Selasa, 08 Desember 2009

TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH

Istilah good and clean governance (pengelolaan atau tata pemerintahan yang baik dan bersih)merupakan wacana yang mengiringi gerakan reformasi. Wacana good and clean governance seringkali dikaitkan dengan tuntutan akan pengelolaan pemerintah yang profesional, akuntabel dan bebas korupsi, kolisi dan nepotisme (KKN). Sebuah kritik terhadap pengelolaan pemerintahan Orde Baru yang sarat dengan KKN yang berakhir dengan krisis ekonomi berkepanjangan. Isu dan perdebatan clean and good governance merupakan bagian penting dalam wacana umum demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani yang diusung oleh gerakan reformasi.


Pada bab ini akan dibahas seputar pengertian, prinsip, dan unsur-unsur terkait dengan implementasi good and clean governance. Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu untuk :

1. Menganalisis pengertian good governance

2. Menganalisis pentingnya prinsip-prinsip good governance dalam tata kelola pemerintahan modern

3. Menganalisis unsur-unsur pokok dalam mewujudkan cita-cita good governance

4. Mendemonstrasikan prinsip-prinsip good governance dalam skala kecil

5. Mengkritisi kebijakan pemerintah atau lembaga terkait melalui paradigma good and clean governance

6. Menganalisis keterkaitan clean and good governance dengan gerakan anti korupsi

7. Menganalisis keterkaitan clean and good governance dengan kinerja birokrasi pelayanan pubik

170 komentar:

  1. Nama :siti istiqomah
    kelas :1h
    prodi :pai
    jurusan :tarbiyah


    Assalamualaikum..
    Menurut saya kepemimpinan yang baik dan bersih itu adalah kepemimpinan yang profesional, akuntabel dan bebas dari KKN.
    Akan tetapi pemerintahan yang ada di Indonesia ini sudahlah sangat tidak bersih lagi dari berbagai macam penyalahgunaan-penyalahgunaan yang dilakukan oleh para petinggi negeri ini dengan bertopeng jabatan yang mereka miliki, sebagai wakil rakyat mereka sangat kurang peka terhadap apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh rakyat yang mereka pimpin.

    BalasHapus
  2. Nama:sri utami
    Kelas:1h
    prodi:pai
    jurusan:tarbiah

    Menurut saya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih adalah sistem pemerintahan yang menggunakan asas-asas kepemerintahan yang sesuai dengan hukum yang berlaku.sekarang banyak sekali korupsi yang ada di negara indonesia,yang dilakukan dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, hal ini tentu saja sangat mencemarkan nama baik Indonesia.seharusnya pemerintah menindak tegas para pelaku koruptor di negara ini agar jera.

    BalasHapus
  3. nama :septiana rahmawati
    kelas :1h
    prodi:pai
    jurusan:tarbiyah


    Setelah membaca tentang pengertian tatakelola pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance)saya berpendapat bahwa good and clean governance harus di terapkan di dalam suatu pemerintahan suatu negara.apabila suatu negara tersebut ingin menjadi negara yang mempunyai tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih maka negara tersebut harus melaksanakan politik ,ekonomi dan administrasi dalam mengelola masalah -masalah bangsa dengan efektif dan efisien ,responsif terhadap kebutuhan rakyat dalam suasana demokratis, akuntabel serta transparan .

    BalasHapus
  4. Nama :Siti Adnanda lutfi
    Kelas :1h
    Prodi :pai
    Jurusan :Tarbiyah

    Menurut pendapat saya untuk meningkatkan dinamika dan menjaga akuntabilitas dari proses pengelolaan tugas-tugas pemerintahan tertentu dapat mengambil kebijkan secara personal sesuai batas kewenangan dalam tata pemerintahan yang baru perlu dikembangkan hubungan yang sinergis antara warga negara dengan pemerintah,dan dilakuka dengan melibatkan warga negara ikut serta dalam perumusan kebijakan dan implementasi dalam rangka memuaskan kepentinga masyarakat sebagai pelanggan.

    BalasHapus
  5. Nama :Saniatul mahbubah
    Kelas :1h
    Prodi :pai
    Jurusan :tarbiyah

    Assalamualaikum.
    Menurut saya good and cleen goverment adalah pelaksanaaan politik, ekonomi,administrasi dalam mengelola masalah-masalah bangsa. Suatu negara bisa dikatakan baik dan bersih jika pelaksanaan kewenangan dilakukan dengan efektifdean evisien terhadap kebutuhan rakyat. Untuk mewujudkan Negara yang bersih dan baik pengelolaan negara harus dilakukan secara terbuka.Tetapi negara Indonesia ini belum pantas dikatakan negara yang baik dan bersih karena Indonesia belum maksimal mematuhi hukum-hukum yang disahkan oleh negara.

    Wasalam

    BalasHapus
  6. nama:sri widyastuti
    kelas:1h
    jurisan/prodi:tarbiyah/pai
    Good&clean governance yaitu tata pemerintahan yang baik dan bersih tanpa adanya unsur KKN dan dibutuhkan keterbukaan dalam menjalankannya.Menggunakan prinsip-prinsip pokok good&clean governance dalam pelaksanaannya dan tidak meniggalkan unsur-unsur pemerintahan tersebut.Dalam pemerintahan ini benar-benar anti korupsi karena dalam pemenuhan semua kebutuhan masyarakat pada umumnya dapat terpenuhi secara adil dan merata,dan pemerintahan yang bersifat terbuka,sehingga terhindar dari rasa kecemburuan sosial yang menimbulkan sikap untuk KKN.Serta pemerintah dapat menjalankan kinerja Birokrasi dengan baik,maka rakyat akan dapat hidup dengan tenang,tentram,aman,dan makmur.Begitu juga dengan tata kelola pemerintahannya tanpa adanya cek-cok antar lembaga dalam pemerintahan tersebut.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. nama: sri wahyuni
    nim: 26.09.3.1.257
    tar/pai/1h
    good and governance adkah sistem pemerintahan yang baik dan bersih.didalamnya yang mengandung prinsip2 yang sangatberpengaruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu antara lain efektif n efesien, partisipasi danmasih banyak lagi.itu semua yang menjadi gagasan pokok suatu negara.disini juga dijelaskan bagaimana mengatur ketertiban suatu negara, agar rakyat maupun pejabatnya mlkukn kkn. Karena menurut saya, tindakan KKN itu sangat merugikan bagi rakyat maupun negara. seharusnya budaya tersebut sudah musnah sejak dahulu kala, agar negara ini menjadi aman dan tenteram.

    BalasHapus
  9. nama:ulina munfangati
    nim:26.09.3.1.279
    kelas:1i

    assalamu'alakum wr.wb
    setelah saya membaca bab 7 tentang good and clean gofernance(pengelolaan atau tata pemerintahan yang baik dan bersih).menurut saya di negara indonesia belum bisa seperti apa yang telah di katakan atas,masih banyak negara-negara yang belum menjalankan itu semua.pengelolaan pemerintah salah satunya yang di kaitkan dengan korupsi menurut saya kenyataanya masiih sering terjadi terutama malah di kalangan para pejabat tinggi,yang seharusnya mereka harus bisa mengayomi rakyat tapi mereka malah bersikap yang dapat merugikan pemerintah terutama sangat terasa di kalangan rakyat kecil.

    BalasHapus
  10. nama :sigit triyono
    nim:260931241
    kelas :1H
    PRODI :pai/tarbiyah


    Assalamualaikum..
    Menurut saya kepemimpinan yang baik dan bersih itu memang harus profesional,
    karena pemerintahan yang ada di Indonesia ini sudahlah sangat memperihatinkan bagi masyarakat indonesia. jadi apabila kepemimpinan yang baik dan bersih diterapkan dalam indonesia sagatlah setuju.

    BalasHapus
  11. Nama : SITI FATIMAH
    NIM : 26.09.31.245
    Kelas: 1H

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut saya, dengan sebuah paradigma pengelolaan lembaga negara clean and government dapat terwujud secara maksimal jika ditopang oleh dua unsur yaitu negara dan masyarakat madani yang di dalamnya terdapat sektor swasta dengan menjalankan prinsip-prinsip good goverment secara maksimal. Maka dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih niscaya akan dapat meminimalisir budaya-budaya korupsi yang menyebabkan kerugian yang besar terhadap negara untuk kepentingan individu atau golongan saja.
    Akan ntetapi di negara kita belum bisa melaksanakan tata kelola pemerintahan dengan baik dan bersih. Masih banyak dan bahkan semakin bertambahnya para pelaku KKN.

    BalasHapus
  12. nama : septy silaningrum
    nim : 26.09.3.1.237
    kalas: 1 H
    tarbiah / PAI

    menurut saya tata negara di indonesia belum bagus dan masih banyak yang harus di perbaiki serta dipikirkan.
    di negara kita banyak para pejabat negara yang menjadi koruptor, seharusnya mereka menjadi wakil rakyat tapi malah menjadi sampah negara. kita sebagai warga negara yang tak punya kekuasaan tidak bisa melakukan apa buat mencegah dan memberantas nya. kita para pemuda harus bangkit dan memperjuangkan hak asasi sebagai rakyat indonesia.
    maju rakyat indonesia!!!!!!!!!!!!!!!!!
    berantas korupsi di negara ini !!!!!!!!!!!!!!!
    perjuangkan hak rakyat yang diinjak2 selama ini.

    BalasHapus
  13. NAMA:SITI LESTARI
    KELAS:1 H
    NIM:260931247
    PRODI:PAI/TARBIYAH


    Assalamualaikum..............?
    menurut pendapat saya pemerintahan yang baik dan bersih/clean and good governance itu adalah pemerintahan yang harus dijalankan di indonesia,terutama kepada pejabat-pejabat kita di negeri ini supaya pemerintahan bisa dijalankan dengan benar,jujur dan adil agar terhindar dari KKN. karena sekarang indonesia telah mengalami pro dan kontra masalah koropsi di KPK.Maka dari itu diharapkan semua pejabat yang berwenang supaya menyadari bahwa pemerintahan ini bukan bahan permainan,karena itu adalah pilihan rakkyat kita sendiri,jd kita sebagai rakyat harus menuntut kebijakan pejabat dalam pemerintahan agar terdapat unsur benar,jujur dan adil. dalam menjalankan kekuasaannya supaya indonesia menjadi negara yang bebas dan anti KKN.
    Trimakasih...........
    Wassalam....

    BalasHapus
  14. Nama : Yeni R
    NIM : 26.09.3.1.290
    Kelas : 1i/Tarbiyah PAI

    Good and Clean Governance merupakan impian bagi setiap negara,begitu pula Indonesia. Negara yang Baik kepemimpinannya serta bersih dari korupsi yang sekarang menjadi bumerang di indonesia.Untuk mencapai negara yang baik dan bersih dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan rakyatnya. dan menurut saya negara Indonesia saat ini jauh dari yang namanya Good and Clean Governance karena korupsi masih merajalela,hukum yang masih jauh dari keadilan dengan kata lain keadilan belum ditegakkan tapi malah diperjualbelikan dan moral yang jauh dari pancasila dan agama. Sehingga kepercayaan rakyat kepada pemerintah seakan-akan hilang. Jadi pemerintah seharusnya menghukum para koruptor dngan hukuman yang setimpal,yang memiliki kekuasaan tinggi belum tentu benar dan yang tidak punya kekuasaan belum tentu salah,jangan hanya mendengarkan suara para petinggi negara tapi juga mendengarkan suara rakyat. Unzhur ma qala wala tanzhur man qala. Semangat Indonesia agar saya dapat membanggakan Indonesia. Cia yo!

    BalasHapus
  15. Nama : Woro Hapsari S.S
    NIM : 26.09.3.1.288
    Kelas : 1i/Tarbiyah PAI

    Assalamu'alaikum........
    Good and Clean Governance merupakan kepemerintahan yang baik dan bersih,yang menjadi acuan dari suatu negara termasuk Indonesia. Akan tetapi hal itu sulit terwujud karena banyaknya penyelewengan hukum,korupsi,penyalahgunaan jabatan,serta keadilan yang oerlu dipertanyakan keadilannya. Oleh sebab itu, perlu pembenahan secara bertahap agr good & clean governance tidak hanya sekedar simbolisasi untuk menutupi "kejahatan" politik.
    Wassalamu'alaikum.........

    BalasHapus
  16. nama;siti mudmainah
    nim:26.09.3.1.249
    kls:1h (PAI/TARBIYAH)

    Menurut saya tata kelola kepemimpinan yang ada di Indonesia belumlah baik dan bersih. Bisa dikatakan baik dan bersih jika pemerintahan tersebut dapat terarah, terkendali,dan bebas dari KKN. Sedangkan di Indonesi saja masih banyak koruptor yang merajalela, mulai dari pemerintahan yang paling atas hingga bawah. Banyak mesyarakat menangis, meronta dan meminta-minta. Sedangkan tikus berdasi dan dewan parasit rakyat saja bebas dari hukuman yang pantas mereka dapatkan. Dimana dan kemana pemerintahan yang dulu?? pemerintahan yang adil, bijaksana, dan senantiasa peduli kepada rakyat yang terrindas??? dan pantaskah pemerintahan ini dikatakan baik dan bersih..........???!!!!???!!!

    BalasHapus
  17. Nama : Siti Maryam
    NIM : 26.09.3.1.248
    Kelas: 1H (TARBIYAH/PAI)

    Assalamu'alaikum,.....
    Menurut saya tata kelola kepemimpinan di Indonesia itu kurang baik dan bersih, bahkan belum sama sekali dari yang dicita-citakan. Tata kelola kepemimpinan yang bersih dan baik yaitu kepemerintahan yang berwibawa, terbuka atau transparan, bijaksana, adil, penegakan hukum dan bersih dari korupsi atau KKN. Serta kontrol masyarakat yang aktif, efektif. Sedangkan di Indonesia korupsi begitu merajalela baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dan masyarakat yang selalu ditipu dengan janji-janji yang konyol. Apakah pantas pemerintahan Indonesia ini dikatakan baik atau cukup baik.....????!!!!!!!!! SALAH!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  18. assalamualaikum.....
    Nama: Saparudi
    Nim : 26.09.3.1.235
    kelas: 1H

    menurut pendapat saya masa orde baru sedikit tidak pernah mengangkat rakyat pada masa pembangunan oleh Bp.Soeharto sehingga beliau diberi gelar sebagai bapak pembangunan,yang amat dapat dikatakan sukses,tetapi dibalik itu banyak hal yang negatif pada masa orde baru ini, diantaranya KKN(korupsi, kolusi, nepotisme.
    berbeda dengan masa reformasi sekarang ini menurut pengamatan saya KKN diindonesia setidaknya menurun daripada masa orde baru, karena tindakan yang tegas oleh para penguasa. Yang jelas yang saya harapkan untuk tanah air tercingta adalah gimana kita bisa lebih maju lagi dari yang kemari.............

    BalasHapus
  19. Nama :Sholihah
    NIM : 26.09.3.1.240
    Kelas :1H(TARBIYAH/PAI)


    Assalamu'alaikum......
    Good&clean goverment merupakan pemerintahan yang bersih, maka untuk menciptakan pemerintahan itu mari kita bersama-sama untuk menghapuskan korupsi,kolusi dan nepotisme(KKN)terutama pada diri kita masing-masing,apabila hal itu kita laksanakan ,maka pemerintahan kita akan membentuk pemerintahan yang bersih sesuai yang di cita-citakan oleh rakyat selama ini.Apabila pemerintahan ini brrsih,maka rakyat akan makmur dan sejahtera sesuai dengan UUD 1945

    BalasHapus
  20. nama : siti mutmainah
    NIM : 26.09.3.1.251
    kelas : 1 H

    Menrut saya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai cita good governance seluruh mekanisme pengelolaan harus dilakukan secara jujur dan transparan, agar masyarakat juga tahu bagaimana kinerja pemerintahan apakah sudan sesuai dengan harapan rakyat.

    BalasHapus
  21. nama : uswatun khasanah
    kelas : 1i / tarbiyah(pai)
    nim : 26.09.3.1.282
    Assalamu'alaikum....
    menurut saya good & governance merupakan pemerintahan yang bersih, tetapi masih kerang yaitu dalam masalah korupsi. di Indonesia masih gencar-gencarnya masalah korupsi. sampai saat ini para korupmasih saja berkeliaran dimana-mana dengan bebasnya. mereka melakukan itu dikarenakan masih rendahnya moral suatu masyarakat dan lemahnya politik suatu negara.

