Kamis, 28 Oktober 2010

BAB IV IDENTITAS NASIONAL DAN GLOBALISASI


Hakikat dan Dimensi Identitas Nasional
Secara harfiah identitas adalah ciri-ciri, tanda-tanda atau jati diri yang melekat pada sesuatu atau seseorang yang membedakan dengan yang lain.
Secara teoritis, menurut koento wibisono, pengertian identitas pada hakekatnya merupakan “manifastasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri-ciri khas, dan dengan ciri-ciri yang khusus tersebut maka suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya”
Unsur-unsur pembentuk identitas nasional
1.      Sejarah
Kebesaran dua kerajaan nusantara, Majapahit dan Sriwijaya, telah membekas pada semangat perjuangan bangsa Indonesia pada abad-abad berikutnya ketika penjajahan asing menancapkan kuku imperialismenya. Semangat juang bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah telah menjadi ciri khas bagi bangsa Indonesia yang kemudian menjadi salah satu unsur pembentuk identitas nasional Indonesia.
2.      Kebudayaan
Aspek kebudayaan yang menjadi unsur pembentuk identitas nasional meliputi tiga unsur yaitu: akal, budi, perdaban dan pengetahuan
3.      Suku bangsa
Kemajemukan merupakan identitas lain bangsa Indonesia. Namun demikian, lebih dari sekadar kemajemukan yang bersifat alamiah tersebut, tradisi bangsa Indonesia untuk hidup bersama dalam kemajemukan merupakan hal lain yang harus terus dikembangakan dan dibudayakan.
4.      Agama
Keragamaan agama dan keyakinana di Indonesia tidak hanya dijamin oleh konstitusi negara, tetapi juga merupakan suatu rahmat Tuhan yang Maha Esa yang harus tetap dipelihara dan disyukuri bangsa Indonesia.
5.      Bahasa
Peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928, yang menyatakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa indonesia, telah memberikan nilai bagi pembentukan identitas nasional. Lebih dari sekedar bahasa nasional, ia telah memberikan sumbangan besar pada pembentukan nasionalisme Indonesia.

Globalisasi, Glokalisasi dan Ketahanan Nasional
a.       Hakikat Globalisasi
Globalisasi adalah suatu perubahan sosial dalam bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi modern
Beberapa unsur penting yang terkait dengan globalisasi:
1.      Global space (dunia maya)
2.      Kecenderungan gelombang globalisasi terhadap nasionalisme
3.      Tentangan masa depan dalam gelombang globalisasi
b.      Glokalisasi
Glokalisasi dimaknai sebagai munculnya interpretasi produk-produk global dalam konteks lokal yang dilakukan oleh masyarakat tersebut kemudian juga membuka kemungkinan adanya pergeseran makna atas nilai budaya.
c.       Ketahanan Nasional dan Globalisasi
Ketahanan nasional adalah kondisi dinamika suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan, yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan, baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri, yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas, identitas kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mengejar tujuan nasional.
Dalam rangka ketahanan nasional, peluang dan tantangan bangsa Indonesia dalam era globalisasi dapat dijumpai dalam beberapa bidang yang meliputi bidang politik, ekonomi dan sosial-budaya.

Multilkulturalisme:
Antara Nasionalisme dan Globalisasi
a.       Pengetian Multikulturasi
Multikulturasi pada intinya adalah kesediaan menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan tanpa memperdulikan perbedaan budaya, etnik, gender, bahasa ataupun agama.
Dalam rangka untuk menjaga kohesi dan integrasi sosial maka modal sosial yang harus dikembangkan ialah sebagai berikut:
1.      Ideologi dan tradisi lokal yang masih berfungsi harus dipelihara
2.      Menjaga dan melaksanakan jaringan sosial yang masih berfungsi.
3.      Institusi-institusi lokal yang masih berfungsi dan adaptif terhadap perubahan haruslah dipertahankan.
b.    Multikulturalisme di antara Nasionalisme dan Globalisasi
Nasionalisme Indonesia yang kosmopolit adalah nasionalisme yang disemangati oleh multikulturalisme. Multikulturalisme menghendaki proses belajar mengenai perbedaan kebudayaan yang dimulai dari kelakuan dan interaksi antar kebudayaan. Interaksi ini semakin penting apabila aneka kebudayaan hidup semakin berdekatan, seperti di Indonesia. Dengan kata lain, multikulturalisme dapat juga disebut sebagai penerjemahan Pancasila ke dalam konteks yang lebih konkrit dan praktis.

248 komentar:

  1. Saudara-saudara mahasiswa ekonomika & bisnis Islam KPS A&B, materi kuliah civic education hari ini adalah tentang identitas nasional & globalisasi. Silahkan Anda pelajari & diskusikan. Bagaimana hasil diskusi atau komentar Anda (individual) tentang materi tersebut, silahkan Anda kemukan di kolom komentar berikut ini. Selamat belajar smoga sukses...

