Selasa, 08 Desember 2009

MEMBANGUN MASAYARAKAT MADANI

1. Pengertian


Sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yg menjamin keseimbangan antara kebebasan individu n kestabilan masyarakat

2. Tujuan

Keseimbangan antara:

- kebebasan individu

- kestabilan masyarakat

3. Karakteristik

- free public sphere

- demokrasi

- toleransi

- pluralism

- keadilan sosial

3. Strategi membangun MM di Indonesia

- integrasi nasional

- reformasi sistem politik demokrasi

- pendidikan dan penyadaran politik

4. Gerakan sosial

Aksi kolektif dengan orientasi konfliktual yang jelas thd lawan sosial dan politik tertentu, dilakukan dlm konteks jejaring lintas kelembagaan yang erat oleh aktor-aktor yang diikat rasa solidaritas dan identitas kolektif yang kuat melebihi bentuk-bentuk ikatan dlm koalisi dan kampanye bersama

5. Fokus Gerakan Sosial

- Old Social movement isu tentang materi dan terkait satu kelompok, petani/buruh.

- New Social movement ide/nilai, feminisme/lingkungan

6. Ranah Gerakan Sosial

- Negara (state)

- Perusahaan/pasar (corporation/market)

- Masyarakat sipil

7. Tipologi gerakan sosial

a. Perubahan Perorangan

- Alternative movements/sebagian. Misal: tidak merokok

- Redemptive movements/menyeluruh. Misal: bidang keagamaan

b. Perubahan Sosial

- Reformative movements /sebagian. Misal: gerakan persamaan hak perempuan

- Tranformative movements/menyeluruh. Misal: gerakan komunis Kamboja

8. wadah sosial-politik MM

- Organisasi keagamaan, profesi, komunitas, media, dan lembaga pendidikan

- NGO (Non – Govermental Organization)

292 komentar:

  1. Nama:Dwi Ariyani
    NIM:26.09.3.1.067
    Tarbiyah/PAI

    Masyarakat Madani adalah masyarakat yang melaksanakan pemerintahan seseuai dengan undang-undang/kaidah yang berlaku.setidaknya ada 3 strategi bagaimana masyarakat madani bisa terwujud:pertama,pandangan integrasi nasional dan politik,kedua,pandangan reformasi siste politik demokrasi dan yang ketiga paradigma membangun masyarakat madani sebagai basisutama pembangunan demokrasi.

    BalasHapus
  2. Nama:Etika Kurniawati
    NIM:26.09.3.1.086
    Tarbiyah/PAI


    Masyarakat aani merupakan siste sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.Untuk membangun masyaraat dibutuhkan suatu organisasi yang berperan untuk perjuangan penegakan HAM.Dibutuhkan juga beberapa strategi agar masyarakat madani bisa terwujd, antara lain:integrasi nasional dan politik, reformasi siste demokrasi, serta paradigma sebagai basisi utama pembangunan demokrasi.

    BalasHapus
  3. nama :emi purwanti
    nim :26.09.3.1.080
    jurusan :tarbiyah/1c

    Assalamu'alaikum wr.wb

    masyarakat madani yaitu suatu sistem yang berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.
    Untuk membangun masyarakat madani di indonesia dapat dilakukan dengan

    (1)integrasi nasional dan politik
    (2)refomarsi sistem politik demokrasi
    (3) pendidikan dan penyadaran.

    selain itu masyarakat madani juga memiliki gerakan sosial yaitu sebentuk aksi kplektif dengan orientasi dalam konteks jejaring lintas yang erat oleh aktor yang diikat oleh rasa solidaritas dan ientitas.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  4. Nama: Ervina Wulandari
    Prodi/kelas :PAI/1C
    NIM : 26.09.3.1.085

    Assalamu'alaikum Wr.wb

    Menurut saya, masyarakat madani yaitu suatu sistem sosial yang berkualitas dan berkeadabaan yang dapat mewujudkan keseimbangan antara kebebasan perorangan dengan kestabilan masyarakat. Masyarakat madani mempunyai karakteristik,diantaranya : wilayah publik yang bebas,demokrasi, toleransi,kemajemukan dan keadilan sosial.
    masyarakat madani telah berkembang di Indonesia sejak dahulu. Hal ini dibuktikan dengan adanya beragam organisasi sosial keagamaan dan pergerakan nasional dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Demikian komentar saya.

    Wassalamu'alaikum Wr.wb

    BalasHapus
  5. Nama: siti Syarofah
    Prodi/kelas: Tarbiyah/1h
    NIM:26.09.3.1.253

    masyarakat madani sering kita dengar dan kita pelajari, tapi kadang kita tidak sadar siapa pencipta masyarakat madani pertama kali. kalau kita sadar maka kita akan meniru sepak terjang, perjuangan Rasulullah SAW. bagaumana perjuangan beliau merubah masyarakat arab yang jahiliah menjadu masyarakat yang mempunyai peradaban, demokrasi, toleran, kemajemukan, dan keadilan sosial yang merata dalam masyarakatnya. jadu kalau kita ungun membentuk masyarakat madani contohlah beliau Rasulullah SAW.

    BalasHapus
  6. nama :habib miftakul fallah
    kelas :ic
    nim :26.09.3.1.097
    assalamualaikum wr.wb
    masyarakat madani
    menurut saya masyarakat madani adalah masyarakat y6ang beradab. masyarakat madani harus ditumbuhkan dalam masyarakat untuk menjadikan kepribadian di masyarakat.masyarakat madani sangat penting diajarkan di sekolah-sekolah,karena dapat membuat kepribadian siswa/mahasiswa.masyarakat madani babnya sudah lengkap untuk diajarkan pada mahasiswa.semoga dengan adanya bab masyarakat madani dapat menjadikan mahasiswa menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.
    assalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  7. Nama:Dwi astuti
    Nim :26.09.3.1.068
    Kelas:1c
    Prodi:PAI

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Masyarakat Madani merupakan konsep yang memiliki banyak arti atau sering diartikan dengan makna yang berbeda-beda, Masyarakat madani yaitu sebuah masyarakat demokratis dimana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya, dimana pemerintahannya memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi kreatifitas warga negara untuk mewujudkan program-program pembangunan di wilayahnya.

    Wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  8. Nama : Farikhah Putri Sholihati
    Jurusan : Tarbiyah
    Prodi/kelas : PAI/1C
    NIM : 26.09.3.1.091

    MASYARAKAT MADANI

    Masyarakat madani adalah masyarakat yang berbudaya, berperadaban, demokratis, dan berkeadilan. Masyarakat madani dapat terwujud apabila:
    •Dalam suatu negara atau pemerintahan terdapat adanya kebebesan setiap warga negara dalam mengemukakan pendapat, semua warga berhak mengemukakan pendapat tanpa ada rasa takut dan terancam.
    •Adanya suatu tatanan sosial yang bersumber dari rakyat oleh rakyat, dan untuk rakyat (Demokrasi).
    •Sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat (toleransi). Setiap warga negara harus bisa menghargai dan menghormati berbagai perbedaan pandangan, pendapat, dan keyakinan yang dimiliki setiap warga negara.
    •Mangakui dan menerima berbagai macam ras, suku bangsa, dan agama yang dimiliki suatu bangsa atau negara.
    •Adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban yang dimiliki setiap warganegara.

    BalasHapus
  9. eny sri hastuti
    pai 1c
    26.09.3.1.082

    masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral.masyarakat madani ditandai dengan wilayah publik yang bebas,demokrasi,toleransi,kemajemukan dan keadilan sosial.strategi masyarakat madani dapat dilakukan dengan integrasi nasional dan politik,reformasi sistem politik demokrasi,pendidikan dan penyandaran politik.

    BalasHapus
  10. Nama :Emi Patmawati
    Kelas :1c
    NIM :26.09.3.1.079

    Masyarakat madani adalah masyarakat yang adil dan berkeadaban. Masyarakat madani adlah dambaan kita semua,walaupun kita belum bisa mewujudkannya, tapi bukan sesuatu yang mustahil, dengan adanya kerjasama yang baik antara warga negara dengan pemerintah.Saling menjalankan hak dankewajibannya masing-masing.

    BalasHapus
  11. Nama : Erli Puspita Dewi
    NIM : 26.09.3.1.083
    Prodi : PAI/1C

    Assalamu'alaykum...
    Bahwa masyarakat madani mempunyai unsur pokok yaitu :
    (1) adanya wilayah publik yang bebas
    (2) demokrasi
    (3) toleransi
    (4) pluralisme
    (5) keadilan sosial
    dan masyarakat madani adalah tujuan utama yang ingin dicapai setiap negara,di Indonesia sudah berusaha untuk mewujudkan masyarakat madani, akan tetapi belum mencapai tujuan masyarakat madani dengan sepenuhnya,dikarenakan masih banyak penyelewengan-penyelewengan yang terjadi dikalangan pejabat pemerintahan sehingga merugikan rakyat dan negara.

    BalasHapus
  12. Eko Nurfais
    PAI / 1 C
    26.09.3.1.076
    masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan subur yang mampu menjamin kebebasan individu dan kebebasan masyarakat. masyarakat madani memiliki unsur pokok sebagai berikut: adanya wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, pluralisme dan keadilan sosial.
    masyarakat indonesia belum bisa dikatakan sebagai masyarakat madani karena ada beberapa unsur pokok yang belum terpenuhi, salah satu unsur tersebut adalah keadilan sosial, keadilan sosial di indonesia belum bisa terwujud hal ini dubuktikan dengan adanya perbedaan perlalakuan hukum terhadap warga negaranya.

    BalasHapus
  13. Faishol Muttaqin
    PAI/1C
    26.09.3.1.088

    masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kesetabilan masyarakat.

    masyarakat madani merupakan dambaan setiap orang namun dalam mewujudkannya tudak mudah karena ada beberapa unsur yang harus dipenuhi yaitu: adanya wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, pluralisme, dan keadilan sosial.

    BalasHapus
  14. nama: Galih Tri Agustini
    nim: 26.09.3.1.094
    kelas: 1c/PAI

    Masyarakat madani menurut saya adalah suatu sistem sosial yang tumbuh berdasarjan prinsip moral yang menjamin keseimbangan kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. jadi jika suatu negara bermsyarakat madani maka negara tersebut akan terus maju dan berkembang. sehinggamasyarakat madani sangat berpengaruh pada perkembangan suatu negara.

    BalasHapus
  15. nama: Dwi Putri Setyawati
    NIM:26.09.3.1.072
    kelas: 1c/PAI

    Menurut saya dalam perwujudan masyarakat madani, di tandai dengan adanya karakteristik masyarakat madani yaitu diantaranya wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan, dan keadilan sosial. karakteristik tersebutsangat berperan penting di dalam masyarakat madani.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. masyarakat madani adalah masyarakat yang subur berdasarkan dengan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan dan kestabilan masyarakat. masyarakat madani mempunyai beberapa karakteristik:
    1. adanya wilayah publik yang bebas
    2. demokrasi
    3. toleransi
    4. pluralisme
    5. keadilan sosial
    Strategi masyarakat madani dapat dilakukan dengan integrasi nasional.

    BalasHapus
  18. Nama: Dwi Priyatni
    NIM :26.09.3.1.071
    KELAS :1C/pai

    Masyarakat madani adalah sistem yang subur yang berdasarkan prinsip moral. dan perwujudan masyarakat madani ditandai dengan karakteristik masyarakat madani dan strategi membangun masyarakat madani dapat dilakukan dengan reformasi sistem politik demokrasi. Kemandirian masyarakat terhadappelaku-pelaku pasar sangat dipengaruhioleh bantuan dana yang diberikan sektor pasar.

    BalasHapus
  19. nama:Tri Setiyawati
    Nim:26.09.3.1.273
    Kelas:1i/pai

    Masyarakat madani merupakan sistim sosial yang sibur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.masyarakat madani ditandai wilayah publik yang terbatas , demokrasi ,toleransi, kemajemukan dan keadsalan sosial.

    BalasHapus
  20. nama ;dwi darmanto
    klas ;1c
    nim ;26.09.3.1.069

    menurut ku masyarakat madani akan terwujud apabila pada suatu negara,sudah dapat menciptakan dan membangun demokrasi,dan HAM yang bersih,yang didalam nya terdapat masyarakat yang sudah dapat bertoleransi dan tidak merugikan orang lain,dan juga terdapat kebebasan individu yang sebebas-bebasnya tetapi tetap memperhatikanhak-hak oranglain.

    BalasHapus
  21. Nama: Wahyu Nurma Gunita
    NIM : 26.09.3.1.287
    Kls : PAI/1.I

    Assalamu'alaykum..

    Menurut saya.. Masyarakat Madani adalah sekelompok masyarakat yang benar-benar mengerti dan paham dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.. memaklumi berbagai perbedaan suku, ras, dan tidak menjadikan segala perbedaan itu menjadi suatu masalah tetapi justru sebaliknya.. masyarakat Madani sangat perlu diwujudkan guna menciptakan suatu negara yang maju, aman, dan berkembang..

    BalasHapus
  22. nama : siti chalimah
    nim : 26.09.3.1.243
    kelas : 1h

    masyarakat madani adalah sekelompok masyarakat yang benar-benar mengerti dan paham dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,memaklumi perbedaan dan multikulturalisme. Kita sebagai mahasiswa juga termasuk masyarakat madani.masyarakat madani sangat perlu diwujudkan untuk menciptakan suatu negara yang maju dan aman. Dan mahasiswa harus ikut andil dalam hal ini.

    BalasHapus
  23. WAHID PURNAMA
    1I
    26.09.3.1.285
    PEMBANGUNAN MASYARAKAT MADANI DI INDONESIA HARUS DIKEMBANGKAN. HAL INI BUKAN SAJA MENJADI TANGGUNG JAWAB PEMRINTAH, TETAPI JUGA MENJADI TANGGUNG JAWAB KITA BERSAMA. DENGAN TERBENTUKNYA MASYARAKAT MADANI, MAKA KONTROL DAN PENGAWASAN TERHADAP PEMERINTAH AKAN BERJALAN DENGAN BAIK. DENGAN DEMIKIAN, KEMUNGKINAN PEMERINTAH MELAKUKAN PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN DAPAT BERKURANG, SEHINGGA TERWUJUD MASYARAKAT YANG ADIL, MAKMUR DAN SEJAHTERA.

    BalasHapus
  24. nama : siti lestari
    nim : 26.09.3.1.247
    kelas : 1h

    ass..........

    Menurut pendapat saya masyarakat madani itu adalah suatu kelompok masyarakat sosial yang subur berdasarkan prinsip moral dan yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat. Inisiatif dari individu dan masyarakat akan berupa pemikiran, seni, pelaksanaan , pemerintah yang berdasarkan undang-undang dan bukan nafsu atau keinginan individu.

    wassalam..................

    BalasHapus
  25. TAUFIQ NOVIKA U.
    1I
    MASYARAKAT MADANI DI INDONESIA MEMILIKI BANYAK KESAMAAN ISTILAH DAN PENYEBUTAN, NAMUN MEMILIKI KARAKTER DAN PERAN YANG BERBEDA SATU DENGAN YANG LAINNYA . MASYRAKAT MADANI MERUPAKAN SISTEM SOSIAL YANG SUBUR BERDASRAKAN PRINSIP MORAL YANG MENJAMIN KESEIMBANGAN ANTARA KEBEBASAN INDIVIDU DENGAN KESTABILAN MASYARAKAT.

    BalasHapus
  26. M.ILZAM F.
    1I
    HAM INI TERTUANG DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 39 TAHUN 1999 TENTANG HAK ASASI MANUSIA YANG MENYATAKAN HAM ADALH SEPERANGKAT HAK YANG MELEKAT PADA HAKIKAT DAN KEPRIBADIAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK TUHAN YANG MAHA ESA DAN MERUPAKAN ANUGERAHNYA YANG WAJIB DIHORMATI, DIJUNJUNG TINGGI, DAN DILINDUNGI OLEH NEGARA.

    BalasHapus
  27. ZAINUDIN A.
    1I
    MASYARAKT MADANI DITANDAI DENGAN WILAYAH PUBLIK YANG BEBAS, DEMOKRATIS, TOLERANSI, KEMAJEMUKAN, DAN KEADILAN SOSIAL YANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG DAN BUKAN NAFSU ATAU KEMAUAN INDIVIDU.

    BalasHapus
  28. TRIO HANDOKO
    1I
    MASYARAKAT MADANI SANGAT BERPERAN DALAM KEBERHASILAN SUATU NEGARA, MEREKA BERPERAN SEBAGAI ORGANISASI PERJUANGAN, KEAGAMAAN, DAN PENEGAKAN HAM. SIFAT KEMANDIRIAN DAN SUKARELAWAN ORGANISASI TERSEBUT MERUPAKAN PERAN MASYARAKAT MADANI.

    BalasHapus
  29. TRIASTANTO
    1I
    MASYARKAT MADANI DI INDONESIA DAPAT DIWUJUDKAN DENGAN CARA INTEGRITAS NASIONAL DAN POLITIK, REFORMASI SISTEM POLITIK DEMOKRASI, DAN PENDIDIKAN SERTA PENYADARAN POLITIK.

    BalasHapus
  30. Nama: Fitri Nur Hasanah
    NIM: 26.09.3.1.093
    TARBIYAH/PAI/1C

    Assalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh...

    Menurut saya, masyarakat madani harus tetap diberdayakan, guna mewujudkan apa yang telah menjadi tujuan bangsa Indonesia. Masyarakat madani merupakan suatu keadaan masyarakat yang cerdas, tetapi juga beradab. mengetahui apa yang menjadi kewajiban-kewajibannya serta mau menjalankannya. jika seluruh masyarakat Indonesia itu cerdas,maka akan sangat mungkin sekali bangsa ini dapat mewujudkan apa yang telah menjadi tujuannya. Namun, cerdas saja tidaklah cukup, yakni harus diimbangi dengan tingkah laku yang baik (beradap).jadi, mari kita wujudkan apa yang telah menjadi cita-cita bangsa ini dengan menerapkan suatu masyarakat yang madani.
    sekian komentar yang dapat saya sampaikan..
    Wassalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.....

    BalasHapus
  31. Nama :Tri suharni
    Kelas :1i
    NIM :26.09.3.1.274

    Assalamu'alaikum............
    Masyarakat madani adlah harapan kita semuu. Unsur-unsur yang harus dimiliki masyarakat madani diantaranya milayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan dan keadilan.Mari bersama kita wujudkan masyarakat madani di Indonesia............
    Wa'alaikumussalam.........

    BalasHapus
  32. nama : Wulan Yuniarfi
    nim : 26.09.3.1.289
    kelas : PAI / 1i

    menurut saya, masyarakat madani adalah masyarakat yang terdapat keseimbangan antara masyarakat dengan unsur - unsur yang terdapat dalam masyarakat itu sendiri. untuk membangun masyarakat madani diperlukan adanya peraturan-peraturan untuk membentuk masyarakat yang tertib hukum, serta adanya kebebasan yang mengatur hak dan kewajuban individu.

    BalasHapus
  33. nama : Titik Farida K
    kelas: PAI / 1i
    nim : 26.09.3.1.272

    menurut saya, masyarakat madani adalah masyarakat yang tumbuh subur dalam segala bidang, masyarakat yang harmonis dan sejahtera. masyarakat yang mengedepankan kebebasan individu tapi ada batasannya sehingga masih terkontrol oleh pemerintah. masyarakat dimana diharapkan oleh semua pihak..

    BalasHapus
  34. nama : faisal riza
    kelas: 1c
    NIM :26.09.3.1.089

    Saya berpendapat bahwa masyarakat madani adalah masyarakat yang berpedoman pada azas-azas yang telah di atur undang-undang dan mampu menegakkan toleransi, HAM, dan supremasi hukum.

    BalasHapus
  35. Nama :Yosi nur pramita
    NIM :26.09.3.1.291
    Kelas : 1i

    Masyarakat madani merupakan suatu keadaan masyarakat yang cerdas dan juga beradab.masyarakat madani akan bisa terwujud dalam suatu negara apabila suatu negara tersebut bisa membangun demokrasi dan HAM.

    BalasHapus
  36. Nama;syaeful amri
    NIM;26.09.3.1.267
    Kelas;1i

    Masyarakat madani adalah sutu keadaan dimana masyarakatmelaksanakan peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama dan muenjunjung tinggi hak asasi manusia ,menagakkan hukum secara adil,bebas berpendapat dan memahami kemajemukan suatu negara.Masyarakat madani sangat di tunggu oleh masyarakat indonesia.