    BalasHapus
  22. Nama:susanto
    kelas:1 H tarbiyah pai
    menurut saya orde baru adalah merupakan masa pemerintahan yang bersih namun sampai sekarang masyarakat masih merasakan keresahan dikarenakan para pemimpin salah menggunakan wewenang dalam menjalankan pemerintahanya jada masyarakat ikut merasakan getahnya

    BalasHapus
  23. Nama:Yosi nur pramita
    NIM:26.09.3.1.291
    Kelas:1i

    Menurut saya Good and clean Governance merupakan impian di negara kita,untuk mencapai negara yang bersih di butuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat.Good and clean governance akan sulit terwujud apabila masih banyak KKN di negara kita.Semoga para koruptor mendapat hukuman yang setimpal,karena yang seharusnya tugas mereka mengurus dan melindungi rakyat tetapi malah merugikan dan menyusahkan para rakyat kecil.

    BalasHapus
  24. nama :titik farida kwardiana
    kelas:Pai 1i
    assalammualaikum wr.wb
    menrut pendapat saya,pemerintahan yang good govermance itu merupakan permerintahan yang bener bener baik sesuai dengan peraturan yang sudah di tetapkan dan di jalankan. untuk mencapai pemerintahan yang seperti itu di perlukan pemerintahahan yang terbuka dan transpran.
    serta bagi pejabat yang di beri amanah oleh rakyat hendaknya di jalankan secara baiki baik.

    BalasHapus
  25. Nama:Tri Setiyawati
    NIM:26.09.3.1.273
    Kelas:1i


    Menurut saya good and clean governance yaitu tata pemerintahan yang bersih.Disini juga dijelaskan bagaimana mengatur ketertiban suatu negara agar rakyat maupun pejabatnya tidak melakukan KKN.Apabila hal itu kita laksanakan maka pemerntahan kita akan membentuk pemerintahan yang bersih sesuai yang di cita-citakan bangsa dan rakyat kita ini.

    BalasHapus
  26. nama : santi rahayu
    Kelas: 1h
    Assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya,Upaya membangun kepemerintahan yang bersih (clean governance )Pada prinsipnya,korupsi tidak dapat ditingkai hanya dengan satu cara,karena korupsi ibarat air,ia akan mengalir ke berbagai tempat dimana ia dapat mengalir.

    BalasHapus
  27. nama:siti nurjanah
    kelas:1h

    assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut saya,good and clean governance merupakan jalan yang tepat untuk menuju jalan yang baik.sehingga korupsi,kolusi dan nepotisme akan hilang dengan sendirinya.dengan adanya pemberantasan tersebut.sehingga muncullah negara yang tentram dan sejahtera.
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  28. Nama :Soleh suryanto
    Nim :260931255
    kelas :1H
    pRODI :pai/tarbiyah

    Assalamualaikum wr.eb
    Menurut saya pemerintahan yang bersih atau good and claer gavernance itu adalah pemerintahan yang harus dijalankan di Indonesia supaya para pejabat tidak seenakny menyalahgunakan wewenang dalam kekuasaannya seperti KKN yang kini menjadi hangat dibicarakan dipublik.
    wasalamualaiku wr.wb

    BalasHapus
  29. Nama :Soleh suryanto
    Nim :260931255
    kelas :1H
    pRODI :pai/tarbiyah

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya pemerintahan yang bersih atau good and claer gavernance itu adalah pemerintahan yang harus dijalankan di Indonesia supaya para pejabat tidak seenakny menyalahgunakan wewenang dalam kekuasaannya seperti KKN yang kini menjadi hangat dibicarakan dipublik.
    wasalamualaiku wr.wb

    BalasHapus
  30. nama:SUSENO
    Kelas:1h/pai
    Assalami'alaikum wr.wb.
    menurut saya pemerintah yang baik tentunya semua bidang pemerintahan harus bebas dari tindakan yang sangat merugikan negara yakni tindakan korupsi, kolusi ,dan nepotisme. selain itu kebijakan-kebijakn pemerintah dalam menentuka arah tujuan pembanguna kedepan haruslah mencakup kemaslalahatan yang dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang termasuk golongan ekonomi lemah. selain itu pemerintah tentunya dalam menempatkan aparatur negara/ aparat pemerintahan tentunya mereka itu benar-benar mamiliki kemampuan atau keahlian yang sesuai dibidangnya. dan tentunya mereka juga adalah seorang penganut agama yang beriman dan termasuk hamba yang taat dalam beragama, karena dengan kesadaran dalam beragam tentunya mereka tidak akan melakukan yang dapat merugikan orang lain, terutam merugikan orang banyak bahkan negaranya sendiri.

    BalasHapus
  31. Nama:Setyo Pambudi
    kelas: 1h/pai


    menurut saya tata kelola pemerintahan yang baik tentunya harus bebas dari tindakan yang sangat merugikan rakyat seperti korupsi,kolusi,nepotisme dan tentunya orang bertanggung jawab thp rakyat sehingga dapat terjadi pemerintahan yang bersih sehingga rakyat akan merasakan kesejahteraan merata.

    BalasHapus
  32. nama:shalakhuddin gozaly
    kls :1H/PAI

    Asslm,
    Menurut saya tata kelola pemerintahan bisa berjalan dengan baik apabila didalam pemerintahan itu tidak terjadi penyimpangan kekuasaan atau penyalahgunaan kekuasaan,sehingga dalam pemeritahan terjadi keterbukaan yang nantinya masyarakat akan bebas mengeluarkan pendapat dan dapat mengontrol pemerintahan.
    Wassslm

    BalasHapus
  33. nama: Siti Syarofah
    kls: 1h

    sangat riskan dan tidak etis ngomong masalah pemerintah yang bersih tidak KKN di Indonesia..sedangkan akhir-akhir ini banyak sekali terjadi penyimpangan kekuasaan di lembaga hukum tetinggi negara kita, dan penyimpangan, penyelewengan yang terjadi seakan-akan tidak bisa di hilangkan dari negara kita tercinta. soalnya sudah membudaya, dari kalangan bawah sampai kalangan atas, rakyat kecil maupun pejabat kita. itu disebabkan kurang tanggung jawab para pejabat terkait, kurang transparan dalam segala hal, dan penyalahgunaan kekuasaan.

    BalasHapus
  34. nama:rochmadi
    kelas:1G
    NIM:26.09.3.1.220
    menurut saya pemerintah yang baik adalah pemerintahan yang bisa memakmurkan rakyatnya, pemerintahan yang bebas dari KKN,pemerintahan yang bisa memecahkan segala masalah yang terjadi didalam pemerintahan sehingga dengan adanya pemerintahan yang bersih akan menjadikan sebuah pemerintahan yang ideal dan sesuai keinginan rakyat indonesia

    BalasHapus
  35. nama :nurul wahyu hidayati
    nim :26.09.3.1.200
    kelas :ig
    jurusan :tarbiyah

    asalamualaikum wr.wb
    menurut saya good govermen perlu diterapkan diindonesia karena dengan adanya pemerintahan yang bersih dan sehat negara menjadi aman tentram dan maju.dan pemerintah yang baik adalah pemerintahan yang dapat menjalankan amanat dari rakyat karena indonesia adalah negara yang demokrasi
    wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  36. NAMA:NURUL FATIMAH
    NIM:26.09.3.1.199
    1G

    Menurut saya pemerintah yang baik adalah pemerintah yang lebih mementingkan kepentingan rakyatnya dari pada kepentingan pemerintahan, serta memberikan layanan yang baik dan kesejahteraan, rasa aman tenang dan bahagia.

    BalasHapus
  37. NAMA:RINI ISTIKHOMAH
    NIM:26.09.3.1.217
    KELAS:1G
    TARBIYAH/PAI
    MENURUT SAYA, pemerintahan yang bersih itu harus dibarengi dengan peran serta masyarakat. Masyarakat tidak hanya bisa menyalahkan pemerintah tanpa tau apa yang sebenarnya terjadi dan pemerintah pula haruslah transparan dalam menjalankan roda pemerintahan, supaya tercapai pemerintahan yang bersih tanpa korupsi dan tidak terjadi konflik antara pemerintaahan dan masyarakat.

    BalasHapus
  38. Nama:Puspasari Nur H
    Nim:26.09.3.1.204
    Kelas:1G
    Tarbiyah/PAI

    Assalamu'alaikum
    Menurut saya Good Governance adalah pemerintahan yang baik meskipun Good Governance memandang luas dimensi Governance tidak sebatas hanya menjadi pemerintahan saja. Selain itu Good Governance yaitu sebagai tindakan atau tingkah laku yang didasarkan pada nilai-nilai yang bersifat mengarahkan dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  39. nama :putri nur rohmah.
    kelas: 1g
    nim:26.09.3.1.205

    menurut saya good governance, adalah bertujuan mengarahkan, mengendalikan,atau mempengaruhi urusan/kepentingan umum untuk mewujuutkan nilai-nilai atas tindakan dalam kehidupan sehari-hari untuk kemakmuran umum.

    BalasHapus
  40. NAMA : RANI PUSPASARI
    NIM : 26.09.3.1.211
    KELAS : IG
    JURUSAN : TARBIYAH (PAI)

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut saya, pemerintaha yang baik dan bersih di Indonesia belum terlaksana sesuai dengan harapn rakyat Indonesia. Misalnya saja, masalah korupsi di Indonesia yang semakin meningkat dan membuat rakyat sengsara. Pemerintahan yang baik harus benar-benar mendengarkan aspirasi rakyat bukan malah membuat mereka sengsara. Dan meningkatkan kinerja pemerintahan agar mencpai tujuan yang di inginkan rakyat Indonesia. Dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  41. NAMA:REKA YULIANI
    NIM:26.09.3.1.212
    TARBIYAH/PAI/1G

    Menurut saya, pemerintahan yang bersih itu adalah pemerintahan yang suci dan damai, namun pemerintahan yang ada di indonesia sekarang banyak terjadi penyelewenngan dana.pemerintahan belum bisa mengemban amanah dari masyarakat dan belum mampu menjalankan roda pemerintahan sesuai dalam tata perundang-undangan yang berlaku dan pancasila sebagai pedomannya.

    BalasHapus
  42. Rizqi Arrohmah
    26.09.3.1.219
    tarbiyah/1G

    good governance dapat dikatakan demikian jika dilakukan dengan efektif,efisien,responsif terhadap kebutuhan rakyat.Dalam mewujudkan good governance pemerintah harus terbuka dalam penggelolaan negara.dan sebaiknya masyarakat bisa melakukan pengkontrolan,yang berdampak pada tata pemerintahan yang bersih,bebas dari KKN.kontrol masyarakat berguna untuk terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.sehingga berguna juga untuk kesejahteraan rakyat.

    BalasHapus
  43. NAMA : PITRIYANI OKTAPIA
    NIM : 26.09.3.1. 203
    KELAS : 1 G/ PAI

    Menurut saya, prinsip-prinsip dasar good governnance merupakan pengelolaaan pemeritah yang bersih dan berwibawa yang dirumusksn bersama oleh pemerintah dan masyarakat madani.

    BalasHapus
  44. Nama :Rihatul Ayyanah
    Nim :26.09.3.1.215
    Kelas : IG
    Menurut saya pemerintah harus memahami kebutuhan masyarakatnya, jangan menunggu mereka menyampaikan keinginan-keinginanya, tapi mereka secara proaktif mempelajari dan menganalisa kebutuhan-kebutuhan masyarakat, untuk kemudian melahirkan berbagai kebijakan strategis guna memenuhi kepentingan umum, dan untuk mewujudkan pemerintahyang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita good governance, seluruhmekanisme pengelolaan negara harus dilakukan secara terbuka.

    BalasHapus
  45. Rizki Anasiwi
    26.09.3.1.218
    tarbiyah/1G

    menurut saya,good governance seharusnya sejalan dengan pemerintahan yang baik, brsih, dan berwibawa.yang dimana untuk mewujudkan pemerintahan yang baik harus sesuai dengan cita-cita good governance yaitu seluruh mekanisme pengelolaan negara dilakukan secara terbuka.

    BalasHapus
  46. NAMA : RAHMAH NUR H
    KELAS : 1G
    TARBIYAH/26.09.3.1.223

    assalamualaikum
    clean and governance sebagai penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan baik yang sesuai dengan prinsip dasar clean and governance. Dimana prinsip-prinsip tersebut merupakan kunci utama dalam istilah Clean and governance. Selain itu merupakan suatu gagasan dan nilai untuk hubungan antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.
    wassalam

    BalasHapus
  47. Nama : Rusmiyati
    KELAS : 1G
    NIM: 26.09.3.1.230
    Jurusan/prody :Tarbiyah/PAI

    Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih berdasarkan prinsip-prinsip pokok good dan clean governance, dapat dilakukan melalui prioritas program:
    1)penguatan fungsi dan peran lembaga perwakilan.
    2)kemandirian lembaga pemerintah.
    3)profesional dan integritas aparatur pemerintah.

    BalasHapus
  48. Nama : Rahmatullah SP
    NIM : 26.09.3.1.209
    Kelas : 1 G
    Jurusan/Prodi : Tarbiyah/PAI

    Menurut saya, tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih ( good and clean governance ) adalah pelaksanaan politik, ekonomi dan administrasi dalam mengelola masalah - masalah bangsa yang terarah, terkendali dan tanpa adanya KKN. Pelaksanaan tersebut bisa di katakan baik jika di lakukan dengan efektif dan efisien, responsif terhadap kebutuhan rakyat, dalam suasana demokratis, akuntabel serta transparan.

    BalasHapus
  49. Nama : Rois Arizal
    NIM : 26.09.3.1.227
    Kelas: 1G

    Menurut saya good clean governance harus diwujutkan dengan baik, agar negara itu bisa menjadi negara yang bersih dan berkeadapan. sehingga tidak ada korupsi yang sedang marak di negara ini,dan salah satu untuk mewujutkan clean di governance dengan menggunakan kebijakan otonomi daerah untuk dijadikan sebagai media transformasi perwujudtan modal pemerintah yang menumpang tumbuhnya kultur demokrasi di indonesia.

    BalasHapus
  50. Nama : Ramadhani Dewi W
    NIM : 26.09.3.1.210
    Kelas: 1G

    Menurut saya good governance dan clean governance sangat baik untuk dilakukan karena dipengaruhi oleh 2 unsur yang saling terkait: negara dan masyarakat madani yang didalamnya terdapat sektor swasta dan governance di indonesia belum berjalan dengan baik karena masih banyak dengan hal-hal yang kurang baik,misalnya di indonesia masih banyak KKN yang marak sangat belum bisa di katakan dengan baik karena masih banyak pelaku yang tidak terpuji misalnya korupsi, maka indonesia belum bisa dikatakan negara yang memenuhu syarat good dan clean governance.

    BalasHapus
  51. Nama : Roikhul Jannah
    NIM : 26.09.3.1.226
    Kelas: 1G


    Menurut saya good governance dan clean governance bisa dikatakan baik jika dilakukan dengan efektif dan efesien. karena terkait dengan tindakan atau tingkah laku yang bersifat mengarahkan, mengendalikan atau mempengaruhi urusan publik untuk mewujutkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.tapi kenyataannya sekarang di indonesia belum bisa dikatakan dengan baik karena negara belum memenuhi syarat good dan clean governance.

    BalasHapus
  52. nama:sulkhan
    kelas:1h
    komentar saya..
    'good and clean governunce'.yaitu pemerintahan yang baik dan bersih.jika memangh baik dan bersih maka seharusnya birokrasi yang dijalankanpun harus baik,sesuai dengan namanya.tetapi kenyataan tidak.Birokrasi yang dijalankan oleh para wakil rakyat di pemerintahan bisa dikatakan gagal,karena pemerintahan bisa dikatakan baik bila telah melahirkan berbagai kebijakan yg berdampak terhadap warganya sedangkan sampe sekarang belum ada dampak bagi warganya.terimakasih.......!