    BalasHapus
  2. asssalamu`alaikum..
    nama : an marissa akhadiah
    NIM : 26.10.5.3.005
    jurusan: PBS A

    menurut saya dengan adanya globalisasi membuat perekonomian indonesia melorot jauh..
    karena dengan globalisasi,
    masyarakat indonesia kalah saing dengan negara lain..
    maka produk2 indonesia kurang di minati oleh kalngan luar negri..
    selain itu..
    denagn adanya globalisasi membuat keanekaragamanan budaya indonesia,
    menjadi di akui oleh negara lain,
    soalnya belum ada hak paten untuk kebudayaab indonesia..
    trimakasih

    BalasHapus
  3. assalamua'laikum
    nama : SITI AFFIFATUL I
    NIM : 26.10.5.3.094
    Jurusan: PBS.A
    menurut saya identitas suatu negara itu sangat penting, diman suatu negara dikenal oleh negara lain karena memiliki keanekaragaman tersendiri dalam pembentukan suatu identitas negara seperti adanya kebudayaan, adat istiadat dan lain sebagainya.
    dengan identitas suatu negara bisa menunjukan keunggulanya dibandingkan dengan negara lain, contohnya spt negara indonesia memiliki berbagai kebudayaan, terdiri berbagai pulau-pulau, bahasa, dan lain sebagainya.
    Oleh karena itu kita harus bangga terhadap identitas negara indonesia.
    terimakasih...

    BalasHapus
  4. miftahudin amin
    KPS A
    261053067
    assalamualaikum wr.wb
    menurut saya globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan yang menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

    globalisasi sekarang ini bnyk yg menyimpang contohnya kemajuan teknologi internet bnyk di salah gunakan oleh kalangan masyarakat.

    BalasHapus
  5. Nama : FITRI YANI
    Jurusan : JEBI
    Prodi : KPS.A
    Assalammu'alaikum.wr.wb

    Menurut saya,Multikulturalisme pada intinya adalah kesediaan menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan tanpa memperdulikan perbedaan budaya,etnik,gender,ataupun agama.
    Multikulturalisme menghendaki proses belajar mengenai perbedaan kebudayaan yang di mulai dari kelakuan dan interaksi antara kebudayaan.Interaksi ini semakin penting apabila aneka kebudayaan hidup semakin berdekatan.

    BalasHapus
  6. NAMA : NOVITA.W
    JURUSAN : JEBI
    PRODI : KPS.A
    Asalammu'alaikum.wr.wb

    Menurut saya dengan adanya multikulturasi dapat memper erat rasa kesatuan dan persatuan suatu banggsa karena dengan adanya multikulturasi semua masyarakat dapat saling berbaur dan menjalin hubungan sosial tanpa mempermasalahkan budaya, gender , bahasa , ataupun agama.

    BalasHapus
  7. Nama :Jati Subagtriyani
    Nim :26.10.5.3.050
    Jurusan :PBS A

    Assalamu'alaikum......
    Menurut saya indentitas Nasional itu perlu krn
    jika pada suatu negara tidak mempunyai identitas maka tidak ada pula suatu ciri khas tersendiri yang ada dinegara tersebut&negara lain pun mengenalinya akan sulit.Diberbagai negara mempunyai identitas yang berbeda dari identitas itu bisa menapakan keunggulan dinegara tsb.Serta negara2 mepunyai pulau dr berbagai pulau mempunyai kbudayaan tersendiri,cth:negara indonesia itu memiliki kebudayaan yg berasal dari berbagai pulau-pulau dari pulau tsb jg terdapat bhs yg beranekaragam ciri khas dr daerahnya.

    BalasHapus
  8. Nama : Mardhiyaturrositaningsih
    Kelas : Kps A
    NIM : 26.10.5.3.063

    Assalamu'alaikum

    Menurut Pendapat saya, Setelah mempelajari bab IV mengenai Identitas Nasional dan Globalisasi bahwa :
    Dengan meningkatnya perkembangan zaman Era Globalisasi menyebabkan kebudayaan yang menjadi identitas suatu bangsa perlahan-lahan berubah dengan adanya pengaruh - pengaruh dari luar. Padahal Identitas suatu bangsalah yang menjadi pembeda antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain.
    Upaya dalam menghadapi pengaruh - pengaruh baik dari luar ataupun dalam negeri dengan mempertahankan kebudayaan bangsa dan tidak terpengaruh budaya barat.

    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  9. nama:AJI PURWO KUSUMO
    nim:26.10.5.3.002
    kelas:KPS A
    assalamuallaikum wr wb
    menurut saya:
    masih banyak masyarakat di indonesia yang belum mengerti dan masih bingung tentang identitas suatu bangsa ,sehingga kita perlu tahu dulu apa arti identitas bangsa tsb,identitas merupakan ciri suatu bangsa yang melekat pada bangsa itu sendiri yang menunjukkan kekhasan yang membedakannya denga bangsa lain seperti yang di jelaskan di atas ,namun,banyak masyarakat yang mulai melupakan jati diri bangsanya,mereka lebih suka meniru bangsa lain ketimbang bangsanya sendiri,seperti cara bicara,pakaian dsb,sebenarnya dari segi kebudayaan kita lebih unggul dengan bangsa lain karna bangsa kita banyak memiliki berbagai keunikan dan kekhasan yang membedakanya dengan bangsa lain,pada akhirnya yang menentukan identitas baik individu maupun kolektif adalah perpaduan antara perbedaan atau keunikan yang ada pada dirinya dengan implementasi nilai yang dianut,kalo identitas nasional bersifat pluralistik.terimakasih

    wassalamuallaikum wr wb

    BalasHapus
  10. nama:galuh joko s
    nim:26.10.5.3.037
    kelas:kps A
    ASSALAMUALLAIKUM WR WB
    menurut saya tidak hanya global space,kecenderungan global terhadap nasionalisme dan tentang masa depan saja pembentuk suatu bangsa tetapi juga tentang masa lalu ,masa lalu adalah tolak ukur kita maka masa lalu kita bisa membenahi kesalahan kita untuk merubah kita menjadi lebih baik .
    tetapi globalisasi juga membuat negara kita kalah saing di dunia internasional
    wassalamuallaikum wr wb

    BalasHapus
  11. nama : Azalia Bunga R.
    klas : KPS-A
    N.I.M : 26.10.5.3.018

    Aslmkm...
    Menurut saya, identitas nasional itu sangat bermafaat karena dapat menjadi pembeda/ ciri khas suatu bangsa. Tetapi saya juga tidak memungkiri adanya globalisasi yang dapat meleburkan perbedaan-perbedaan, sehingga muncul multikulturalisme.