    BalasHapus
  37. Hafid Marzuki
    JEBI/AKS
    26.09.5.2.011


    Dalam benak saya, masyarakat madani merupakan sebuah tempat/wadah demokrasi bagi masyarakat,khususnya masyarakat plural untuk menggelontorkan sebuah ide, gagasan, maupun unek2 dalam sebuah lembaga maupun sistem yang ada, untuk menciptakan tatanan masyarakat maupun pemerintahan yang lebih paham makna demokrasi secara substansial, bukan secara formalitas saja

    BalasHapus
  38. ass.wr,wb
    nama: ECHWAN HADI S
    Kelas:1C/tarbiyah/pai
    menurut saya, kita perlu mendukung terciptanya masyarakat madani, terutama di negara kita indonesia yang beragam adat dan kebudayaan, untuk terwujudnya negara yang makmur dan sejahtera.

    BalasHapus
  39. nama: saniatul mahbubah
    kls :1h
    jur :tarbiyah/pai

    asslmkm wr.wb
    masyarakat madani adalah merupakan sebuah tempat atau wadah demokrasi bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat plural untuk mewujudkan ide dan gagasan. di indonesia ini sangatlah memerlukan adanya masyarakat madani untuk terwujudnya negara yang makmur dan sejahtera.
    wassalamkm wr.wb

    BalasHapus
  40. NAMA: DYAN PRATIWI
    NIM: 26.09.3.1.073
    TABIYAH/ PAI 1C
    Assalamu’alaikum wr wb
    Coment BAB “MSYRAKAT MADANI”
    Menurut saya masyarakat madani adalah masyarakat yang cerdas dan beradab. Maksudnya ialah masyarakat yang di dalamnya terdapat keseimbangan atara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Masyarakat madani memiliki cri-ciri antara lain adalah adanya wilayah public yang bebas,demokratis, toleransi,pluralism, dan mejnjung tnggi kedilan social.
    Jika suatu Negara seluruh masyarakatnya cerdas, beradap, dan menjunjung tinggi nilai keadilan social, maka akan terciptalah Negara yang aman, tentram dan sejahtera.
    demikian coment dari saya…
    wassalamu’alaikum wr wb

    BalasHapus
  41. Nama : Syamsiyah Ika Nurhayati
    Kelas : 1i
    Jurusan ; Tarbiyah

    Assalamu'alaikum

    Menurut saya, masyarakay madani merupakan salah satu komponen pendukung terwujudnya suatu bangsa yang ideal. Karena masyarakat madani adalah suatu masyarakat yang paham akan kedudukannya dalam suatu negara. Masyarakat yang paham akan hukum dan demokratis. Sehingga dengan adanya masyarakat madani akan terwujud sebuah negara yang ideal....

    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  42. NAMA: ERNI RUHAYATI
    NIM: 26.09.3.1.084
    PAI 1C/TARBIYAH

    MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
    Masyarakat madani memilki arti yang sangat luas, tetapi dapat disimpulkan bahwa masyarakat madani itu adalah masyarakat yng bersifat demokratis, yang mana hak-hak dan kewajibannya sangat dijunjung tinggi dan disadari keberadaannya. Dan pemerintahpun memberikan peluang yang luas bagi keaktifan warganya, untuk mewujudkan program pemangunan di wilayahnya.

    BalasHapus
  43. kelompok 9
    tugas civic education Bab 9
    kelas 1 G
    nama :
    Rahmat fakhrudin 26.09.3.1.224
    Roikhul jannah 26.09.3.1.226
    Rosi amilia H 26.09.3.1.228
    Rusmiyati 26.09.3.1.230

    MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
    Masyarakat madani adalah merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kesetabilan masyarakat.
    Agar terwujudnya mayarakat madani haruslah dipenuhi dengan beberapa unsur pokok yang harus dimiliki oleh masyarakat madani diantaranya :
    1. Adanya wilayah publik yang bebas.
    2. Demokrasi
    3. Toleransi
    4. Pluralisme.
    5. Keadilan sosial
    Dalam perkembangan demokrasi di masa transisi sekarang ini ada tiga paradigma yang bisa dijadikan acuan:
    a. memperluas golongan menengah melalui pemberian kesempatan bagi kelas menengah untuk berkembang menjadi masyarakat madani secara politik dan ekonomi.
    b. mereformasi sistem politik melalui lembaga demokrasi yang sesuai dengan prinsip - prinsip demokrasi.
    c. penyelenggaraan politik ( demokrasi ) bagi warga negara secara keseluruhan yang dilakukan oleh semua unsur masyarakat melalui pendidikan demokratis yakni dari, oleh dan untuk rakyat.
    Demokrasi di Indonesia dewasa ini menunjukkan adanya kesadaran berdemokrasi lebih baik yang ditandai dengan keterbukaan pemerintah terhadap publik dimana masyarakat bisa memgetahui secara langsung.

    BalasHapus
  44. NAMA :Okta Havita Aryena
    KELAS :1G
    NIM :26.09.3.1.201

    Menurut saya masyarakat madani perlu diwujudkan di Indonesia,agar tercipta persatuan dan integrasi sosial yang baik. Lahirnya masyarakat madani merupakan buah dari adanya demokrasi dan HAM. Tanpa adanya demokrasi dan HAM terlebih dahulu akan sulit bagi kita dalam membangun masyarakat madani.

    BalasHapus
  45. Nama : Ramadhani Dewi W
    NIM : 26.09.3.1.210
    kELAS: 1G


    Menurut saya masyarakat madani perlu diterapkan oleh setiap masyarakat didalamnya banyak sekali hal positif misalnya saja karakteristik masyarakat madani itu sangat bagus, dan lebih bagusnya dari kita sendiri harus mempunyai pertanggung jawaban dari setiap kerakter itu dan menurut saya apabila semua masyarakat menaati apa yang di maksut dengan masyarakat madani pasti aka damai dan saling menghormati satu sama lain.

    BalasHapus
  46. Nama : Rois Arizal
    NIM : 26.09.3.1.227
    kELAS: 1G


    Menurut saya masyarakat madani sangat dibutuhkan di berbagai negara karena disitu terdapat nilai-nilai yang menjadikan suatu negara itu maju, misalnya dalam hal nilai hak asasi manusia harus lebih baik dan merupakan sebuah dari adanya demokrasi.sehingga adanya masyarakat madani akan terwujud masyarakat yang ideal.

    BalasHapus
  47. NAMA:Roikhul Jannah
    KELAS:IG
    NIM:26.09.3.1.226

    Menurut saya masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan masyarakat agar terwujud negara yang makmur dan sejahtera.

    BalasHapus
  48. nama: Uswatun khasanah
    kelas:1i
    nim : 26.09.3.1.282

    menurut saya, masyarakat madani merupakan masyarakat yang bersifat demokratis yang mana hak-hak dan kewajibannya sangat dijunjung tinggi dan di sadari keberadaannya. Jika suatu negara bermasyarakat madani maka negara tersebut akan terus maju dan berkembang.

    BalasHapus
  49. Nama : Syarifah A
    Kelas :1i
    Nim : 26.09.3.1.269

    Masyarakat madani itu adalah suatu kelompok masyarakat sosial yang subur berdasarkan prinsip moral dan yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat.
    Membangun masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.
    perwujudan masyarakat madani ditandai dengan kakakteristik masyarakat madani diantaranya wilayah publik yang terbatas, demokrasi, toleransi, kemajemukan dan keadilan sosial.
    Masyarakat Madani merupakan idaman suatu masyarakat dalam setiap Negara.

    BalasHapus
  50. kelompok 9
    ringkasan masyarakat madani
    nama kelompok:
    1.zeni putriningrum
    2.zulfah ulinnuha
    3.zulis setiawati
    4.m. ilzam fathoni
    kelas : pai (1i)

    assalam........
    masyarakat madani adalah sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.
    Karakteritik masyarakat madani:
    1. adanya wilayah publik yang bebas
    2. demokrasi
    3. toleransi
    4. pluralisme
    5. keadilan sosial
    Beberapa strategi yang ditawarkan oleh para ahli tentang bagaimana seharusnya bangunan masyarakat madani bisa terwujud diindonesia :
    1. pandangan intregasi nasional dan politik
    2. pandangan reformasi sistem politik demokrasi
    3. paradigma membangun masyarakat madani sebagai basis utama pembangunan demokrasi.
    Tipologi gerakan sosial dalam masyarakat madani :
    1. alternative movements
    2. redemptive movements
    3. reformative movements
    4. transformative movements.

    BalasHapus
  51. nama : umi salamah
    kelas: 1i
    nim : 26.09.3.1.280

    menurut saya, masyarakat madani adalah suatu sistem sosial yang berkualitas dan berkeadaban yang mewujudkan keseimbangan antara kebebasan perorangan dengan kestabilan masyarakat. masyarakat madani ditandai dengan adanya karakteristik antara lain yaitu wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan, dan keadilan sosial.

    BalasHapus
  52. nama : zulfah ulinnuha
    kelas : PAI (1i)

    assalam....
    masyarakat madani lahir dari penyemaian demokrasi dan HAM. maka dari itu untuk membangun masyarakat madani dibutuhkan pengetahuan seputar masyarakat madani. strategi yang dapat membangun masyarakat madani di Indonesia dapat dilakukan dengan integrasi dan politik, pendidikan dan penyadaran politik dsb.
    wassalam.....

    BalasHapus
  53. nama : uminarsih widhi astuti
    kelas : PAI (1i)

    assalam.......
    perwujudan masyarakat madani ditandai dengan karakteristik masyarakat madani diantaranya wilayah publik yang bebas,demokrasi, toleransi, kemajemukan, dan keadilan sosial. maka seharusnya karakteristik tersebut harus ada dalam mewujudkan masyarakt madani.

    BalasHapus
  54. nama:zulis setiawati
    kelas :1I
    askukm...........
    menurut saya masyarakat madani adl yang sangat diinginkan oleh suatu negara,karena masyarakat madani mempunyai karakteristik yang bagus.jika karakteristik tersebut dilaksanakan dengan baik maka akan terwujud masyarakat yang damai,makmur,sejahtera.
    wasalam.........

    BalasHapus
  55. Nama :Woro Hapsari S.S.
    Kelas:1i/tarbiyah
    NIM :26.09.3.1.288
    Assalamu'alaikum....
    Masyrakat madani merupakan sistem sosial berdasarkan prinsip moral yang mengatur keseimbangan individu dan mastarakat.Mewujudkan Masyrakat madani merupakan tujuan setiap negara,termasuk Indonesia.Untuk mewujudkan hal itu,pluralisme dan multikulturalusme perlu dikembangkan,mengingat bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk.
    Wassalamu'alaikum........

    BalasHapus
  56. nama:elsa dewi kustati
    nim:26.09.3.1.078
    kelas 1c
    assalamualaikum wr.wb.
    masyarakat madani merupakan sistim sosial berdasarkan prinsip moral yang mengatur keseimbangan individu dan masyarakat.perwujutan masyarakat madani di tandai dengan karakteristik masyarakat madani di antaranya:wilayah publik yang bebas,demokrasi,toransi,kemajemukan,dan keadilan sosial.seytrategi untuk membangun masyarakat madani di indonesia dengan integrasi,pendidikan politik,dll.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  57. sri wahyuni
    26.09.3.1.257
    1h
    assalamu'alaikum wr.wb
    Masyarakat madani adalah sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan masyarakat.

    Karakteristik Masyarakat Madani
    1.Adanya wilayah publik yang bebas
    2.Demokrasi
    3.Toleransi
    4.Pluralisme
    5.Keadilan sosial
    Beberapa strategi yang ditawarkan di kalangan ahli tentang seharusnya pembangunan masyarakat madani di Indonesia.
    1.Pandangan integrasi nasional dan politik
    2.Pandangan reformasi sistem politik demokrasi
    3.Paradigma membangun masyarakat madani sebagai basis utama pembangunan masyarakat madani.dalam hal ini tujuan dari masyarakat madani adalah Agar ada keseimbangan kebebasan individu dan kestabilan masyarakat

    BalasHapus
  58. nama:ulina munfangati
    nim :26.09.3.1.279
    kelas:1i

    assalamu'alaikum wr.wb

    Menurut saya dengan adanya masyarakat madani sangat menguntungkan bagi masyarakat karena masyarakat bisa mendapatkan kebebasan individu.masyarakat bisa mengembangkan apa yang menjadi bakatnya masing-masing asalkan bakat-bakat yang di milikinya itu hal yang positif bukan hal yang negatif yang bisa berdampak buruk bagi masyarakat lainnya.antara masyarakat bisa saling menghargai dan menghormati meskipun ada perbedaan sosial antara mereka yaitu antara orang-orang yang kaya dengan orang-orang yang miskin.

    pak ini nama kelompok 5 yang membahas bab 5
    1.Trio Handoko(26.09.3.1.277)
    2.Tutik Marfu'ah(26.09.3.1.278)
    3.Ulina Munfangati(26.09.3.1.279)

    BalasHapus
  59. Nama :Susi Susanti
    Kelas :1i/PAI
    Assalamu'alaikum..........
    Menurut saya,Masyarakat madanimerupakan masyarakat yang memiliki ruang publik yang bebas, masyarakat yang berdiri secara mandiri dengan masyarakat yang menjalani kehidupan dengan memiliki kebebasan yang menekankan pada demokratis, toleran, pluralisme dan keadilan sosial.
    Wassalamu'alaikum......

    BalasHapus
  60. nama :nurul wahyu hidayati
    kelas :1g
    nim:26.09.3.1.200
    asalamualaikum wr.wb
    menurut saya masyarakat madani harus seimbanga antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat dan diantara kebebesan individu dan kestabilan masyarakat itu harus seimbang antara satu dengan yang lain karena keduanya sangat berkaitan dan harus berjalan seimbang.
    wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  61. nama :rosi amalia haristuti
    kelas:1g
    asalamualikum wr.wb
    menurut saya masyarakat madani adalah cermin dari bangsa indonesia mengiat indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa yang melebur menjadi satu yang berbangsa satu yaitu bangsa indonesia.
    wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  62. nama: rahmah nur hidayati
    kelas/nim : 1G/ 26.09.3.1.223

    ASSALAMU'ALAIKUM
    Masyarakat Madani pada dasarnya merupakan sebuah komunitas sosial di mana keadilan dan kesetaraan menjadi pilar utamanya. Masyarakat ,madani ditopang dengan demokratisasi yang terbentuk dengan adanya partisipasi yang nyata dari anggota masyarakat. Sedangkan sebagai alat pengendalian dan pengawasannya adalah hukum.. .WASALAMU'ALAIKUM

    BalasHapus
  63. NAMA:NURUL FATIMAH
    NIM:26.09.3.1.199
    KELAZ:1G

    Menurut saya, Masyarakat Madani akan mengembangkan model-model organisasi kemasyarakatan semiotonom dan otonom guna melepaskan diri dari "GURITA" negara yang telah merusak sisi kreativitas dan kebebasan masyarakat dan menuntun anggota masyarakat ke arah kebaikan uymum (mandiri, berkeadilan sosial, dan sejahtera).

    BalasHapus
  64. Nama : Puspasari Nur Hidayah
    NIM :26.09.3.1.204
    Kelas : 1G
    Jurusan : Tarbiyah/PAI


    Assalamualaikum

    Menurut pendapat saya masyarakat madani adalah masyarakat berperadaban tinggi dan maju yang berbasiskan pada:nilai-nilai, norma, hukum, moral yang ditopang keimanan; menghormati pluralitas (tetapi tidak dengan pluralisme), bersikap terbuka dan demokratis; dan bergotong royong menjaga kedaulatan negara. pengertian dari masyarakat madani itu perlu dipadukan dengan konteks masyarakat indonesia dimasa kini yang terikat dalam ukhuwah islamiyah (ikatan keislaman), ukhuwah wathaniyah (ikatan kebangsaan) dan ukhuwah basyariyah (ikatan kemanusiaan) dalam bingkai NKRI.

    BalasHapus
  65. nama:SUSENO
    KELAS: 1H
    NO: 26.09.3.1.264
    Menurut saya masyarakat madani adalah kelompok masyarakat yang memiliki keberadaban yang tinggi, yang didalam masyarakat itu telah terwujud keharmonisan dalan berbagai bidang kehidupan. masyarakat yang madani ini sudah memiliki kesadaran yang tinggi mengenai nilai-nilai yang ada di masyarakat. dan setiap warga saling menghormati didalam segala bidang tatanan sosial.

    BalasHapus
  66. NAMA : RANI PUSPASARI
    NIM : 26.09.3.1.211
    KELAS : IG

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut saya, masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur yang menjamin kebebasan individu dan kestabilan masyarakat. untuk menopang itu semua diperlukan strategi dalam membangun masyarakat madani, agar masyarakat lebih berkeadaban, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan menghormati pluralisme yang sangat beragam di Indonesia.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  67. Nama Putut Wedyoko kelas 1g jurusan Tarbiyah pai NIM 26.09.3.1.206.
    Masyarakat madani dirujuk dari masyarakat madinah setelah Rosulullah datang. Sistem pemerintahan yang notabene beragama Islam namun juga banyak agama-agama lain, pemerintahan berada dibawah kepemimpinan umat Islam yang berdaulat adil sejahtera aman dan damai. saya setuju bahwa sistim ini diterapkan diIndonesia.

    BalasHapus
  68. nama: Ruslan Fardani
    Nim ; 260931229
    masyarakat mandani adalah masyarakat yang mau tunduk dengan apa yang telah diturunkan oleh ALLAH dan diturunkan oleh Rasullnya. jika suatu masyarakat tidak mau dituntun oleh apa yang telah diturunkan oleh ALLAH maka mereka masyarakat biadab

    BalasHapus
  69. nama : pariyanti
    Nim : 26.09.31.202
    masyarakat madani adalah masyaraka yang harus patuh kepada pemerintah atas dasar UUD yang berlaku di Indonesia. saat sekarang banyak kericuan yang sangat semarak di INdonesia karena masyarakatnya tidak mau taat kepada peraturan yang sudah berlaku di negara Indonesia saat ini. maka kita harus taat peraturan agar menjadi negara yang damai, aman, makmur dan sentosa.

    BalasHapus
  70. BAB 4 .GLOBALISASI DAN GLOKALISASI
    KELAS :1H
    OLEH
    1. SITI CHALIMAH(26.09.3.1.243)
    2. SITI FATIMAH(26.09.3.1.244)
    3. SALAKHUDIN GHAZALI (26.09.3.1.236)
    4. SUSENO(26.09.3.1.264)
    KARENA LINK UNTUK BAB 4 TIDAK ADA, MAKA KAMI TULISKAN DISINI.

    BalasHapus
  71. nama : rokhmad
    nim ; 26.09.3.1.221
    masyarakat madani adalah masyarakat/pemerintahan yang bertumpu pada prinsip demokrasi serta pada peran sentral warga negara dalam proses sosial dan politik yang bertemu dengan prinsip dasar pengelolaan pemerintahaan yang bersih dan berwibawa.

    BalasHapus
  72. nama:rochmadi
    kelas:1G
    NIM:26.09.3.1.220
    menurut saya masyarakat madani adalah masyarakat/pemerintahan yang telah menerapkan sistem demokrasi yang baik dalam semua sendi kepemerintahan yang ada sehingga dengan masyarakat yang baik ini dimaksudkan akan menjadi negara yang baik dan dapat dicontoh oleh negara-negara didunia

    BalasHapus
  73. NAMA:RINIISTIKKHOMAH
    NIM:26.09.3.1.217
    KELAS:1G
    TARBIYAH/PAI

    Menrut saya selain masyarakat madani sebagai proses penciptaan peradaban yang mengacu pada nilai-nilai kebijaksanaan bersama, masyarakat madani juga merupakan masyarakat yang mwmpunyai kesediaan pribadi untuk menerima berbagai macam pandangan tentang politik.

    BalasHapus
  74. Nama : Rizki Anasiwi
    Kelas : 1g / Pai
    Nim : 26.09.3.1.218

    Menurut saya, masyarakat madani masih bergantung terhadap negara padahal yang namanya masyarakat madani harus memiliki keseimbangan dengan kekuatan negara yang membutuhkan strategi dan keseimbangan.

    BalasHapus
  75. Rendi Handoko
    26.09.3.1.213
    1 G

    Menurut saya, masyarakat madani sangatlah baik untuk kemajuan bangsa Indonesia, karena dalam masyarakat madani begitu menjunjung tinggi HAM dan kebebasan yang bertanggungjawab.masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur yang menjamin kebebasan individu dan kestabilan masyarakat. untuk menopang itu semua diperlukan strategi dalam membangun masyarakat madani, agar masyarakat lebih berkeadaban, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan menghargai pluralisme yang sangat beragam di Indonesia.