    BalasHapus
  53. Rendi Handoko
    26.09.3.1.213
    1 G

    Pemerintah yang baik adalah pemerintah yang tahu apa yang dibutuhkan oleh rakyatnya. Tidak ada praktik-pratik KKN di dalamnya. dan Pemerintah itu dapat menjaga keamanan rakyatnya. Birokrasi dalam pemerintahan haruslah ditujukan untuk melayanai dan tetap mengedepankan kenyamanan bagi rakyat, bukan malah menyulitkan rakyat. Terimakasih

    BalasHapus
  54. nama : sakti cahyo nugroho
    NIM : 26. 09. 3 .1. 232
    kelas : 1H

    seharusnya pemerintah itu harus memberikan sebuah bimbingan moral kepada para wakil rakyat yang terhormat. sehingga mereka mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban para wakil rakyat, sehingga para wakil rakyat tersebut tidak mengambil yang bukan hak nya tersebut.
    jayalah indonesia
    koruptor penghianat bangsa
    merdeka!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  55. Nama : Suparyanto
    NIM : 26.09.3.1.261
    Kelas: 1H
    Jurusan : Tarbiyah/PAI

    Assalamu'alaikum wr wb

    Menurut saya kepemimpinan yang baik dan bersih adalahg Tata kelola kepemimpinan yang bersih dan baik yang berwibawa, terbuka atau transparan, bijaksana, adil, dan penegakan hukum yang bersih dari korupsi atau KKNB. birokrasi dalam pemerintahan haruslah ditujukan untuk melayanai dan tetap mengedepankan kenyamanan bagi rakyat. sebab pemerintah diberi amanat untuk mengemban tugas yang dipikulnya.meski Indonesia belum dikatakan sebagai negara yang good dan clean governance. tetapi pemerintahan sufan memberikan yang terbaik untuk Negara. sebab untuk terciptang negara yang baik harus dikerjakan bersama dan tidak hanya oleh seorang.
    maju rakyat indonesia!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Terimakasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.......

    BalasHapus
  56. Nama : Qonaah nurlaili
    NIm : 26.09.3.1.207
    Kelas: 1G

    Menurut saya ,good governance sangatlah penting dan tepat ditempatkan disuatu pemerintahan,terutama di negara-negara yang bamyak melakukan korupsi.
    dengan adanya good governance kita berharap masalah-masalah bangsa dapat teratasi,tetapi jika pelaksanaannya dilakukan dengan efektif dan efisien,dan negara bisa menjadi baik dan bersih dari segala hal yang merugikan negara.

    BalasHapus
  57. nama : Rohmad Yusuf Bahtiar
    nim :26.09.3.1.222
    kelas :1G
    jurusan : Tarbiyah
    prodi : PAI

    Menurut saya pemerintah yang baik dan bersih :

    Saya sangat setuju tentang hal ini karena untuk mewujudkan pemerintahyang baik dan berwibawaharus sesuai dengan tata cara Good Goverment,oleh karena itu seluruh mekanisme negara harus di lakukan dengan cara sebaik mungkin,apabila di lakukan dengan efektif,efisien,responsif terhadap kebutuhan rakyatdengan suasana demokratis maka akan terciptalah Pemerintahan yang baik dan bersih.

    BalasHapus
  58. Nama: Wahyu Nurma Gunita
    NIM : 26.09.3.1.287
    Kls : PAI/1.I

    Assalamu'alaykum..

    Menurut saya.. Pemerintahan yang baik adalah kepemerintahan yang jujur, terbuka, dan bertanggung jawab... meskipun di Indonesia sangat kecil tercipta kepemerintahan yang baik... tapi setidaknya kemungkinan itu masih ada.. karna itu... bersiaplah kalian... calon-calon pemimpin bangsa...menjadikan bangsa ini bangsa yang berkepemerintahan yang baik... dan bersih dari korupsi...

    BalasHapus
  59. nama ; siti chalimah
    nim : 26.09.3.1.243
    kelas : 1h

    Pemerintah yang baik dan bersih berdasarkan prinsip-prinsippokok good and clean governance, setidaknya dapat dilakukan melalui pelaksanaan prioritas program, yakni:
    1. Penguatan fungsi dan peran lembaga perwakilan
    2. Kemandirian lembaga peradilan
    3. Profesionalitas dan integritas aparatur pemerintah
    4. penguatan partisipasi masyarakat madani
    5. peningkatan kesejahteraan rakyat dalam kerangka otonomi daerah
    Kalau prinsipini sudah diterapkan di Indonesia tentunya makmur lah Indonesia tapi karna masih banyak yang belum dilakukan Indonesia maka dari itu banyak rakyat sengsara dan banyak pejabat yang masih korupsi.

    BalasHapus
  60. wahid purnama
    1i
    26.09.3.1.285
    pembangunan masyarakat madani di indonesia harus dikembangkan dengan optimal. pembangunan masyarakat madani ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama. dengan berkembangnya masyarakat madani, maka kontrol dan pengawasan publik terhadap pemerintah semakin baik. sehingga, kemungkunan pemerintah melakukan npenyimpangan-penyimpangan akan berkurang. dengan demikian, akan terwujud pmerintahan yang baik, yang dapat menyejahterakan rakyatnya.

    BalasHapus
  61. KELOMPOK 7/ KELAS 1I
    USWATUN HASANAH
    WAHID PURNAMA
    WORO HAPSARI SAVITRI
    TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD AND CLEAN GOVERNANCE)
    A. PENGERTIAN
    PEMERINTAHAN YAN BAIK DAN BERSIH ADALAH PEMERINTAHAN YANG RAKYATNYA IKUT BERPARTISIPASI AKTIF DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN MELALUI WAKIL-WAKILNYA ATAU PEMERINTAHAN YANG BERJALAN DENGAN EFEKTIF, EFISIEN, JUJUR, TRANSPARAN, DAN BERTANGGUNGJAWAB.
    B. PRINSIP-PRINSIP POKOK GOOD AND CLEAN GOVERNANCE
    1.PARTISIPASI
    2.PENEGAKAN HUKUM
    3.TRANSPARANSI
    4.RESPONSIF
    5.KONSENSUS
    6.KESETARAAN
    7.EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI
    8.AKUNTABILITAS
    9.VISI STRATEGIS
    C. UPAYA MENANGGULANGI KORUPSI
    1.ADANYA POLITICAL WILL DAN POLITICAL ACT
    2.PENEGAKAN HUKUM SECARA ADIL
    3.MEMBANGUN LEMBAGA YANG MENDUKUNG UPAYA PENANGGULANGAN KORUPSI
    4.MEMBANGUN MEKANISME PENYELENGGARAAAN PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH
    5.PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
    6.GERAKAN RELIGIUSITAS
    D.PENYEBAB KORUPSI
    1.KEMISKINAN
    2.KEKUASAAN
    3.BUDAYA
    4.KETIDAKTAHUAN
    5.RENDAHNYA MORAL MASYARAKAT
    6.LEMAHNYA LEMBAGA POLITIK SUATU NEGARA
    7.MERUPAKAN PENYAKIT BERSAMA
    E.DAMPAK KORUPSI
    1.MENCERMINKAN KEGAGALAN TUJUAN YANG DITETAPKAN PEMERINTAH
    2.AKAN MELUAS KE SEKTOR SWASTA DALAM UPAYA MENGEJAR LABA
    3.MENCERMINKAN KENAIKAN HARGA ADMINISTRASI
    4. MENGURANGI JUMALAH DANA YANG DISEDIAKAN UNTUK PUBLIK
    5.MERUSAK MENTAL APARATUR PEMERINTAH
    6.MENURUNKAN RASA HORMAT TERHADAP PENGUASA
    7.MENIMBULKAN KERUGIAN YANG BESAR BAGI NEGARA

    BalasHapus
  62. nama kelompok 7 1C Civic Education "good n clean governance

    1. Ervina Wulandari 26.09.3.1.085
    2. Erni Ruhayati 26.09.3.1.084
    3. Fitri Nur H 26.09.3.1.093
    4. Faisal Riza H 26.09.3.1.089

    BalasHapus
  63. Kelompok 9 1c
    -Farida Nuraini (26.09.3.1.190)
    -Farikhah Putri Sholihati(26.09.3.1.091)
    -Fifi Fitriana (26.09.3.1.092)
    -Habib Miftakul Falaah (26.09.3.1.097)

    MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI

    Pengertian masyarakat madani
    Masyarakat madani yaitu sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Dasar utama dari masyarakat madani yaitu persatuan dan integrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup,menghindarkan diri dari konflik dan permusuhan yang menyebabkan perpecahan dan hidup dalam suatu persaudaraan.
    Sejarah pemikiran masyarakat madani
    1. Aristoteles(394-322 SM)
    2. Thomas Hobbes(1588-1831)
    4. Antonio Gramsci (1891-1937)
    5. cicero(106-43 SM)
    6. john locke(1632-1704)
    7. karl mark(1818-1883)
    8. wuthow(1989)
    9. thomas aquinas(1226-1274)
    10. thomas paine(1737-1803)
    Karakteristik masyarakat madani
    (1) Adanya wilayah publik
    (2) Demokrasi
    (3) Toleransi
    (4) Pluralisme
    (5) Keadilan sosial
    Para ahli mewujudkan strategi bangunan masyarakat madani :
    (1) Pandangan integrasi nasional dan politik,mendahulukan pembangunan ekonomi
    (2) Pandangan reformasi sistem politik demokrasi
    (3) Paradigma membangun masyarakat madani sebagai basis utama pembangunan demokrasi.
    Cara pengembangan demokrasi dimasa transisi sekarang :
    (1) Memperluas golongan menengah
    (2) Mereformasi sistem politik demokratis
    (3) Penyelenggaraan pendidikan politik
    Gerakan Sosial untuk Memperkuat Masyarakat Madani
    Gerakan sosial oleh diani yaitu sebentuk aksi kolektif dengan orientasi konfliktual yang jelas terhadap lawan sosial dan politik tertentu.
    Gerakan sosial ada tiga ranah yaitu negara, perusahaan/pasar,masyarakat sipil. Gerakan politik yaitu upaya perebutan dan penguasaan jabatan politik oleh partai politik melalui pemilu. Gerakan ekonomi yaitu upaya melakukan perubahan kebijakan publik tanpa harus menduduki jabatan publik. Faktor yang membedakan ketiga gerakan yaitu parpol di politik, perusahaan di ekonomi, organisasi masyarakat sipil.
    Tipologi gerakan sosial dalam masyarakat madani
    LSM yaitu masyarakat WNRI yang secara sukarela bergerak dibidang kegiatan yang ditetapkan oleh organisasi sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang menitikberatkan kepada pengabdian secara swadaya.Organisasi non pemerintah yaitu wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

    BalasHapus
  64. nama :uminarsih widhi astuti
    kelas:pai (1i)

    assalamu'alaikum......
    perwujudan masyarakat madani ditandai dengan karakteristik masyarakat madani diantaranya wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan dan keadilan sosial. maka semua itu harus ada karena jika tidak ada masyarakat madani tidak terwujud.
    wassalam............

    BalasHapus
  65. NAMA:SUSI SUSANTI
    KELAS :1I/PAI

    ASSALAMU'ALAIKUM..........
    Masyarakat madani merupakan masyarakat yang berdiri secara mandiri dengan adanya ruang publik yang bebas sebagai sarana dalam mengemukakann pendapat dengan menekankan pada demokratis, pluralisme dan keadilansosial.
    WASSALAM.....

    BalasHapus
  66. NAMA:SAPARUDI
    KELAS:IH /PAI

    ASSALAMUALAIKUM .............
    ahhhh....... menurut pendapat saya semua tergantung hati nurani dan kebutuhan kadang kalapemimpin itu bijak kepada yang bijak,kadang kala bijak kepada yang bathil. Yang penting gimana itu baik untuk rakyat, coba fikir kenapa pemerintah memberikan suntikan dana untuk bank centure? kenyataaannya banyak pengamat yang tidak sependapat dengan itu. Tapi dengan tegas pemerintah menjawab: "pemberian suntikan dana itu semata-mata untuk kemajuan ekonomi indonesia, makanya janagan dipolitisi.
    jadi saya berpendapat pemerintahan yang good and clean itu adalh pemerintah yang mengutamakan rakyat, walau dengan cara merugikan terlebih dahulu, tetapi lihat akhirnya.

    BalasHapus
  67. kelompok 7
    kelas 1G
    Rizki anasiwi :26.09.3.1.218
    Rizqi arrohmah :26.09.3.1.219
    Rohmad nur rohim :26.09.3.1.221
    Ruslan fardani :26.09.3.1.229




    Good Governance adalah segala hal yang terkait dengan tindakan dan tingkah laku yang bersifat mengarahkan, mengendalikan / mempengaruhi publik untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Clean and Good Governance dapat terwujud secara maksimal jika ditopang oleh 2 unsur yaitu negara dan masyarakat madani yang didalamnya terdapat sektor swasta. Untuk mewujudkan pemerintah yang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita Good Governance seluruh mekanisme pengelolaan negara harus dilakukan terbuka.
    3 pilar pentingnya pelayanan publik menjadi strategi memulai pengembangan dan penerapan good governance di Indonesia adalah:
    1. Pelayanan publik selama menjadi ranah dimana negara yang diwakili pemerintah berinteraksidengan lembaga pemeribtah
    2. Pelayanan publik adalah ranah dimana berbagai aspek good governance dapat diartikulasikan secara lebih mudah.
    3. Pelayanan publik melibatkan kepentingan semua unsure governance yaitu pemerintah, masyarakat, dan mekanisme pasar.
    Prinsip pokok Good and Clean Governance:
    1.Partisipasi
    2.Penegakkan hukum
    3.Transparasi
    4.Responsif
    5.orientasi
    6.keadilan
    7.efektifitas
    8.Akuntabilitas
    Karakter mewujudkan cita governance harus diimbangi dengan komitmen penegakkan hukum diantaranya :
    a.Supremasihukum b.Kepastian hukum
    c.Hukum yang responsive
    d.Penegakkan hukum yang konsisten dan non diskriminatif
    e.Independensi peradilan

    BalasHapus
  68. resum bab 7
    Ass...........
    Good Governance adalah pelaksanaan politik, ekonomi,dan administrasi dalam mengelola masalah-masalah bangsa.
    Pelaksanaan kewenangan bisa dikatakan baik jika dilakukan dengan efektif dan efisien,responsif terhadap kebutuhan rakyat dalam suasana demokratis,akuntabel serta tresparan.
    Untuk mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih dapat dilakukan melalui pelaksanaan prioritas progam yaitu :1. Penguatan fungsi dan lembaga perwakilan. 2.Kemandirian lembaga peradilan. 3. Profesionalitas dan integritas aparatur pemerintah.4. Penguatan masyarakat madani.5. Peningkatan kesejahteraan rakyat dalam kerangka otonomi daerah.
    Tiga pilar pentingnya pelayananan publik menjadi titik srategis untuk memulai pengembangan dan penerapan good governance diindonesia :1. Pelayanan publik selama ini menjadi ranah dimana negara diwakili pemerintah berinteraksi engan lembaga non pemerintah.2 Pelayanan publik adalah ranah dimana berbagai aspek good governance dapat diartikulasikan secara lebih mudah.3. Pelayanan publik melibatkan kepentingan semua unsur governance.
    wass.........
    nama kelompok 7 prodi : bki
    1. Shofi puji astiti
    2. Nurul khotimah

    BalasHapus
  69. NAMA : EVA YUNITA
    PRODI :AKUNTANSI SYARIAH
    NIM : 26.09.5.2.009



    Assalamu'alaikum Wr. Wb...

    Menurut pendapat saya Good governance adalah pelaksanaan politik, ekonomi, dan administrasi dalam mengelola masalah-masalah bangsa. Pelaksanaan kewenangan tersevut bisa dikatakan baik jika dilakukan dengan efektif dengan efisien, responsif terhadap kebutuhan rakyat dalam suasana demokratis, akuntabel serta transparan...
    Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih berdasarkan prinsip-prinsip pokok goood and clean governance setidaknya dapat dilakukan melalui pelaksanaan prioritas program yakni :
    1. Pengubahan fungsi dan peran lembaga perwakilan
    2. Kemandirian lembaga peradilan
    3. Profesionalitas dan integritas aparatur pemerintah
    4. Penguatan partisipasi masyarakat madani
    5. Peningkatan kesejahteraan rakyat dalam kerangka otonomi daerah
    Tata kelola yang baik dan bersih meniscayakan adanya transparasi di segala bidang. Hal ini untuk mengikis budaya korupsi yang mengakibatkan terjadinya kebocoran dalam anggaran, penggunaan uang negara untuk kepentingan individu atau golongan dan bukan kepentingan kesejahteraan rakyat...