    Multikulturalisme itu memang bagus karena tidak membedakan SARA, tetapi lebih baik lagi jika dibarengi dengan ketahanan nasional yang baik. Sehingga tidak terjadi pergeseran makna atas nilai budaya, dan tidak langsung membahayakan integritas, identitas kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mengejar tujuan nasional.

    Waslmkm...

    BalasHapus
  12. nama : PUJI LESTARI
    jurusan : JEBI
    prodi : KPS A
    nim : 26.10.5.3.074

    Menurut saya, salah satu identitas bangsa Indonesia adalah dikenal sebagai bangsa yang majemuk. Kemajemukan indonesia dapat dilihat dari sisi sejarah,kebudayaan,sukuy bangsa,agama dan bahasa

    Mensyukuri nikmat kemajemukan pemberian Alah dapat dilakukan dengan salah satunya, sikap/tindakan yang untuk tidak memaksakan keyakinan dan tradisi suatu agama, baik mayorotas dan minoritas atas dasar kelompok.

    BalasHapus
  13. NAMA :Artiningrum W.T
    NIM :26.10.5.3.017
    JURUSAN :PBS A

    Assalamu'alaikum
    menurut saya identitas suatu negara itu sangat penting sekali,karena menyangukut berbagai aspek,dan menyangkut suatu idiologi bangsa indonesia.yang dimana berbasis masyarakat multikultur..
    identitas suatu negara juga menyangkut tentang kebudayaan dan sosial.oleh karena itu,banggalah terhadap identitas suatu negara
    terima kasih

    BalasHapus
  14. Nama : Annisa
    Nim : 26.10.5.3.009
    Prodi : PBS A
    menurut saya identitas nasional sangatlah penting karna menunjukan jati diri suatu bangsa.Globalisasi juga sangat mendorong kita untuk maju asal kita menyikapinya dengan positif

    terimakasi

    BalasHapus
  15. NAMA :NUR RIFA'I
    NIM :26.10.5.3.072
    KELAS :KPS A
    Assalamu'alaikum.wr.wb
    Menurut saya pada era globalisasi ini identitas nasional perlu ditekankan lg melihat sangat pentingnya arti dari identitas nasional,banyak di era globalisasi ini pemuda2 blum terlalu mengerti tentang identitas nasional dan rasa nasionalismeny masih kurang,karena kemajuan suatu negara itu ditentukan oleh pemuda,tanpa pemuda suatu negara tak akan dapat maju dan berkembang,apalagi pada era globalisasi yg serba modern juga banyak perubahan maka dari itu peranan identititas nasional sangat penting dalam suatu negara karena dalam hidup bernegara n dunia bukan spesies2 terkuat yang akan terus hidup,juga bukan yang paling cerdas,tetapi spesies yg paling tanggap dengan perubahan.dan identitas nasional suatu negara menjadi pembeda antara negara lain. paling cerdas,tetapi spesies yg paling tanggap dengan perubahan.juga identintas suatu negara sebagai pembeda antara negara satu dan lainnya.
    terimakasieeeeeeeeeeh............!!!!!!!!!

    BalasHapus
  16. Nama :Dewi Utarri
    Kelas:KPS A
    Nim :26.10.5.3.024

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya setelah saya mempelajari BAB 4 tentang IDENTITAS NASIONAL DAN GLOBALISASI yaitu Identitas nasional merupakan jati diri bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai suatu tanda untuk membedakan seseorang dengan orang lain.Identitas nasional dijadikan sebagai tolak ukur suatu bangsa dengan bangsa lain.Identitas nasional juga dijadikan sebagai alat pemersatu dari suatu perbedaan antara bangsa yang satu dengan bangsa lain.
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  17. nama :Dyah taufiq baiduri
    nim :26.10.5.3.031
    kls :kps A

    assalamu'allaikum wr wb
    identitas nasional pada hakikatnya merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri-ciri kas, dengan ciri-ciri khas tersebut maka suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain.proses pembentukan identitas nasional bukan merupakan sesuatu yang sudah selesai, tetapi sesuatu yang terbuka dan terus berkembang mengikuti zaman.
    jadi menurut saya,kita sebagai bangsa indonesia harus mempertahankan dan mengembangkan budaya,adat,perilaku dan agama kita yang sudah berlaku sampai sekarang ini.agar identitas bangsa indonesia kita benar-benar baik sesuai dengan aturan dan tidak luntur dengan perkembangan zaman yang semakin moderen.
    dan kita sebagai bangsa indonesia harus bisa memilih pengaruh globalisasi yang berdampak positif dan berdampak negatif.terimakasih

    wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  18. Nama : DIYAH MULYANI
    NIM : 261053028
    klas : kps a
    Menurut saya dari uraian di atas saya dapat mengetahui tentang pegertian identitas yang membedakan ciri khas bangsa kita dengan bangsa lain tentang sejarah,adat istiadat,keanekaragaman.Pengaruh globalisasi di negara berkembang sangat berpengaruh baik dalam bidang politik,sosial,budaya,maupun ekonomi.Sebagai generasi penerus hendaknya kita punya semangat 45 untuk meneruskan perjuangan para poahlawan menuju indonesia maju,adil dan makmur.