    BalasHapus
  76. asslamlkm wr.wb
    dikarnakan bab pendahuluan tidak tercamtum di blogspot ini jadi nama-nama kelompok kami di tulis di bab ini.yaitu:
    KELOMPOK 1 BAB PENDAHULUAN
    1. sakti cahyo nugroho
    2. saniatul mahbubah
    3. santi rahayu
    wasslmkm wr.wb

    BalasHapus
  77. nama : reka yuliani
    kelas/nim :1G/26.09.3.1.212

    Assalamu'alaikum
    Pemerintahan yang demokrasi seperti yang duijelaskan dalam bab ini komponen rakyat yang disebut dengan masyarakat madani harus memperoleh peran yang utama. Hal ini di dorong oleh suatu kenyataan bahwa dalam sisitem yang demokrasi kekuasaan tidak lagi berada dipenguasa, melainkan berada ditangan rakyat.wasalam

    BalasHapus
  78. nama : qona'ah nur laili
    kelas/nim :1G/26.09.3.1.207

    Assalamu'alaikum
    Masyarakat madani merupakan sistem sosial berdasarkan prinsip yang menjamin keseimbangan antara kebebasab individu dengan kestabilan masyarakat. Perwujudan masyarakat madani ditambahi dengan karakteristik diantaranya : wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan, dan keadilan sosial. Strategi membangun masyarakat madani dapat dilakukan dengan integrasi nasional dan politik, reformasi politik demokrasi, pendidikan dan penyadaran politik.wasalam

    BalasHapus
  79. kelompok 9
    kelas 1h
    1.sriutami
    2.sri wahyuni
    3.supriyanto


    MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI

    Untuk pertama kali istilah masyarakat madani dimunculkan oleh Anwar Ibrahim mantan perdana mentri malaysia. Menurutnya masyarakat madani murupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbanganantara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.

    SEJARAH PEMIKIRAN MASYARAKAT MADANI
    Filsuf Yunani Aristoteles yg memandang civil society sebagai sistem kenegaraan atau identik dengan negara itu sendiri. Pandangan ini merupakan fase pertama sejarah wacana civil cociety.

    Karakteristik Masyarakat Madani:
    1. adanya wilayah publik yang bebas
    Free public spare adalah ruang publik yang bebas sebagai saran untuk mengemukakan pendapat masyarakat
    2. demakrasi
    3. toleransi, adalah sikap saling menghargai dan saling menghormati perbedaan pendapat.
    4. pluralisme (kemajemukan)
    5. keadilan sosial

    Masyarakat madani di Indonesia

    Terdapat beberapa strategi yang ditawarkan kalangan ahli tentang bagaimana seharusnya bangunan masyarakat bisa terwujud di Indonesia:
    1. pandanaganintegrasi nasional dan publik
    2.pandangan reformasi sistem politik demokrasi
    3.pradigma membangun masyarakat madani sebagai basis utama pembangunan demokrasi.
    tentang masyarakat madani diindonesia, menurut dawam raharjo masyarakat madani indonesia merupakan lembaga-lembaga yang di hasilkan oleh sistem politik yang represif.

    Gerakan sosial untuk memperkuat masyarakat madani (civil society)
    gerakan sosial dapat dipadankan dengan perubahan sosial atau masyarakat sipil yang didasari oleh pembagian ranah yaitu:
    negara(state), perusahaan atau pasar(coorporation or market)dan masyarakat sipil.
    garakan sosial yang beragam dapat disederhanakan berdasarkan besarnya perubahan sosia yang dikehendaki. seperti tipologi yang di susun oleh david aberle dalam gerakan sosial wahana socil society bagi demokratisasi.

    Gerakan sosial didefinisikan sebagai, bentuk aksi kolektif dengan orietasi konfliktual yang jelas terhadap lawan sosial dan politik tertentu, dilakukan dalam kontek jejaring lintas kelembagaan yang erat dan aktor-aktor yang diikat rasa solidaritas dan identitas kolektif yang kuat melebihi bentuk-bentuk ikatan dalam loalisi dan kampanye bersama.

    BalasHapus
  80. nama : PITRIYANI OKTAPIA
    Kelas : 1G
    Nim : 2609 31 203

    Menurut saya,masyarakat madani dalam konteks jejaring lintas kelembagaan yang erat oleh aktor - aktor yang diikat rasa solidaritas dan identitas kolektif yang kuat melebihi bentuk - bentuk ikatan dan kampaye bersama

    BalasHapus
  81. Rizqi Arrohmah
    tarbyah/1G/26.09.3.1.219

    masyarakat madani baik untuk kemajuan bangsa karena merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yamg menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabolan masyarakat.untuk terciptanya itu doperlukan strategi dalam membangun masyarakat madani itu sendiri.

    BalasHapus
  82. Kelompok 9 1c
    -Farida Nuraini (26.09.3.1.190)
    -Farikhah Putri Sholihati(26.09.3.1.091)
    -Fifi Fitriana (26.09.3.1.092)
    -Habib Miftakul Falaah (26.09.3.1.097)

    MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
    Pengertian masyarakat madani
    Masyarakat madani yaitu sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Dasar utama dari masyarakat madani yaitu persatuan dan integrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup,menghindarkan diri dari konflik dan permusuhan yang menyebabkan perpecahan dan hidup dalam suatu persaudaraan.
    Sejarah pemikiran masyarakat madani
    1. Aristoteles(394-322 SM)
    2. Thomas Hobbes(1588-1831)
    4. Antonio Gramsci (1891-1937)
    5. cicero(106-43 SM)
    6. john locke(1632-1704)
    7. karl mark(1818-1883)
    8. wuthow(1989)
    9. thomas aquinas(1226-1274)
    10. thomas paine(1737-1803)
    Karakteristik masyarakat madani
    (1) Adanya wilayah publik
    (2) Demokrasi
    (3) Toleransi
    (4) Pluralisme
    (5) Keadilan sosial
    Para ahli mewujudkan strategi bangunan masyarakat madani :
    (1) Pandangan integrasi nasional dan politik,mendahulukan pembangunan ekonomi
    (2) Pandangan reformasi sistem politik demokrasi
    (3) Paradigma membangun masyarakat madani sebagai basis utama pembangunan demokrasi.
    Cara pengembangan demokrasi dimasa transisi sekarang:
    (1) Memperluas golongan menengah
    (2) Mereformasi sistem politik demokratis
    (3) Penyelenggaraan pendidikan politik
    Gerakan Sosial untuk Memperkuat Masyarakat Madani
    Gerakan sosial oleh diani yaitu sebentuk aksi kolektif dengan orientasi konfliktual yang jelas terhadap lawan sosial dan politik tertentu.
    Gerakan sosial ada tiga ranah yaitu negara, perusahaan/pasar,masyarakat sipil. Gerakan politik yaitu upaya perebutan dan penguasaan jabatan politik oleh partai politik melalui pemilu. Gerakan ekonomi yaitu upaya melakukan perubahan kebijakan publik tanpa harus menduduki jabatan publik. Faktor yang membedakan ketiga gerakan yaitu parpol di politik, perusahaan di ekonomi, organisasi masyarakat sipil.
    Tipologi gerakan sosial dalam masyarakat madani
    LSM yaitu masyarakat WNRI yang secara sukarela bergerak dibidang kegiatan yang ditetapkan oleh organisasi sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang menitikberatkan kepada pengabdian secara swadaya.Organisasi non pemerintah yaitu wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

    BalasHapus
  83. Nama : Rohmad Yusuf Bahtiar
    NIM :267.09.3.1.222
    Kelas : 1G
    Jurusan : Tarbiyah
    Prodi : PAI

    Menurut saya Masyarakat Madani merupakan sistem sosial yang bersumber pada prinsip-prinsip moral yang menjamin kesejahteraan antar kebebasan dan demikian akan terjadi kestabilan masyarakat. dengan melakukan strategi nasional seperti pendidikan,reformasi sistem politik demokrasi dan penyadaran politik.

    BalasHapus
  84. nama:putri nur rohmah
    nim:26.09.3.1.205
    kelas:1g


    menurut saya masyarakat madani adalah, keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.berdasar integrasi persatuan dan sosia yang didasar pada suatu pedoman hidup yang diyakini.

    BalasHapus
  85. nama :Zeni putriningrum
    kelas :1i
    NIM :26.09.3.1.293

    Masyarakat madani adalah masyarakat yang merdeka, bebas dari ketergantungan negara tetapi tetap menjalankan peraturan-peraturan yang dibuat oleh negara, masyarakat yang mandiri, tahu akan tempatnya dan berpartisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Masyarakat madani atau civiel society perlu dikembangkan dalam negara Indonesia karena masy ini dapat menjaga dan mengawasi tingkah dan gerak gerik lembaga-lembaga di atasnya sehingga dapat ikut mewujudkan ketertiban negara.

    BalasHapus
  86. NAMA : EVA YUNITA
    PRODI : AKUNTANSI SYARIAH
    NIM : 26.09.5.2.009


    Assalamu'alaikum Wr Wb...


    Menurut saya masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Inisiatif dari individu dan masyarakat yang berdasarkan undang-undang dan bukan nafsu atau keinginan individu...
    Perwujudan masyarakat madani ditandai dengan karakteristik masyarakat madani, diantaranya, wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan dan keadilan sosial...
    Strategi membangun masyarakat madani di Indonesia dapat dilakukan dengan integrasi nasional dan politik, reformasi sistem politik demokrasi, pendidikan dan penyadaran politik...

    BalasHapus
  87. nama:Asih puji lestari
    prodi :AKS


    MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
    menurut saya masyarakat madani mempunyai kemajemukan budaya dan adanya sikap timbal balik.Masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.Inisiatif dari individu dan masyarakat akan berupa pemikiran,seni,pelaksanaan pemerintahan yang berdasarkan UU dan bukan napsu atau keinginan individu.

    BalasHapus
  88. Ningtyas
    26.09.5.2.017
    akuntansi syariah

    menurut saya,
    untuk mencapai masyarakat madani bangsa indonesia belum bisa dikatakan mampu.dikarenakan banyaknya kasus korupsi dikalangan pejabat pemerintah hal ini merupakan kasus hukum yang merugikan warga masyarakat indonesia.dimana hal tersebut sangat berlawanan dengan pengertian dari masyarakat madani itu sendiri.

    BalasHapus
  89. Heri Susanto
    26.09.5.2.012
    Akuntansi Syariah

    Masyarakat madani menurut saya merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.masyarakat madani berakar dari kata “civility” yang mengandung makna toleransi, kesediaan pribadi-pribadi untuk menerima berbagai macam pandangan politik dan tingkah laku sosial. Masyarakat madani bersumber kepada sesuatu yang bersifat individu namun berakar kepada masyarakat umum.

    BalasHapus
  90. DEKA TRI S
    26.09.5.2.006
    AKUNTANSI SYARIAH


    Menurut saya,
    masyarakat madani belum terlaksana secara maksimal di indonesia,yakni masih adanya kemiskinan,ketidakadilan dan kebejatan sosial padahal masyarakat madani itu sendiri mempunyai prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan indifidu dengan kestabilan masyarakat.

    BalasHapus
  91. ROMI BAGUS PERMADI
    26.09.5.2.024
    AKUNTANSI SYARIAH

    Menurut saya, masyarakat madanijika diterapkan di indonesia sangat baik karena lahirnya masyarakat madani itu sendiri merupakan buah dari penyemalan demokrasi dan HAM.tetapi di indonesia ini belum begitu maksimal diterapkan/terlaksana,karena masih adanya kemiskinan dan ketidakadilan antara si kaya dan si miskin dan kebejatan sosial.

    BalasHapus
  92. purwanti
    26.09.5.2.023
    akuntansi syari'ah

    menurut pendapat pendaoat saya pelaksanaan masyerakat madani di indonesia belum sepenuhnya terlaksana karena ada beberapa strategi untuk mewujudkan bangunan masyarakat madani diindonesia antara lain:pandangan integrasi nasional dan politik,pandangan reformasi sistem politik demokrasi,serta paradigma membangun masyarakat madani sebagai basis utama pembangunan demokrasi diindonesia.dan semua keriteria itupun belum dilaksanakan oleh indonesia oleh karena itu harus dilaksanakan guna mewujudkan masyarakat madani yang sebenarnya.

    BalasHapus
  93. Essamsudin
    26.09.5.2.008
    Akuntansi Syari'ah

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    in my opinion,
    MM apabila di terapkan di Indonesia baik,akan tetapiitu semua memerlukan waktu yang relatif lama. tidak seperti membalikkan tangan.
    Seperti di daerah Aceh yang ingin melaksanakan ajaran Islam sepenuhnya. bukan sesuatu hal yang tidak mungkin,akan tetapi lebih baik sesutu yang sudah ada dijalankan secara maksimal terlebih dahulu.

    WauAllahu A'lam bishowab.
    wassalam

    BalasHapus
  94. Nama : Shella Permata Ratri
    Jurusan : Dakwah dan Komunikasi
    Prodi : BKI
    NIM : 26.09.1.2.008

    Masyarakat Madani merupakan system social yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kesetabilan masyarakat. Inisiatif dari individu dan masyarakat akan berupa pemikiran, seni, pelaksanaan pemerintah yang berdasarkan undang-undang dan bukan nafsu atau keinginan individu.
    Perwujudan masyarakat madani ditandai dengan karakteristik masyarakat madani, diantaranya, wilayah publik yang bebas (free public Sphere), demokrasi, toleransi, kemajemukan( Pluralism), dan keadilan sosial.
    Strategi membangun masyarakat madani di Indonesia dapat dilakukan dengan integrasi nasional dan politik, reformasi system politik demokrasi, pendidikan dan penyadaran politik.
    Gerakan sosial didefenisikan sebagai bentuk aksi kolektif dengan orientasi konfliktual yang jelas terhadap lawan sosial dan politik tertentu, dilakukan dalam konteks jejaring lintas kelembagaan yang erat oleh aktor-aktor yang diikat rasa solidaritas dan identifikasi kolektif yang kuat melebihi bentuk-bentuk ikatan dalam koalisi dan kampanye bersama.
    Tipologi gerakan social dapat di identifikasikan sebagai alternative movements, redemptive movements, reformative movements, dan transformative movements.
    Masyarakat sipil mengejawantahkan dalam berbagai wadah social-politik di masyarakat, seperti organisasi keagamaan, organisasi profesi, organisasi komunitas, media, dan lembaga pendidikan. Domain mereka terpisah dari Negara maupun sector bisnis. Salah satu pengejawantahan masyarakat sipil yang kerap terangkat menjadi titik focus perhatian adalah Non- Governmental Organization.

    BalasHapus
  95. Nama : Galuh Asriani
    NIM : 26.09.1.1.004
    DAKWAH DAN KOMUNIKASI (K P I)

    Masyarakat madani sangat diperlukan untuk membangan suatu negara yang demokrasi.Karena masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yg menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.Inisiatif dari individu dan masyarakat akan berupa pemikiran ,seni,pelaksanaan pemerintah yang berdasarkan undang2 dan bukan nafsu/keinginan individu.
    Karakteristik Masyarakat Madani :free public sphere,demokrasi,toleransi,pluralisme dan keadilan sosoal.
    Wadah sosial-politik nya ada 2,yaitu:
    1.Organisasi keagamaan,profesi,komunitas,media dan lembaga pendidikan.
    2.NGO / LSM justru lebih diperhatikan.

    BalasHapus
  96. Muh. Addin Ba'tsa
    26.09.5.2.014
    AKS

    Assalamu'alaikum

    Menurut saya masyarakat madani perlu diwujudkan di Indonesia,agar tercipta persatuan dan integrasi sosial yang baik. Lahirnya masyarakat madani merupakan buah dari adanya demokrasi dan HAM. Tanpa adanya demokrasi dan HAM terlebih dahulu akan sulit bagi kita dalam membangun masyarakat madani.
    Wassalam

    BalasHapus
  97. ahmad riyadi
    akuntasi syariah
    26.09.5.2.001

    Menurut saya,masyarakat madani dalam konteks jejaring lintas kelembagaan yang erat oleh aktor - aktor yang diikat rasa solidaritas dan identitas kolektif yang kuat melebihi bentuk - bentuk ikatan dan kampaye bersama

    BalasHapus
  98. mahmud arifin m
    26.09.5.2.013
    AKS

    assalamualaikum.....
    masyarakat madani merupakan sistim sosial berdasarkan prinsip moral yang mengatur keseimbangan individu dan masyarakat.perwujutan masyarakat madani di tandai dengan karakteristik masyarakat madani di antaranya:wilayah publik yang bebas,demokrasi,toransi,kemajemukan,dan keadilan sosial.seytrategi untuk membangun masyarakat madani di indonesia dengan integrasi,pendidikan politik,dll

    BalasHapus
  99. saiful rochman
    26.09.5.2.025
    AKS

    Saya berpendapat bahwa masyarakat madani adalah masyarakat yang berpedoman pada azas-azas yang telah di atur undang-undang dan mampu menegakkan toleransi, HAM, dan supremasi hukum.

    BalasHapus
  100. exsisca mulandari
    AKS
    26.09.5.2

    Masyarakat madani yaitu sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Dasar utama dari masyarakat madani yaitu persatuan dan integrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup,menghindarkan diri dari konflik dan permusuhan yang menyebabkan perpecahan dan hidup dalam suatu persaudaraan.

    BalasHapus
  101. anita sulistyowati
    26.09.5.2.003
    akuntansi syari'ah

    Askum,
    Masyarakat madani memang diperlukan di dalam sebuah kehidupan bermasyarakat, karena masarakat madani dapat memberikan keseimbangan antara hak asasi manusia dengan kestabilan masyaakat...
    dengan adanya masyarakat madani ini kehidupan di dalam masyarakat bisa seimbang dan terhindar dari perpecahan....

    BalasHapus
  102. anggit faula azmi
    akutansi syariah
    26.09.5.2.002


    menurut saya masyarakat madani merupakan contoh masyarakat yang kompleks dan berparan dalam penegakan HAM dan penolakan kolonial dan masyarakat madani sudah ada sebelum negara indonesia ini berdiri

    BalasHapus
  103. IDENTITAS NASIONAL BAB IV
    anggota :
    JEBI / AKUNTANSI SYARIAH

    EXSISCA MULANDARI (26.09.5.2.010)
    HERI SUSANTO (26.09.5.2.012)
    MUH ISTAMAR BY (26.09.5.2.015)
    PURWANTI (26.09.5.2.023)

    BalasHapus
  104. Muh Istamar BY
    26.09.5.2.015
    JEBI / Akuntansi Syariah

    Perwujudan masyarakat madani ditandai dengan karakteristik masyarakat madani diantaranya wilayah publik yang bebas,demokrasi, toleransi, kemajemukan, dan keadilan sosial. maka seharusnya karakteristik tersebut harus ada dalam mewujudkan masyarakt madani. masyarakat mandani adalah masyarakat yang mau tunduk dengan apa yang telah diturunkan oleh ALLAH dan diturunkan oleh Rasullnya. jika suatu masyarakat tidak mau dituntun oleh apa yang telah diturunkan oleh ALLAH maka mereka masyarakat biadab.

    BalasHapus
  105. NAMA: NUR AISYAH TURRISKIYAH
    NIM: 26.09.5.2.019
    PRODI: AKS

    MM merupakan sistaem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kesatbilan masyarakat.. dan perwujudan ,masyarakat madani ditandai dengan karakteristik masyarakat madani daiantaranya wilyah publik yang bebas,, mari kita budayakn masyarakt madani dan dukung terus

    BalasHapus
  106. SYAIFUL SYA'BAN
    26.09.5.2.027
    AKUNTANSI SYARIAH

    masyarakat madani murupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbanganantara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.
    Dasar utama dari masyarakat madani yaitu persatuan dan integrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup

    BalasHapus
  107. Kelompok 9
    Ardiani W
    26.09.5.2.004
    Jebi/Akuntansi Syari'ah


    Masyarakat Madani merupakan sisitem sosial yang subur berdasarkan prisip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. perwujudan Masyarakat Madani ditandai dengan karakeristik msyarakat madani

    BalasHapus
  108. tugas kelompok 4 tentang

    IDENTITAS NASIONAL DAN GLOBALISASI

    kelas 1c
    nama:eka mintarseh(26.09.3.1.075)
    nama:eko parwanto(26.09.3.1.077)
    nama:elsadewikustati(26.09.3,1,078)
    nama:hari cahyono

    BalasHapus
  109. Dwi nur hayati
    Nim: 260931070
    TARBIYAH / PAI / 1C

    Menurut saya masyarakat madani sering kali diartikan sebagai suatu tata pemerintahan yang jauh dari korupsi,keamanan terjamin, terciptanya persatuan didalm pemerintahan tesebut, serta adanya tata pererekonoian yang mendukung kesejahteraan sehingga mendorong perkembangan setiap lapisan masyarakat ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
  110. Nama : Hana Mutmainah
    NIM : 26.09.3.1.098
    Prodi : PAI 1C
    Masyarakat madani merupakan masyarakat yang beradab dan memiliki karakteristik free public sphere, demokrasi, pluralis, toleransi, serta keadilan sosial. Masyarakat madani amat diperlukan pada suatu negara. Tanpa adanya masyarakat madani ini suatu negara tidak akan bisa hidup damai dan tentram.

