TIDAK SETUJU mengenai demokrasi yang ditunjukkan dengan aksi demo yang anarkis sama saja dengan merugikan rakyat kecil.
    contoh:

    demo yang dilakukan dengan merusak fasilits pemerintah dengan membakar dan lain-lain,pada akhirnya juga akan diperbaiki dengan menggunakan uang rakyat kecil.

    WASSALAMMU'ALAIKUM WR WB

    BalasHapus
  86. assalamu'alaikum

    nama :septian aji
    nim :26.10.1.2.020
    prodi :bki

    menurut saya demokrasi seperangkat aturan dr rakyat untuk rakyat. di negara kita sudah baik tp perlu ada peninjauan kembali. karena penyimpangan2 dinegara kita masih banyak.

    pemerintah harus memperhatikan aspirasi rakyat, karena dengan aspirasi ter sebut pemerintah dapat meninjau ulang sebelum peraturan dibuat..... agar peraturan tersebut dapat berjalan maksimal

    sekian....
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  87. Bab 5 demokrasi
    mnrut saya demokrasi adalh kebebasan setiap warga negara dlam mngeluarkan pendapatnya.
    karena dalam demokrasi rakyat di letakkan sbagai kmponen penting dlam proses praktek demokrasi...

    BalasHapus
  88. annafi azizah
    kps a
    26.10.5.3.008
    Bab 5 demokrasi
    mnrut saya demokrasi adalh kebebasan setiap warga negara dlam mngeluarkan pendapatnya.
    karena dalam demokrasi rakyat di letakkan sbagai kmponen penting dlam proses praktek demokrasi...

    BalasHapus
  89. HENY PUSPITASARI
    26.10.5.3.041
    KPS B

    BAB 4
    Menurut saya,suatu negara harus memiliki identitas nasional agar mempunyai jati diri di mata internasional.

    BalasHapus
  90. heny puspitasari
    26.10.5.3.041
    kps b

    bab 5
    Menurut saya,demokrasi adalah organisasi negara yang dilakukan oleh rakyat/atas persetujuan rakyat karena kedaulatan berada di tangan rakyat.

    BalasHapus
  91. Jonathan Pratiwi
    26.10.5.3.053
    KPS A

    Bab 5
    menurut saya,demokrasi negara ialah negara yang diselenggarakan berdasarkan kehendak dan kemauan rakyat.dan hakikat demokrasi ialah peran utama rakyaat dalam sosial politik

    BalasHapus
  92. menurut saya:otonomi daerah itu belum sepenuhnya mandiri atau berdaya. karena masyarakat belum bisa sepenuhnya menerapkan sistem desentralisasi itu sendiri.

    BalasHapus
  93. Nuta Widiawati
    26.10.3.4.035
    PAI non Reguler B
    Bab 6
    Menurut saya: Otonomi daerah itu belum sepenuhnya mandiri atau berdaya. karena masyarakat belum bisa sepenuhnya menerapkan sistem desentralisasi itu sendiri

    BalasHapus
  94. Yatemi
    26.10.3.4.049
    PAI non Reuler B
    Bab 6
    Menurut saya: Otonomi Daerah di Indonesia itu belum sepenuhnya sesuai dengan mata kuliah civic education

    BalasHapus
  95. agus iswadi
    26.10.1.2.001
    BKI
    mnurut saya dalam membangun negara berkeadaban hrus mngutamakan kaidah nilai ketuhanan.