    BalasHapus
  19. Nama : Puput Dwi Irviana
    NIM : 261053076
    klas : KPS A

    assalamu'alaikum
    identitas nasional merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan bangsa. yang dimulai dari kesepahaman antar ndividu , individu dg kelompok , ato klmpok dg keompok . dan nilai" yang hidup dalam bernagai masyarakat menyangkut sopan santun , tata pergaulan termasuk bidang agama serta moral adatistiadat.

    BalasHapus
  20. NAMA : SRI ENDARTI
    NIM : 26.10.5.3.096
    PRODI : KPS A

    assalamu'alaikum wr wb

    globalisasi mempunyai dampak positif dan negatif. Sebagai warga negara yang berketuhanan, kita harus bisa tetap menjaga identitas nasional negara kita agar tidak terpengaruh kebudayaan bangsa lain yang dapat melunturkan identitas nasional misalnya dengan cara mengimbangi kemajuan iptek dengan iman. Apabila identitas nasional kita terjaga dengan baik pastinya ketahanan nasional negara kita juga akan tetap terjaga .

    wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  21. NAMA : MAULANI INDRIYATI
    NIM : 26.10.5.3.064
    PRODI : KPS A

    Assalamu 'alaikum....
    mrnurut saya..
    suatu bangsa menjadi bagian dari proses demokrasi global tanpa kehilangan identitas nasionalnya.sehingga kita tidak bisa membedakan antara ciri khas suatu bangsa dengan bangsa yang lain dan selalu terbuka untuk diberi makna baru agar tetap sesuai dengan tuntunan zaman.terima ksih
    wassalamu 'alaikum

    BalasHapus
  22. NAMA :MUHAMAD KHOJIN
    NIM :26.10.5.3.069
    KELAS:PBS A
    Menurut pendapat saya identitas adalah tanda - tanda dari sebuah organisasi. Negara harus memiliki idenitas untuk mengetahui apakah suatu negara menganut sistem imperalisme/demokrasi.Untuk mengingat hari sumpah pemuda,pemuda pada saat ini harus belajar dengan sungguh - sungguh supaya menjadi generasi yang bisa membanggakan nama indonesia di dunia international,untuk mencapai hal yang demikian tidak hanya ilmu pengetahuan saja, akan tetapi harus di imbangi dengan ilmu agama yang mendalam agar dikemudian hari tetap menjadi kebanggaan dan panutan untuk generasi selajutnya.

    BalasHapus
  23. NAMA:M.IQBAL.F
    PBS A
    NIM : 26.10.5.3.059
    menurut saya identitas nasional merupakn wadah bangsa indonesia dan nc tumbuhsejak zaman dahulu ,akan tetapi seiring era globlisasi wadah ini menjadi menjadi satu.
    padahal adanya era ini bangsa kita teropsesi dng identitas bangsa lain .............. inilah yg menjadikan kultur identitas bangsa kita menjadi pudar dan semakin hilang????????
    dengan adanya civic education membuat pemuda bangsa indonesia sadar akan identitas nasional.....................

    BalasHapus
  24. Nama : Iin Aji Purwitasari
    NIM : 26.10.5.3.046
    prodi : KPS A


    Menurut saya,
    Pengaruh globalisasi dapat berpengaruh buruk terhadap Identitas Nasional yang ada di negara kita.
    oleh sbab itu,kita harus brusaha sebisa mungkin untuk mempertahankan Ketahanan Nasional demi Identitas Nasional yang ada di negara kita ini.
    karena tanpa Identitas naseonal,suatu negara akan sulit di bedakan dengan negara lain

    BalasHapus
  25. Nama:Hidayatul Hasanah
    NIM:26.10.5.3.044
    KPS A

    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut saya, identitas nasional sangat penting bagi suatu negara. Unsur-unsur dalam identitas nasional sekarang ini banyak di lupakan dalam kehidupan globalisasi ini.Jadikan unsur-unsur tersebut sebagai perbedaan yang sangat indah bila di gabungkan. Kesimpulan: Sebagai muda-mudi penerus generasi bangsa kita harus menggugah masyarakat untuk tahu identitas nasional bangsa kita dan jangan terpengaruh oleh hal-hal yang negatif yang bisa merusak identitas nasional bangsa kita.
    Wasalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  26. NAMA:M.HANUNG MIFTAKHUL HUDA
    KLS :KPS A
    NIM :26.10.5.3.058
    Menurut pendapat saya,uraian tentang identitas dan globalisasi memberi pengertian bahwa kita dapat nenbedakan ciri khas,keanekaragaman dan kemajemukan dengan bangsa lain.Ketahanan nasional perlu ditingkatkan kita sebagai generasi penerus untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dengan semangat 45,memajukan pendidikan nenuju indonesia yang lebih baik.Trimanenuju indonesia yang lebih baik.Trima kasih

    BalasHapus
  27. NAMA :Moh.abdut tawab mh
    NIM :26.10.5.3.057
    KELAs :KPS A


    menurut saya........
    globalisasi dpt mnyebabkan suatu negara mngalami kemajuan , tpi tdk smua berdampak positif smua itu tergantung kpda masyaraktnya.identitas nasional juga membntuk kepribadian suatu bangsa negara , baik individu maupun klompok.