    BalasHapus
  111. Uswatun Hasanah
    26.10.5.3.099
    kpsb
    assalamu'alaikum
    indonesia disebut suatu bangsa karena sudah mempunyai unsur-unsur pembentuk identitas yaitu sejarah,kebudayaan,suku bangsa,agama dan bahasa.dalam perkembangan globlalisasi warga indonesia belum siap dengan globlalisasi secara menyeluruh.contohnya:dari segi sosial dalam kenyataanya globlalisasi banyak disalah gunakan oleh warga misal untuk kejahatah dan perbuatan yangtidak baik.dari segi ekonomi:adanya pasar bebas mengakibatkan persaingan antara produk lokal dan import menjadikan banyaknya perusahaan yang gulungtikar selain itu mengakibatkan kesenjanangan ekonomi.disamping itu globlalisasi dapat di gunakan untuk perluasan informasi n peningkatan taraf hidup

    BalasHapus
  112. AZZALIA BUNGA .R
    PBS-A
    26.10.5.3.018

    Menurut saya, masyarakat madani yaitu suatu sistem sosial yang berkualitas dan berkeadabaan yang dapat mewujudkan keseimbangan antara kebebasan perorangan dengan kestabilan masyarakat.
    Masyarakat madani telah berkembang di Indonesia sejak dahulu. Hal ini dibuktikan dengan adanya beragam organisasi sosial keagamaan dan pergerakan nasional dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

    BalasHapus
  113. Nama:Jevi Gusmiati
    Nim:26.10.5.3.051
    Jur/prodi:JEBI/KPS A

    Assalamualaikum wr.wb

    Masyarakat Madani merupakan konsep yang memiliki banyak arti atau sering diartikan dengan makna yang berbeda-beda, Masyarakat madani yaitu sebuah masyarakat demokratis dimana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya, dimana pemerintahannya memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi kreatifitas warga negara untuk mewujudkan program-program pembangunan di wilayahnya. Untuk membangun masyarakat madani di indonesia dapat dilakukan dengan :

    (1)integrasi nasional dan politik
    (2)refomarsi sistem politik demokrasi
    (3) pendidikan dan penyadaran.
    Masyarakat madani sangat penting diajarkan di sekolah-sekolah,karena dapat membuat kepribadian siswa/mahasiswa.Masyarakat madani babnya sudah lengkap untuk diajarkan pada mahasiswa.semoga dengan adanya bab masyarakat madani dapat menjadikan mahasiswa menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.
    Wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  114. NAMA: Fitri Yani
    JURUSAN : JEBI
    PRODI: PBS.A
    NIM : 26.10.5.3.036

    Assalamualaikum wr.wb

    Masyarakat madani yaitu sebagai proses penciptaan peradababn yang mengacu kepada nilai-nilai kebijakan bersama.Warganegara bekerjasama membangun ikatan sosial ,jaringan produktif dan solidaritas kemanusiaan yang bersifat non negara,Dasar utama dari masyarakat madani adalah persatuandan integrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup,Nenghindarkan diri dari konflik dan permusuhan yang menyebabkan perpecahan dan hidup dalam suatu persaudaraan.

    BalasHapus
  115. ROSSI AMALIA ANJANI
    26.10.5.3.088
    KPS A
    Assalamu'alaikum..
    Menurut saya,,masyarakat madani merupakan masyarakat sosial yang memiliki sistem demokrasi yang baik.

    BalasHapus
  116. Hanung Miftahul Huda
    26.10.5.3.058
    KPS A.
    Assalamualaikum.
    menurut saya masyarakat madani adalah masyarakat yang memiliki karaktristik sosial yang baik.

    BalasHapus
  117. Nama :Siti Hendrawati
    NIM :26.10.5.3.095
    Kelas:KPS A

    Assalamu'alaikum...
    Membangun masyarakat madani memang perlu dilakukan karena dengan masyarakat madani dapat membangun masyarakat yang demokratis dan HAM dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.Tapi semua itu harus tetap pada jalurnya sehingga harus tetap ada hukum yang mengatur agar tidak ada kesenjangan. Di dalam membangun masyarakat madani juga dapat dibentuk sebuah organisasi pemerintah ataupun non pemerintah untuk menyalurkan partisipasi dan dengan organisasi juga dapat menguatkan solidaritas antar anggota dalam membangun masyarakat madani.
    Terimakasih...
    Wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
  118. Nama :Vike Vidi H
    Nim :26.10.5.3.100
    Prodi :KPS A

    Assalamualaikum wr wb,,,,

    Masyarakat madani merupakan suatu organisasi masyarakat yang mempunyai sebuah skill untuk mewujudkan pembentukan masyarakat yang berkualitas bermoral yang dapat menjadikan sebuah keseimbangan antara suatu kebebasan dangan kestabilan masya,dengan itu masya dpt bertindak sesuai dengan hati nurani msing2(yang positif mksudnya)tidak hanya sebagai gerakan pro-demokrasi semata.untuk itu diharapkan semua lapisan masya pro- aktif dalam mciptakan sebuah inisiatif yang dimulai dari membangun diri sendiri terutama,dan Negara.
    TRIMA KASIH..............!!!

    Wasalamualaikum wr wb.

    BalasHapus
  119. Santi Susilowati
    26.10.5.3.091
    KPS A.
    Asalamualaikum..
    menurut saya masyarakat madani adalah masyarakat yang mandiri yang memiliki sistem sosial yang baik, yang saling berinteraksi untuk menciptakan tata kepemerintahan yang baik.

    BalasHapus
  120. Nama :Jati Subagtriyani
    NIM :26.10.5.3.050
    Jurusan :JEBI
    Prodi :KPS A

    Assalamu'alaikum,,,,,,,,,

    Mengenai masyarakat madani yang saya ketahui yaitu suatu susunan atau sektor dan arti dari masyarakat madani itu sendiri adalah masyarakat yang demokratis,cerdas,beradab dan mempunyai skiil.Memiliki sistem sosial yang subur,makmur&kestabilan moral serta didalamnya mempunyai sektor swasta yang kuat yaitu terdiri dari :
    #NGO(LSM)
    #Lembaga Keagamaan
    #Lembaga Kependidikan

    Maka di Indonesia perlu dipupuk atau diperkenalkan mengenai masyarakat madani supaya mereka bisa mempelajari &mengetahui serta agar mereka bisa menjadi bangsa yang beradab,cerdas &memajukan negara.
    Prinsip-prinsipnya yaitu:
    - Partisipasi
    - Penegak Hukum
    - Transparasi
    - Responsif
    - Orientasi Kesepakatan
    - Keadilan
    - Efektifitas
    - Akuntabilitas
    - Visi & Strategi

    Sekian wa'laikumussalam wr.wb
    Terimakasih

    BalasHapus
  121. NAMA : SRI ENDARTI
    NIM : 26.10.5.3.096
    PRODI : KPS A


    ASSALAMU'ALAIKUM WR WB

    Setelah memebaca materi bab sembilan tentang Membangun Masyarakat Madani saya dapat berkomentar sebagai berikut. Menurut saya masyarakat madani adalah masyarakat yang cerdas dan beradab yang bisa menopang terlaksananya pemerintahan yang baik dan bersih.

    Cara membangun masyarakat madani antara lain
    -integrasi nasional

    - reformasi sistem politik demokrasi

    - pendidikan dan penyadaran politik
    Masyarakat madani mempunyai beberapa wadah social politik antara lain organisasi masyarakat, lembaga pendidikan dan NGO.

    WASSALAMU’ALAIKUM WR WB

    BalasHapus
  122. Nama : Ghulam Fadhlillah Darma Putra
    Prodi : JEBI/KPS A
    NIM : 26.10.5.3.038

    Menurut saya masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab.Dan memiliki system yang baik dalam berwarganegaraan.Sehingga dapat memajukan kesejahteraan bangsa dan Negara.
    Kita perlu bersikap madani agar tercipta perdamaian,keadilan dan kesejahteraan.
    Oleh karena itu sikap madani penting bila diterapkan sejak dini.Karena bisa menjadi dasar sikap dan perilaku setiap manusia.
    Kita sebagai mahasiswa merupakan contoh masyarakat madani.Karena kita memiliki wawasan dalam berbagai hal.

    BalasHapus
  123. Nama : Moh.abdut Tawab MH
    NIM : 26.10.5.3.057
    Prodi: KPS A



    masyarakat madani merupakan masyarakat yang beradab , sopan , dan mempunyai tata tertib yang tlah diterapkan untuk masyarakat tersebut.Masyarakat madani juga tidak semaunya sendiri dlam melakukuan sesuatu , saling menghargai satu sama lain , tidak ada yang namanya egois terhadap dirinya sendiri.

    BalasHapus
  124. UMMI NUR HIDAYAH
    26.10.5.3.098
    PBS A

    menurut saya masyarakat madani itu merupakan sebuah tatanan kehidupan masyarakat yang demokratis, pluralistis,transparan dan partisipatif dimana peran infra dan supra struktur berada dalam keseimbangan yang dinamis.

    BalasHapus
  125. Menurut saya, masyarakat madani adalah masyarakat yg beradab,modern dan masyarakat yg berpendidikan serta masyarakat yg cerdas.
    Masyarakat madani jg merupakan masyarakat yg memiliki system demokrasi yg baik,
    Dan dapat mengelola system pemerintahan dengan baik
    Oleh karena itu sikap madani harus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat memajukan kesejahteraan bangsa dan Negara Indonesia kita tercinta ini.

    BalasHapus
  126. Nama :aji purtwo kusumo
    Nim :26.10.5.3.002
    class : kps A
    assalamuallaikum wr wb

    Masyarakat madani sejatinya bukanlah konsep yang ekslusif dan dipandang sebagai dokumen usang. Ia merupakan konsep yang senantiasa hidup dan dapat berkembang dalam setiap ruang dan waktu. Mengingat landasan dan motivasi utama dalam masyarakat madani adalah Alquran,Meski Alquran tidak menyebutkan secara langsung bentuk masyarakat yang ideal namun tetap memberikan arahan atau petunjuk mengenai prinsip-prinsip dasar dan pilar-pilar yang terkandung dalam sebuah masyarakat yang baik.

    wassalamuallaikum wr wb

    BalasHapus
  127. Nama : Nur rifa'i
    NIM : 26.10.5.3.072
    Prodi: KPS A

    Assalamu'alaikum,wr,wb

    stelah membaca materi bab 9 tentang masyarakat madani,komentar saya adalah :
    bahwa dalam membangun masytarakat madani itu perlu bener2 ditekankan kepada masyarakat karena masyarakat madanilah yang sangat berperan penting terhadap terbangunya sistim kenegaraan yang beradab,menyikapi hal tersebut didalam negara kita indonesia tercint ini menurut saya masih belum memenuhi kriteria sebagai masyarakat madani, ex:banyak masyarakat indonesia yang cerdas sebenarnya tetapi masih banyak menyalah gunakan kecerdasannya sebagai menipu orang yang tidak tau,bukankah seperti itu g beradab?jadi intinya penekanan juga pembelajaran tentang pengertian masyarakat madani ituperlu ditekankan lagi agar negara kita indonesia ini benar2 menjadi negara yang beradab yang berwarga yang cerdas juga beradab pula,,,,
    terima kasieh......

    wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  128. assalamuaikum wr.wb

    menurut saya

    1. Mayarakat madani (civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan mamaknai kehidupannya.
    2. Masyarakat madani akan terwujud apabila suatu masyarakat telah menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dengan baik.
    3. Karakteristik masyarakat madani adalah :

    (1) Free public sphere (ruang publik yang bebas)
    (2) Demokratisasi
    (3) Toleransi
    (4) Pluralisme
    (5) Keadilan sosial (social justice)
    (6) Partisipasi sosial
    (7) Supremasi hukum

    BalasHapus
  129. nama :M.IQBAL.F
    NIM :26.10.5.3.059
    KLAS :kpsA
    Assalammu'alaikum..wr.
    menurut saya ,masyarakat indonesia sekarang belum termasuk masyrakat madani, karena masih adanya kesenjangan antara kaum hawa dan konglomerat. Terlebih lagi banyaknya perbedaan pendapat dan dari perbedaan pendapat itulah biasanya akan timbul konflik yang di dasari sikap saling egoisme...dan lebih mementingkan pribadi dirinya masing-masing. Sehingga mengabaikan kepentingan orang lain dan berakibat gejolak terhadap pembangunan Masyarakat MADANI sesuai apa yg telah ALLAH Dan Rasulullah Sampaikan.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  130. nama : arief setiawan
    NIM : 261053011
    prodi : kps a

    assalamualaikum wr wb

    Istilah masyarakat madani dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah civil society pertama kali dikemukan oleh Cicero dalam filsafat politiknya dengan istilah societies civilis yang identik dengan negara. Dalam perkembangannya istilah civil society dipahami sebagai organisasi-organisasi masyarakat yang terutama bercirikan kesukarelaan dan kemandirian yang tinggi berhadapan dengan negara serta keterikatan dengan nilai-nilai atau norma hukum yang dipatuhi masyarakat.
    Bangsa Indonesia berusaha untuk mencari bentuk masyarakat madani yang pada dasarnya adalah masyarakat sipil yang demokrasi dan agamis/religius. Dalam kaitannya pembentukan masyarakat madani di Indonesia, maka warga negara Indonesia perlu dikembangkan untuk menjadi warga negara yang cerdas, demokratis, dan religius dengan bercirikan imtak, kritis argumentatif, dan kreatif, berfikir dan berperasaan secara jernih sesuai dengan aturan, menerima semangat Bhineka Tunggal Ika, berorganisasi secara sadar dan bertanggung jawab, memilih calon pemimpin secara jujur-adil, menyikapi mass media secara kritis dan objektif, berani tampil dan kemasyarakatan secara profesionalis,berani dan mampu menjadi saksi, memiliki pengertian kesejagatan, mampu dan mau silih asah-asih-asuh antara sejawat, memahami daerah Indonesia saat ini, mengenal cita-cita Indonesia di masa mendatang

    BalasHapus
  131. Nama:galueh joko saputro
    nim:26.10.5.3.037
    class:kps A
    Assalamuallaikum wr wb

    Masyarakat madani merupakan konsep yang berwayuh wajah: memiliki banyak arti atau sering diartikan dengan makna yang beda-beda.Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

    wassalamuallaikum wr wb

    BalasHapus
  132. nama : miftahudin amin
    NIM 261053067
    prodi KPS A

    assalamuaikum wr.wb

    menurut saya

    1. Mayarakat madani (civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan mamaknai kehidupannya.
    2. Masyarakat madani akan terwujud apabila suatu masyarakat telah menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dengan baik.
    3. Karakteristik masyarakat madani adalah :

    (1) Free public sphere (ruang publik yang bebas)
    (2) Demokratisasi
    (3) Toleransi
    (4) Pluralisme
    (5) Keadilan sosial (social justice)
    (6) Partisipasi sosial
    (7) Supremasi hukum

    BalasHapus
  133. Nama : an marissa akhadiah
    NIM : 26.10.5.3.005
    Kelas : JEBI/ KPS A
    Strategi membangun MM di Indonesia
    - integrasi nasional
    - reformasi sistem politik demokrasi
    - pendidikan dan penyadaran politik.
    Maurut saya:
    Strategi diatas masih sangat jauh dari bangsa indonesia, karena belum adanya kesadaran dari bangsa indonesia untuk menuju masyarakat yang madani.
    Banyaknya para politisme yangn berpindidikan tapi tidak berotak dan berperikemanusiaan, sehingga para politisme yang bersarjana dan bergelar tidak lebih baik dari hewan penjilat!!!
    Dengan leluasa mereka memakan harta rakyat, dan sama sekali tidak memperduliakan rakyat. Sehingga sulitnya untuk bangsa indonesia menjadi masyarakat madani karena para atasanya aja seperti hewan2 penjilat..
    Apalagi kalau kita tilik dari kasus-kasus para aparat yang keparat!! Mereka dengan mudahnya mentipudaya masyarakat sehingga tidak adanya integrasi yang baik, malah seperti kawanan tikus yang rakus akan jabatan dan menginjak2 rakyat kecil serat mengambil kesempatan dalam kesempitan..
    Selain itu juga banyaknya golongan yang mengakibatkan perbedaan pendapat, dan egoisme dari golongan..
    Semua itu tidak memungkinkan untuk bangsa indonesia menuju masyarakat madani..
    Oleh sebab itu, saya rasa suatu keajaiban dunia ke-8 jika bangsa indonesia bermasyarakat madani.

    BalasHapus
  134. Nama : Maulani Indriyati
    Nim : 26.10.5.3.064
    Prodi : PBS –A

    Assalamu’alaikum wr wb

    Menurut saya,
    Masyarakat madani adalah organisasi-organisasi masyarakat yang terutama bercirikan kesukarelaan dan kemandirian yang tinggi berhadapan dengan negara serta keterikatan dengan nilai-nilai atau norma hukum yang dipatuhi masyarakat. Secara ideal masyarakat madani ini tidak hanya sekedar terwujudnya kemandirian masyarakat berhadapan dengan negara, melainkan juga terwujudnya nilai-nilai tertentu dalam kehidupan masyarakat, terutama keadilan, persamaan, kebebasan dan kemajemukan (pluralisme).

    Walaikumsalam wr wb

    BalasHapus
  135. Nama : DEWI UTARRI
    Nim : 26.10.5.3.024
    Prodi : PBS –A

    Assalamu’alaikum wr wb

    Menurut saya,
    masyarakat madani adalah sebuah masyarakat demokratis dimana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya, dimana pemerintahannya memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi kreatifitas warga negara untuk mewujudkan program-program pembangunan di wilayahnya.

    Karakteristik masyarakat madani adalah :
    (1) Free public sphere (ruang publik yang bebas)
    (2) Demokratisasi
    (3) Toleransi
    (4) Pluralisme
    (5) Keadilan sosial (social justice)
    (6) Partisipasi sosial
    (7) Supremasi hukum

    Dalam kaitannya pembentukan masyarakat madani di Indonesia, maka warga negara Indonesia perlu dikembangkan untuk menjadi warga negara yang cerdas, demokratis, dan religius dengan bercirikan imtak, kritis argumentatif, dan kreatif, berfikir dan berperasaan secara jernih sesuai dengan aturan.

    Walaikumsalam wr wb

    BalasHapus
  136. NAMA : DYAH TAUFIQ BAIDURI
    NIM : 26.10.5.3.031
    PRODI : KPS A

    ASSALAMUALAIKUM WR. WB

    Masyarakat madani merupakan masyarakat yang cerdas, beradab, subur dan makmur sehingga terwujud masyarakat yang sesuai dengan aturan.
    kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menanamkan dan mengembangkan masyarakat madani yang lebih baik lagi, agar negara kita menjadi lebih subur, makmur, aman, damai sesuai dengan aturan.
    dan agar tidak terjadi masyarakat yang terpecah-belah yang tidak sesuai dengan aturan.

    wadah sosial politik masyarakat madani meliputi: organisasi keamanan, profesi, komunikasi,media dan lembaga pendidikan.

    cara / strategi untuk membangun masyarakat madani di indonesia adalah :
    - integrasi nasional
    - reformasi sistem politik dan demokrasi
    - pendidikan dan penyadaran politik

    WASSALAMUALAIKUM WR. WB

    BalasHapus
  137. NAMA : SITI AFFIFATUL ISSAROH
    NIM : 026.10.5.3.094
    CLASS : PBS_A
    Tipologi gerakan sosial
    a. Perubahan Perorangan
    - Alternative movements/sebagian. Misal: tidak merokok
    - Redemptive movements/menyeluruh. Misal: bidang keagamaan
    b. Perubahan Sosial
    - Reformative movements /sebagian. Misal: gerakan persamaan hak perempuan
    - Tranformative movements/menyeluruh. Misal: gerakan komunis Kamboja
    Untuk menuju Masyarakat madani yang dikutip dari pembahasan Civic education derdapat tipologi gerakan yang artinya banyak tipe dlm kenegaraan sendiri , dimana telah dijelajskan spt di atas spt:
    1. Perubahan perseorangan
    2. Perubahan Sosial
    Menurut saya dalam membangun masyarakat yang madani itu harus sesuai Al-Quran dan As-sunah apalagi soal persamaan hak perempuan jika dibandingkan dengan laki-laki maka tidak sangat relevan karena sudah ada aturan dan takaran masing-masing (porsinya) antara laki-laki dan perempuan.