    BalasHapus
  70. nama :Asih puji lestari
    prodi :AKS

    (GOOD & CLEAN GOVERNANCE)
    Pemerintahan yang bersih yaitu pemerintahan yang profesional dalam setiap menjalankan tugas-tugas sebagai wakil rakyat,anti KKN,bekerja dengan hati nurani serta selalu mengedepankan kepentingan rakyat.Bukan mengatur rakyat,tetapi harus menjadi wakil rakyat.Antaranegara dan masyarakat harus selaras,agar tidak terjadi sesuatu yang kebanyakan merugikan rakyat.
    Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa seluruh mekanisme pengelolaan negara harus dilakukan secara terbuka.

    BalasHapus
  71. Heri Susanto
    26.09.5.2.012
    Akuntansi Syariah

    Good governance merupakan wacana baru dalam kosa kata ilmu politik. Secara umum istilah clean and good governance memiliki pengertian akan segala hal yang terkait dengan tindakan atau tingkah laku yang bersifat mengarahkan, mengendalikan atau mempengaruhi urusan publik untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai sebuah paradigma pengelolaan lembaga negara, clean and good governance dapat terwujud secara maksimal jika ditopang oleh dua unsur yang saling terkait : negara dan masyarakat madani yang di dalamnya terdapat sektor swasta.

    BalasHapus
  72. Ningtyas
    26.09.5.2.017
    akuntansi syariah

    menurut saya,
    jika prinsip good&Governance di terapkan secara tegas di negara indonesia dimungkinkan tindakan yang kemungkinan merugikan negara misalnya penyuapan dan korupsi dapat diatasi sehingga negara indonesia bebas dari kemlaratan.

    BalasHapus
  73. romi bagus permadi
    26.09.5.2.024
    akuntansi syariah

    good &clean governance merupakan wacana yang mengiringi gerakan reformasi.karena sering kali dikaitkan dengan tuntutan akan pengelolaan pemerintah yang prefesional,akuntabel, dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).jika di indonesia diterapkan prinsip good & clean governance, mungkin tidak ada tindakan yang merugikan rakyat dan negara yaitu KORUPSI.

    BalasHapus
  74. purwanti
    26.09.5.2.023
    akuntansi syari'ah

    good and clean governance sangat bagus jika diterapkan di indinesia , karena bisa mencegah kemungkinan adanya tindakan tindakan yang merugikan negra seperti,korupsi,kolusi,dan nipotisme,.dan good and clean governance akan terwujud secara maksimal jika ditopang oleh dua unsur yang terkait antara lain masyarakat madani yang didalamnya terdapat sektor swasta.

    BalasHapus
  75. DEKA TRI S
    26.09.5.2.006
    Akuntansi syariah

    dengan adanya sistem good and clean governance pemerintahan akan lebih maju dan berkembang jika dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip good governance seperti 9 aspek yang dirumuskan oleh lembaga administrasi negara, indonesia sendiri untuk pelaksanaanya good and clean governance cukup baik karena sudah dijalankan misalnya dengan adanya lembaga-lembaga seperti KPK, walaupun KPK itu sendiri belum berjalan secara maksimal tetapi pemerintah sudah mempunyai usaha untuk memerangi KKN, itu membuktikan good governance sudah berjalan.

    BalasHapus
  76. Hafid Marzuki
    JEBI/AKS
    26.09.5.2.011


    Perjalanan untuk menuju sebuah pemerintahan yang good and clean governance, memang sulit jika latar/ background SDM negara kita sangat rendah dan tidak berpikir secara rasional, hanya mementingkan nafsu duniawi. Sebetulnya kita hanya menghadapi satu hal kompleks yang membuat moral maupun kondisi ekonomi negara kita bobrok, yakni "KORUPSI". Menurut wacana yang ada, 9 alasan yang menjadi sumber orang melakukan KORUPSI, dan semua alasan ini sangat gamblang dipertontonkan di depan sang pemilik negara, yakni rakyat. Orientasi yang dipikirkan pemerintah yang korup, hanyalah orientasi sempit & maksiat belaka, mereka tidak memikir bagaimana negara ini kedepannya.
    Instansi-instansi lembaga hukum juga sudah ada di negara ini, tinggal bagaimana lembaga-lembaga tersebut memilah dan memilih antara kebenaran dan kesalahan(tapi uang melimpah). Pemerintahan good and clean governance mungkin akan terwujud di Indonesia pada tahun 2200. Karena budaya korupsi sudah mengakar sampai instansi terkecil dalam sebuah negara.

    BalasHapus
  77. nila denicha w
    26.09.5.2.016
    JEBI/AKS

    dapat diartikan sebagai tindakan atau tingkah lakuyang didasarkan pada nilai-nilai yang barsifat mengarahkan , mengendalikan,atau mempengaruhi masalah publik untuk mewujudkan nilai-nalai itu dalam tindakan dan kehidupan keseharian.pemaraintahan yang baik menurut saya yaitu pemerintaha yang baik dalam ukuran proses maupun hasil-hasilnya.

    BalasHapus
  78. nama:nur aisyah turriskyah
    nim:26.09.5.2.019
    prodi: aks

    good and clean governance adalah dambaan dn bisa dikatakan impiaN seluruh masyarakat dan warga negara,, padadasar nya tata pemerintahan yang da sudah cukup baik tapi sayang nya cara pengelolaannya tidak sesuai dengan sistem yang telah da,,, masih banyak kita jumpai dalam dewasa ini sebuah ironi yang cukup mengiris hati, penegakn hukum yang da dinegara ini yang menganak tirikan kaum miskin,, suara mereka tidak di dengar dan aparaur negara sibuk mengurusi kepentingan mereka sendiri,,.. yang kita butuh tidak hanya janji tapi realisasi yang nyata,, bagaiman tanggapan anda selaku dosen civic education sendiri, makasi.. mhon maaf sebelumnya. wassalam

    BalasHapus
  79. Nama : Shella Permata Ratri
    JUr : Dakwah&Komunikasi
    pRodi : BKI
    NIM : 26.09.1.2.008

    Menurut saya, Dalam tata pemerintahan yang baru perlu dikembangkan hubungan yang sinergis antara warga Negara degan pemerintah. Hal ini bisa dilakukan dengan melibatkan warga Negara ikut serta dalam perumusan kebijakan dan implementasinya. Seperti kata cendekiawan Nurcholish Madjid, ditangan partai-partai, reformasi hanya jadi retorika dan hanya efektif untuk membariskan orang. Sementara maknanya tercecer. Nasibnya sama dengan teriakan-teriakan “merdeka” yang mampu membariskan orang untuk bersedia mati untuk perjuangan.
    Strategi untuk memberantas korupsi yang mengedepankan control kepada dua unsure paling berperan di dalam tindak korupsi. Pertama peluang korupsi, kedua keinginan korupsi. Korupsi terjadi jika peluang dan keinginan ada dalam waktu bersamaan, karena itu dua hal itulah yang perlu dikontrol singapura dan Jepang termasuk Negara yang paling ketat dengan ancaman bagi pelnggaran korupsi. Tindakan tersebut diperlukan “shock therapy” untuk membuat tindakan korupsi terhenti . Ombudsman tidak bersaing dengan pengadilan dan bukan pula pengadilan karena peran lembaga ini lebih sebagai lembaga yang mendorong pemerinth untuk memperbaiki pelayanannya melayani masyarakat baik sebagai kewajiban maupun sebagainya kehormatan merupakan dasar bagiu terbentuknya masyarakat yang manusiawi.

    BalasHapus
  80. TRI SUHENI
    AKUNTANSI SYARIAH
    26.09.5.2.029

    Pemerintahan yang baik dan bersih adalan impian semua warga negara indonesia, pemerintah harus senantiasa menjalankam pemerintahan ini dengan mengutamakan kepentingan rakyat. dalam perjalanan pemerintahan saat ini belum berjalan sebagai mana mestinya, hal ini dikarenakan masih kurang baiknya tatanan hukum di indonesia, korupsi marajalela dan pembangunan masyarakat yang kurang merata.

    BalasHapus
  81. KELOMPOK 7
    TATA KELOLA PEMERINTHAN YANG BAIK DAN BERSIH
    TRI SUNEHI
    SUFIARI WULANDARI


    Untk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, seluruh makanisme pengelola negara harus di lakukan secara terbuka.
    mekanisme pengelolaan negara yang harus dilakuakn secara transparan adalah :
    1. penempatan posisi, jabatan, kedudukan.
    2. kekayaan pejabat publik
    3. pemberian penghargaan.
    4. penetapan kebijakan yang terkait dengan pe
    cerahan kehidupan.
    Kontrol masyrkat akan berdampak pada tata pemerintahan yang baik dan efectif secara bersih dari KKN.
    prioritas program yang ditetapkan untuk mewujudan pemerintahan yang bersihadalah :
    1. penguaan peran dan fngsi lembaga perwakilan
    2. kemandirian lembaga peradilan.
    3. profesionalitas dan integritas
    4. penguatan partisipasi masyarakat.
    5. peningkatan kesejhteraan rakyat.

    BalasHapus
  82. ahmad riyadi
    akuntansi syariah
    26.09.5.2.001

    menurut saya pemerintahan baik dan bersih sangatlah perlu di terapkan di negara Indonesia karena semakin maraknya di Indonesia dengan budaya korupsi mungkin kurasa di Indonesia sudah diterapkan tetapi belumlah maksimal sehingga tidak ada efeknya bagi negara Indonesia

    BalasHapus
  83. saiful rochman
    26.0.5.2.025
    akuntansi syariah
    good and clean governance sangat perlu karena akan membuat suatu negara menjadi lebih damai

    BalasHapus
  84. mahmud arifin m.
    26.09.5.2.013
    aks
    assalamualaikum

    dapat diartikan sebagai tindakan atau tingkah lakuyang didasarkan pada nilai-nilai yang barsifat mengarahkan , mengendalikan,atau mempengaruhi masalah publik untuk mewujudkan nilai-nalai itu dalam tindakan dan kehidupan keseharian.pemaraintahan yang baik menurut saya yaitu pemerintaha yang baik dalam ukuran proses maupun hasil-hasilnya.

    BalasHapus
  85. muh. addin b
    26.09.5.2.014
    aks
    Assalamualaikum
    Good governance merupakan wacana baru dalam kosa kata ilmu politik. Secara umum istilah clean and good governance memiliki pengertian akan segala hal yang terkait dengan tindakan atau tingkah laku yang bersifat mengarahkan, mengendalikan atau mempengaruhi urusan publik untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai sebuah paradigma pengelolaan lembaga negara, clean and good governance dapat terwujud secara maksimal jika ditopang oleh dua unsur yang saling terkait : negara dan masyarakat madani yang di dalamnya terdapat sektor swasta

    BalasHapus
  86. exsisca mulandari
    AKS
    26.09.5.2.010

    good and clean governance merupakan wacana yang mengiringi gerakan reformasi. Wacana good and clean governance seringkali dikaitkan dengan tuntutan akan pengelolaan pemerintah yang profesional, akuntabel dan bebas korupsi, kolisi dan nepotisme (KKN).jadi ini sangat bagus apabila diterapkan di Indonesia.

    BalasHapus
  87. anggit faula azmi
    akutansi syariah
    26.09.5.2.002

    menurut saya good governance adalah pelaksanaan politik,ekonomi,dan administrasi negara yang harus dilakukan dengan efejtif efisian dan responsif terhadap kebutuhan rakyat

    BalasHapus
  88. anita sulistyowati
    26.09.5.2.003
    Akuntansi syari'ah

    askum,
    Menurut saya clean and good governance di INdonesia secara teori sudah bagus tp dalam pelaksanaanya masih harus banyak perbaikan,ad beberapa masalah yang membuat Indonesia tidak seperti kata2 clen and governance, contohnya saja apada kasus korupsi...banyak pejabat yang melakukan tindak korupsi tetapi tidak ditindak secara hukum dengan tegas...itu bisa menjadi salah satu penyebab Indonesia kurang baik dimata masyarkatnya

    BalasHapus
  89. Muh Istamar BY
    26.09.5.2.015
    JEBI / Akuntansi Syariah

    Good and Clean Governance merupakan kepemerintahan yang baik dan bersih,yang menjadi acuan dari suatu negara termasuk Indonesia. Akan tetapi hal itu sulit terwujud karena banyaknya penyelewengan hukum,korupsi,penyalahgunaan jabatan,serta keadilan yang oerlu dipertanyakan keadilannya. Bisa dikatakan baik dan bersih jika pemerintahan tersebut dapat terarah, terkendali,dan bebas dari KKN. Sedangkan di Indonesi saja masih banyak koruptor yang merajalela, mulai dari pemerintahan yang paling atas hingga bawah.

    BalasHapus
  90. Kelompok 7
    Anggota :
    Tri Suheni
    Sufiari Wulandari
    Muhammad Adin
    Wisnu A
    EKIS/ Akuntansi Syari'ah

    Partisipasi masyarakat dalam proses politik dan perumusan kebijakan publik memerlukan sistem dan aturan - aturan hukum. Dalam tat pemerintahan yang baru perlu dikembangkan hubungan yang sinergis antara warga negara dengan pemerintah. Strategi untuk memberantas korupsi yang mengedapankan kontrol kepada dua unsur paling berperan di dalam tindak korupsi:
    1. Peluang Korupsi
    2. keinginan Korupsi
    Keberhasialan dalam pelayan publik akan mendorong tingginya dukungan masyarakat terhadap kerja birokrasi

    BalasHapus
  91. SYAIFUL SYA'BAN
    26.09.5.2.027
    AKUNTANSI SYARIAH

    menurut saya pemerintahan yang baik dan bersuh itu ialah pemerintahan yang berwibawa, terbuka atau transparan, bijaksana, adil, dan penegakan hukum yang bersih dari korupsi atau KKNB. birokrasi dalam pemerintahan haruslah ditujukan untuk melayanai dan tetap mengedepankan kenyamanan bagi rakyat

    BalasHapus
  92. kelompok 7
    Wisnu A
    26.09.5.2.032

    Suatu tindakan pemberian kewenangan dari pemerintah kepada badan - badan sukarela, swasta, dan swadaya masyarakat, tetapi dapat pula merupakan peleburan badan pemerintahan menjadi Badan Usaha Swasta. Dalam beberapa kali pemerimntah mentransfer beberapa kegiatan kepada kamar dagang dan industri , koperasi dan asosiasi lainnya untuk mengeluarkan ijin, bimbingan dan pengawasan yang semula dilakukan oleh pemerintah.

    BalasHapus
  93. Azzalia/ KPS-A
    26.10.5.3.018

    Mnurut saya tata kelola pemerintahan kita saat ini belum baik & bersih.
    Karena sekarang korupsi merajalela, terlebih lagi mencuatnya kasus Gayus Tambuna sebagai salah satu bukti bahwa memang negara kita saat ini belum baik & bersih.

    BalasHapus
  94. UMMI NUR HIDAYAH
    26.10.5.3.098
    KPS A

    Assalamualaikum.Wr.Wb
    Menurut saya Good and Clean Governance sebagai wacana bagi pemerintah untuk mewujudkan kepemerintahan yang besih, profesional, akuntanbel dalam segala bidang, serta bebas dari mala praktek yang merugikan negara.
    Dengan adanya Good and Clean Governance pemerintah bisa lebih transparan dalam pelayanan publik, dan bisa meningkatkan kinerja birokasi.

    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  95. Nama : Siti Hendrawati
    NIM : 26.10.5.3.095
    Kelas: JEBI/KPS A

    Assalamu'alaikum...
    Menurut saya teciptanya Good & Clean Governance sangatlah penting di dalam sebuah negara karena dengan terciptanya good & clean governance negara dapat menekan tingkat tindak kriminalitas. Tata kelola kepemerintahan yang kurang baik menyebabkan hukum di sebuah negara tidak berjalan dengan baik sehingga tingkat kriminalitas menjdi meningkat,terutama KORUPSI. Contoh negara kita,selama ini korupsi sudah merajalela di negara kita dan hal tersebut sangat merugikan semua elemen negara. Jadi terwujudnya good & clean governance di negara kita sagatlah diharapkan. Karena kita semua mengharapkan sebuh negara yang bersih dari sesgala tindak kriminalitas.