    BalasHapus
  28. NAMA : PUTRI ARUM W
    NIM : 26.10.5.3.077
    KELAS : KPS A

    mEnurut saya..........
    Identitas negara sangat penting bagi setiap negara.Indonesia mempunyai identitas negara yang membedakan dengan negara lain.Maka kita sebagai warga negara Indonesia harus menjaga identitas itu dengan sebaik-baiknya.
    .Di era modern ini banyak negara yang melupakan identitasnya sendiri dan condong pada identitas negara barat.

    BalasHapus
  29. nama : ghulam fadhlillah darma putra
    nim : 26.10.5.3.038
    prodi :KPS A (JEBI)

    Menurut saya
    identitas dan globalisasi penting dalam perkembangan indonesia
    sehingga harus dilestarikan dan dijaga keasliannya
    seiring dengan era globalisai identitas nasional sudah sedikit melenceng dari aslinya
    oleh karena itu kita sebagai generasi pemuda harus mengembalikan nilai nilai globalisai tersebut

    cukup sekian komentar saya
    bila ada salah kata mohon dimaafkan
    terima kasih

    BalasHapus
  30. NAMA : Rossi amalia anjani
    NIM : 26.10.5.3.088
    KELAS : KPS A

    Menurut saya.......
    Identitas nasional merupakan salah satu bentuk kultur atau nilai suatu bangsa.
    kita sebagai generasi muda harus menjaganya.
    identitas tersebut sebagai ciri khas suatu negara.

    BalasHapus
  31. Nama : Yanni Utami
    NIM : 26.10.5.3.102
    Prodi : JEBI KPS A

    Menurut saya pengaruh globalisasi bagi bangsa Indonesia adalah banyaknya pengaruh dari budaya luar terutama budaya barat
    sehingga banyak terjadi penyimpangan tanpa filterisasi oleh karena itu kebrobokan moral di Indonesia semakin merajalela
    maka para pemuda dan pemudi diwajibkan untuk menjaga tata cara bersosialiasi supaya tidak terpengaruh budaya barat.

    BalasHapus
  32. nama :Sakinatun Nissa
    NIM: 26.10.5.3.089
    kelas: KPS B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut saya,
    Indonesia sudah memiliki unsur unsur identitas nasional tsb,seperti budaya yang beragam, toleransi agama, suku bangsa yang bermacam-macam pula.
    Namun, Indonesia masih terpengaruh arus arus globalisasi barat yang tidak patut kita tiru.
    Sebagai seorang warga Indonesia, seharusnya kita dapat menyaring mana yang menjadi ciri khas Indonesia dan mana yang berasal dari kebudayaan Barat.
    Semoga,
    setelah peringatan Sumpah Pemuda kemarin, kita bisa menjadi negara yang lebih baik bagi rakyatnya.
    Amin.
    Terima kasih..

    BalasHapus
  33. Nama : dita chaniago
    NIM :
    Klas : KPS B
    Identitas nasional pada hakikatnya merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri-ciri khas. Dengan ciri-ciri khas tersebut, suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam hidup dan kehidupannya. Diletakkan dalam konteks Indonesia, maka Identitas Nasional itu merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang sudah tumbuh dan berkembang sebelum masuknya agama-agama besar di bumi nusantara ini dalam berbagai aspek kehidupan dari ratusan suku yang kemudian dihimpun dalam satu kesatuan Indonesia menjadi kebudayaan Nasional dengan acuan Pancasila dan roh Bhinneka Tunggal Ika sebagai dasar dan arah pengembangannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan perkataan lain, dapat dikatakan bahwa hakikat identitas asional kita sebagai bangsa di dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah Pancasila yang aktualisasinya tercermin dalam berbagai penataan kehidupan kita dalam arti luas, misalnya dalam Pembukaan beserta UUD kita, sistem pemerintahan yang diterapkan, nilai-nilai etik, moral, tradisi, bahasa, mitos, ideologi, dan lain sebagainya yang secara normatif diterapkan di dalam pergaulan, baik dalam tataran nasional maupun internasional. Perlu dikemukaikan bahwa nilai-nilai budaya yang tercermin sebagai Identitas Nasional tadi bukanlah barang jadi yang sudah selesai dalam kebekuan normatif dan dogmatis, melainkan sesuatu yang terbuka-cenderung terus menerus bersemi sejalan dengan hasrat menuju kemajuan yang dimiliki oleh masyarakat pendukungnya.

    BalasHapus
  34. nama : Ika Sri Winarsih
    Nim : 26.10.5.3.047
    Kelas : KPS B

    Assalamu'alaikum wr wb

    Salah satu pengaruh globalisasi di Indonesia adalah maraknya penggunaan internet dalam dunia maya.
    Dari fakta yang telah kita ketahui, bahwa kebanyakan orang Indonesia khususnya kaum pemuda menggunakan fasilitas internet untuk hal-hal yang bersifat negatif.
    Seharusnya, kita memanfaatkan internet tersebut untuk lebih menambah wawasan kita tentang dunia luar, sehingga kita bisa menjadi pemuda yang lebih berwawasan tinggi dalam memajukan negara tercinta, Indonesia.
    Sekian dan terima kasih..

    BalasHapus
  35. nama : maulida khasanah
    nim : 26.10.53.065
    kelas : KPS B

    assalamu'alaikum wr wb

    Sebenarnya masyarakat Indonesia kurang mengerti tentang arti identitas nasional yang sebenarnya.
    Identitas bangsa Indonesia berarti ciri khas bangsa Indonesia yang berbeda dari bangsa lainnya.
    Oleh sebab itu, nasionalisme dan integrasi nasional sangat penting untuk ditekankan pada diri setiap warga Indonesia agar bangsa Indonesia tidak kehilangan identitas.

    terima kasih..