    BalasHapus
  96. Assalamualaikum wr.wb
    Nindyana M Tyas
    26.10.1.2.016

    Menurut saya demokrasi di Indinesia belum terlaksana dengan baik. sebagai contoh
    ketika pemilu suara rakyat sangat dibutuhkan tapi ketika rakyat tidak setuju dengan keputusan pemerintah dan melakukan demo, mengapa suara rakyat sepertinya tidak di gubris, apakah itu yang dinamakan demokrasi??

    wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  97. Assalamualaikum wr.wb
    Nindyana M Tyas
    26.10.1.2.016
    dakwah/bki

    Menurut saya demokrasi di Indinesia belum terlaksana dengan baik. sebagai contoh
    ketika pemilu suara rakyat sangat dibutuhkan tapi ketika rakyat tidak setuju dengan keputusan pemerintah dan melakukan demo, mengapa suara rakyat sepertinya tidak di gubris, apakah itu yang dinamakan demokrasi??

    wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  98. nama :Mahiro Dacholal Jannah
    Nim :26.10.5.3.062
    Prody:kps_b
    Demokrasi yang berartikan suatu keadaan nagara dimana dalam sistem pemerinahanya kedaulatan berada ditangan rakyat ,kekuasaan tertinggi berada berada dalam keputusan brsama rakyat ,rakyat berkuasa,prmerntahan rakyat dan kekuasaan rakyat.Belum sepenuhnya dilaksanakan di Indonesia.Kebijakan -kebjakan pemerintah tidak diputuskan bersama rakyat,melainkan hanya dengan pejabat-pejabat terkait saja.

    BalasHapus
  99. NAMA :DEWI FATMAWATI
    NIM :26.10.5.3.022
    KELAS:KPSB

    BAB 5 Tentang Demokrasi
    Menurut pendapat saya,Demokrasi merupakan kebebasan yang dimiliki oleh setiap orang.Namun kebebasan tersebut terikat oleh batasan-batasan tertentu seperti adanya aturan yang harus ditaati,maka dari itu walaupun negara kita negara demokrasi,tapi negara kita mempunyai etika dan tata cara dalam bermasyarakat.Seperti halnya kita menerima atau mengeluarkan pendapat yang tidak merugikan hak asasi orang lain.

    BalasHapus
  100. AZIZAH NOVA FATMAWATI
    26.10.5.3.017
    KPS B

    Menurut saya demokrasi adalah suatu aturan yang diperuntukan dan harus di taati oleh semua warga negara yang berada dalam suatu negara yang menganut sistim demokrasi itu. Menurut saya bahwa demokrasi di indonesia belum berjalan dengan baik, karena kebanyakan masyarakatnya hanya mementingkan kepentingan diri sendiri.

    BalasHapus
  101. Nama : Titis Tyas A
    NIM : 26.10.1.1.025
    Jur/Prodi : DK/ KPI

    Dari rkyat, oleh rakyat untuk rakyat, begitu istilah demokrasi yand diterapkan oleh negara ini. Namun apakah semua itu tlah terlaksana secara benar dan tepat. Benar rakyat tlah memilih para wakilnya untuk mengeluarkan segala aspirasinya. Lalu apakah para wakil rakyat tlah menunaikan kewajibannya sebagai wakil rakyat?

    Wakil rakyat seharusnya merakyat
    Jangan tidur kalau sidang soal rakyat.
    ^_^

    BalasHapus
  102. sri sayekti
    harusnya warga dengan masyarakat bekerja bersama2 nmembangun indonesia yang lebih maju

    BalasHapus
  103. NAMA : RIRI PITA SARI
    NIM : 26.10.5.3.086
    KELAS : KPS B

    menurut saya..demokrasi yang sebenarnya belum diterapkan di indonesia ..contohnya ; banyak opnum - opnum yang menyampaikan pendapat dengan urakan itu mencerminkan ketidak adaan tangung jawab di diri mereka.
    untuk memperbaiki demokrasi yang lebih baik, sebelumnya kita harus memperbaiki moral warga indonesia terlebih dahulu.

    terimakasih ..wassalam

    BalasHapus
  104. Nama : Dharu Dyah Arum Saputri
    Nim : 26.10.5.3.025
    Kelas : Kps B

    Assalamualaikum ,,
    menurut saya demokrasi itu harus diterapkan sejak dini dan dimulai dari hal yang paling kecil dari itu menjadi suatu kebiasaan dan suatu pembelajaran sehingga kita bisa menerapkan nya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dengan baik..