    BalasHapus
  96. Nama :Nur rifa'i
    Kelas :KPS A
    NIM :26.10.5.3.072

    Assalamu'alaikum.wr.wb

    menurut saya (good and clean governance)atau sering disebut pengelolaan atau tata pemerintahan yang baik dan bersih itu sangatlah penting dan perlu benar-benar ditekankan lagi dalam pelajaran2 dikampus2 agar setiap mahasiswa dan semua orang yg menerima pelajaran tersebut tau akan itu semua,dan yang paling penting adalah para generasi muda karena para generasi mudalah yang akan memegang tata kenegaraan yang akan datang,bukan seperti saat ini dinegara kita Indonesia yang menurut saya masih belum terlalu baik dan bersih,yang masih banyak para pemimpin2 kita saat ini yang menyalahgunakan kepemimpinannya Atau KKN.
    TERIMAKASIEH......

    wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  97. Kelompok 7 civic education
    anggota :
    Aprillia Riqqi Kurniasari (26.10.5.3.010)
    Auliya Rizqi (26.10.5.3.015)
    Galuh Joko Saputro (26.10.5.3.037)
    Rahmah Nurul Hidayah (26.10.5.3.044)
    PBS_A

    TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH (GOOD AND CLEAN GOVERNANCE)
    Assalamu'alaikum wr.wb.

    Secara umum istilah clean and good governance memiliki pengertian akan segala hal yang terkait dengan tindakan atau tingkah laku yang bersifat mengarahkan, mengendalikan, atau mempengaruhi urusan publik untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
    Prinsip demokrasi yang bertumpu pada peran sentral warga negara dalam proses sosial dan politik bertemu dengan prinsip-prinsip dasar good governance, yaitu pengelolaan pemerintahan yang bersih dan berwibawa yang dirumuskan bersama oleh pemerintah dan komponen masyarakat madani.
    9 aspek fundamental dalam good governance yang harus diperhatikan yaitu :
    a. Partisipasi
    b. Penegakan hukum
    c. Transparansi
    d. Responsif
    e. Orientasi kesepakatan
    f. Keadilan
    g. Efektivitas dan Efisiensi
    h. Akuntabilitas
    i. Visi strategis

    Untuk menegakkan rule of law dengan karakter-karakter antara lain :
    a. Supremasi hukum
    b. Kepastian hukum
    c. Hukum yang responsif
    d. Penegakkan hukum yang konsisten dan non diskriminatif
    e. Independensi peradilan
    7 macam korupsi yang biasa dikembangkan dan dilakukan kalangan birokrasi di Indonesia, yaitu :
    a. Transactive corruption
    b. Extortive corruption
    c. Investive corruption
    d. Nepotistive corruption
    e. Defensive corruption
    f. Autogenic corruption
    g. Supportive corruption
    Menurut Gaffar, terdapat 8 aspek mekanisme pengelolaan negara yang harus dilakukan secara transparan yaitu ;
    a. Penetapan posisi, jabatan atau kedudukan
    b. Kekayaan pejabat publik
    c. Pemberian penghargaan
    d. Penetapan kebijakan yang terkait dengan pencerahan kehidupan
    e. Kesehatan
    f. Moralitas para pejabat dan aparatur pelayanan publik
    g. Keamanan dan ketertiban
    h. Kebijakan strategis untuk pencerahan kehidupan masyarakat.
    Menurut Kumorotomo, pemerintah dapat melakukan generalisasi terhadap kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat yang universal, dengan prinsip-prinsip sebagai berikut :
    a. Kebahagiaan terbesar bagi jumlah besar
    b. Mengangkat kondisi dasar kemasyarakatan terutama bagi mereka yang paling tidak beruntung
    c. Melakukan segala sesuatu yang membuat semua orang menjadi lebih baik, atau setidaknya tidak seorang pun menjadi lebih buruk.
    Jajaran birokrasi pemerintah harus mengembangkan beberapa sikap anatar lain:
    a. Optimistik
    b. Keberanian
    c. Keadilan yang berwatak kemurahan hati.
    beberapa hal yang menjadi akar permasalahan korupsi antara lain:
    a. Kemiskinan
    b. Kekuasaan
    c. Budaya
    d. Ketidaktahuan
    e. Rendahnya kualitas moral suatu masyarakat
    f. Lemahnya kelembagaan politik di suatu negara.
    g. Korupsi terjadi karena menjadi penyakit bersama.
    Beberapa hal yang diakibatkan dari perilaku korupsi :
    1. tindak korupsi mencerminkan kegagalan mencapai tujuan yang ditetapkan pemerintah.
    2. Korupsi akan segera menular ke sektor swasta dalam bentuk upaya mencari laba dengan cepat.
    3. Korupsi mencerminkan kenaikan harga administrasi
    4. dan lain sebagainya.

    wasalamu'alikum wr.wb.

    BalasHapus
  98. NAMA : miftahudin amin
    NIM : 261053067
    prodi : KPS A

    menurut saya

    Didalam suatu negara demokrasi yang mulai berkembang di era reformasi ini, sesuai dengan yang diamanatkan oleh konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maka dibutuhkan kepemimpinan yang transformatif (memiliki keterbukaan) dari para pejabat badan publik sebagai pelaksana penyelenggaraan negara. Sehingga sudah sepatutnya mulai menggembangkan budaya keterbukaan yang konstruktif dalam pelaksanaan manajemen negara. Tujuannya masyarakat secara pasti dapat mengetahui hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

    BalasHapus
  99. PUJI LESTARI
    26.10.5.3.074
    KPS A

    menurut saya Good and Clean Governance sebagai wacana bagi pemerintah untuk mewujudkan kepemerintahan yang bersih, profesional, akuntanbel dalam segala bidang, serta bebas dari mala praktek yang merugikan negara.
    Dengan adanya Good and Clean Governance pemerintah bisa lebih transparan dalam pelayanan publik, dan bisa meningkatkan kinerja birokasi.

    BalasHapus
  100. Putri Arum w
    KPS^A^
    26.10.5.3.077

    Menurut saya

    Tata kelola pemerintahan yang baik harus dilaksanakan disemua negara khususnya Indonesia. Karena dengan adanya tatakelola pemerintahan yang baik akan menimbulkan transparasi disegala bidang. ApalagiIndonesia saat ini sedang dilanda masalah yang besar yaitu KKN.
    Jika tata kelola yang baik itu bisa diterapkan akan membuat budaya korupsi berangsur0angsur berkurang atau hilang danakan membuat masyarakat menjadi sejahtera.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  101. Nama:Hidayatul Hasanah
    Kelas:KPS/A
    NIM:26.10.5.3.044
    Menurut saya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dinegara kita belum maksimal karena sedang dalam proses. Dalam bidang politik banyak dijumpai suap-menyuap dan korupsi sedang merajalela, namun KPK juga tidak kalah untuk menyelidikinya. Bidang ekonomi terjadi adanya pihak produsen yang hanya memikirkan keuntungan semata, sebab para produsen tidak memandang apakah bahan yang digunakan sudah sesuai dengan aturan BPOM namun pemerintah juga tak tinggal diam melalui BPOM mereka menyelidiki setiap pasar-pasar. dan juga dalam bidang lainnya belum maksimal
    Maka dari itu dibutuhkan kesadaran pada setiap manusia. Manusia harus kembali pada tata cara yang terdapat pada ajaran agama yang penuh dengan pedoman hidup yang baik dan bersih.

    BalasHapus
  102. Nama : Ghulam Fadhlillah Darma Putra
    NIM : 26.10.5.3.038
    Prodi : KPS A

    Menurut saya tat kelola pemerintahan yang baik dan bersih belum diterapkan sepenuhnya di indonesia.
    Karna masih banyak penyimpangan-penyimpangan yang terjadi.
    Contohnya kasus korupsi,kolusi dan nepotisme.
    Kita sebagai warga yang baik haruz memberantas semua itu agar negara kita bisa sejahtera.
    Banyak cara contohnya ikut mengawasi dan mengamati keuangan negara.
    Sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf

    BalasHapus
  103. Nama:Iin Aji Purwitasari
    NIM : 26.10.5.3.046
    Prodi: KPS A

    Menurut saya dengan banyaknya korupsi yang ada di Indonesia,seharusnya pemerintah lebih tegas dalam menanggapi hal tersebut.
    Dan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita-cita good governance di butuhkan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah.
    Masyarakat harus selalu taat pada hukum yang sudah ada dan pemerintah harus memahami kebutuhan masyarakat dengan mempelajari dan menganalisa kebutuhan-kebutuhan masyarakat.

    BalasHapus
  104. santi susilowati
    26.10.5.3.091
    kps A


    Menurut saya,tata kepemerintahan yang baik dan bersih atau Good and Clean Governance harus dijalankan semaksimal mungkin oleh kalangan birokrasi atau kalangan pemegang kekuasaan dan juga harus didukung oleh masyarakat. Kalau semua sudah maksimal maka pemerintah akan selalu memegang teguh peraturannya yakni (bebas KKN).

    BalasHapus
  105. NAMA :arief setiyawan
    NIM :26.10.5.3.011
    prodi :KPS A

    menurut saya.....
    Untuk membentuk pemerintah yang baik dan bersih tidak mungkin dilakukan satu orang. Perlu kesamaan visi organisasi keseluruhan. Organisasi itu terdiri atas kumpulan individu. Yang paling penting pintu masuknya. Saya meyakinkan visi bahwa pemerintahan yang baik dan bersih dengan konsep pelayanan harus kita lakukan dengan tuntutan pemerintah yang bersih. Tuntutan perubahan itu bagaikan bola salju. Siapa pun tidak akan mampu menghentikan. Itu saya pahamkan dan minta dukungan dari temen-temen bahwa Indonesia membutuhkan pemerintah yang baik dan bersih. Kekuasaan bukan penguasaan politik, tetapi kekuasaan sebagai wakaf politik.

    BalasHapus
  106. Rossi Amalia/KPS A
    26.10.5.3.088
    Assalamu'alaikum

    Menurut saya pemerintahan yang baik itu yang mempunyai sifat yang prefesional, jujur, adil, dan tanggung jawab. Dan suatu pemerintahan dinyatakan baik yang dapat menghilangkan sistem KKN dan menyelamatkan rakyat-rakyat jelata.

    BalasHapus
  107. Nama : Diyah Mulyani
    Kelas : KPS A
    Nim : 261053028

    Menurut pendapat saya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih harus sesuai dengan cita cita good governance (mengarahkan,mengendalikan) dari unsur yang saling terkait yaitu negara dan masyarakat madani yang terdapat di sektor swasta. Seluruh mekanisme pengelolaan negara harus dilakukan secara terbuka.Dalam tata pemerintahan perlu dikembangkan hubungan yang sinergis antara warga negara dengan pemerintah.Kontrol masyarakat akan berdampak pada tata pemerintahan yang baik,efektiv dan bersih dari KKN.

    BalasHapus
  108. nama: siti affifatul issaroh
    nim : 26.10.5.3.094
    prodi: PBS_A

    assalamkum.....

    Pengelolaan atau tata pemerintahan yang baik dan bersih adalah suatu sistem pemerintahan yang sangat diperlukan diera globalisasi ini, tidak dipungkiri sebagai negara yang telah merdeka memerlukan suatu sistem yang jelas dari pemerintahan itu sendiri.
    Banyak penyelewengan atas tindakan para pejabat tidak beradab:seperti kita lihat koruptor merajalela tidak hanya para pejabat, pengusaha, dan orang-orang dewasa tapi anak kecilpun sudah banyak melakukan tindakan korupsi dan masih banyak lagi tindakan-tindakan yang mengurangi good gavernance. ini adalah salah satu gambaran negara di indonesia, maka sangat diperlukan sekali pendidikan tentang tatanan kenegaraan yang baik,bersih, dan berwibawa sejak dini...


    wassalam.......

    BalasHapus
  109. nama:M.IQBAL.F
    NIM :26.10.5.3.059
    KLAS:kpsA


    .......... Good and clean governance istilah
    di era globalisasi belum tetap di pakai untuk tatanan pemerintah sekaranng ini .........
    semenjak pertngahan tahun 1998 pemernhan soekarno lengser akibat tatanan pemerintahaan yang kurang ber ASPEK islam ..berakibat memicu berbagai aksi-aksi kerusuhan ,kemiskinan,kaum buruh merajalela ...........??? mungkin istilah sekarang KORUPSI .......... islam di sinilah sangat berperan penting untuk menciptakan GOOD and clean governance pemerintahan di indonesia ......... supaya terlahirkan peradapan yang baru dan Masyarakat madani .......

    BalasHapus
  110. Nama : Mardhiyaturrositaningsih
    NIM : 26.10.5.3.063
    Prodi : KPS A

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Tata Kelola Kepemerintahan Yang Baik dan Bersih ( Good & Clean Governance ) menurut saya, belum sepenuhnya dilakukan oleh pemerintahan kita karena masih banyak terjadi tindakan-tindakan penyalahgunaan wewenang oleh para pemimpin yang kini sering terjadi tindak korupsi, kolusi, nepotisme (KKN).

    Dan parahnya di Indonesia hal semacam ini merupakan tindakan yang sulit untuk di kendalikan walaupun sudah ada hukum yang berjalan namun tidak membuat orang-orang takut untuk melakukan tindak KKN.

    Tindakan yang dilakukan pemerintah kita dalam melaksakan pemerintahan yang baik dan bersih yakni dengan membentuk badan KPK tapi dalam kenyataannya lembaga ini belum bekerja secara maksimal.Tindak KKN sebenarnya dapat diatasi dengan adanya hubungan yang baik antara warga negara dengan pemerintah.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  111. NAMA :FITRI YANI
    JURUSAN :EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
    PRODI : PBS
    NIM: 26.10.5.3.036

    Menurut saya tata kelola kepemerintaham yang baik dan bersih akan berdampak pada masyarakat.Keberhasilan dan pelayanan publik akan mendorong tingginya dukungan masyarakat terhadap kerja birokrasi.dan juga Hendaknya korupsi harus dibrantas.karena akan berdampak kesektor swasta dalam bentuk upaya mengejar keuntunhan yang banyak. atau melemahkan investasi dalam negeri. dan dengan demikian mengurangi partisipasi dan pertumbuhan sektor swasta.

    BalasHapus
  112. Yanni Utami/KPS A
    26.10.5.3.102
    Assalamu'alaikum

    Menurut saya pemerintahan yang baik itu adalah pemerintahan yang berdasarkan pada sistem hukum pemerintahan itu sendiri, dengan menjalankannya dengan baik dan benar tanpa adanya KKN.
    Di Indonesia sendiri belum menerapkannya dengan baik karena KKn masih merajalela, contohnya kasus gayus tambunan. Kita sebagai warga Indonesia seharusnya bertindak tegas dengan hukum.

    BalasHapus
  113. NAMA : MUHAMAD KHOJIN
    PRODI: PBS.A
    NIM : 25.10.5.3.069

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    menurut saya semua warga negara sangat menginginkan suatu pemerintahan yang bersih dari KKN (korupsi kolusidan nepotisme ) bahkan keinginan itu sudah di bukukan sejak tahun kemerdekaan negara indonesia.jadi sebenarnya antara pemerintah dan warga negara sangat menginginkan terwujudnya negara yang pemerintahannya bersih dari KKN, yang adil,makmur dan mensejahterakan rakyatnya. namun hal itu belum bisa terwujud 100%,hal itu terjadi karena moral manusianya yang kurang mendukung.denagn melihat fakta yang ada di lapangan tentu kita sebagai generasi penerus harus bisa mengubah keadaan yang lebih baik.semoga cita - cita ini bisa terwujud.

    BalasHapus
  114. Nama :Moh.Abdut Tawab
    NIM :20.10.5.3.057
    Prodi:KPS A



    Dgan adanya clean & good governance.....pemerintah harus memahami sgala kebutuhan masyarakatnya , jgan menunggu mereka menyampaikan keinginan-keinginanya , tapi pemerintah harus secara langsung terjun kpada masyarakatnya......dan demi kpentingan bersama CLEAN & GOOD GOVERNANCE harus dilakukan dgan efektif dan efisien.

    BalasHapus
  115. NAMA : SRI ENDARTI
    NIM : 26.10.5.3.096
    PRODI: KPS A

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Setelah membaca materi bab 7 tentang TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH, dapat saya simpulkan bahwa tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih tidak hanya baik dan bersih dalam prosesnya tetapi juga baik dan bersih hasil - hasilnya.

    Pemerintahan juga dikatakan baik apabila pembangunan dapat dilakukan dengan biaya yang sangat minimal namun dengan hasil yang maksimal.

    Selain itu pemerintahan dikatakan baik apabila produktifitasnya bersinergi dengan peningkatan indikator kemampuan ekonomi rakyat.