    BalasHapus
  36. NAMA : FALASIFAH
    NIM : 26.10.53.033
    JURUSAN : KPS A

    Assalamu'alaikum,

    Menurut saya identitas Nasional Dan Globalisasi perlu ada upaya pelestarian budaya lokal di tengah globalisasi.

    Fenomena merebaknya budaya lokal tidak bisa ditahan. Dengan semakin canggihnya tehnologi maka jarak, ruang dan waktu tidak menjadi hambatan. Apa yang sedang ngetren di Amerika dan Canada seperti lagu Baby dari Justin Beiber juga populer jauh dipelosok desa Timu Kecematan Bolo NTB, satu wilayah yang tidak tampak dalam peta. Begitu dasyatnya pengaruh globalisasi hingga hampir saja membuat beberapa item budaya lokal terpinggirkan.
    Masyarakat dapat semalam suntuk tak beranjak dari tempatnya menikmati alunan lagu Bima dengan iringan khas Biola yang mendayu-dayu. Namun kondisi saat ini jauh berbeda. Pertunjukan lagu Bima sudah menjadi barang langka tergantikan pertunjukan orgen tunggal dengan lagu dangdut yang meriah dengan “ KEONG RACUN”.
    Gambaran diatas menunjukan betapa satu demi satu kekayaan budaya lokal kita dalam proses kepunahan.
    Menurut saya harus ada beberapa langkah-langkah konkrit pelestarian budaya daerah seperti:
    1. jalur Pendidikan, dalam hal ini memasukan budaya daerah ke dalam kurikulum sekolah sejak TK sampai SMA. Dengan memasukan budaya daerah kedalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah maka anak-anak akan mengenal budaya daerah mereka. Apabila sudah mengenal kemudian diajarkan bagaimana bentuk dan pelaksanaan budaya tersebut dalam praktek secara terus menurus dari TK sampai SMA diharapkan budaya daerah akan meresap dan dihayati oleh anak-anak. Selanjutnya anak-anak timbul rasa cinta kepada budaya daerah mereka.
    2. Melalui jalur Pariwisata. Khasanah kekayaan budaya daerah yang kita miliki harus diberikan peluang , ruang gerak yang seluas-luasnya. Salah satunya mengadakan kegiatan pariwisata. Dalam hal ini perlunya campur tangan pemerintah daerah dalam merancang agenda pariwisata. Pentas budaya seperti dalam pembahasan ini mengenal lagu bima ( rawa mbojo ) dan pakaian Bima ( rimpu ) perlu secara berkala dan kontinyu ditampilkan dalam pentas tersebut. Sedapat mungkin acara-acara budaya mengikut sertakan masyarakat luas.
    Kerja sama bidang pendidikan dan pariwisata sangat ideal dalam rangka pelestarian budaya daerah. Sekarang waktu yang tepat memulainya, bila tidak maka satu demi satu budaya daerah akan segera punah. Pada akhirnya bila tidak dipedulikan maka kita akan terasing budaya kita sendiri. Yang lebih mengkhawatirkan kita akn tercabut dari akar budaya kita dan tidak lagi memiliki jati diri, identitas secara kultural ( budaya ). Dnegan melesrarikan budaya daerah akan menjadi modal utama dalam mewujudkan budaya dan identitas nasional bhineka tunggal ika, berbeda-beda tetap satu juga.

    BalasHapus
  37. NAMA : FALASIFAH
    NIM : 26.10.53.033
    JURUSAN : KPS A

    Assalamu'alaikum,
    Menurut saya identitas Nasional Dan Globalisasi perlu ada upaya pelestarian budaya lokal di tengah globalisasi.Fenomena merebaknya budaya lokal tidak bisa ditahan. Dengan semakin canggihnya tehnologi maka jarak, ruang dan waktu tidak menjadi hambatan. Apa yang sedang ngetren di Amerika dan Canada seperti lagu Baby dari Justin Beiber juga populer jauh dipelosok desa Timu Kecematan Bolo NTB, satu wilayah yang tidak tampak dalam peta. Begitu dasyatnya pengaruh globalisasi hingga hampir saja membuat beberapa item budaya lokal terpinggirkan.

    BalasHapus
  38. nama : tika tri hamidah
    nim : 26.10.53.097
    kelas : KPS B

    assalamualaikuuuuumm,,,,,
    mnurut saya,,
    identitas adl suatu tanda/ ciri yg mleket sehingga membedakannya dg yg lain.
    sehingga dpt dikatakan bahwa identitas negara itu sebuah tanda /ciri suatu negara, yang fungsinya untuk membedakan dengan negara2 lain. disamping itu, identitas juga menjadi keistimewaan negara itu sendiri.
    terimakasiiiiiihh....
    wassalam,

    BalasHapus
  39. nama : ummi nur hidayah
    kelas : KPS A
    nim : 26.10.5.3.098

    aslmkm.wr.wb
    menurut saya identitas nasional sangat penting bagi negara karena merupakan ciri khas suatu negara.
    identitas nasional bermuara pada suatu ideologi. di indonesia, identitas tersebut adalah pancasila.
    masyarakat multikultural sangat relevan bagi penegasan kembali identitas nasional bangsa indonesia yang demokratis, inklusif, dan toleran dengan tetap mengakar pada identitasnya.
    wsslmkm.wr.wb