    trimakasihh,

    BalasHapus
  105. Nama : Eko Rohmiyati
    Nim : 26.10.5.3.32
    Kelas :KPS B

    Assalamualaikum..
    demokrasi di indonesia belum berjalan dengan baik karna ke individualisne dan keegoisan masyarakat jadi kita harus membuang sifat2 buruk trsebut dan mulai menerapkan sistem demokrasi.
    trimakasih

    BalasHapus
  106. Nama:Defi Fidiastuti
    NIM :26.10.1.2.006

    Assalamualaikum
    Menurut saya demokrasi ialah suatu pendapat yg di berikan rakyat untuk rakyat.seperti contoh;Demokrasi saat pemilihan umum yang ada di indonsia.sudah kita liat seperti pemilihan sebelumya di indonesia demokrasinya msih blum terlaksana karena masih banyak kericuan di mana mana yg berbeda pendapat saat pemutusan pemilihan umum ini di putuskan.

    BalasHapus
  107. السّلا م عليکم ورحمةالله وبرکة

    NAMA : erwin sofian
    NIM :26.10.1.1.008
    PRODI :KPI

    Menurut saya demokrasi adalah suatu hukum yang sampai detik ini dan sampai kapanpun tidak akan bisa menjadikan bumi ini aman sejahtera. dan menurut saya hukum islam sangat pantas menggantikan democrazy di bumi ini.karena hukum islam adalah hukum yang sempurna..dan jawaban saya ini adalah mnuurut ajaran agama saya yaitu ISLAM..entah dengan ajaran agama bapak....

    BalasHapus
  108. nama :mulyadi DH
    NIM :26.10.1.1.015
    prodi :kpi

    demokrasi adalah hasil dari pemikiran manusia.sebaik baik ny demokrasi pasti mempunyai kelemahan.
    demokrasi berasal dari rakyat untuk rakyat
    tapi kenyataan nya demokrasi itu dari rakyat untuk GAYUS DAN KAWAN KAWAN
    JADI PERLU DI TEGAK KAN HUKUM ISLAM DI NEGRI INI.
    PAHAM NYA DEMOKRASI HUKUM NYA ISLAM
    WASALAM....

    BalasHapus
  109. Nama : Yunendra B.M
    Nim : 26.10.1.2.025
    Jurusan: Dakwah dan Komunikasi
    Prodi : Bki

    menurut saya demokrasi sendiri harus kita pelajari karena dengan demokrasi kita bisa memahami hukum di negara kita

    BalasHapus
  110. Nama : Deni Bagus
    Jurusan : Dakwah dan Komunikasi
    Prodi : Koi

    demokrasi merupakan hukum yang dipelajari karena kita sebagai masyarakat harus kritis terhacap hukum

    BalasHapus
  111. Asti Anggraini
    26.10.5.3.014
    KPS.A

    Menurut saya,,
    demokrasi bukan kata benda tetapi lebih merupakan kata kerja yg mengandung makna sbagai proses dinamis...

    BalasHapus
  112. KELOMPOK 4 :
    1. ANISA
    2. ASTI ANGGRAINI
    3. FITRIYANI 26.10.5.3.036
    4. HESTIN A.R 26.10.5.3.042
    5. RIDWAN