    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  116. NAMA :AJI PURWO KUSUMO
    NIM :26.10.5.3.002
    PRODI:KPS A

    assalamuallaikum wr.wb

    Prinsip tata kelola pemerintahan yang baik secara teori telah banyak dibahas oleh banyak kalangan, namun pengamatan secara rinci dalam praktek belum banyak dilakukan
    INDONESIA di tengah dinamika perkembangan global maupun nasional, saat ini menghadapi berbagai tantangan yang membutuhkan perhatian serius semua p1hak. Good Governance atau tata pemerintahan yang balk, merupakan BAgian dari paradigma baru yang berkembang dan memberikan nuansa/suasana yang cukup mewarnai terutama setelah krisis multi dimensi seiring dengan tuntutan era reformasi. Situasi dan, kondisi ini menuntut adanya kepemimpian nasional masa depan, yang diharapkan mampu menjawab tantangan bangsa Indonesia mendatang.untuk menciptakan pemerintahan yang baik perlu dukungan dan partisipasi seluruh masyarakatnya

    wassalamuallaikum wr.wb

    BalasHapus
  117. nama: siti affifatul issaroh
    nim : 26.10.5.3.094
    prodi: PBS_A

    assalamkum.....

    Pengelolaan atau tata pemerintahan yang baik dan bersih adalah suatu sistem pemerintahan yang sangat diperlukan diera globalisasi ini, tidak dipungkiri sebagai negara yang telah merdeka memerlukan suatu sistem yang jelas dari pemerintahan itu sendiri.
    Banyak penyelewengan atas tindakan para pejabat tidak beradab:seperti kita lihat koruptor merajalela tidak hanya para pejabat, pengusaha, dan orang-orang dewasa tapi anak kecilpun sudah banyak melakukan tindakan korupsi dan masih banyak lagi tindakan-tindakan yang mengurangi good gavernance. ini adalah salah satu gambaran negara di indonesia, maka sangat diperlukan sekali pendidikan tentang tatanan kenegaraan yang baik,bersih, dan berwibawa sejak dini...


    wassalam.......

    BalasHapus
  118. Nama : M.Hanung.M.H
    NIM : 26.10.5.3.058
    Prodi : KPS A

    Menurut saya tat kelola pemerintahan yang baik dan bersih belum diterapkan sepenuhnya di indonesia karna belum sesuai apa yang di ajarkan oleh islam.
    Akibatnya terjadilah banyak penyimpangan-penyimpangan.
    misalnya kasus korupsi,kolusi dan nepotisme.
    Seharusnya kita sebagai warga yang baik wajib memberantas semua itu agar negara kita bisa menjadi negara yang adil makmur dan sejahtera.
    Sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf

    BalasHapus
  119. NAMA : Galuh J.S
    NIM : 261053037
    prodi : KPS A

    assalamualaikum wr.wb

    menurut saya

    Banyak penyelewengan atas tindakan para pejabat tidak beradab:seperti kita lihat koruptor merajalela tidak hanya para pejabat, pengusaha, dan orang-orang dewasa tapi anak kecilpun sudah banyak melakukan tindakan korupsi dan masih banyak lagi tindakan-tindakan yang mengurangi good gavernance. ini adalah salah satu gambaran negara di indonesia, maka sangat diperlukan sekali pendidikan tentang tatanan kenegaraan yang baik,bersih, dan berwibawa sejak dini...

    BalasHapus
  120. Nama : Dyah taufiq baiduri
    NIM : 26.10.5.3.031
    PRODI: KPS A

    ASSALAMUALLAIKUM WR. WB

    Tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih ( good & clean governance )merupakan pelaksanaan politik, ekonomi, dan administrasi dalam mengelola masalah - masalah bangsa. pelaksanaan kewenangan tersebut bisa dikatakan baik jika dilakukan dengan efektif dan efisien, responsif terhadap kebutuhan rakyat, dalam suasana demokratis akuntabel serta transparan.
    untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita dan good gofernance, seluruh mekanisme pengelolaan negara harus dilaksanakan secara terbuka.

    Tetapi di zaman sekarang ini pemerintahan indonesia belum melaksanakkan pemerintahan yang baik dan bersih contohnya terjadi tindakan KKN yang semakin merajalela.

    Sebagai sebuah paradigma pengelolaan lembaga negara, clean and good governance dapat terwujud secara maksimal jika ditopangi oleh dua unsur yang saling terkait: negara dan masyarakat madani yang di dalamnya terdapat sektor swasta.

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  121. Nama :Vike Vidi Hastuti
    Nim :26.10.5.3.100
    Kelas:Jebi/KPS A
    ASSALAMUALAIKUM WR,WB,
    Menurut saya"GOOD & CLEAN GOVERNANCE"merupakan suatu sistem yang sangatlah penting dalam pengelolaan lembaga pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat.Dimana di dalamnya terdapat unsur yang terkait dengan tingkah laku yang bersifat mengarahkan,mengendalikan dan mempengarui urusan publik,pelaksanaan unsur tersebut akan menjadi baik jika dilakukan secara efektif& efisien,di Indonesia justru unsur tersebut disalah pergunakan oleh lembaga tinggi,seperti sistem mekanisme pengelolaan negara yang dilakukan secara tertutup,penyuapan dana,perjanjian yang tak ada buktinya dll,hal itu menyebabkan ketidakjelasan dalam pengelolaan kepemerintahan.seperti terjadinya praktek KKN yang kini sedang maraknya di Indonesia.Untuk itu kita sebagai generasi muda,kita harus mempersiapkan diri untuk memperbaiki hal tsb demi GOOD & CLEAN GOVERNANCE dari sistem pemerintahan yang terjadi sekarang ini..
    WASSALAMUALAIKUM,WR.WB,

    BalasHapus
  122. Nama :Jati Subagtriyani
    NIM :26.10.5.3.050
    Kelas:JEBI/KPS A
    Assalamu'alaikum,,,,,,,,,-
    menurut saya mengenai good&clean governance adalah jika disuatu negara memiliki pemerintahan yang baik apabila dinegara tersebut bersih dari adanya KKN.

    BalasHapus
  123. nama:an marissa akhadiah
    nim: 26.10.5.3.005
    jurusan: JEBI / KPS A

    assalamu'alaikum
    menurut saya tata pemerintahan yang bersih itu harus diiringi dengan pemerintahan yang bersih pula,
    entah dari para anggota kepemerintahan maupun rakyatnya.
    jikapara pemimpin tidak bersih,
    bagaimana dengan para rakyatnya??
    bisa ikut-ikutan tidak bersih pula...
    karena pemerintah adalah pimpinan rakyat,

    tegaknnya teta pemerintahan yang bersih harusnya para pemimpinya di carai yang benar benar ikhalas dalam menjalani tugas..

    jangan samapi tergiyur oleh iming iming dunia semata,
    karena mengurus rakyat adalah tanggung jawab pemerintah..
    rakyat sengsara pemerintah neraka..

    BalasHapus
  124. nama : Annisa
    Nim 26.10.5.3.009
    Prodi KPSA

    menurut saya dengan adanya sistem tata kelola negara yang baik akan memberikan dampak yang baik pula bagi negara yg dikelola.negara itu akan semakin teratur dan maju sesuai dengan apa yang diharapkan

    BalasHapus
  125. NAMA : Dewi Utarri
    prodi: KPS A
    NIM : 26.10.5.3.024

    Assalamualaikum wr.wb

    Setelah saya membaca bab 7 tentang TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH saya berpendapat bahwa GOOD GOVERNANCE adalah pelaksanaan politik,ekonomi dan administrasi dalam mengelola masalah bangsa. pelaksanaan kewenangan tersebut bisa dikatakan baik(good atau sound)jika dilakukan dengan efektif dan efisien,responsif terhadap kebutuhan rakyat,dalam suasana demokratif,akuntanbel serta transparan.

    untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita good governance seluruh mekanisme pengelolaan negara harus dilakukan secara terbuka.

    Tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih meniscayakan adanya transparansi di segala bidang.

    Wassalamu alaikum wr.wb

    BalasHapus
  126. nama : maulani indriyati
    nim : 26.10.5.3.064
    prodi: KPS-A

    Assalamu'alaikum wr wb

    menurut saya,,Tata Kelola Kepemerintahan yang Baik dan Bersih merupakan wacana yang mengiringi gerakan reformasi.sabagai pemerintah yang professional dan akuntabel,ketika wacana demokrasi berkembang menjadi kesadaran umum masyarakat indonesia.suatu pemerintah dikatakanbaik jika produktifitas bersinergi dengan peningkatan indikator kemampuan ekonomi rakyat baik dalam aspek proktifitas,daya beli,maupun kesejahteraan spiritualitasnya.

    wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  127. NAMA : NOVITA WIJAYANTI
    NIM : 26.10.5.3.070
    PRODI : KPS /A

    Assalammualakum.wr.wb

    good and clean govermence merupakan acuan suatu negara untuk menuju pemerintahan yg bersih,profesional,dan bebas dari mala praktek yg merugikan negara.
    tp di negara kita good and clean govermance belum diterapkan sepenuhnya karena masih banyak penyimpangan-penyimpangan dan pelanggaran-pelanggaran yg dilakukan oleh para pemimpin kita, sebagai contohnya adalah kasus korupsi yg sudah mendarah daging, penyalah gunaan kekuasaan,ketidak adilan,maraknya kasus penyuapan dan masih banyak lagi...,

    saya berharap semoga suatu saat nanti indonesia benar-benar bisa menerapkan tata kelola kepemerintahan yg baik dan bersih

    wassalammualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  128. Annafi Azizah
    26.10.5.3.008
    KPS A

    Setelah sya mmhami mteri tntang Tata Kelola Kepemerinthan yg Baik dan Bersih,,,menurut sya cntoh kpmerinthan itu sperti kepemerintahan yg bersih tnpa adanya korupsi,,,kkn dan kcurangan lain didalamnya,,,,dan mnurut sya negra kita Indo. blom mengndung cra kpemerinthan yg baek dan bersih,,sprti kita ktahui msih bnyaknya krupsi d kpmerinthan baek d daerah daer4ah kecil maupun d pemerintah pusat..Dan saya brhrap Indo. akan sgera bersih dan baik dlam tata kelola kpemerintahannya,,dgn jlan sperti pnegakan hukum yg adil bagi pra koruptor.

    BalasHapus
  129. Puput dwi I
    KPS A
    26.10.5.3.076
    setelah sy mmhami ttg tata kelola kepemerintahan yg bae dan brsii, adalah suatu pemerintahan yg bbs dr kkn ,ato kcurangn" d dlm ngr tsb. dan untuk ngr qt sndr yaitu indonesia blm bs mndptkan predikat sbg ngr yg bae dan brsih. krn d ngr qt msh bnyag pnyimpangan dlm kepemerintahan .

    BalasHapus
  130. jonathan pratiwi
    26.10.5.3.053
    KPS A
    menurut saya tata kelola pemerintahan yg baik dan bersih(good&clean governance)
    adl pelaksanaan politik ekonomi dan adtministrasi dlm mengelola bangsa2 pelaksanaan kewenangan tersebat bsa dlakukan efisien responsif tehadap kebutuhan rakyat dlm suasana demokrasi serta trasparan

    BalasHapus
  131. Nama:Jevi Gusmiati
    Jur.:Ekonomi
    Prodi:KPS
    Kelas:KPS A
    NIM:26.10.5.3.051
    Asalamualikum wr.wb
    Istilah clean and good governance(pengelolaan atau tata pemerintah yang bersih dan baik) merupakan wacana yang mengiringi gerakan reformasi.Wacana ini sering kali dikatakan dengan tuntutan untuk mengelola pemerintah yang profesional,akuntabel,dan bebas KKN.Sayangnya di negara kita itu belum terwujud sama sekali.Pemerintah yang profesional belum bisa diwujudkan dan dari pusat sampai ke daerah-daerah pun terjadi KKN.Wacana ini hanyalah diatas kertas belaka,sekedar formalitas.Untuk mendidik putra-putri bangsa tanpa adanya tindakan nyata dari pemerintah itu sendiri.
    Demikianlah komentar saya mengenai bab 7
    Sekian dan terima kasih
    Wasalamualikum wr.wb

    BalasHapus
  132. USWATUN HASANAH
    RIRIN PITA SARI
    ALDIAN YUSUF
    MAHIRO DACHOLAL JANAH
    AZIZ ZULLAH
    RETNO ROYANI
    NURI WIJAYANTI

    BAB 7
    TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH(GOOD & CLEAN GOVERNANCE)

    Pengertian Good Governance
    Good governance merupakan kosakata baru dalam politik, muncul pada awwal tahun 1990-an,dan secara umum mengandung pengertian akan segala hal yang terkait dengan tindakan atau tingkah laku yang bersifat mengarahkan, mengendalikan, atau mempengaruhi urusan public untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    Prinsip- prinsip Pokok Good & Governance

    Untuk merealisasikan pemerintahan yang professional dan akuntabel yang bersandar pada prinsip-prinsip good governance, Lembaga Administrasi Negara merumuskan sembilan aspek fundamental dalam good governance yang harus diperhatikan :
    •Partisipasi (participation)
    •Penegak hukum( rile of law )
    •Transpparasi (transparency )
    •Responsive (responsiveness)
    •Orientasi kesepakatan (consensus orientation )
    •Keadilan (equity)
    •Efektifitas (effectiveness) dan etesiensi (eficiensy)
    •Akuntabilitas (accountability)
    •Visi strategi (strategic vision )

    Penegak Hukum ( Rule of Law )

    Santoso menegaskan bahwa proses mewujudkan cita good governance harus diimbangi dengan komItmen untuk menegakkan rule of law dengan karakter-karakter antara lain sebagai berikut:
    1.Supremasi hukum (the supremacy of law)
    2.Kepastian hukum (legal certainty)
    3.Hukum yang responsive
    4.Penegakan hukum yang konsisten dan non-diskriminatif
    5.Independensi peradilan

    Transparansi ( transparency )

    Transapansi (keterbukaan untuk umum ) adalah unsur lain yang menopang terwujudnya good governance yang akan menghasilkan pemerintahan yang bersih ( clean governance).
    Menurut Gaffar ada 8 mekanisme pengelolahan Negara yang harus dilakukan secara transparan:
    a.Penetapan posisi, jabatan atau kedudukan
    b.Kekayaan pejabat public
    c.Pemberian penghargaan
    d.Penetapan kebijakan yang terkait dengan pencerahaan kehidupan
    e.Kesehatan
    f.Moralitas para pejabat dan aparatur pelayan public
    g.Keamanan dan ketertiban
    h.Kebijakan strategis untuk pencerahan kehidupan masyarakat

    Responsif (responsive)

    Asas responsive adalah bahwa pemerintah harus responsive terhadap persoalan-persoalan masyarakat. Affan menegaskan bahwa pemerintah harus memahami kebutuhan masyarakatnya, jangan menunggu mereka menyampaikan keiunginan-keinginannya, tapi meraka secara proaktif mempelajari dan menganalisa kebutuhan-kebutuhan masyarakat, untuk kemudian melahirkan berbagai kebijakan strategis guna memenuhi kepentingan umum.