    BalasHapus
  138. Nama : Mardhiyaturrositaningsih
    NIM : 26.10.5.3.063
    Prodi : Kps A

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Setelah membaca materi bab 9 mengenai Masyarakat Madani dapat disimpulkan bahwa,
    Masyarakat Madani merupakan keadaan dimana masyarakatnya cerdas dan beradab. Dengan sistem sosial yang subur makmur dimana Kestabilan masyarakat tersebut terjamin.

    Menurut saya,Mengenai Masyarakat Madani di Indonesia upaya untuk menuju Masyarakat Madani itu sendiri sudah diupayakan. Salah satu contoh dari realisasinya adalah adanya organisasi-organisasi masyarakat dll.

    Namun, secara menyeluruh keadaan seperti halnya masyarakat madani belum sepenuhnya tercipta di Indonesia.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  139. Nama : Putri Arum W
    Kelas : kps^a^
    26.10.5.3.077
    Assalamu”alaikum
    Menurut saya membangun masyarakat madani itu sangat penting bagi seetiap Negara,karena itu merupakan wujud kesseimbangan antara individu dan kestabilan masyarakat.
    Jika kita mampu mewujudkannya,itu berarti kita telah ikut membangun Negara yang berkeadaban,dan sebagai mahasiswa kita juga wajib ikut andil dalam menciptakan masyarakat madani dengan cara menegakkan demokrasi,toleransi,dan membangun keadilan social

    wassalamu"alaikum

    BalasHapus
  140. PUJI LESTARI
    26.10.5.3.074
    KPS-A

    Menurut saya masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat dan untuk mewujudkan masyarakat madani ditandai dengan karateristik masyarakat madani diantaranya wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi,kemajemukan, dan keadilan sosial.Dan untuk di Indonesia sendiri masyarakat madani masih merupakan lembaga yang dihasilkan oleh sistem publik represif.

    BalasHapus
  141. Nama:Hana Sofia
    Nim:26.10.5.3.039
    Jur/Prodi:JEBI/KPS A

    Assalamualaikum wr.wb
    Masyarakat madani merupakan sistem sosial berdasarkan prinsip yang menjamin keseimbangan antara kebebasab individu dengan kestabilan masyarakat. Perwujudan masyarakat madani ditambahi dengan karakteristik diantaranya : wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan, dan keadilan sosial.
    masyarakat madani sangatlah baik untuk kemajuan bangsa Indonesia, karena dalam masyarakat madani begitu menjunjung tinggi HAM dan kebebasan yang bertanggungjawab. untuk menopang itu semua diperlukan strategi dalam membangun masyarakat madani, agar masyarakat lebih berkeadaban, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan menghargai pluralisme yang sangat beragam di Indonesia. Strategi membangun masyarakat madani dapat dilakukan dengan integrasi nasional dan politik, reformasi politik demokrasi, pendidikan dan penyadaran politik.
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  142. Nama : Iin Aji Purwitasari
    NIM : 26.10.5.3.046
    Prody : PBS A

    Masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur brdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. inisiatif dari individu dan masyarakat akan berupa pemikiran,seni,plaksanaan pemerintah yang berdasarkan undang-undang dan bukan nafsu atau keinginan individu.

    sasuai pengertian dari masyarakat madani tersebut,jadi mnurut saya dengan adanya masyarakat madani di suatu negara sangat penting.
    Karena dengan adanya masyarakat madani keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat akan terjamin.
    Dan pelaksanaan pemerintahan akan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  143. NAMA : HIDAYATUL HASANAH
    KELAS : KPS A
    NIM : 26.10.5.3.044

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Menurut saya, membangun masyarakat madani adalah sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat.Dalam tujuannya keseimbangan antara kebebasan individu & kestabilan masyarakat harus sesuai dengan prinsip moral.

    Dalam karakteristiknya strategi membangun masyarakat madani di indonesia ini belum maksimal banyak kendala yang ada. Sistem sosial yang berdasarkan prinsip moral pada saat ini juga belum terealisasikan sebab moral bangsa ini saat ini sangat buruk. Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip moral bangsa agar tercapai sistem sosial yang baik.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  144. NAMA : muhamadkhojin
    NIM : 26.10.5.3.069
    KELAS: PBS.A
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Masyarakat madaniadalah masyarakat yang saling menghormati,menghargai oranglain. masyarakat yang di idam-idamkan oleh semua mahluk sosial.

    BalasHapus
  145. NAMA : HESTIN ALFIA RANI
    NIM : 26.10.5.3.042
    KELAS : KPS.A

    BAB 9
    Masyarakat madani adalah masyarakat yang mempunyai karakteristik di antaranya demokrasi, toleransi, kemajemukan dan keadilan sosial.

    BalasHapus
  146. Annafi Azizah
    26.10.5.3.008
    KPS A

    menurut sya msyrakat madani adlah, msyarakat yg dipimpin dan dapat mematuhi hukum yg telah ditetapkan dan di setujui bersama,, dan sebagai msyarakat madani, tidak ada perbedaan antra pempimpin dan myrkat biasa.

    BalasHapus
  147. Puput Dwi Irviana
    26.10.5.3.076
    KPS A

    Menurut saya masyarakat madani adalah, masyarakat yang berkembang sesuai dengan potensi budaya, adat istiadat, dan agama.

    BalasHapus
  148. Jonathan Pratiwi
    26.10.5.3.053
    KPS A

    Msyrakt madani mnuruut sya adalah,, ebuah masyarakat demokratis dimana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya dimana pemerintahannya memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi kreatifitas warga negara untuk mewujudkan program-program pembangunan di wilayahnya.

    BalasHapus
  149. NAMA : NOVITA WIJAYANTI
    NIM : 26.10.5.3.070
    PRODI : KPS-A

    asskum

    etimologi kata madani merujuk pd masyarakat madani pd zaman rosulalloh saw paska hijrah.
    yaitu merupakan sebuah masyarakat yg memiliki toleransi yg tinggi dalam menghormati masyarakat yg berbeda baik dlm agama, pemikiran , maupun gaya hidup.
    sehingga , 3 agama besa ( yahudi , nasrani , islam )
    mampu hidup berdampingan dngn damai dalam beberapa kurun waktu.
    kesimpulannya masyarakat madani adalah mereka yg mampu meningkatkan tenggang rasa , toleransi, dan tepo sliro sehingga tdk terkensan ndeso.

    BalasHapus
  150. Auliya Rizqi
    KPS_A
    26.10.5.3.015

    Assalamuallaikum Wr Wb
    Masyarakat Madani adalah masyarakat tinggi dan maju yang berbasiskan pada : nilai-nilai, norma, hukum, moral yang ditopang oleh keimanan; menghormati pluralitas; bersikap terbuka dan demokratis; dan bergotong-royong menjaga kedaulatan. Pengertian genuin dari masyarakat madani itu perlu dipadukan dengan konteks masyarakat Indonesia di masa kini dalam ikatan keislaman,ikatan kebangsaan, dan ikatan kemanusiaan dalam bingkai NKRI.

    Wassalamuallaikum Wr Wb

    BalasHapus
  151. Nama : Muhammad Arifin
    NIM : 26.10.3.1.124
    Kelas : 1D / PAI

    Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

    Menurut saya Masyarakat Madani itu yaitu Sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat. Tujuan membangun Masyarakat madani adalah kestabilan individu dan kebebasan masyarakat.

    Karakteristik Masyarakat Madani yaitu Demokrasi, Toleransi dan Keadilan Sosial. Setrategi membangun Masyarakat Madani adalah Integrasi Nasional, Reformasi Sistem Politik Demokrasi dan Pendidikan dan Penyadaran Politik.

    Demikian komentar saya tentang Masyarakat Madani

    Wassalaamu'alaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  152. NIKEN LARASATI
    26.10.3.1.137
    1D
    TARBIYAH/PAI

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Masyarakat madani jika dipahami sepintas merupakan format kehidupan alternatif yang mengedepankan semangat demokrasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai HAM. Hal ini diberlakukan ketika negara sebagai penguasa dan pemerintah tidak bisa menegakkan demokrasi dan hak-hak asasi manusia dalam menjalankan roda pemerintahan.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  153. Kelompok 9
    Tarbiyah/PAI-1d

    Muhammad Nurul Wakhid 26.10.3.1.127
    Mustafidatul Alawiyah 26.10.3.1.133
    Nina Sulistyawati 26.10.3.1.139
    Nur Arifatur Rohmah 26.10.3.1.146

    Masyarakat Madani Merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.
    Inisiatif individu dan masyarakat berupa pemikiran, seni, pelaksanaan pemerintah yang sesuai dengan undang-undang.
    Wujud Masyarakat Madani ditandai dengan beberapa karakter, diantaranya free public sphere, demokrasi, toleransi, kemajemukan( pluralism), dan keadilan sosial.
    Untuk mewujudkan Masyarakat Madani di Indonesia, terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan, diantaranya: integrasi nasional dan politik, reformasi sistem politik demokrasi, serta pendidikan dan penyadaran politik.
    Dalam masyarakat sipil terdapat suatu gerakan sosial sebagai aksi organisasi atau kelompok masyarakat sipil dalam mendukung atau menentang perubahan sosial. Gerakan sosial dilakukan dalam konteks jejaring lintas kelembagaan yang erat oleh aktor-aktor yang diikat rasa solidaritas dan identitas kolektif yang kuat melebihi bentuk-bentuk ikatan dalam koalisi dan kampanye bersama.
    Masyarakat sipil mengejawantah dalam berbagai wadah sosial-politik di masyarakat, seperti organisasi keagamaan, organisasi profesi, komunitas, media, maupun lembaga pendidikan. Salah satu pengejawantahan masyarakat sipil yang kerap menjadi perhatian adalah Noon-Govermental Organization (NGO).

    BalasHapus
  154. Noviana Rahayu
    26.10.3.1.142
    1D/PAI


    Masyarakat madani merupakan sistem sosial yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.Dengan kata lain , masyarakat madani mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar guna meningkatkan kesejahteraan bersama.Dalam mewujudkannya cenderung melalui institusi atau organisasi baik formal maupun informal.

    BalasHapus
  155. Mitayani
    26.10.3.1.120
    1D/PAI

    Masyarakat madani mengutamakan prinsip moral,keadilan,keseksamaan,musyawarah dan demokrasi.Membentuk masyarakat madani tidaklah mudah,perlu adanya keseimbangan antara kebebasan individu dan kstabilan masyarakat.Untuk mengimplementasikan hal tersebut yaitu melalui organisasi-organisasi di segala bidang.Semua itu dilakukan untuk kesejahteraan hidup bersama.

    BalasHapus
  156. Nama : Muchtar Syaifudin
    NIM : 26.10.3.1.123
    Kelas : 1D
    Prodi : PAI

    Assalamu’alikum.wr.wb
    Menurut saya, masyarakat madani(civil society) merupakan suatu system social yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara individu dengan kestabilan masyarakat, dan inisiatifnya akan menghasilkan suatu pemikiran, seni, dll. Masyarakat madani mempunyai karakteristik di antaranya adalah memiliki wilayah public yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan dan keadilan social. Ciri-ciri masyarakat madani yang khas adalah memiliki kemajemukan budaya, memiliki hubungan timbale balik dan sikap saling menghargai& menghormati.
    Masyarakat madani di Asia, khususnya di Indonesia masih jauh dari ciri-ciri ideal masyarakat madani. Kemudian, strategi yang dapat dilaksanakan untuk membangun masyarakat madani di Indonesia adalah dengan integrasi nasional dan politik, reformasi system politik demokrasi, pendidikan dan penyadaran politik.
    Saya kira, cukup sekian pendapat saya tentang masyarakat madani. Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  157. NOVIANTI EKA NUR UTAMI
    26.10.3.1.143
    TARBIYAH/PAI/1D


    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya Masyarakat Madani jika dipahami secara sepintas merupakan format kehidupan alternatif yang mengedepankan semangat demokrasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai Hak Asasi Manusia.
    Hal ini diberlakukan ketika negara sebagai penguasa dan pemerintah tidak bisa menegakkan demokrasi dan hak-hak asasi manusia dalam menjalankan roda pemerintahannya.
    sekian dan terimakasih

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  158. nur afni fauziah
    26.10.3.1.145
    tarbiyah 1D


    Assalamualaikum wr. wb
    mnrt saya masyarakat madani adalah masyarakat yang bebas mengeluarkan pndapt selama pendpat tersebut nsh wajar2 saja,,
    pemerintah juga harus bisa memahami keadaa n wargany, jika seorang pimpinan bisa trn lgsg k dareah2 maka itu lebih baik untuk bisa mendekatkan diri antara permerintah dan masyarakat,,,
    pemerintah yang baik, tidak akan takut untuk melakukan sesuatu hal yang jika itu berguna untuk masyarakat,,,,

    BalasHapus
  159. NAMA;MUSTOFA AL-AMIN
    NIM ;26.10.3.1.134
    KLAS;TARBIYAH/ID


    assalamualaikum wr,wb.

    menurut saya,"masyarakat madani adalah masyarakat yang bebas mengeluarkan pendapat,masyarakat yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara individu dengan kestabilan masyarakat, dan inisiatifnya akan menghasilkan suatu pemikiran.Ciri-ciri masyarakat madani yang khas adalah memiliki kemajemukan budaya, memiliki hubungan timbale balik dan sikap saling menghargai& menghormati.dan untuk mewujudkan masyarakat ini maka kita harus membuat nilai-nilai, norma, hukum, moral yang ditopang oleh keimanan; menghormati pluralitas; bersikap terbuka dan demokratis; dan bergotong-royong menjaga kedaulatan.
    Demikian tadi koentar dari saya.terima kasih.
    wassalamualaikum wr,wb.

    BalasHapus
  160. Saudara2 mahasiswa Ekonomi & Bisnis Islam A/B. Setelah saudara membaca & memahami materi ttg Masyarakat Madani (MM), pd pertemuan kali ini silahkan saudara diskusikan dan jawab pertanyaan2 berikut ini:
    1)Mengapa MM diperlukan dalam membangun tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara yang demokratis?
    2) Faktor2 apa saja yg diperlukan sebuah bangsa dlm membangun masy madani?
    3) Peran apa saja yg bisa dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan (ormas) & LSM dlm membangun MM di Indonesia?
    4) Menurut saudara apa yg perlu dilakukan suatu bangsa dlm melakukan transformasi budaya menuju MM?
    5) Menurut saudara apakah Indonesia mempunyai modal sosial utk membangun MM?
    6) Menurut saudara apakah pemaksaan kehendak oleh suatu kelompok thd kelompok lain merupakan karakteristik MM?
    7) Jika sauara sebagai penggerak salah satu ormas, apa yg akan saudara lakukan jika ada kebijakan pemerintah yg merugikan kelompok saudara?
    8) Dlm era pers yg bebas, apakah pers bebas melakukan apa saja sesuai dg idealisme & misi bisnisnya?
    9) Dlm konteks Indonesia yg sedang mengalami krisis ekonomi pd satu sisi & sdg membangun negara demokrasi di sisi lain, apa yg menjadi prioritas, mendahulukan pemangunan masyarakat madani atau kesejahteraan ekonomi masyarakat?
    Selamat belajar smoga sukses...

    BalasHapus
  161. Nama : Annafi Azizah
    NIM : 26.10.5.3.008
    KPS A

    1)Karena pada tujuan MM itu sendiri merupakan perwujudan dari demokrasi.

    2)Adanya wilayah publik yang bebas, Demokrasi,
    Toleransi, Pluralisme, Keadilan sosial.

    3)Mengubah sosial para msyarakat, membantu sasuai mayarakat sesuai dengan bidang LSM atau ormas itu sendiri.

    4)Selain menjaga kelestarian budaya itu sendirui, kita juga dapat mengembangkan budaya kita denga cara moderenisasi terhadap budaya luar tetapi juga harus di pilih mana budaya yang pantas untuk nengara kita dan mana yang tidak pantas.

    5)Punya, karena Indonesia memiliki karakteristik sprti MM, Keadilan sosial, demorkrasi dll.

    6)Tidak.

    7)Karena negara kita merupakan negara demokrasi, maka yg akan sya lakukan adlah, menyuarakan pembelaan atau kbenaran dari klompok sya kpd pemerintah, agar klompok sya tdak di rugikan lagi oleh kbijakan pemrintah.

    8)Pers mempunyai kbebasan trsebut, tetapi pers juga harus memikirkan tentang norma yg ada.

    9)Menurut sya lbih mndhulukan mensejahterakan masyarakat.

    BalasHapus
  162. nama: ANNisa
    nim : 26.10.5.3.009

    jawab
    1.MM diperlukan karena dengan masyarakat madani akan memberi dampak positif bagi kelangsungan tata kehidupan masyarakat,Negara dan demokrasi.masyarakat madani merupakan kaum-kaum terpelajar.
    2.Faktor yang mempengaruhi terbentuknya MM adalah:
    a.intregrasi nasional
    b.reformasi system politik demokresi
    c.pendidikan dan penyadaran politik
    3.Peran LSM atau ORMAS dalam pembangunan MM antara lain dengan mengadakan kajian yang isinya mengandung menuju MM,memberikan penyuluhan terhadapa masy.luas mengenai bagaimana MM tersebut.
    4.Membudayakan bertindak demokrasi tetapi tidak menyimpang dari aturan yang ada
    5.Indonesia sangat punya modal social tetapi kesadaran masyarakat akan MM yg blum mulai tumbuh.banyak orang-orang pintar di Indonesia tetapi mereka belum menggunakan kepintaran mereka secara maksimal untuk membangun Negara yang lebih baik.
    6.Jelas bukan karakteristik MM adalah toleransi bukan pemaksaan.
    7.Mengkaji ulang keputusan pemerintah dan mencari jalan tengah yang terbaik.
    8.Jelas tidak boleh.Pers sudah diatur oleh undang-undang dan pers juga mempunyai kode etik yang harus di patuhi.
    9.Menurut saya yang perlu diutamakan adalah kesejahteraan social karena dengan masyarakat yang sudah sejahtera bias mengenyam pendidikan maka dengan sendirinya MM akan terbentuk.

    BalasHapus
  163. Nama : Nur Hidayah
    Kelas : PAI/1D
    NIM : 26.10.3.1.147

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Menurut saya masyarakat madani di indonesia memiliki kesamaan istilah dan penyebutan namun walaupun mempunyai kesamaan, masyarakat madani memiliki perbedaan mengenai karakter,fungsi dan peran masing-masing. Di dalam masyarakat madani warga negara harus bekerja sama untuk membangun produktifitas dan solidaritas kemanusian yang bersifat non-negara dan di dalam kerja sama itu terdapat civil society untuk mengontrol dan mengawasi dalam perilaku politik setiap warga negara . Di dalam struktur sosial civil society itu sendiri terdapat 3 entitas sosial yaitu:
    1.Keluarga, karena di dalam keluarga adalah tempat untuk sosial pribadi sebagai anggota masyarakat
    2.Masyarakat sipil,karena di dalam masyarakat sipil merupakan lokasi berlangsungnya peraturan berbagai kepentingan pribadi
    3.Negara, karena negara mempunyai tugas untuk melindungi kepentingan politik warganya yang memiliki hak penuh untuk melakukan intervensi civil society

    Wassalamu’alaikum wr.wb

    BalasHapus
  164. Nama : Miftahudin Amin
    NIM : 261053067
    KELAS : PBS A

    ASSSALAMUALAIKUM WR.WB

    JAWAB :

    1. karena untuk menciptakan masyarakat yang sadar lingkungan merupakan hal yang sulit. Apalagi, saat ini banyak warga yang
    menganggap bencana lingkungan merupakan hal biasa

    2. a) INTEGRASI NASIONAL
    b) KESADARAN SETIAP MANUSIA
    c) gotong royong

    3. menyadarkan masyarakt betapa pentingnya lingkungan ini yang di titipkan ALLAH SWT dengan cara penyuluhan ataupun seminar

    4. segala sesuatu permasalahan di wujudkan secara mufakat atau demokrasi

    5. punya karena indonesia banyak orang pinter dan banyak juga yang belum sadar arti penting masyarakat madani tersebut

    6. jelas bukan karakteristik masayarakat madani karena karakteristik masayakat madani timbul karena kesadaran dari hati masing setiap manusia itu sendiri

    7. mendatangi gedung MPR dan menkaji ulang bahwa kebijakan ini ada sekelompok manusia merasa di rugikan

    8. pers memang bebas tp tidak boleh bertindak semaunya sendiri semuanya sudah di atur di undang yang berlaku

    9. menurut saya kesejehteraan social yang lebih penting karena kesejahteraan di utamakan secara otomatis masyarakat madani akan terbentuk

    BalasHapus
  165. NAMA : MAGFIROTUL HASANAH
    NIM :26.10.3.1.112
    KELAS : PAI/1D

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Menurut pendapat saya,Masyarakat madani (civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan mamaknai kehidupannya .Masyarakat madani akan terwujud apabila suatu masyarakat telah menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dengan baik. Karakteristik masyarakat madani adalah :
    (1) Free public sphere (ruang publik yang bebas)
    (2) Demokratisasi
    (3) Toleransi
    (4) Pluralisme
    (5) Keadilan sosial (social justice)
    (6) Partisipasi sosial

    Adapun yang masih menjadi kendala dalam mewujudkan masyarakat madani di Indonesia diantaranya :
    1.Kualitas SDM yang belum memadai karena pendidikan yang belum merata
    2.Masih rendahnya pendidikan politik masyarakat
    3.Kondisi ekonomi nasional yang belum stabil pasca krisis moneter
    4.Tingginya angkatan kerja yang belum terserap karena lapangan kerja yang terbatas
    5.Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak dalam jumlah yang besar
    6.Kondisi sosial politik yang belum pulih pasca reformasi

    Demikian pendapat dari saya,
    Terima Kasih....