    IDENTITAS NASIONAL DAN GLOBALISASI

    * Pengertian identitas pada hakekatnya merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yg tumbuh dan b'kembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri-ciri khas, dan dengan ciri khas tersebut maka suatu bangsa berbeda dgn bangsa laen dalam kehidupannya.
    * Unsur-unsur identitas itu secara normatif berbentuk sbg nilai, bahasa, adat istiadat, dan letak geografis.
    * Unsur-unsur pembentuk identitas nasional: Sejarah, kebudayaan,suku bangsa, agama, dan bahasa.
    * Pancasila adalah capaian demokrasi paling penting yg dihasilkan para pendiri bangsa Indonesia.Pancasila tidak laen merupakan sebuah konsensus nasional bangsa indonesia yg majemuk.
    * Hakikat Globalisasi
    Globalisasi sering diidentikan dengan: Internasionalisasi, liberalisasi, universalisasi, westernisasi, dan deteritorialisasi.
    * Globalisasi dimaknai sbg munculnya interpretasi produk global dalam konteks lokal yg dlkukan olh masyarakat dlm berbagai wilayah budaya.
    * Ketahanan Nasional dan Globalisasi
    Dalam rangka ketahanan nasional, peluang dan tantangan bangsa Indonesia dalam era Globalisasi dapat dijumpaidlm bbrp bdang yg mliputik polesosbud.
    * Multikulturalisme pd intinya adlh ksediaan mnerima kelompok lain scr sma sbg ksatuan tnpa memperdulikan perbedaan.

    BalasHapus
  113. nama : muh.hafidz.q
    nim : 26.10.1.2.013
    prodi: dakwah bki

    assalamu'alaikum Wr.Wb
    dengan adanya sistem pembelajaran seperti ini,maka kita dengan mempraktekan secara langsung cara berdemokrasi.kita memahami suatu konsepan negara,sebagai generasi penerus harus memahami secara real.
    terima kasih.

    BalasHapus
  114. asalamualaikum
    nama:jamilatun
    nim:26.10.3.1.093
    kelas: I C
    Menurut saya demokrasi adalah suatu pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.demokrasi juga menyangkut politik.Seperti yang kita ketahui Indonesia sejak reformasi sampai sekarang sudah melaksanakan yang namanya demokrasi misalnya pemilu presiden,wakil rakyat, dll.Jadi makna demokrasi ini bahwa kita sebagai warga negara bebas dan berhak menentukan pendapat sendiri tanpa tekanan dari pihak siapapun dan manapun.namun Sayangnya demokrasi yang ada Di Indonesia sendiri belum berjalan maxsimal atau belom 100% murni dari suara hati nuraninya.kerena mereka banya disuap dengan berbagai hal misalya uang,barang dll.
    tapi disampina itu kita cukup berbagga hati ketika kita lansung mempraktekan arti berdemokrasi.agar demokrasi tetap berjalan sebagaimana mestinya kita sebagai generasi muda tunjukkan bagaimana sesungguhya kita menjalankan demokrasi ini sesuai dengan syariat islam agar tercipa negara makmur,aman , adil, jujur dan sejahtera.Amiiiiiiin???????
    terimakasih
    wasalamualaikum

    BalasHapus
  115. Nama : Asti Anggraini
    KPS.A
    Nim : 26.10.5.3.014

    Menurut saya,
    Tata kelola kepemerintahan yang lebih baik dan bersih meniscayakan adanya transparan di sgala bidang.Hal itu untuk mengikis budaya korupsi yang mengakibatkan terjadinya kebocoran dalam anggaran, penggunaan uang negara untuk kepentingan individu, dan bukan untuk kepentingan rakyat.

    BalasHapus
  116. السّلا م عليکم ورحمةالله وبرکة
    Nama : Dharu Dyah Arum Saputri
    No : 26.10.5.3.025
    Kelas : KPS B
    BAB 6
    Menurut saya otonomi daerah sangat dibutuhkan bagi indonesia ini,,guna untuk meratakan jumlah penduduk ,ekonomi daerah.contohnya dijakarta sekarang ini jumlah penduduk sangat lah padat,dikarenakan banyak orang yang mencari kebutuhan ekonomi di jalarta.
    trimakasih

    BalasHapus
  117. السّلا م عليکم ورحمةالله وبرکة
    Nama : Eko Rohmiyati
    No : 26.10.5.3.032
    Kelas : KPS B
    BAB 6
    Menurut saya otonomi daerah dalam sarana pendidikan sangatlah penting bagi indonesia,untuk itu kita perlu pelatihan,pengetahuan,dan pengembangkan demokrasi dalam sebuah negara.
    Trimakasih