    BalasHapus
  133. KELOMPOK_7
    PBS_B
    Disusun oleh:

    USWATUN HASANAH
    RIRIN PITA SARI
    ALDIAN YUSUF
    MAHIRO DACHOLAL JANAH
    AZIZ ZULLAH
    RETNO ROYANI
    NURI WIJAYANTI

    BAB 7
    TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH(GOOD & CLEAN GOVERNANCE)
    Pengertian Good Governance
    Good governance merupakan kosakata baru dalam politik, muncul pada awwal tahun 1990-an,dan secara umum mengandung pengertian akan segala hal yang terkait dengan tindakan atau tingkah laku yang bersifat mengarahkan, mengendalikan, atau mempengaruhi urusan public untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    Prinsip- prinsip Pokok Good & Governance
    Untuk merealisasikan pemerintahan yang professional dan akuntabel yang bersandar pada prinsip-prinsip good governance, Lembaga Administrasi Negara merumuskan sembilan aspek fundamental dalam good governance yang harus diperhatikan :
    •Partisipasi (participation)
    •Penegak hukum( rile of law )
    •Transpparasi (transparency )
    •Responsive (responsiveness)
    •Orientasi kesepakatan (consensus orientation )
    •Keadilan (equity)
    •Efektifitas (effectiveness) dan etesiensi (eficiensy)
    •Akuntabilitas (accountability)
    •Visi strategi (strategic vision )

    Penegak Hukum ( Rule of Law )
    Santoso menegaskan bahwa proses mewujudkan cita good governance harus diimbangi dengan komItmen untuk menegakkan rule of law dengan karakter-karakter antara lain sebagai berikut:
    1.Supremasi hukum (the supremacy of law)
    2.Kepastian hukum (legal certainty)
    3.Hukum yang responsive
    4.Penegakan hukum yang konsisten dan non-diskriminatif
    5.Independensi peradilan

    Transparansi ( transparency )
    Transapansi (keterbukaan untuk umum ) adalah unsur lain yang menopang terwujudnya good governance yang akan menghasilkan pemerintahan yang bersih ( clean governance).
    Menurut Gaffar ada 8 mekanisme pengelolahan Negara yang harus dilakukan secara transparan:
    a.Penetapan posisi, jabatan atau kedudukan
    b.Kekayaan pejabat public
    c.Pemberian penghargaan
    d.Penetapan kebijakan yang terkait dengan pencerahaan kehidupan
    e.Kesehatan
    f.Moralitas para pejabat dan aparatur pelayan public
    g.Keamanan dan ketertiban
    h.Kebijakan strategis untuk pencerahan kehidupan masyarakat

    BalasHapus
  134. lanjutan.....
    kelompok _7
    PBS_B
    Responsif (responsive)
    Asas responsive adalah bahwa pemerintah harus responsive terhadap persoalan-persoalan masyarakat. Affan menegaskan bahwa pemerintah harus memahami kebutuhan masyarakatnya, jangan menunggu mereka menyampaikan keiunginan-keinginannya, tapi meraka secara proaktif mempelajari dan menganalisa kebutuhan-kebutuhan masyarakat, untuk kemudian melahirkan berbagai kebijakan strategis guna memenuhi kepentingan umum.

    Konsesus (consensus)
    Asas ini menyatakan bahwa keputusan apapun harus dilakukan melalui proses musyawarah melalui konsesus.model pemgambilan keputusan tersebut, selain dapat memuaskan semua pihak atau sebagian besar pihak, juga akan menjadi keputusan yang mengikat dan milik bersama, sehingga memiliki kekuatan memaksa bagi semua komponen yang terlibat untuk melaksanakan keputusan tersebut.
    Akuntabilitas (Accountability)
    *akuntabilitas horisontal
    *akuntabilitas vertikal

    CLEAN AND GOOD GOVERNANCE DAN KONTROL SOSIAL
    Sejalan dengan prinsip demokrasi, partisipasi, masyarakat dalam berbagai aktivitas merupakan salah satu tujuan dari implementasi good and clean governance, sebab keerlibatan itu akan melahirkan kontol masyarakat terhadap jalannya pengelolaan lembaa pemerintah untuk menciptakan pemerintah yang baik dan bersih dapat dilakukan melalui pelaksanaan proiritas program:
    a. pemguatan fungsi dan peran lembaga perwakilan.
    b. kemandirian lembaga peradilan
    c. profesionalitas dan integritas aparatur pemerintah
    d. penguatan partisipasi masyarakat madani
    e. peningkatan kesejahteraan rakyat dalam kerangka otonomi daerah.

    TATA KELOLA KEPERINTAHAN YANG BERSIH (CLEAN GOVERNANCE)DAN GERAKAN ANTI KKN
    Akar masalah terjadinya korupsi adalah:
    1. kemiskinan
    2. kekuasaan
    3. budaya
    4. ketidaktahuan rendahnya kualitas moral suatu masyarakat

    MEKANISME PENAGGULANGAN KORUPSI
    Dapat dilakuakn dengan cara:
    1. dari sisi politik :political will & political action
    2. penegakan hukum secara adil
    3. membangun lembaga-lembaga yang mendukung upaya pencegaahan korupsi
    dll

    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA BIROKRASI
    Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja suatu birokrasi antara lain:manajemen organisasi dalam menerjemahkan dan menyelaraskan tujuan birokrasi,budaya kerja,dan organisasi pada birokrasi kualitas sumber daya manusia yang dimiliki birokras, kepemimipinan birokrasi yang efektif, dan koordinasikerja pada birokrasi.

    BalasHapus
  135. NAMA: MUFLIKHATUN
    NIM : 26.10.5.3.068
    KELAS: PBS-B


    Asslmkm......
    Menurut saya, kepemimpinan yang baik perlu diterapkan dalam mewujudkan ketatanegaraan. agar terciptanya negara yang: damai ,makmur, dan sejahtera.seperti tujuan dari negara itu senndiri.
    Bila pemimpinnya rusak moralnya, atau kinerjanya, maka sistempun akan rusak dan tidak terkendali.
    lalu bagaimana cara menumbuhkan sifat yang berkarakter kepada seorang pemimpin????????? sedangkan orang itu sendiri tidak mau dikritik dan tidak mau diatur.

    Mohon jawabannya.....

    jazzakumullah

    wasslkm......

    BalasHapus
  136. feri budi santoso
    26.10.5.3.035
    PBS_B
    assalamualikum
    jadi dengan adanya TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH(GOOD & CLEAN GOVERNANCE),diharapkan suatu negara tersebut dapat menjadi negara yang makmur tanpa ada nya "PERDEMOAN",karena sudah terjadi keadilan,dan sejalannya pemikiran pemerintah dan masyarakat.
    wassalamualikum

    BalasHapus
  137. febri ayu N.R
    26.10.5.3.034
    PBS_B
    assalamualikum
    menurut saya sebuah tata negara yang baik dan bersih sangat di perlukan dalam kehidupan bernegara, karna dengan adanya sebuah tatanan,itulah negara tersebut dapat lebih harmonis dengan para masyarakatnya,dan tak adalagi sebuah perang dingin antar masyarakat dan pemerintah yang ingin saling menjatuhkan satu sama lain yang hanya ingin kekuasaan.
    wassalamualaikum

    BalasHapus
  138. NAMA:DITA CHANIAGO
    NIM:26.10.5.3.027
    PBS_B
    assalmualiakum...

    Good governance adalah sebuah bentuk kesadaran akan tanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya alam serta dalam menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Good governance juga ada, bila negara bisa menjamin keamanan warganya. Begitu pula bila para birokrat menggunakan jabatannya untuk melayani masyarakat luas, bukan untuk memperkaya diri sendiri. Selanjutnya good governance juga berarti implementasi kebijakan sosial-politik untuk kemaslahatan rakyat banyak, bukan hanya untuk kemakmuran orang-per-orang atau kelompok tertentu. Reformasi birokrasi dapat diartikan sebagai perubahan secara mendasar, baik mind set, maupun culture set penyelenggara negara dari mentalitas, yang bersifat mengawasi, mengontrol dan menguasai masyarakat (colonial paradigm), menjadikan penyelenggara Negara (birokrasi) yang pro kepada Good public service serta tata kelola pemerintahan yang dapat meminimalisir terjadinya tindakan KKN baik pada tingkat suprastruktur dan infrastruktur penyelenggara Negara, dan penegakan supremasi hukum.

    wassalamualaikum

    BalasHapus
  139. lilis dwi hastuti
    26.10.5.3.055
    KPS B

    assalam'alaikum wr.wb

    good and clean governance yaitu segala hal yang terkait dengan tindakan atau tingkah laku yang bersifat mengarahkan,mengendalikan,atau mempengaruhi urusan publik untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
    good & clean governance sangatlah penting dalam menunjang kemajuan suatu negara,karena dengan adanya tatanan dan pengelolaan yang baik dan bersih maka suatu negara akan tertata dan terkelola dengan baik pula.dan sebaliknya jika pemerintahan suatu negara tidak ditata dan dikelola dengan baik maka berdampak buruk pada suatu negara itu.
    Good & clean governance dapat terwujud secara maksimal jika ditopang oleh dua unsur yang saling terkait yaitu; negara dan masyarakat madani yang didalamnya terdapat sektor swasta.

    BalasHapus
  140. Nama : Nur Kurnia
    Prodi : KPS
    Jurusan : Ekonomi
    Kelas : KPS_B

    Askum wr wb,..
    Secara umum istilah clean and good governance memiliki pengertian akan hal yang terkait dengan tindakan atau tingkah laku yang bersifat mengarahkan,mengendalikan,atau mempengaruhi insan publik untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari ,yang berdasarkan prinsip-prinsip pokok good and clean governance yaitu:
    a. Partisipasi
    b. Penegakan hukum
    c. Transparansi
    d. Responsif
    e. Orientasi Kesepakatan
    f. Keadilan
    g. Efektifitas dan efisiensi
    h. Akuntabilitas
    i. Partisipasi
    Demikian coment saya mengenai BAB7.Kurang dan lebihnya mohon maaf.Terimakasih.
    Waskum wr wb,..

    BalasHapus
  141. nama : sakinatun nissa
    kelas: KPS B
    NIM :26.10.5.3.089

    Assalamu'alaikum wr wb

    Menurut saya,
    Sebuah pemerintahan yang baik adalah sebuah pemerintahan yang dapat membuat rakyatnya hidup aman dan sejahtera.
    Pertanyaan yang ada di benak kita adalah: Bagaimanakah pemerintahan tersebut dapat dinilai aman bagi rakyatnya?
    Salah satu solusi untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan mengatur pola hubungan antara masyarakat,dunia swastadan pemerintah.
    Jadi,perlu adanya kesepakatan bersama serta rasa optimistik yang tinggi dari seluruh komponen bangsa bahwa kepemerintahan yang baik dapat diwujudkan demi masa depan bangsadan negara yang lebih baik.

    terima kasih..
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  142. nama : qoriah jj
    kelas: kps b
    nim : 26.10.5.3.079

    askum wr wb,..
    good governance memiliki pengertian segala hal yang terkait dengan tindakan/tingkah laku yang bersifat mengarahkan ,mengendalikan atau mempengaruhi urusan publik untuk mewujudkan nilai2 tersebut dalam kehidupan sehari2
    pemerintahan yang baek : sikap dimana kekuasaan dilakukan oleh masyarakat yang diatur oleh berbagai level pemerintah negara yang berkaitan dg sumber2 sosial .budaya politik,ekonomi,.
    model pemerintahan yang efektif,efisien,jujur,transparan dan bertanggung jawab.
    waskum wr wb.

    BalasHapus
  143. Nama: Santi Kusuma Ismiati
    NIM : 26.10.5.3.090
    Prodi : KPS B

    assalamualaikum wr.wb.

    Menurut saya,
    Pada dasarnya pemerintahan itu dibentuk dangan tujuan untuk melindungi Hak Asasi Manusia. Atau dengan kata lain pemerintahan dibentuk untuk menjaga suatu sistem ketertiban dimana masyarakat bisa menjalani kehidupan secara wajar.
    Pada dasarnya juga manusia itu memiliki tiga hak dasar yang berlaku secara universal dan dan harus dipelihara dan mendapatkan jaminan institusi pemerintahan (negara),yaitu hak untuk hidup (life) tanpa rasa takut dan ancaman dari siapapun,hak untuk hidup bebas (liberty) untuk berbicara dan berekspresi,untuk beragama, bercita-cita dan hak untuk memiliki sesuatu (property) baik materi maupun non material. Untuk itulah pentingnya pemritahan yang baik.
    Dalam pandangan pemerintahan modern saat ini, pada hakekatnya pemerintahan dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
    DAN menurut pendapat SAYA, PEMERINTAHAN yang BAIK adalah pemerintahan yamg tidaklah diadakan untuk melayani dirinya sendiri. Akan tetapi pemerintahan yang diadakan untuk melayani masyarakat, menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya untuk mencapai kemajuan bersama.

    wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  144. LUSSY KURNIA W
    KPSB
    26.10.5.3.056

    ASS.wr.wb.
    menurut saya, jika suatu negara mempunyai sistem pemerintahan yang baik dan bersih (good governance) maka negara itu akan sejahtera dan bebas dari KKN.
    kpan indonesia mempunyai pemerintahan yang baik dan bersih?

    wass.wr.wb

    BalasHapus
  145. nama:aziz zullah
    nim :26.10.5.3.016
    PBS.B

    Assalam wr wb???????????
    pendapat saya pemerintahan yang baik itu adalah pemerintahan yang mempunyai rasa bertangung jawab terhadap apa yang dilakukan oleh pemeerinta itu tersebut .
    tanpa adaya pemerintahan yang baik negara kita tak akan maju dan berkembang , negera kita akan ketigalan lebi jauh dari negara yang lain . oleh sebab itu pemerinta arus bartindak yang jujur dan bertanggung jawab ,agar bangsa kita damai dan sejatera

    assalam ...............

    BalasHapus
  146. Nama : Ahmad Fanani
    NIM : 26.10.5.3.001
    Kelas : KPS_B

    Assalamu’alaikum Wr Wb

    Pengertian good and clean Governance sendiri adalah pemerintahan yang baik dan bersih. Menurut saya pemerintahan di Indonsia sekarang masih jauh dari good and clean governance karena masih banyak para pemimpin yang melakukan tindak korupsi dan penyuapan. contohnya banyaknya kasus korupsi, dan baru-baru ini kasus keluarnya Gayus dari penjara. Ini membuktikan bahwa masih lemahnya pemerintahan di Indonesia. Seharusnya kejadian-kejadian seperti itu tidak pernah terjadi di Indonesia ini yang masyarakatnya mayoritas beeragama islam. Islam sendiri mengatur apabila menjadi pemimpin hendaknya menjadi pemimpin yang amanah dan jujur. Ini menjadi tugas kita bersama untuk menjadikan pemerintahan yang baik dan bersih. Marilah kita tegakkan pemerintahan yang baik dan bersih jangan lagi ada korupsi di indinesia ini.

    Wassalamu’alaikum Wr Wb

    BalasHapus
  147. Nama : Heny Puspitasari
    NIM : 26.10.5.3.041
    Prodi: KPS B

    Mnurut sya Good governence adalah pmerintahan yg dilakukan dngan efektif dan efisien, sluruh mkanisme pngelolaan negara harus dilakukan scra trbuka/transparan, jujur dan adil, serta bebas dari KKN.

    BalasHapus
  148. Nama: IKA.SRI.WINARSIH
    Nim : 26.10.5.3.047
    JEBI KPS B

    Assalamualaikum,wr.wb
    menurut saya menciptakan tata pemerintahan yang bersih, dan berwibawa merupakan salah satu agenda
    penting dalam pembangunan daerah.
    Untuk mewujudkan hal tersebut, sasaran yang ingin dicapai salah satunya adalah Berkurangnya secara nyata praktek korupsi dan kolusi di birokrasi pemerintahan daerah, dan
    dimulai dari tataran (jajaran) pejabat yang paling atas, Terciptanya sistem kelembagaan dan ketatalaksanaan pemerintahan daerah yang bersih,
    efisien, efektif, transparan, profesional dan akuntabel.
    maka dari itu marilah kita membantu pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut yg kita mulai dr tatanan kehidupan diri kita sendiri.terima kasih,,
    walaikumslm,wr.wb

    BalasHapus
  149. nama :julia agustina
    kelas :PBS .B
    NIM :26.10.5.3.054


    ASALAMUALAIKUM WR .WB

    tata kelola pemerintahan yang baik dan benar slh satu'nya berhubungan dengan hak asasi manusia .dan penjabaran hak asasi manusia itu sendiri adalah sebagai berukut .
    Hak asasi manusia adalah hak
    Hak bersifat Universal yang di miliki oleh manusia, semata-mata karena ia manusia, hak dapat di terapkan di seluruh dunia dan bersifat Internasional
    Hak asasi manusia di anggap ada dengan sendirinya dan tidak bergantung pada pengakuan di dalam sistem adat atau sistem hukum, kalaupun belum efektif, tapi hak itu tetap eksis sebagai standar argumen dan kritik yang tidak bergantung pada penerapan hukumnya.
    Hak asasi manusia di anggap sebagai norma yang penting, meskipun tidak seluruhnya bersifat mutlak dan tanpa perkecualian. HAM cukup kuat kedudukannya sebagai pertimbangan normatif untuk di berlakukan di dalam benturan dengan norma-norma nasional yang bertentangan untuk membenarkan aksi internasional yang di lakukan demi hak asasi manusia

    BalasHapus
  150. nama :putri wahyu layli
    kelas :PBS .B
    26.10.5.3.078


    asalamualaikum wr.wb


    Menurut saya tata kelola pemerintahan yang baik dan benar ialah .
    menurut Istilah good and clean governance (pengelolaan atau tata pemerintahan yang baik dan bersih)merupakan wacana yang mengiringi gerakan reformasi. Wacana good and clean governance seringkali dikaitkan dengan tuntutan akan pengelolaan pemerintah yang profesional, akuntabel dan bebas korupsi, kolisi dan nepotisme (KKN). Sebuah kritik terhadap pengelolaan pemerintahan Orde Baru yang sarat dengan KKN yang berakhir dengan krisis ekonomi berkepanjangan. Isu dan perdebatan clean and good governance merupakan bagian penting dalam wacana umum demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani yang diusung oleh gerakan reformasi.