    Wassalamu'alaikum wr wb,

    BalasHapus
  166. NAMA : NINA KURNIANINGSIH
    NIM : 26.10.3.1.138
    KELAS : 1D

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Menurut saya, Masyarakat Madani adalah proses penciptaan peradaban yang mengacu kepada nilai-nilai kebijakan bersama yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.
    Karakteristik masyarakat madani yaitu :
    1. Free public sphere adalah ruang publik yang bebas sebagai sarana untuk mengemukakan pendapat warga masyarakat.
    2. Demokrasi adalah prasyarat mutlak lainnya bagi keberadaan masyarakat sipil yang murni.
    3. Toleransi adalah sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat.
    4. Pluralisme adalah pertalian sejati kebhinekaan dalam ikatan-ikatan keadaban.
    5. Keadaan sosial adalah adanya keseimbangan dan pembagian yang proporsional atas hak dan kewajiban setiap warga negara.
    Strategi membangun masyarakat madani di Indonesia yaitu :
    1. Sistem demokrasi tidak mungkin berlangsung dalam kenyataan hidup sehari-hari dalam masyarakat yang belum memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang kuat.
    2. Membangun demokrasi tidak usah terlalu tergantung pada pembangunan ekonomi.
    3. Paradigma alternatif diantara dua pandangan yang pertama yang dianggap gagal dalam pengembangan demokrasi.
    Tipologi gerakan sosial yaitu :
    1. Perubahan perorangan
    a.Alternative movements untuk mengubah sebagian perilaku orang.
    b. Redemptive movements untuk mencoba mengubah perilaku perorangan secara menyeluruh.
    2. Perubahan sosial
    a. Reformative movements untuk mencoba mengubah masyarakat namun dalam ruang lingkup terbatas.
    b. Transformative movements untuk mencoba mengubah masyarakat secara menyeluruh.
    Salah satu pengejawantahan masyarakat sipil yang kerap terangkat menjadi titik fokus perhatian adalah Non-Governmental Organization (NGO).

    Wassalamu’alakum Wr.Wb.

    BalasHapus
  167. Nama : arief setiyawan
    NIM : 26.10.5.3.011
    kelaZ : kps A

    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut saya, jawaban saya adalah sbg berikut.......

    1. karena untuk menciptakan masy yg sadar lingkungan sangat sulit, maka dari itu diperlukan dari sifat MM itu, karena tujuan MM itu sendiri adalah perwujudan dari demokrasi.
    2. adanya demokrasi, pluralisme, toleransi, gotong royong dan wilayah public yg bebas.
    3. mengadakan kajian yang isinya mengandung tema yang isinya menyangkut MM,dan memberikan penyuluhan kpd masy.luas mengenai bagaimana MM tersebut.
    4. kita harus menjaga kelestarian budaya itu, kita juga bisa mengembangkan budaya kita dg meniru dari budaya lain selagi mana yang kita contoh baik bagi kita dan tidak merugikan orang lain.
    5. sepertinya punya, karena iNa memiliki karateristik MM dan keadilan sosial, tetapi dari masy itu sendiri tidak mau menerapkan.
    6. tidak, karena MM mempunyai sifat kerjasam dan toleransi.
    7. tetap memperjuangkan dari pembalaan kita, karena kita hanyalah rakyat kecil yang tidak di gagas oleh pemerintah. (berani kita teguhh, bercerai kita runtuh).
    8. pers memang diperbolehkan dalam bertindak, tetapi harus bertindak sesuai dasar dasr yang berlaku.
    9. menurut saya,lebih mengutamakan kesejahteraan baru pembangunan, karena jika masy kita sejahtera maka pembangunan akan mudah di wujudkan.

    BalasHapus
  168. Nama :M.Hanung M.H
    NIM :26.10.5.3.058
    KLS :KPS A

    ASSLAMU'ALAIKUM....

    Menurut jawaban saya
    1. karena untuk mewujudkan sebuah masy yg sadar ats lingkungannya merupakan seatu hal yg sulit.
    2. adanya suatu wilayah yang bebas dlm keadaan sosial, toleransi, pluralisme, dan demokrasi.
    3. membantu sesuai kemampuan masy dlm bidangnya dg menurut LSM atau ormas itu sendiri.
    4. selain menjaga kelestarian budaya kita sendiri kita juga bisa mengembangkan budaya kita dg memikih dan memilah buday luar yng baik dan sesuai dg budaya kita.
    5. punya, karena negara indo mempunyai karateristik spt keadilan sosial, MM, dan demokrasi.
    6. tidak'
    7. tetap memperjuangkan pembelaan atas pendapat kelompok kami karena kita hidup di negara yng bebas berpendapat dan demokrasi.
    8. pers memang diperbolehkan dalam bertindak tetapi harus dlm aturan2 dan norma2 yng berlaku.
    9. kesejahteraan lebih penting karena kesejahteraan lebih diutamakn dari pembangunan, jika kesejahteraan terwujud maka dng sendirinya pembangunan dpt diwujudkan.
    wassalam mu'alaikum wr. wb

    BalasHapus
  169. Nama :Moh.Abdut Tawab MH
    NIM :26.10.5.3.057
    Prodi:PBS A


    Jawab:

    1.Karna MM merupakan sistem sosial yg subur berdasarkan prinsip moral yg menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dg kestabilan masyarakat.

    2.>Integrasi politik
    >Reformasi politik
    >pendidikan politik

    3.Membawa dan menyadarkan masyarakat kepada hal-hal yg positif.

    4.Memilih dan menyaring budaya luar yg dianggap itu baik dan tidak merugikan bangsa tersebut.

    5.Punya ,
    tapi kebanyakan dari bangsa kita sendiri tidak menyadari dgan adanya modal yg kita punyai.

    6.Tidak.

    7.Tetap berpegang teguh pda kebijakan kita dan tidak berkecil hati dgan adanya kebijakan pemerintah tersebut.

    8.Pers tidak boleh sewenang-wenang melakukan idealisme & bisnisnya sendiri karna sudah ada peraturannya sendiri yg tlah ditetapkan.

    9.menurut saya membangun kedejahteraan masyarakat lbih utama dari pada pembangunan ekonomi.

    BalasHapus
  170. NAMA:AJI PURWO KUSUMO
    NIM:26.10.5.3.002
    CLASS:KPS.A

    ASALAMUALLAIKUM WR WB

    JAWABAN DARI PERTANYAAN MENGENAI MM SBB :

    1.MM sebagai “paradigma dan sistem peradaban” yang memberi ruang secara seimbang kepada masyarakat dan pemerintah dalam kehidupan bernegara,MM sebagai sistim moral yang memberi keseimbangan dan kstabilan individu maupun msykt sehingga dapat terwujud suatu bangsa yang beradap
    2.faktor-faktor membangun MM :
    1. demokrasi
    2. beradap
    3. teratur
    4. intregrasi nasional
    5. kesejahteraan ekonomi telah terpenuhi
    6. pendidikan dan kesadaran individu maupun masyarakat untuk menjadi MM
    3.memberikan suatu informasi ,pembelajaran dalam rangka menciptakan masyarakat madani,sehingga masyarakat mengerti dan memahami factor dan cara untuk menjadi msyrkt madani yang beradap
    4. menuju masyarakat madani kebudayaan merupakan pilar yang utama namun kebudayaan lain sering mengubah pandangan dan pola pikir masyarakat dengan tradisi/pedoman yang jauh berbeda dengan kebudayaan tradisional,sehingga masyarakat perlu menyadari dan mengerti serta dapat memilih mana kebudayaan yang baik dan mana kebudayaan yang menyimpang .dalam proses menjadi MM pendidikan adalah hal yang utama
    5.sebenarnya Indonesia memiliki modal untuk menjadi masyarakat madani yang beradap namun sayang masih banyak masyarakat belum memahami dan mengerti cara untuk menciptakan MM tersebut,
    6.tidak ,karna untuk membentuk suatu MM di perlukan kesadaran,toleransi karna MM merupakan masyarakat yang beradap,bukan masyarakat pemaksa
    7.memberikan suatu saran atau ketidaksetujuan mengenai kebijakan yang di putuskan pemerintah tanpa di musyawarahkan terlebih dahulu,agar tidak ada yang merasa di rugikan ataupun merasa tidak adil terhadap kebijakan tersebut
    8.tidak,karna suatu negara memiliki aturan begitu juga dengan pers,pers harus mentaati peraturan atau kode etik jurnalistik
    9.yang utama mencari jalan keluar untuk mengatasi krisis ekonomi,agar kesejahteraan dapat terwujud sehingga dalam pembentukan masyarakat madani dapat berjalan baik
    Masyarakat akan lebih mengerti dan terbuka untuk pencapaian menjadi MM bila kesejahteraan ekonomi lebih dulu terpenuhi.

    WASSALAMUALLAIKUM WR WB

    BalasHapus
  171. NAMA :SITI HENDRAWATI
    NIM :26.10.5.3.095
    KELAS:PBS A

    ASSALAMU'ALAIKUM...
    Menurut pemikiran saya sbb:

    1. Karena MM merupakan faktor terbentuknya tata kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara yang demokrasi,tanpa MM maka Demokrasi tidak berjalan dengan baik.
    2. Adanya wilayah publik yang bebas,Demokrasi,Toleransi,pluralisme,dan keadilan sosial.
    3. Ormas dapat turut berpartisipasi dalam menampung pendapat dan keinginan masyarakat dan kemudian dapat disampaikan/ disalurkan kepada pemerintah sehingga terbentuk masyarakat yang demokrasi(bebas berpendapat)
    4. Suatu bangsa menghargai budaya dari semua elemen yang ada,dan masyarakat saling toleransi terhadap kebudayaan yang lain sehingga tercipta masyarakat yang madani.
    5. Indonesia sangat mempunyai modal untuk membangun MM karena Indonesia dikenal dengan keramah-tamahannya dan masyarakat Indonesia juga toleransi terhadap perbedaan -perbedaan kebudayaan yang ada tapi terkadang masyarakat Indonesia masih mudah diadu domba oleh yang lain.
    6. Pemaksaan bukan karakteristik MM karena MM terwujud bukan karena paksaan melainkan karena kemauan bersama.
    7. Saya akan memperjuangkan kelompok saya jika memang kelompok saya tidak merugikan yang lain dengan memprotes kebijakan pemerintah tersebut,dan itu akan saya wujudkan dengan berbagai cara mungkin salah satunya dengan demonstrasi secara elegan ataupun aksi damai.
    8. Pers bebas disini bukan bebas sebebas- bebasnya tapi harus juga memperhatikan aturan,kewajiban dan norma-norma terhadap masyarakat apalagi di Indonesia juga ada UU yang mengaturnya.
    9. Mendahulukan membangun masyarakat madani karena kesejahteraan ekonomi tidak akan terwujud apabila masyarakat belum madani, dan Masyarakat madani akan mempermudah terciptanya kesejahteraan ekonomi.

    Trimakasih...
    WASSALAMU'ALAIKUM...

    BalasHapus
  172. NAMA:GALUH JOKO S
    NIM:26.10.5.3.037
    KELAS:KPS A

    ASALAMUALLAIKUM WR WB

    1.Masyarakat madani merupakan system social yang berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat
    2.a.masyarakat yang demokratis,
    b.novasi pendidikan,
    c.demokrasi pendidikan dan masyarakat yang beradap
    3.memberikan suatu informasi ,pembelajaran kepada anggota dan masyarakat dalam rangka menciptakan masyarakat madani
    4.Membudayakan bertindak demokrasi tetapi tidak menyimpang dari aturan yang telah di tentukan
    5.sebenarnya Indonesia memiliki modal untuk menjadi masyarakat madani tetapi masyarakat belum menyadarinya
    6.tidak ,karna tidak sesuai dengan HAM,dan di dalam MM tidak ada pemaksaan
    7. Mengkaji ulang keputusan pemerintah dan mencari jalan tengah yang terbaik dengan cara musyawarah mufakat
    8.tidak,karna suatu negara memiliki aturan begitu juga dengan pers,pers harus mentaati UUD yang telah ada
    9.yang utama mencari jalan keluar untuk mengatasi krisis ekonomi,agar kesejahteraan dapat terwujud sehingga dalam pembentukan masyarakat madani dapat berjalan baik

    WASSALAMUALLAIKUM WR WB

    BalasHapus
  173. Nama :Novi eryani
    NIM :26.10.3.1.141
    Kelas : TAR/PAI/1D

    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut saya,masyarakat madani merupakan masyarakat yang mengutamakan prinsip keseimbangan kepentingan bersama.
    Masyarakat madani merupakan suatu kelompok masyarakat demokrasi,sehingga mereka lebih banyak melakukan protes dari pada mengajukan solusi dan lebih banyak tuntutan dari pada sumbangan pemecahan masalah.Sekian
    wassalam mu'alaikum wr. wb

    BalasHapus
  174. NAMA:VIKE VIDI H
    NIM:26.10.5.3.100
    KLS:KPS A

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
    JWABAN MENURUT SAYA....

    1).Karena merupakan sistem dimana semua aspek-aspek yang telah di jabarkan dalam masyarakat madani akan menjamin keseimbangan antara kebebesan individu dengan kestabilan pemikiran,seni,yang dilaksanakan berdasarkan uu.
    2).faktor biasa digunakan seperti:
    a.adanya wilayah yang bebas
    b.adanya demokrasi
    c.adanya toleransi
    d.adanya pluralisme
    e.adanya keadilan sosial
    3).Partisipasi dari masyarakat luar dan anggota legislatif yang pada dasarnya akan membawa visi misi kedepan sangat berkaitan dengan subtitusi gagasan &praktisi hidup saat ini.
    4).Perlu,Karena itu akan menjadikan dampak positif yang baik untuk kita,dimana kita dapat mengenal dan mengetahui,mempelajari budaya yang ada di luar daerah tersebut(tp bkan budaya barat,krn HARAM hukumnya,jd gk usah aj)
    5).PUNYA,Hnya Saja INDONESIA belum pintar dalam menggerakkan modal tsb dlm membangun
    masyarakat madani.ecx:dibuktikan masih ada suatu kebijakan sosial yang disalah gunakan oleh kalangan atasan terUTAMA &sebagian kecil masyarakat tttu.
    6)TIDAK.itu tidaklah etis & logis,karena masyarakat madani telah mempunyai prinsip moral yang akan menjamin keseimbangan &kebebasan individu dalam berkehendak.
    7)Isyaallah jk terjadi sprti itu,saya akan adakan suatu demo(demo damai)bersama mahasiswa lainnya yang mmiliki potensi yg tinggi untuk berpatisipasi dalam meluruskan perkara tersbut.agar masalah tersebut tdk melebr kemana2&merugikan masya kecil khususnya
    8)tidak,karena suatu pers bebas mpyai UU yang telah disepakati bersama untuk mengatur kebijakan2 yang ada.
    9).SYA PILIH "KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT"alasanya karena sma itu akan dapat mengurangi krisis ekonomi yang ada sekarang ini.

    BalasHapus
  175. Nama:NUR RIFA'I
    Nim :26.10.5.3.072
    Kelas:KPS A

    ASSALAMUALAIKUM WR,WB,

    MENURUT SAYA,,,

    1.Karena MM sebagai peran yang utama dalam pembangunan negara yang demokratis
    2.1.wilayah publik yang bebas
    2.demokrasi
    3.toleransi
    4.kemajemukan
    5.keadilan sosial
    3.Peran LSM yaitu memberikan pengarahan & penjelasan kepada masyarakat tentang MM tersebut,juga membantu masyarakat sesuai bidang LSM sendiri.
    4.Yang perlu dilakukan adl Menfasilitasi kebudayaan tersebut juga mengarahkan kebudayaan kearah MM
    5.Mempunyai!!secara bisa dilihat banyak orang pintar di INDONESIA tetapi masih banyak pula yang tak bermoral,kalau moralnya sudah baik niscaya MM akan terwujud.
    6.Sangat bukan,karena karakteristik MM adalah toleransi bukan pemaksaan.
    7.Saya akan menyuarakan kelompok saya dengan aksi kepada pemerintah,agar kebijakan pemerintah itu dirubah dan tidak merugikan kelompok saya.
    8.YNG namanya era bebas,pers juga boleh bebas ,tetapi seharusnya juga harus memperhatikan norma2 yang ada.
    9.Mendahulukan kesejahteraan ekonomi masyarakat,karena apabila ekonomi masyarakat itu sudah baik akan mudah dalam pembangunan MM JUGA negara demokrasi.

    BalasHapus
  176. NAMA:PUPUT DWI IRVIANA
    NIM:26.10.5.3.076
    KPS A

    ASALAMUALAIKUM Wr.Wb
    Menurut saya
    1.karena disebuah negara diprlukan masyarkat yg beradab agar negara ini dapat diatur sesuai dengan undang* yang ada tak ada lagi msyrkt yg brbuat anarkis.
    2.disiplin, kejujuran, dan beradab.
    3.menjdi ormas yg dpat mengeluarkanaspirasi yg sfatnya mmbangun untuk kmjuan bngsa, mnjdi ormas yg cinta damai, mnjga krukunan.
    4.mengeluarkan kebijakan yg adil, menguntungkan bnyak pihak dan tdk mrugikan bnyak pihak.
    5.Ya, krn Indonsia mmliki keanekargman suku bngsa dan kyakinan yg hdup rukun dan adanya tenggang rasa di Indonesia.
    6.Tidak, krena dlam MM mmpunyai/trddri dari keanekarman klmpok jadi stiap kbijakan hrus adil dan tdk mrugikan slah satu klompok.
    7.mlakukan dmntrasi dngn damai, mngluarkan aspirasai klmpok sya kpda pmrintahnetral dan mnguntungkan.
    8.Tidak, krena dlam ngra ini trdpat UU yg mengatur tentang hal trsbut. sprti UU ttng pers.
    9.penyediaan lapngan krja yg bnyak untuk rakyat indonesia.

    BalasHapus
  177. Jonathan Pratiwi
    26.10.5.3.053
    KPS A

    1. Krna d sbuah nr\eg. diberlakukan msyrkt yg beradab, shgga msyrkt bisa diatur sesuai dng UU yg brlku, bhwsnya neg ini adlah neg. hukum.
    2. Demokrasi, toleransi, pluralisme,keadilan sosial.
    3. Menjdi ormas yg mmpu mnmpung smua aspirasi dan pndpat masyrkat, yg brtujuan mmbngun dan mnjdikan suatu neg yg maju.
    4. Mngeluarkan kbijakan yg adil dan tdk mrugikan bnyak pihak lain.
    5. Ya, krena Indonesia mmliki brgam suku dan bdya, ras, agma yg sling tlong mnolong, hdup rkun dan tenggang rasa di Indonesia.
    6. Tidak, Krena dlm MM bnyak mmpnuai rgam klompok, jdi stiap kbijaka atau kadilan hendak harus adil dan tidak mrugikan satu klmpok.
    7. Krn bnyak pihak dan tdak mrugikan suatu klompok, krena kbijakan yg baik adalah yg mnguntungkan bnyak pihak dng tjuan mmbngun msyrkat dan tdak mrugikan satu klompok krn kita neg. yg bhineka tunggal ika.
    8. Tidak, krn dlam neg. ini trdpat UU yg mngtur tntng hal trsbut sprti UU tntang pers.
    9. Menydiakan bnyak lap krja bagi masyrkat Indo. dan melindungi anak* terlantar, yg di tnggung oleh neg.