    BalasHapus
  118. Assalamualaikum
    Nama : Jahid Imam mudien
    Nim :26.10.1.2.11
    Kelas: BKI
    BAB 6
    Menurut saya otonomi daerah itu sangat penting untuk melahirkan kepala pemerintahan yang demokratis,sesuai dengan peraturan yang ada di indonesia..
    trimakasih

    BalasHapus
  119. Nama;okta wida
    Jurusan:Dakwah dan Komunikasi
    Prodi:BKI

    otonomi daerah akan membuat daerah bebas dalam mengatur daerahnya sendiri

    BalasHapus
  120. Nama : Amiluhur Nindiarso
    Nim : 26.10.5.3.004
    Kls : KPS B
    --BAB 6--

    Pelaksanaan otonomi daerah sellain berlandaskan pada acuan hukum, juga sebagai implementasi tuntutan globalisasi yang mau tidak mau, suka tidak suka daerah harus lebih di berdayakan dengan cara daerah diberikan kewenangan yang lebih luas, lebih nyata dan bertanggung jawab, terutama dalam mengatur, memanfaatkan dan menggali sumber-sumber potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

    BalasHapus
  121. NAMA : HESTIN ALFIA RANI
    Nim : 26.10.5.3.042
    Kelas : KPS.A
    - BAB 7 -
    Tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih ( good & clean governance ) adalah sesuatu yang terkait dengan tingkah laku yang bersifat mengarahkan, mengendalikan ato mempengaruhi urusan publik untuk mewujudkan nilai-nilai kebenaran.

    BalasHapus
  122. nama :julia agustina
    kelas :PBS .B
    NIM :26.10.5.3.054



    Peran kaum muda sebagai counter eliteDalam konteks kehidupan demokrasi, peran kaum muda amatlah strategis dan memberi pengaruh yang signifikan dalam perbuhan peradaban. Setiap masyarakat turut memikirkan dan memperjuangkan nasib sendiri dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada di masyarakat sebagai alternatif saluran aspirasinya; Menunjukkan adanya kesadaran bermasyarakat dan bernegara yang tinggi dengan tidak menyerahkan sepenuhnya penentuan nasibnya kepada orang lain, seperti kepada pemimpin dan tokoh masyarakat yang ada, baik yang sifatnya formal maupun informal;Senantiasa merespon dan menyikapi secara kritis terhadap sesuatu masalah yang dihadapi sebagai buah dari suatu kebijakan publik dengan berbagai implikasi dan konsekuensinya; Keberhasilan demokrasi itu sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas informasi yang diperoleh, memanfaatkan informasi itu sebagai dasar bagi penguatan posisi daya tawar, dan menjadikannya sebagai pedoman dan arah bagi penentuan peran strategis dalam proses pembangunan;Berdasarkan kenyataan tersebut dapat diperkirakan bahwa adanya penundaan terhadap penempatan hukum secara proporsional dalam kegiatan pembangunan akan mengandung risiko besar. Penempatan fokus keutamaan pada manusia, selain memiliki argumentasi etis, pada akhirnya memiliki pula dimensi hukum dalam tataran implementasinya. Terkandung maksud di sini adalah bahwa proses peradaban manusia antara lain mensyaratkan adanya ketertiban, keteraturan, kepastian dan keadilan. Bagi Pemerintah, keadilan dan keadaban itu merupakan sumber dan dasar motivasi dan inspirasi yang menjadi energi kekuatan bagi pelaksanaan tugas dan kewajibannya.

    BalasHapus
  123. NAMA : HESTIN ALFIA RANI
    NIM : 26.10.5.3.042
    KELAS : KPS.A

    - BAB 8 -
    HAM adalah hak-hak yg melekat pada diri manusia yang diberikan langsung oleh Tuhan yang mana setiap manusia berhak menggunakan hak tersebut dan wajib dilindungi oleh pemerintah maupun Negara.