    BalasHapus
  151. NAMA : RIRIN PITA SARI
    KELAS : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.086

    pemerintah yang bersih dan masyrakat pun menghormati hukum.prinsipnya adalah untuk :
    1. menyelenggarakan pemrintahan yang terbebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).
    2. dapat saling meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga, dan pejabat-pejabatnya agar keberadaan, kredibilitas dan legitimasi kehidupan bernegara berjalan sesuai dengan harapan bersama.
    unsurnya menurt saya adalah ; .kepercayaan masyarakat , pemerintah yang bertanggung jawab , dan tegaknya hukum serta sanksi yang tegas bagi yang melanggar hukum.
    Menurut saya, prinsip di atas sangat sulit untuk di laksanakan karena dilihat dari kenyataan sekarang banyak pejabat tinggi maupun rendah yang korupsi, mereka bebas dengan uang, jadi berawal dari situ masyarakat pun tidak percaya...Sallah Siappa???
    .dan kaitannya dengan anti korupsi adalah good governence adalah upaya pemerintah dalam menangulangi korupsi, tetapi pemeritah juga yang melanggar ..intinya sekarang ini keimanan manusia tidak kuat. .lebih dekatkan diri pada allah.
    .sekian.

    .wassalam.

    BalasHapus
  152. NAMA : DEWI FATMAWATI
    KELAS : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.022


    BAB 7 :

    Pemerintahan yang baik dan bersih atau yang sering disebut dengan Good and clean Govermance,yaitu pemerintahan yang segala sesuatunya berunsur dan berlandaskan pada kejujuran,tanpa ada rekaya dalam jalannya pemerintahan. Selain itu juga adanya kekompakan antar pelaksana pemerintahan untuk menjalankan pemerintahan dengan memutuskan kesepakatan-kesepakatan bersama,serta pelaksana pemerintahan juga lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi masing-masing.

    BalasHapus
  153. NAMA : AZIZAH NOVA.F
    KELAS : KPS B
    NIM : 26. 10. 5.3.017


    Menurut saya Good govermance adalah sesuatu yang terkait dengan tingkah laku yang bersifat mengendalikan dan untuk mewujudkan pemerintah yang bersih dan berwibawa.
    Tiga pilar penting dalam pelayanan publik:
    1. Mendorong kerja birokrasi
    2. Melibatkan semua unsur dan mekanisme pasar
    3. Menjadi titik pangkal

    BalasHapus
  154. Nama : Bondan Baihaqi
    NIM : 26.10.5.3.020
    Kelas : PBS B

    Assalamu’alaikum wr. Wb

    Menurut saya setelah membaca tentang Good and Clean Governance, memang dalam suatu pemerintahan yang ingin menjadi pemerintahan yang baik lagi bersih seharusnya tak lepas prinsip – prinsip pokok tentang Good and Clean Governance itu sendiri seperti :
    •Partisipasi (participation)
    •Penegak hukum( rule of law )
    •Transpparasi (transparency )
    •Responsive (responsiveness)
    •Orientasi kesepakatan (consensus orientation )
    •Keadilan (equity)
    •Efektifitas (effectiveness) dan etesiensi (eficiensy)
    •Akuntabilitas (accountability)
    •Visi strategi (strategic vision )
    Namun itu tidak akan berpengaruh yang berarti jika tak dilaksanakan secara totalitas, semua itu harus dilaksanakan secara sungguh, maksudnya secara teori dan prakteknya, harus berimbang. Walaupun segala sesuatu yang berhubungan dengan cara membuat Good and Clean Governance, tapi hanya dalam agenda saja. . . ., apalah artinya? Untuk itu jika pemerintah harus melaksanakan prinsip pokok itu dalam segala lini, Sistem Birokrasi yang terlanjur bobrok harus segera diluruskan, penegakan hukum segera ditegakkan , transparansi segera dilaksanakan, responsivitas ditingkatkan lagi, dan lain –lain.

    “Urun rembuk” dalam menanggapi pertanyaan dan pendapat saudari Muflikhatun. memang menumbuhkan sifat yang berkarakter itu sulit sekali, menumbuhkan karakter pada diri sendiri saja sulit apalagi pada orang lain, malahan pada seorang pemimpin yang tak mau dikritik dan tak mau diatur. Segala sesuatu di dunia ini tak ada yang tak mungkin, tak ada yang mustahil cuma apa usaha yang dapat kita lakukan, “ Allah tak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu merubahnya sendiri “ dan saya mencatut pendapat Syammahfus Chazalliyang baru saja mengisi seminar di STAIN urakarta, bahwa nasib berasal dari pikiran, pikiran akan menjadi kata, kata akan menjadi tindakan, tindakan akan membuat kebiasaan, kebiasaan membuat karakter dan karakter akan membawakan nasib. Walaupun kita sebagai mahasiswa, kita hanya “wong cilik” jika kita punya mimpi, dan kita mampu menyuarakanya mungkin akan berbuah seperti yang kita cita - citakan , kita telah melewati ORLA dan ORBA yang telah digulingkan , semua itu dari aspirasi rakyat yang disampaikan oleh kakak – kakak kita kaum mahasiswa. Memang semua itu tergantung usaha kita. Batu yang keras dapat berlobang karena setetes air yang berkali – kali menerjangnya, dan hati manusia tak ada yang sekeras batu.

    Wassalamu ‘alaikum wr wb

    BalasHapus
  155. Nama : Ismi Nur Hidayati
    NIM : 26.10.3.1.087
    Kelas : IC Tarbiyah (PAI)

    Assalamu'alaikum...
    Menurut saya good and clean goverment merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah pemerintahan karena negara sangat membutuhkan pemerintahan yang baik dan bersih guna kemujuan sebuah negara tersebut. Negara yang maju sudah memiliki pmerintahan yang baik dan bersih,hal ini belum terwujud di negara Indonesia karena para petinggi pemerintah Indonesia sering kali melakukan penyelewengan tehadap uang negara (KKN). Hal ini dapat menyebabkan kekacauan dalam pemerintahan.

    BalasHapus
  156. Nama:IRENA FITRIANI
    NIM:26.10.3.1.086
    Kelas:IC TARBIYAH (PAI)

    Assalamu'alaikum,
    Menurut saya Goog Governance merupakan sistem pelaksanaan politik, ekonomi, dan administrasi dalam mengelola masalah-masalah yang dihadapi bangsa. Dalam pelaksanaan harus dilakukan dengan efektif dan efisien, responsif terhadap kebutuhan rakyat dalam suasana demokratis, akuntabel serta transparan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai cita-cita good governance.Seluruh mekanisme harus harus dilakukan secara transparan dan terbuka. sedangkan kontrol masyarakat akan berdampak pula pada tata pemerintahan yang baik, efektif, dan bersih bebas dari KKN.

    BalasHapus
  157. NAMA : MUHAMMAD MIFTAH MURTADLO
    NIM : 26.10.3.1.110
    KLS : 1C/TARBIYAH PAI

    Tata laksana pemerintahan yang baik adalah seperangkat proses yang diberlakukan dalam organisasi baik swasta maupun negeri untuk menentukan keputusan. Tata laksana pemerintahan yang baik ini walaupun tidak dapat menjamin sepenuhnya segala sesuatu akan menjadi sempurna - namun, apabila dipatuhi jelas dapat mengurangi penyalah-gunaan kekuasaan dan korupsi. Banyak badan-badan donor internasional, seperti IMF dan Bank Dunia, mensyaratkan diberlakukannya unsur-unsur tata laksana pemerintahan yang baik sebagai dasar bantuan dan pinjaman yang akan mereka berikan.

    BalasHapus
  158. ISMUNATUN FAHMAWATI
    26.10.3.1.088
    TAR/PAI 1 C

    Menurut saya good governence itu segala sesuatu yang berhubungan dengan tingkah laku atau suatu tindakan yang d harapkan dapat mengarahkan serta mengendalikan pemerintahan.
    godd governence itu bertanggung jawab dan sejalan dengan prinsip demokrasi dan disiplin dalam menjalankan pemerintahan.
    Dengan adanya good governence akan mewujudkan kehidupan yang tertata dengan baik dan terstuktur, dan terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

    BalasHapus
  159. NAMA :ITSNIYATI MARFU'AH
    NIM :26.10.3.1.091
    KELAS:PAI/1C

    Assalamu'laikum wr wb....
    Menurut pendapat saya Good and Clean Governance adalah suatu bentuk pemerintahan yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945 yang dalam pelaksanaanya bertujuan untuk menciptakan suatu pemerintahan yang baik,bersih,mandiri,dan profesional.Selain itu dengan adanya good dan clean governance diharapkan keadaan suatu negara bisa lebih terstruktur,terkendali dan juga pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi,kolusi dan nepotisme dapat terwujud.
    Good and Clean governance sangatlah penting bagi suatu negara karena tanpa sistem tersebut mustahil cita-cita,harapan dan tujuan penciptaan negara akan terwujud dan terealisasi dengan baik.

    NAMA :LESTIANA RIRIN HASTUTIK
    NIM :26.10.3.1.103
    KELAS:PAI/1C

    Menurut saya Good Governance adalah suatu pemerintahan yang baik,dimana cita-cita negara didasarkan pada hukum dan pemerintahan mempunyai visi dan misi untuk membangun pemerintahan yang baik dan bersih dari segala bentuk penyimpangan ,termasuk korupsi,kolusi dan nepotisme.

    BalasHapus
  160. Nama : Laili Maghfiroh
    NIM : 26.10.3.1.101
    Kelas: PAI/1C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Menurut saya good and clean governance yaitu suatu sistem pemerintahan yang baik serta bersih dimana sistem tersebut mempengaruhi segala sesuatu yang ada pada suatu pemerintahan tersebut. oleh karena good and clean governance perlu di tegakkan serta diwujudkan sehingga semangat reformasi yang di usung dalam gerakan kemahasiswaan dapat terwujud yakni menciptakan pemerintahan negara indonesia yang baik dan bersih dalam segala hal terutama bersih atau terbebas dari hal yang menyimpang misalnya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), baik pada tingkat lokal maupun nasional.

    BalasHapus
  161. Nama : Intan Sofiana
    Kelas : 1c
    NIM : 26.10.3.1.085
    good and clean goverment adalah suatu sistem pemerintahan yang memang harus diterapkan atau direalisasikan dalam mencapai tujuan negara yang terarah dan terkondisikan. agar tujuan negara dapat tercapai serta dapat terbebas dari hal-hal yang tidak baik (korupsi, kolusi, nepotisme).

    BalasHapus
  162. nama : kurnia s.j
    kelas : 1C
    prodi : PAI

    Menurut saya tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih, hanya dapat terwujud dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan rakyatnya. Karena keduanya merupakan satu kesatan yang tidak terpisahkan dari negara atau pemerintahan itu sendiri. Tapi kenyataannya di Indonesia belum bisa menerapkan hal tersebut, karena rasa individualisme yang tinggi dan rasa ingin menang sendiri membuat tidak bisa nya tercapai kepemerintahan yang baik dan bersih, yang disebabkan oleh maraknya KKN dikalangan pejabat tinggi hingga rendah.

    BalasHapus
  163. nama : Hanan Nurwati
    Kelas : 1c
    NIM : 26.10.3.1.075
    menurut saya pemerintahan yang baik dan bersih adalah pemerintahan yang terbebas dari penyelewengan, penyimpangan, dan hal-hal buruk lainnya yang dapat merusak citra bangsa. Maka pemerintahan yang baik dan bersih harus ditegakkan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.
    Merdeka!!!!!

    BalasHapus
  164. Nama : Lina Sih Isnawati
    Kelas: 1C
    NIM : 26.10.3.1.104
    Tarbiyah/PAI

    Menurut saya good and clean governence (pengelolaan atau tata pemerintahan yang baik dan bersih)harus diterapkan di negara ini karena mengingat situasi atau keadaan negara ini yang masih melakukan praktek-praktek KKN dikalangan pejabat-pejabat pemerintahan. Tentu saja untuk tercapainya pemerintahan yang baik dan bersih harus ada kerjasama yang baik antara instansi yang terkait dengan masyarakat. sehingga terwujudlah pemerintahan yang baik dan bersih dari KKN.

    BalasHapus
  165. nama: ibadu rohmaniyah
    kelas: 1c tarbiyah pai
    nim: 26.10.3.1.080

    assalamu'alaikum wr. wb
    menurut saya good and clean governence harus di realisasikan di negara ini. melihat keadaan saat ini yang belum bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme sehingga menurut saya, saat ini indonesia belum dapat dikatakan good and clean governence. perlu adanya kesadaran dari masing masing anggota pemerintahan agar dapat melaksanakan pemerintahan yang bersih tanpa kkn. kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi?
    jazakumullah khairan katsir

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  166. NAMA:m.shodiq nur anshori
    nim:26.10.3.1.111
    kelas:1c
    assalamu'alaikum wr. wb
    menurut saya good and clean governence harus di realisasikan di negara ini.karena negara ini kalau menurut saya rakyatnya terlalu patuh atau tidak berani mengungkapan aspirasinya kpd pemerintahan.padahal negara kita sudah jelas bahwa negara kita negara yang demokrasi,sudah saatnya rakyat indonesia untuk bangkit memberantas para koruptor-koruptor yang biadab,yang tidak bermoral.seperti layaknya orang yang tidak beragama.mari kita sbg mahasiswa sbg tulang punggung negara kita harus mengkritisi pemerintah yang KKN.ALLAH AKBAR.......ANTI GAYUS.....

    BalasHapus
  167. NAMA:ITAQ SESETO
    KELAS:1C TAR PAI
    MENURUT SAYA PEMERINTAH YANG BAIK DAN BERSIH ADALAH PEMERINTAHAN YANG BEBAS DARI KKN.KITA SEBAGAI PENERUS BANGSA HARUS MEMPUNYAI TEKAT YANG BULAT UNTUK MELAWAN PEMERINTAH YANG KKN.ALLAH AKBAR..............ANTI KKN

    BalasHapus
  168. nama:latifah triana
    kelas:1c
    jurusan tarbiyah/PAI

    Kalau menurut saya good and clean goverance sangatlah penting bagi suatu negara karen kalau suatu negara tidak di tata dengan baik dan benar mka suatu negara tersebut akan rusak. misal di negara kita sendiri karena kurang maksimal pemerintah dalam menjalankan tugasnya maka banyak sekali terjadi masalah yg akhir2 ne sedang melanda negara kita yaitu banyaknya pejabat2 negara yang KKN. yang sulit sekali di berantas bahkan malah semakin banyak yang melakukanya....

    BalasHapus
  169. Nama : Linda Wijaya P
    Kelas : 1c
    Prodi : Tarbiyah/PAI

    Menurut sy,Pemerintahan yg baik adalah pemerintah yg Jujur, serta bersih dr KKN, dimana para pejabat sadar akan tugas mreka masing2, tanpa pamrih, dan seharusnya tindakan KKN di negara kita ini memang harus di tindak lanjuti dg serius. pencuri yg kelasnya spele sja di hukum sesuai undang2, kenapa para korup tidak demikian??? karena hal ini pun juga sangat meresahkan warga masyarakat, karena rakyat merasa kecewa akan kerja pemerintah, mereka sudah percaya kepada atasan tp atasan sendiri lalai thd apa yg mrka dpatkan. sebagai warga masyarakat yg baik, ayo kita keluarkan aspirasi kita yg kian lama terpendam, dan beranilah untuk BERONTAK segala bentuk PENINDASAN...demi INDONESIA terCINTA.

    BalasHapus
  170. assalamualaikum Wr. Wb.
    terima kasih banyak karena bapak telah nge-blog masalah tata kelola negara yang baik dan bersih, sehingga hal ini dapat membantu masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya untuk mengerti dan memahami tenteng civic education.

    sekali lagi terima kasih,

    Wassalamualaiku Wr. Wb.

    BalasHapus