    BalasHapus
  178. nama:M.IQBAL.F
    Klas:kps A
    NIM :26.10.5.3.059


    Assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut jawaban saya sbg berikut:
    1.MM merupakan salah satu sistem pemerintah yang ideal dan sbgai tatanan kehidupan bermasyarakat,bernegara.. unntuk mewujudka setabilitas ketahanan nasional.
    2.adanyan wilayab publik yang bebas(free public sphere),demokrasi,toleransi,kemajemukan(pluralism)dan keadilan sosial(social justice)
    3.memberika penyuluhan dan taujih pada masyarakat tentang pentingnya MM di masyarakat kita untuk membangun tatanan masyarakat yang berkeadaban dan sebagai salah satu elemen untuk membangun masyarakat indonesia yang beradab.
    4.stop budaya asing di indonesia ,trasformasi budaya islami ...........
    pepatah nengatakan " APABILA BUDAYA HINDU LENYAP DI TANAH JAWA MAKA TINGGAL SEJARAH BUDAYA KITA .....haa haaa.
    maka sebagai waraga muslim bersiap-siap untuk menyajikan budanya berbau islami di masyarakat kita sendiri (MM)
    5.ADA apabila warga indonesia lenyap paham akan sifat : materialisme,egoisme,dsb.
    6.bukan, karena salah satu faktor MM ialah toleransi dan demokrasi....
    7.klau memang merugikan maslahat warga indonesia umumnya tindak tegas tetapi kalau merugikan pemeritah saja dan banyk manfaat bagi warga indonesia jangan tindak tegas,
    karena untuk mencapai MM perlu adanya pemeritah dan masyarakat yang bersatu padu,satu suara guna menciptakan MM.
    8.bebas,bukan dalam artian sewengang-wenangnya bertindak . akan tetapi misinya bertujuan untuk membantu terwujudnya MM yang ideal mogo kerso.
    9.membangunkan MM dahulu, karena terbentuknya tatanan masyarakat akan mensejehteraka ekonomi masyarakat dan pembangunan negara berdemokrasi akan terwujud karena MM adalah landasan paling dasar (kecil)dari suatu sistem pemerintahaan .

    wassalamu'alaikum wr.wb.
    8.

    BalasHapus
  179. Masna Sarifah
    26.10.3.1.116
    PAI/1D

    Assalamu'alaikum wr.wb


    Menurut Saya
    Masyarakat Madani merupakan sistem sosial berdasarkan prinsip yang menjamin kebebasan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Strategi membangun masyarakat madani dapat dilakukan dengan integrasi nasional dan politik,reformasi politik demokrasi,pendidikan dan penyadaran politik.

    BalasHapus
  180. ninda indari
    26.10.3.1.140
    tarbiyah 1D

    Assalamualaikum wr.wb
    menurt saya masyarakat madani adalah masyarakat yang tidak terikat oleh suatu apapun, tapi msh mnrt undang2..
    masyarakat sosial yang berprinsip pada demokrasi dan masih da stabilanny terhdp hal2 yang lain..
    masyarakat madani jg, mempunyai integrasi yang tinggi,, pemewrintah juga sangat berperan penting dalam hal ini,,,,, antara pemerintah dan masyarakat harus ada komunikasi yang terjalin,,

    BalasHapus
  181. Feri Budi Santoso
    26.10.5.3.035
    Perbankkan Syariah _ B

    Jawaban tentang masyarakat madani.........


    assalamualaikum....

    1.karana suatu negara yang demokrasi harus terdukung oleh masarakat madani [masyarakat yang cerdas],karna dg masyarakat madani semua tata kelola negara akan baik,karna masyarakatnya bisa berjalan beriringan dg pemerintah dan saling memahami antar pemerintah dan masyarakat.

    2.ada beberapa faktor yang bisa membangun masyarakat madani.yaitu:
    - Adanya wilayah publik
    - Demokrasi
    - Toleransi
    - Pluralisme
    - Keadilan sosial

    3.Gerakan Sosial untuk Memperkuat Masyarakat Madani
    Gerakan sosial oleh diani yaitu sebentuk aksi kolektif dengan orientasi konfliktual yang jelas terhadap lawan sosial dan politik tertentu.

    4.yang perlu dilakukan bangsa yaitu memberikan sebuah pengetahuan tentang politik dan tata negara dari sejak sedini mungkin agar mereka dapat mengetahui seluk beluk politik dan tata negara.

    5.sudah...!!!karna dindonesia kan masih banyak sekolah sekolah yang di gunakan untuk belajar para pemuda pemudi , ya itulah yang menjadi modal dasar untuk membangun bangsa yang bermasyarakat madani.dan selain itu ada banyak lagi.,seperti lsm ,organisasi ,dll.

    6.bukan ...

    7.saya terima ......asalkan kebijakan tersebut benar dan dan tidak merugikan kepentingan umum.dan dengan kebijakan tersebut kepentingan umum menjadi baik ,saya terima....

    8.tidak.....!!! semua itu harus seimbang dengan hak dan kewajiban dan itulah batasan nya bebas.

    9.menurut saya adalah mendahulukan kesejahteraan masyarakat,...karana masyarakat indonesia tidak semuanya kaya "untuk makan aja susah ko' malah mikiri bagaimana menjadi masyarakat madani"...maka yang sangat harus didahulukan adalah kesejahteraan masyarakat ,apabila masyarakat sudah sejahtera maka secara otomatis masyarakat tersebut mudah untuk diajak membangun masyarakat madani.

    dan yang perlu dibina dalam mewujudkan kesejahtraan masyarakat adalah"PEJABAT/PEMERINTAH"/kususnya yang korupsi ,...coba bayangkan kalau harta yang di korup itu untuk mensejahtrakan masyarakat ,mungkin masyarakat sudah sejahtera dari dulu... kalau tidak bisa di bina maka dengan sangat menyesal terpaksa , harus di binasakan dari muka bumi ini.

    sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  182. Feri Budi Santoso
    26.10.5.3.035
    Perbankkan Syariah _ B

    Jawaban tentang masyarakat madani.........

    assalamualaikum....

    1.karana suatu negara yang demokrasi harus terdukung oleh masarakat madani [masyarakat yang cerdas],karna dg masyarakat madani semua tata kelola negara akan baik,karna masyarakatnya bisa berjalan beriringan dg pemerintah dan saling memahami antar pemerintah dan masyarakat.

    2.ada beberapa faktor yang bisa membangun masyarakat madani.yaitu:
    - Adanya wilayah publik
    - Demokrasi
    - Toleransi
    - Pluralisme
    - Keadilan sosial

    3.Gerakan Sosial untuk Memperkuat Masyarakat Madani
    Gerakan sosial oleh diani yaitu sebentuk aksi kolektif dengan orientasi konfliktual yang jelas terhadap lawan sosial dan politik tertentu.

    4.yang perlu dilakukan bangsa yaitu memberikan sebuah pengetahuan tentang politik dan tata negara dari sejak sedini mungkin agar mereka dapat mengetahui seluk beluk politik dan tata negara.

    5.sudah...!!!karna dindonesia kan masih banyak sekolah sekolah yang di gunakan untuk belajar para pemuda pemudi , ya itulah yang menjadi modal dasar untuk membangun bangsa yang bermasyarakat madani.dan selain itu ada banyak lagi.,seperti lsm ,organisasi ,dll.

    6.bukan ...

    BalasHapus
  183. lanjutan
    feri budi santoso

    7.saya terima ......asalkan kebijakan tersebut benar dan dan tidak merugikan kepentingan umum.dan dengan kebijakan tersebut kepentingan umum menjadi baik ,saya terima....

    8.tidak.....!!! semua itu harus seimbang dengan hak dan kewajiban dan itulah batasan nya bebas.

    9.menurut saya adalah mendahulukan kesejahteraan masyarakat,...karana masyarakat indonesia tidak semuanya kaya "untuk makan aja susah ko' malah mikiri bagaimana menjadi masyarakat madani"...maka yang sangat harus didahulukan adalah kesejahteraan masyarakat ,apabila masyarakat sudah sejahtera maka secara otomatis masyarakat tersebut mudah untuk diajak membangun masyarakat madani.

    dan yang perlu dibina dalam mewujudkan kesejahtraan masyarakat adalah"PEJABAT/PEMERINTAH"/kususnya yang korupsi ,...coba bayangkan kalau harta yang di korup itu untuk mensejahtrakan masyarakat ,mungkin masyarakat sudah sejahtera dari dulu... kalau tidak bisa di bina maka dengan sangat menyesal terpaksa , harus di binasakan dari muka bumi ini.

    sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  184. Nama : Mardhiyaturrositaningsih
    Kelas : PBS A
    NIM : 26.10.5.3.063


    Assalamu'alaikum..


    1)Karena Masyarakat Madani itu sendiri merupakan masyarakat yang cerdas dan beradab (sistem sosial yang subur makmur),dimana kestabilan masyarakat terjamin. Hal itu merupakan salah satu hal penting dalam membangun tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis.

    2)Faktor-faktor yang diperlukan dalam membangun Masyarakat Madani antara lain :
    -Adanya wilayah publik yang bebas
    -Demokrasi
    -Toleransi
    -Pluralisme
    -Keadilan sosial

    3)Peran ormas dan LSM dalam membangun Masyarakat Madani di Indonesia :
    a.Mendorong peningkatkan kesadaran partisipasi politik masyarakat
    b.Sebagai wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi dan mengekspresikan pikiran ditengah masyarakat, bangsa dan Negara
    c.Membina swadaya masyarakat

    4)Menurut saya, suatu bangsa dalam melakukan transformasi budaya menuju Masyarakat Madani yakni dengan menempatkan Negara sebagai regulator dan fasilitator bagi pengembangan ekonomi nasional. Jadi, dapat dikatakan bahwa dalam pencapaian masyarakat madani Negara mengurangi perannya sebagai aktor dominan dan lebih menitik beratkan pada keterlibatan masyarakat. Selain itu, perlu juga adanya upaya pendidikan dan penyadaran politik.

    5)Menurut saya, Indonesia mempunyai modal sosial untuk membangun Masyarakat Madani terlihat dari banyaknya organisasi-organisasi sosial yang bermunculan di kalangan masyarakat.

    6)Menurut saya, Pemaksaan kehendak oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain bukan merupakan karakteristik Masyarakat Madani. Karena salah satu karakteristik Masyarakat Madani adalah toleransi. Dimana, toleransi adalah sikap saling menghargai dan menghormati atas perbedaan pendapat.

    7)Apabila kebijakan pemerintah merugikan kelompok saya maka, saya akan mencari tau lebih jauh seberapa bijakkah kebijakan yang telah dibuat pemerintah tersebut dan apabila memungkinkan maka saya akan berupaya agar kelompok saya tidak dirugikan atas kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah tersebut. Sebagai contoh misalnya dengan mengeluarkan aspirasi kita ke pemerintah membantu mencari alternatif lain sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi kelompok saya.

    8)Tidak, Dalam bekerja pers dibatasi oleh yang namanya kode etik jurnalistik yang berisi kaidah penuntun yang memberi arah yang jelas kepada wartawan tentang apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan dalam kerja jurnalistik. Dalam Undang- Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers memberikan batasan/definisi yang luas dan berpandangan jauh ke depan mengenai pers : “Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari,memperoleh,memiliki,menyimpan,mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan,gambar,suara ,serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak,media elektronik ,dan segala jenis saluran yang tersedia”(pasal 1 butir 1)

    9)Menurut saya, seharusnya lebih mendahulukan pembangunan Masyarakat madani. Karena, dengan pembangunan masyarakat madani dapatpula membantu dalam memecahkan masalah baik dari segi ekonomi maupun dari segi yang lain sehingga diikuti dengan tercapainya kesejahteraan ekonomi masyarakat.


    Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  185. Nama :Ngatmini
    Nim :26.10.1.3.136
    Kelas :1D/PAI
    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    menurut saya,masyarakat madani adalah sebuah masyarakat demokratis dimana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya; dimana pemerintahannya memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi kreatifitas warga negara untuk mewujudkan program-program pembangunan di wilayahnya. Namun demikian, masyarakat madani bukanlah masyarakat yang sekali jadi, yang hampa udara, taken for granted. Masyarakat madani adalah onsep yang cair yang dibentuk dari poses sejarah yang panjang dan perjuangan yang terus menerus.
    sekian trimaasih,,
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  186. NAMA : DIYAH MULYANI
    KELAS : PBS A
    NIM : 26.10.5.3.028

    Assalamu'alaikum wr.wb

    1)Karena masyarakat madani dapat membangun masyarakat yang adil, terbuka dan demokratif dengan landasan takwa kepada alloh dalam arti semangat ketuhanan YME.

    2)Faktor yang diperlukan bangsa untuk membangun masyarakat madani adalah adanya wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, pluralisme, dan keadilan sosial.

    3)Peran ormas dan LSM dalam membangun masyarakat madani antara lain sebagai organisasi yang memiliki kekuatan tanpa adanya campur tangan pihak lain, baik dari segi pendanaan maupun teknis operasional, untuk wadah aspirasi masyarakat sehingga dapat mendorong kesadaran politik masyarakat.

    4)Yang perlu dilakukan dalam melakukan transformasi budaya adalah lebih menekankan proses pendidikan dan penyadaran politik warga, melalui proses ini akan lahir kelas menengah yang secara ekonomi dan politik mandiri. Kemandirian inilah yang akan melahirkan kelompok masyarakat madani yang mampu melakukan kontrol terhadap hegemoni negara.

    5)Menurut saya Indonesia saat ini masih terdapat kesenjangan antara kaum mayoritas dan minoritas, banyak perbedaan pendapat sehingga timbul berbagai konflik. Hal ini mengakibatkan keharmonisan, kerukunan dan kedamaian menuju masyarakat madani tidak dapat terwujud.

    6)Menurut pendapat saya pemaksaan kehendak bukan merupakan karakteristik masyarakat madani karena salah satu ciri masyarakat madani adalah free publik sphere(ruang publik yang bebas) yaitu masyarakat memiliki akses penuh terhadap setiap kegiatan publik, berhak melakukan kegiatan secara merdeka bdalam menyampaikan pendapat, berserikat, berkumpul, serta mempublikasikan informasi.

    7)Yang saya lakukan adalah bagaimana cara kita untuk meminimalisir suatu kebijakan yang merugikan yaitu mencari solusi jalan terbaik dengan cara pendekatan hukum. Dalam perspektif hukum upaya yang dibenarkan dalam memperjuangkan hak dan kepentingan adalah dengan cara-cara yang sesuai dengan aturan main dan korider hukum.

    8)Tidak, pers dibatasi oleh kode etik jurnalistik, kaidah penuntun yang memberi arah yang jelas kepada wartawan apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan dalam kerja jurnalistik. UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers memberikan batasan/definisi yang luas dan berpandangan jauh ke depan mengenai pers. Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.(pasal 1 butir 1).

    9)Yang menjadi prioritas adalah mendahulukan masyarakat madani karena agar tatanan kepemerintahan berada dalam posisi seimbang, salaras, kohesif dimana peran rakyat amat menentukan, kedudukan komponen moral dalam konstelasi hubungan antara tiga komponen dalam kerangka masyarakat madani adalah berada ditengah-tengah yang bisa menghubungkan ketiga komponen tersebut.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  187. Nama : Yanni Utami
    Prodi : KPS A
    NIM : 26.10.5.3.102

    Assalamualaikum wr,wb

    Jawaban saya adalah......

    1. Karena didalam tatanan keperintahan yg demokratis,komponen rakyat yang disebut masyarakat madani harus memperoleh peran utama,krn bahwa dalam sistem yg demokratis itu kekuasaan tidak lagi hanya berada di penguasa,melainkan berada ditangan rakyat,dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.
    2. integrasi nasional dan politik,reformasi sistem politik demokrasi,pendidikan dan penyadaran politik.
    3. Ormas dan LSM berperan serta dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan nasional dalam wadah negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila
    4. Melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia dangan menciptakan kedamaian,keamanan dan kesejahteraan masyarakat.
    5. Indonesia mempunyai modal sosial untuk membangun MM karena Indonesia mempunyai Sumber Daya Manusia yg baik dan profesional sehingga memiliki jiwa sosial yg dapat membangun MM
    6. Pemaksaan kehendak oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain bukan merupakan karakteristik MM,karena Karakteristik MM adalah berdasarkan pada prinsip moral yg menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dgn kestabilan masyarakat dan pelaksanaan pemerintah yg berdasarkan UU dan bukan nafsu atau keinginan Individu.
    7. Jika ada kebijakan pemerintah yg merugikan kelompok Ormas saya.maka saya akan mengajak pemerintah untuk bermusyawarah dan bertukar pendapat agar tercipta suatu keputusan yg tidak merugikan kedua belah pihak.
    8. Tidak,karena pers bebas juga mempunyai peraturan yg tidak tertulis tetapi harus ditaati sehingga tidak menimbulkan perselisihan dalam misi bisnisnya.
    9. Menurut saya,mendahulukan pembangunan MM itu lebih utama karena apabila sebuah negara masyarakatnya sudah madani akan tercipta kesrjahteraan ekonomi masyarakat karena masyarakat yg madani dapat dan mampu mengatur dan mengelola perekonomian dgn baik.

    BalasHapus
  188. Nama : Ghulam Fadhlillah Darma Putra
    NIM : 26.10.5.3.038
    Prodi : PBS A

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Jawaban

    1) Karena masyarakat madani merupakan salah satu pondasi yg kokoh dalam perwujudan demokrasi sehingga dapat membangun tata kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
    2) Integrasi nasionaldan politik,reformasi sistem politik demokrasi,pendidikan dan penyadaran politik
    3) Peran ormas dan LSM dalam membangun Masyarakat Madani di Indonesia :
    a.Mendorong peningkatkan kesadaran partisipasi politik masyarakat
    b.Sebagai wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi dan mengekspresikan pikiran ditengah masyarakat, bangsa dan Negara
    c.Membina swadaya masyarakat
    4) Menurut saya bangsa perlu melakukan kebijakan-kebijakan yg bisa melakukan transformasi budaya menuju MM..Misalnya dengan menciptakan kedamaian,keamanan, dan kesejahteraan masyarakat karena dgn hal tersebut bisa mempermudah dalam menuju MM.
    5) Menurut saya Indonesia memiliki modal social utk membangun MM karena Indonesia mempunyai SDM yg baik serta banyak,selain itu banyak masyarakat Indonesia yg dapat menjadi masyarakat madani.
    6) Menurut saya itu bukan merupakan karakteristik MM.Kita tidak boleh memaksakan kehendak sewenang-wenang untuk kepentingan pribadi karena kelompok lain juga memiliki hak yg sama dalam penyampaian kehendak dan aspirasi.
    7) Saya akan coba berdiskusi dgn pemerintah utk mencari jalan keluar dari masalah tersebut sehingga tidak ada yg dirugikan dr kedua belah pihak.
    8) Belum tentu, karena pers harus menaati kode etik yg berlaku agar tidak terjadi perselisihan yg merugikan salah satu pihak.
    9) Menurut saya mendahulukan pembangunan MM karena dgn membangun MM dapat tercipta kesejahteraan ekonomi masyarakat disamping segi positif yg lain.

    BalasHapus
  189. Nama :Mila Khoiri
    NIM :26.10.3.1.119
    kelas:PAI/1D

    Assalamu'alaikum,,,

    Menurut saya, lahirnya masyarakat madani merupakan buah dari penyemaian demokrasi dan HAM. Untuk membangun masyarakat madani madani dibutuhkan pengetahuan seputar masyarakat madani. Masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Inisiatif dari individu dan masyarakat akan berupa pemikiran seni pelaksanaan pemerintah yang berdasarkan undang-undang dan bukan nafsu atau keinginan individu.
    Selain itu ada beberapa unsur pokok yang harus dimiliki oleh masyarakat madani adalah wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan dan keadilan sosial.

    Wassalamu'alaikum,,,

    BalasHapus
  190. Nama :Putri arum widyasari
    Kelas :JEBI-KPS”A”
    NIS :26.10.5.3.077

    1.Karena dasar utama masyarakat madani adalah persatuan dan integritas social yang didasarkan pada suatu pedoman hidup .oleh karena itu masyarakat madani merupakan system social yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimmbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat .selain itu masyarakat madani lebih dari sekedar gerakan pro-demokrasi karena ia juga mengacu pada pembentukan masyarakat berkualitas dan bertamadum(cavity)

    2a. adanya wilayah public bebas(free public sphere)
    b.demokrasi
    c.toleransi
    d.pluralisme(kemajemukan)
    e.keadilan social(social justice)

    3.peran ORMAS:berperan serta dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan nasional dalam wadah negara kesatuan RI yang berdasarkan pancasila.Orientasi ormas mencangkup hamper seluruh bidang pembangunan
    Peran LSM:Sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang menitik beratkan pada pengabdian secara swadaya.orientasi LSM lebih khusus meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan social.
    Baik ORMAS maupun LSM adalah wadah warga,rakyat ,masyarakat,untuk berekspresi dan mengekspresikan pikiran ditengah masyarakat.bangsa,dan Negara.