    BalasHapus
  124. NAMA : uswatun hasanah
    NIM : 26.10.5.3.099
    PRODY: kps b
    Assalamu'alaikum
    Hak asasi manusia adalah hak hak yang melekat pada setiap manusia,yang tanpanya manusia dapat hidup sebagai manusia. hak asasi manusia yang pertama adalah hak hidup,setiap orang mempunyai hak untuk hidup. di indonesia pada zaman orde baru dalam pemerintahan soeharto tidak memberi kebebasan ham contohnya kebebasan berpendapat,setiap warga tdak boleh mengkritik setiap kebijakan yang di buat pemerintah tetapi di zaman sekaramg pemerintah telah memeberi kebebasan pers sehingga wartawan dapat memberi informasi tentang pemerintahan sehingga program kerja pemerintahan bersifat transparan.

    BalasHapus
  125. NAMA :MAHIRO DACHOLAL JANNAH
    NIM :26.10.5.3.062
    PRODY :KPS_B
    Hak asasi manusia merupakan seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan kebereadaan manusia seagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib di junjung tinggi dan dilindungi oleh negara.hak asasi manusia yang paling utama yaitu hak untuk hidup.stiap warga negara mempunyai hak yang sama dimuka hukum.tidak ada kekuasaan apapun yang dapat mencabut hak setiap manusia.di indonesia sebagai negara yang demokratis sangat menjunjung tinggi hak asasi manusia misalnya hak warga negara untuk mengeluarkan pendapat.tatapi pada masa sekarang hak asasi manusia yang dianggap sama dimata hukum kurang berlaku lagi di indonesia karena hukum di indonesia cenderung memihak orang-orang yang kaya dan mempuyai jabatan saja.hukum di indonesia harus ditegakkan demi hak asasi manusia.

    BalasHapus
  126. Rahmah Nurul Hidayah
    26.10.5.3.044
    PBS A

    negara berkeadaban merupakan negara yang mampu menjalankan fungsi dan tujuan yang akan dicapai untuk menciptakan negara yang makmur dan berkembang.

    BalasHapus
  127. Nama : DIYAH MULYANI
    Kelas : PBS A
    NIM : 26.10.5.3.028

    Assalamualaikum wr.wb.
    Masyarakat Madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Tata kepemerintahan yang baik merupakan suatu kondisi yang menjamin adanya proses kesejajaran,kesamaan,kohesi dan keseimbangan peran serta adanya saling mengontrol yang dilakukan oleh 3 komponen yaitu pemerintah,rakyat,dan usahawan yang berada disektor swasta.Komponen rakyat yang disebut masyarakat madani harus memperoleh peran yang utama.Beberapa unsur pokok yang harus dimiliki oleh masyarakat madani adalah wilayah publik yang bebas,demokrasi,toleransi,kemajemukan dan keadilan sosial.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  128. MUFLIKHATUN
    26.10.5.3.068
    PBS-B
    BAB 8 (HAM)

    Asslmkm.....

    HAM menurut pandangan saya, adalah suatu hak yang melekat pada diri manusia. setiap manusia pasti memiliki HAM. begitu juga WNI. di indonesia ham sdh tidak lagi di indahkan, banyak hak manusia di abaikan terutama sebagai WNI. mereka berhak hidup, berhak berpendapat, berhak mendapatkan perlindungan. tapi kenapa hak-hak rakyat kecil selalu di abaikan dan di kesampingkan. mereka jg butuh haknya. jangam mentang-mentang mereka miskin, pemerintah seenaknya menggusur tempat tinggalnya,dsb.
    Orang yang berkuasa dan bermartabat yang selalu di utamakan. itu salah besar.
    HAM di indonesia harus di tegakkan. masyarakat kecil harus diselamatkan.
    Allahu akbar....

    wasslmkm.....

    BalasHapus