    BalasHapus
  40. Nama;arief setiyawan
    Nim:26.10.5.3.011
    kelas:kps A
    ASSALAMUALLAIKUM WR WB
    Menurut saya:
    Globalisasi jaringan informasi. Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui: TV,radio,media cetak dll. Dengan jaringan komunikasi yang semakin maju telah membantu meluasnya pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Sebagai contoh : KFC, celana jeans levi's, atau hamburger melanda pasar dimana-mana. Akibatnya selera masyarakat dunia -baik yang berdomisili di kota ataupun di desa- menuju pada selera global.
    wassalamuallaikum wr wb

    BalasHapus
  41. SANTI SUSILOWATI
    26.10.5.3.091
    KPS_A

    Menurut saya , identitas nasional sangat dibutuhkan karena merupakan ciri dari suatu bangsa itu sendiri yang menggambarkan bentuk-bentuk kepribadian negara tersebut.
    Identitas nasional juga menggambarkan kelebihan dari suatu negara sehingga tidak kalah saing dengan negara lain dan mampu mengikuti perkembangan zaman....

    BalasHapus
  42. Nama : Bondan Baihaqi
    NIM : 26.10.5.3.020
    kelas: KPS B

    Assalamualaikum . . . . . .
    Globalisasi sekarang ini mau tak mau harus kita hadapi, karena kita (bangsa indonesia) masuk dalam masyarakat Internasional, Globalisasi sebetulnya baik jikalau kita dapat selektif dalam menerima hal-hal baru, globalisasi dapat mengubah pemikiran masyarakat Indonesia yang tradisional menjadi modern dan dapat mengalir bersama perkembangan dunia. Tetapai saat ini Bangsa Indonesia belum memiliki arti Identitas Nasional secara memadai, banyak yang belum selektif dalam menyikapi Globalisasi dewasa ini, Masyarakat Indonesia terlalu lunak dalam menerima perkembangan budaya baru, itu terbukti dengan sikap Masyarakat Indonesia yang terlalu euforia dengan hal hal baru, sikap mereka seakan akan tidak punya identitas Nasional, berbagai budaya baru mereka coba dan praktekkan, tetapi mereka terlalu memandang sebelah mata tentang budaya sendiri, bagaimana budaya indonesia yang begitu ketimuran menjadi kebarat - baratan, dimanakah Integritas kita . . . ?
    dan tanpa kita sadari lagi Globalisasi tidak hanya telah melunturkan budaya kita, dengan kurangnya integrasi, ekonomi kita agak terpuruk akibat budaya konsumtif masyarakat indonesia yang tanpa didasari rasa cinta terhadap produk kita sendiri. terima kasih , demikian komentar dari saya tentang Identitas Nasional dan Globalisasi
    Wassalamu'allaikum . . . .

    BalasHapus
  43. feri budi santoso
    26.10.5.3.035
    KPS_B

    asalamualaikum....
    globalisasi adalah..perubahan social karna factor 2 yg terjadi akibat technology modern ….,dan juga dapat diterapkan dlmberbagai konstek social,budaya ,ekonomi,dsb.

    jadi globalisasi tidak dapat di hindari di negara indonesia atau pun di negara lain,karana faktor zaman yang terus berkembang dan maju.dan apabila dampak globlalisasi sering di tafsirkan sebagai faktor perusak bagi dunia atau apapun, itu sanagat tidak benar,!!!!! yg seharusnya disalah kan adalah individu yang salah menggunakan teknologi tersebut.
    jadi pergunakan lah teknologi secara positiv...!!!

    cukup sekian dan terimakasih
    wasalam

    BalasHapus
  44. NAMA:PUJI WIDOYANTI
    NIM:26.10.5.3.075
    KPS_B

    Menurut saya,Glokalisasi sebagai munculnya interpretasi produk-produk global dalam konteks lokal yang dilakukan oleh masyarakat tersebut kemudian juga membuka kemungkinan adanya pergeseran makna atas nilai budaya.Glokalisasi dimaknai sebagai munculnya interpretasi produk-produk global dalam konteks lokal yang dilakukan oleh masyarakat tersebut kemudian juga membuka kemungkinan adanya pergeseran makna atas nilai budaya.jadi globalisasi tidak dapat di hindari di negara indonesia atau pun di negara lain.

    BalasHapus
  45. nama : Ridwan Rizqi Y
    N.I.M : 26.10.5.3.084
    KPS A

    Assalmu'alaikum
    desentralisasi kewenangan pemerintahan pusat ke pemerintahan daerah, sehingga memunculkan otonomisasi, dan bersifat akriptif atau saling berhubugan

    BalasHapus
  46. NAMA : FEBRI AYU N.R
    NIM : 26.10.5.3.034
    KELAS : KPS B

    Assalamualaikumwr.wb
    Menurut saya kebanyakan para pemuda indonesia mudah sekali terpengaruhi oleh globalisasi modern, seperti terpengaruh budaya barat yang lebih suka minum2an keras dan memakai pakaian minim dsb.
    seharusnya kita sebagai pemuda indonesia menunjukan jati diri kita yang lebih melindungi budaya sendiri dan menjaganya,melestarikan dari kepunahan.
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  47. Anisa Santa Dewi/26.10.5.3.007/KPS B