    4.a.memperluas golongan menengah melalui pemberian kesempatan bagi kelas menengah untuk berkembangmenjadi kelompok masyarakat madani yang mandiri secara politik dan ekonomi.
    b.mereformasi system politik demokrasi melalui pemberdayaan lembaga” demokrasi yang ada berjalan sesuai prinsip” demokrasi
    c.penyelenggaraan pendidikan politik (pendidikan demokrasi) bagi warga secara keseluruhan .

    5.YAAA!!indonesia memiliki modal social untuk membangun MM ,karena Indonesia memiliki tradisi kuat civil society(masyarakat madani).bahkan jauh sebelum Negara bangsa berdiri,

    6.TIDAK,karena dalam MM terdapat unsur pokok yaitu :adanya wilayah public yang bebas adalah adanya ruang public yang bebas sebagai sarana untuk mengemukakan pendapat warga masyarakat.selain itu adanya toleransi adalah :sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat.dan pluralism adalah sikap tulus untuk menerima kenyataan perbedaan sebagai sesuatu yang alamiah.dan semua itu bertentangan dengan sikap pemaksaan kehendak dari kelompok lain kepada kelompok lain.

    7.Berusaha untuk bernego dengan pemerintah karena berdasarkan unsur pokokjuga telah disebutkan untuk saling menghargai perbedaan pendapat.

    8.TIDAK! Karena dalam pers sudah ada UUNYA sendiri yang mengatur hal” apa saja yang berkaitan dengan pers ,jadi pers tidak bisa melakukan sesuatu se enaknya.

    9.MENDAHULUKAN membangun masyarakat madani,karena apabila suatu Negara sudah dapat membangun masyarakat madani dengan baik,otomatis akan memberikan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakt.

    BalasHapus
  191. Nama : Muchtar Adhy Pamungkas
    Kelas : 1D/TAR/PAI
    NIM : 26.10.3.1.122



    Assalamu'alaikum...

    menurut saya,,,
    masyarakat madani itu dambaan setiap masyarakat. karena MM itu adalah masyarakat yg memilik karakteristik :
    1. free public sphere
    2. demokrasi
    3. toleransi
    4. pluralism
    5. keadilan sosial
    dr karakteristik itulah yang menjadikan MM bagus.
    MM bertujuan menyeimbangkan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat.
    jadi, masyarakat yang baik yaitu mampu membuat seimbang antara kestabilan dan kebebasan. kalau stabil tp tidak bebas, tidak bagus. begitu juga kalau bebas tapi kurang stabil, juga tidak bagus.

    demikian yang dapat saya komentarkan...

    maturnuwun

    wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  192. NAMA : DYAH TAUFIQ BAIDURI
    NIM : 26.10.5.3.031
    PRODI : PBS A

    1. MM di perlukan dalam membangun tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis karena MM merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat.sehingga akan terwujud masyarakat yang subur, makmur, saling memahami, menghargai dan berintegrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup, dan menghindari perpecahan/ kesenjangan sosial.
    2. Faktor-faktor yang diperlukan dalam membangun Masyarakat Madani antara lain :
    -Adanya wilayah publik yang bebas
    -Demokrasi
    -Toleransi
    -Pluralisme
    -Keadilan sosial
    3. Peran ormas dan LSM dalam membangun Masyarakat Madani di Indonesia :
    a.Mendorong peningkatkan kesadaran partisipasi politik masyarakat
    b.Sebagai wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi dan mengekspresikan pikiran ditengah masyarakat, bangsa dan Negara
    c.Membina swadaya masyarakat
    4. yang perlu dilakukan suatu bangsa dalam melakukan transformasi budaya menuju MM
    adalah,
    - memperluas golongan menengah melalui pemberian kesempatan bagi kelas menengah untuk berkembang menjadi kelompok MM yang mandiri secara politik dan ekonomi.
    - mereformasi sistem politik yang demokrasi melalui pemberdayaan lembaga- lembaga demokrasi
    - penyelenggaraan pendidikan politik bagi warga negara secara keseluruan
    5. menurut saya indonesia mampu untuk membangun MM .karena indonesia sendiri memiliki tradisi kuat civil society, bahkan jauh sebelum negara bangsa berdiri. Masyarakat sipil telah berkembang pesat yang diwakili oleh kiprah beragam organisasi sosial keagamaan dan pergerakan nasional dalam perjuangan merebut kemerdekaan
    6. pemaksaan kehendak oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain adalah bukan termasuk dalam karakteristik MM . karena MM mempunyai prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat, semua itu berdasarkan UU dan bukan keinginan/ nafsu individu/ kelompok.dan pemaksaan pemaksaan tersebut juga sudah melanggar HAM.
    7. jika saya sebagai salah satu penggerak ormas, maka yang akan saya lakukan dalam melakukan kebijakan pemerintah yang merugikan kelompok saya.saya akan mencari penyebabnya dahulu dan memusyawarahkan mencari jalan keluarnya

    BalasHapus
  193. NAMA : DYAH TAUFIQ BAIDURI
    NIM : 26.10.5.3.031
    PRODI : PBS A

    1. MM di perlukan dalam membangun tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis karena MM merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat.sehingga akan terwujud masyarakat yang subur, makmur, saling memahami, menghargai dan berintegrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup, dan menghindari perpecahan/ kesenjangan sosial.
    2. Faktor-faktor yang diperlukan dalam membangun Masyarakat Madani antara lain :
    -Adanya wilayah publik yang bebas
    -Demokrasi
    -Toleransi
    -Pluralisme
    -Keadilan sosial
    3. Peran ormas dan LSM dalam membangun Masyarakat Madani di Indonesia :
    a.Mendorong peningkatkan kesadaran partisipasi politik masyarakat
    b.Sebagai wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi dan mengekspresikan pikiran ditengah masyarakat, bangsa dan Negara
    c.Membina swadaya masyarakat
    4. yang perlu dilakukan suatu bangsa dalam melakukan transformasi budaya menuju MM
    adalah,
    - memperluas golongan menengah melalui pemberian kesempatan bagi kelas menengah untuk berkembang menjadi kelompok MM yang mandiri secara politik dan ekonomi.
    - mereformasi sistem politik yang demokrasi melalui pemberdayaan lembaga- lembaga demokrasi
    - penyelenggaraan pendidikan politik bagi warga negara secara keseluruan
    5. menurut saya indonesia mampu untuk membangun MM .karena indonesia sendiri memiliki tradisi kuat civil society, bahkan jauh sebelum negara bangsa berdiri. Masyarakat sipil telah berkembang pesat yang diwakili oleh kiprah beragam organisasi sosial keagamaan dan pergerakan nasional dalam perjuangan merebut kemerdekaan
    6. pemaksaan kehendak oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain adalah bukan termasuk dalam karakteristik MM . karena MM mempunyai prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat, semua itu berdasarkan UU dan bukan keinginan/ nafsu individu/ kelompok.dan pemaksaan pemaksaan tersebut juga sudah melanggar HAM.
    7. jika saya sebagai salah satu penggerak ormas, maka yang akan saya lakukan dalam melakukan kebijakan pemerintah yang merugikan kelompok saya.saya akan mencari penyebabnya dahulu dan memusyawarahkan mencari jalan keluarnya
    8. pers bebas melakukan apa saja sesuai dengan idealisma dan misi bisnisnya selama itu sesuai dengan peraturan dan tidak merugikan pihak lain.
    9. menurut saya suatu negara tersebut harus mendahulukan kesejahteraan masyarakatnya dahulu,supaya masyarakat tersebut bisa terpenuhi kebutuhan pokoknya dahulu,kalau sudah terpenuhi maka dengan sendirinya negara tersebut akan membentuk MM Ssesuai yang di harapkan.sehingga keduanya tersebut bisa selaras dan seimbang.

    BalasHapus
  194. Nama : An Marissa Akhadiah
    NIM : 26.10.5.3.005
    JEBI/PBS A
    1)Mengapa MM diperlukan dalam membangun tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara yang demokratis?
     Karena dengan MM hidup dapat lebih mudahuntuk membangun tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara yang demokratis.
    2) Faktor2 apa saja yg diperlukan sebuah bangsa dlm membangun masy madani?
     Factor yang diperlukan adalah mempunyai Tujuan , Karakteristik ,Strategi , Gerakan social dan Fokus pada Gerakan Sosial, Ranah Gerakan Sosial, Tipologi gerakan social, wadah sosial-politik.

    3) Peran apa saja yg bisa dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan (ormas) & LSM dlm membangun MM di Indonesia?

     Memberi penyuluhan tentang pentingnya MM dan mengarahkan untuk bersama-sama membentuk dan menegakkan MM.

    4) Menurut saudara apa yg perlu dilakukan suatu bangsa dlm melakukan transformasi budaya menuju MM?

     Pemberdyaan kaum muda untuk menyadari pentingnya MM.

    5) Menurut saudara apakah Indonesia mempunyai modal sosial utk membangun MM?

     Belum, karena masyarakat Indonesia masih belum sadar akan arti MM yang sesungguhnya.

    6) Menurut saudara apakah pemaksaan kehendak oleh suatu kelompok thd kelompok lain merupakan karakteristik MM?

     Tidak, Karen MM bukan paksaan.

    7) Jika saudara sebagai penggerak salah satu ormas, apa yg akan saudara lakukan jika ada kebijakan pemerintah yg merugikan kelompok saudara?

     Acuhkan saja, karena pemerintah hanya bisa ngomong belaka.

    8) Dlm era pers yg bebas, apakah pers bebas melakukan apa saja sesuai dg idealisme & misi bisnisnya?

     Tidak, karena kita hidup berdampingan dan harus saling memberi pengertian/menghargai satu sama lain.

    9) Dlm konteks Indonesia yg sedang mengalami krisis ekonomi pd satu sisi & sdg membangun negara demokrasi di sisi lain, apa yg menjadi prioritas, mendahulukan pemangunan masyarakat madani atau kesejahteraan ekonomi masyarakat?

     Membangun MM dahulu, karena dari MM jika diterpakan sesuai teori maka kesejahteraan rakyat akan terwujud dengan sendirinya.

    BalasHapus
  195. NAMA : SANTI SUSILOWATI
    KELAS: PBS A
    NIM : 26.10.5.3.091

    1.MM sangat diperlukan dalam membangun tata kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara yang demokratis karena dengan masyrakat madani dapat menciptakan keseimbangan antara kebebasan individu dan kestabilan masyarakat yang saling berinteraksi menciptakan tata kepemerintahan yangbaik.

    2.Faktor-faktor untuk membangun masyarakat madani :
    * adanya wilayah publik yang bebas
    * demokrasi
    * toleransi
    * kemajemukan (pluralisme)
    * keadilan sosial

    3.Ormas berperan serta dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan nasional dalam wadah negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila, sedangkan LSM bergerak dibidang kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh organisasi atau lembaga sebagaiperwujudan partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

    4. penyelenggaraan pendidikan tentang budaya kepada semua warga dan memperkenalkan budaya yang dimiliki bangsa kepada bangsa lain.

    5.Indonesia mempunyai modal sosial untuk menuju MM yaitu dengan gerakan sosial sebagai aksi kolektif dengan orientasi konfliktual yang jelas terhadap lawan sosial dan politik tertentu,dilakukan dalam konteks jejaring lintas kelembagaan yang erat oleh aktor-aktor yang diikat rasa solidaritas dan identitas kolektif yang kuat melebihi bentuk-bentuk ikatan dalam koalisi dan kampanye bersama . Dengan gerakan sosial juga mampu merubah sebagian perilaku.

    6. Tidak , karena dalam MM itu memberikan kebebasan kepada setiap masyarakat untuk berkehendak sesuai dengan apa yang dicita citakan asal tidak melanggar hak asasi manusia.

    7.Jika saya sebagai salh satu penggerak salah satu ormas,ada kebijakan pemerintah yang merugikan maka saya akan berusaha meluruskan atau mengubah kebijakan pemerintah tersebut dengan mencari penyebabnya kemudian memusyawarahkan dengan pihak-pihak yang berkait sehingga akan tercipta kebijakan pemerintah yang baru yang tidak merugikan tetapi saling menguntungkan.

    8.Pers tidak boleh berlaku bebas sesuai dengan idealisme dan misi bisnis mereka demi meraup keuntungan sendiri ,, tetapi pers harus sesuai dengan UU pers yang telah berlaku.

    9. Mendahulukan kesejahteraan ekonomi masyarakat karena apabila ekonomi masyarakat dalam posisi yang baik kebutuhan ekonomi terpenuhi, maka proses pembangunan MM pun juga akan berjalan lancar.

    BalasHapus
  196. Septiani prasetyorini
    26.10.5.3.093
    KPSB

    jawaban
    1. karena salah satu faktor penunjang terciptanya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yg demokratis, Masyarakat madanilah yg tahu dan mau untuk untuk berpikir demokratis dan masyarakat madanilah merupakan unsur masyarakat yg terbaik utk mendukung penataan negara demokratis. masyarakat madani mempunyai karakteristik tertib,damai,dan sejahtera menjadi modal pokok untuk menjadi negara yg demokratis.

    2. Faktor yang diperlukan bangsa untuk membangun masyarakat madani adalah adanya wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, pluralisme, dan keadilan sosial.

    3.
    - memberikan pengarahan, penyuluhan, dan komunikasi langsung kpd masyarakat akan pentingnya mjd masyarakat yg baik demi kesejahteraan bersama
    - membantu pemerintah dlm menjaga kestabilan bermasyarakat
    - membantu masyarakat dalam penyampaian aspirasi kpd pmerintah utk mengurangi resiko demonstransi

    4. kita membenahi diri sendiri & keluarga. ormas dan pemerintah memperkenalkan kpd masyarakat apakah itu MM. pemerintah memfasilitasi masyarakat utk mencapai ksejahteraan bersama.

    5. Indonesia sudah cukup memiliki modal sosial, tetapi semua itu tergantung bagaimana unsur negara ini mengaplikasikannya untk mencapai MM.

    6. Bukan. pemaksaan kehendak bukan merupakan ciri MM. krn MM adl masyarakat yang mau mendengarkan aspirasi orang lain dan mau menerima keputusan atau pendapat orang lain.

    7. krn negara kita adl negara demokratis, maka sebagai masyarakat yg baik saya dan rekan2 ormas akan menyampaikan pendapat kami, dan jika kebijakn pemerintah merugikan kami, maka kami akan mengutarakan rasa keberatan kami sejauh ormas kami positif, tidak menyimpang, mampu membantu masyarakat dan tidak merugikan negara. dan cara kami menyampaikan juga tidak bgn kekerasan dan anarkisme.

    8.Menurut saya tidak, karena meskipun pers terkesan bebas berekspresi, pers juga dibatasi oleh kode etik jurnalis.

    9. Keduanya dapat dilakukan secara berkesinambungan, dgn kita membangun masyarakat madani maka kesejahteraan ekonomi dapat tercapai dgn mudah, begitu juga sebaliknya dgn meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka MM akan tercapai, krn kita tidak pungkirimasalah ekonimi sangat pnting dalam mencapai kesejahteraan masyarakat secara umum

    BalasHapus
  197. Nama :Nuri Wijayanti
    NIM :26.10.5.3.073
    Kelas:PBS/B

    Assalamu'alaikum,,,

    1. Karena sudah jelas dari inisiatif MM berupa pemikiran seni, seni, pelaksanaan pemerintah yang berdasarkan undang-undang dan bukan nafsu atau keinginan individu dan demokrasi pemerintahan dari, oleh rakyat dan untuk rakyat.
    2. Faktor-faktor yang diperlukan sebuah bangsa dalam membangun MM :
    - Wilayah publik yang bebas
    - Demokrasi
    - Toleransi
    - Pluralisme
    - Keadilan sosial
    3. Peran yang perlu dilakukan oleh ORMAS dan LSM dalam membangun MM di Indonesia :
    a. Mendorong peningkatan kesadaran partisipanpolitik masyarakat
    b. Sebagai wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi dan mengekspresikan pikiran ditengah masyarakat, bangsa dan negara
    c. Membina swadaya masyarakat
    4. Yang dilakukan oleh suatu bangsa dalam melakukan transformasi budaya menuju MM adalah meningkatkan integrasi nasional dan politik, reformasi sistem politik demokrasi, pendidikan dan penyadaran politik.
    5. Ya, karena Indonesia memiliki tradisi kuat civil society, bahkan jauh sebelum negara berdiri, masyarakat civil telah berkembang pesat yang diwakili oleh kiprah beragam organisasi sosial.
    6. Tidak. Karena, bertentangan dengan pengertian dan dasar utama dari MM itu sendiri yaitu persatuan dan integrasi sosial. Dan apabila pemaksaan itu terjadi maka konflik dan permusuhan yang menyebabkan perpecahan dalam suatu kelompok tidak dapat terhindarkan lagi.
    7. Yang akan saya lakukan jika ada kebijakan pemerintah yang merugikan kelompok saya, saya akan bersikap saling toleransi atas perbedaan pendapat.
    8. Tidak. Sebab meskipun dalam era pers yang bebas tapi juga harus sesuai dengan peran pers yang sebenarnya. Meskipun pers bebas tapi juga harus bertanggung jawab. Maksudnya, pers bebas untuk menulis apa saja dengan diiringi dengan tanggungjawab untuk mengutamakan kepemtingan umum dan tidak mendeskreditkan seseorang.
    9. Dalam konteks Indonesia yang sedang mengalami krisis ekonomi dan sedang membangun negara demokrasi, maka yang di prioritaskan adalah MM didahulukan setelah itu diiringi dengan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

    Wassalamu'alaikum,,,

    BalasHapus
  198. Nama: Rahmah Nurul Hidayah
    Kelas: PBS-A
    NIM: 26.10.5.3.044

    1. karena untuk menciptakan masy yg sadar lingkungan sangat sulit, maka dari itu diperlukan dari sifat MM itu, karena tujuan MM itu sendiri adalah perwujudan dari demokrasi.
    2.Adanya demokrasi, pluralisme, toleransi, gotong royong dan wilayah public yg bebas.
    3.Peran ormas dan LSM dalam membangun Masyarakat Madani di Indonesia :
    a.Mendorong peningkatkan kesadaran partisipasi politik masyarakat
    b.Sebagai wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi dan mengekspresikan pikiran ditengah masyarakat, bangsa dan Negara
    c.Membina swadaya masyarakat
    4. yang perlu dilakukan suatu bangsa dalam melakukan transformasi budaya menuju MM
    adalah,
    - memperluas golongan menengah melalui pemberian kesempatan bagi kelas menengah untuk berkembang menjadi kelompok MM yang mandiri secara politik dan ekonomi.
    - mereformasi sistem politik yang demokrasi melalui pemberdayaan lembaga- lembaga demokrasi
    - penyelenggaraan pendidikan politik bagi warga negara secara keseluruan

    5.sudah...!!!karna dindonesia kan masih banyak sekolah sekolah yang di gunakan untuk belajar para pemuda pemudi , ya itulah yang menjadi modal dasar untuk membangun bangsa yang bermasyarakat madani.dan selain itu ada banyak lagi.,seperti lsm ,organisasi ,dll.
    6. pemaksaan kehendak oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain adalah bukan termasuk dalam karakteristik MM . karena MM mempunyai prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat, semua itu berdasarkan UU dan bukan keinginan/ nafsu individu/ kelompok.dan pemaksaan pemaksaan tersebut juga sudah melanggar HAM.
    7.Yang saya lakukan adalah bagaimana cara kita untuk meminimalisir suatu kebijakan yang merugikan yaitu mencari solusi jalan terbaik dengan cara pendekatan hukum. Dalam perspektif hukum upaya yang dibenarkan dalam memperjuangkan hak dan kepentingan adalah dengan cara-cara yang sesuai dengan aturan main dan korider hukum.
    8. Pers bebas disini bukan bebas sebebas- bebasnya tapi harus juga memperhatikan aturan,kewajiban dan norma-norma terhadap masyarakat apalagi di Indonesia juga ada UU yang mengaturnya.
    9.Menurut saya, seharusnya lebih mendahulukan pembangunan Masyarakat madani. Karena, dengan pembangunan masyarakat madani dapatpula membantu dalam memecahkan masalah baik dari segi ekonomi maupun dari segi yang lain sehingga diikuti dengan tercapainya kesejahteraan ekonomi masyarakat.

    BalasHapus