    Assalamualaikum wr.wb
    menurut saya indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, tetapi kebudayaan indonesia sudah tercampur globalisasi modern, banyak unsur budaya indonesia yang saat ini yang sudah sedikit kehilangan jati diri, sehingga budaya indonesia tidak murni.
    kita sebagai bangsa indonesia hendaknya menunjukan kembali kepada publik kebudayaan indonesia yang sebenarnya yang mengandung unsur keindahan dan norma.
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  48. Heny Puspitasari/26.10.5.3.041/KPS B

    assalammualaikum wr.wb
    Menurut saya dengan masuknya budaya modern kedalam budaya indonesia menjadikan para masyarakat indonesia tidak mengenal kebudayaan asli indonesia, misalnya lebih mengenal tarian modern daripada tarian daerah,hal ini menyebabkan budaya indonesia diagap tidak mempunyai pendirian untuk melestarikan budaya aslinya sendiri,jadi mari kita sebagai bangsa indonesia berusaha menjaga citra kebudayaan indonesia.
    walaikumsalam wr.wb

    BalasHapus
  49. nama :isnu aji santoso
    kelas :KPSB
    NIM :26.10.5.3.049

    assalamualaikum,

    menurut saya setelah saya mempelajari tentang BAB 4 saya berpendapat bahwa pengertian dari identitas itu adalah ciri-ciri,sifat-sifat khas yang melekat pada suatu hal sehingga menunjukkan suatu keunikkannya serta membedakannya dengan hal-hal lain. sedangkan Nasional berasal dari kata nasion yang memiliki arti bangsa, menunjukkan kesatuan komunitas sosio-kultural tertentu yang memiliki semangat, cita-cita, tujuan serta ideologi bersama.
    jdi menurut saya identitas suatu negara (indonesia) adalah adalah ciri-ciri atau sifat-sifat khas bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
    terimakasih
    waalaikumsalam...

    BalasHapus
  50. AZIZ ZULLAH
    26.10.5.3.016
    KPS_B

    asalamualikum

    globalisasi memang belum tentu meniadakan kultur yg lokal,.malahan globalisasi menjanjikan melahirkan multikulturisme namun tdk lebih dalam multikulturisme dan globalisasi itu adalah kesediaan menerima kelompok lain secara sama kesatuan tanpa memperdulikan perbadaan budaya bahasa,ataupun mempertegaskan bahwa segala perbadaannya di akui dan disamakan dalam publik.
    jadi multikulturalisme dan globalisasi harus seimbang.
    cukup sekian dan terimakasih

    wasalamualaikum

    BalasHapus
  51. nama ; Ria Andriyati m.
    kelas ; KPS.B
    NIM ; 26.10.5.3.083
    Identitas nasional secara terminologis adalah suatu cirri yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lain.Berdasarkan perngertian yang demikian ini maka setiap bangsa didunia ini akan memiliki identitas sendiri-sendiri sesuai dengan keunikan,sifat,cirri-ciri serta karakter dari bangsa tersebut.Berdasarkan hakikat pengertian identitas nasional sebagai mana di jelaskan di atas maka identitas nasional suatu Bangsa tidak dapat di pisahkan dengan jati diri suatu bangsa ataulebih populer disebut dengan kepribadian suatu bangsa.

    BalasHapus
  52. nama : julia agustina
    kelas : kps .b
    nim : 26.10.5.3.054

    Jadi identitas nasional berasal dari kata “national identity” yang dapat diartikan sebagai kepribadian nationa atau jati diri national. Kepribadian nasional atau jati diri nasional adalah jati diri yang dimiliki oleh suatu bangsa.
    indentitas nasional terbentuk sebagai rasa bahwa bangsa indonesia mempunya pengalaman bersama, sejarah yang sama dan penderitaan yang sama dan penderitaan yang sama. Identitas nasional diperlukan dalam interaksi karena di dalam setiap interaksi para pelaku interaksi mengambil suatu posisi dan berdasarkan posisi tersebut para pelaku menjalankan peranan-peranannya sesuai dengan corak interaksi yang berlangsung, maka dalam berinteraksi seorang berpedoman kepada kebudayaannya. Jika kebudayaan di katakan bagian dari identitas nasional maka kebudayaan itu juga dapat dijadikan pedoman bagi manusia untuk berbuat dan bertingkah laku.

    BalasHapus
  53. Nama : Hidayanti
    NIM : 26.10.5.3.020
    Kelas: KPSB

    Assalamu'allaikum . . . . .
    Setelah membaca bab 4 tentang Identitas Nasional dan Globalisasi,menurut saya Identitas Nasional sangat diperlukan di globalisasi saat ini karena identitas nasional merupakan ciri khas suatu bangsa yang membedakan dengan bangsa lainya, dan identitas nasional sebagai filter budaya luar yang masuk ke Indonesia, jadi kita tidak boleh langsung berpendapat kalau budaya luar yang masuk ke Indonesia akan berdampak negatif bagi bangsa Indonesia, karena kita sudah mempunyai identitas nasional.
    Wassalamu'allaikum

    BalasHapus
  54. Nama : Hidayanti
    NIM : 26.10.5.3.043
    Kelas: KPSB

    Assalamu'allaikum . . . . .
    Setelah membaca bab 4 tentang Identitas Nasional dan Globalisasi,menurut saya Identitas Nasional sangat diperlukan di globalisasi saat ini karena identitas nasional merupakan ciri khas suatu bangsa yang membedakan dengan bangsa lainya, dan identitas nasional sebagai filter budaya luar yang masuk ke Indonesia, jadi kita tidak boleh langsung berpendapat kalau budaya luar yang masuk ke Indonesia akan berdampak negatif bagi bangsa Indonesia, karena kita sudah mempunyai identitas nasional.
    Wassalamu'allaikum

    BalasHapus
  55. Nama : Ninis Trisnwati
    Nim : 26.10.5.3.103
    Kelas : KPS B

    Assalamu 'Alaikum Wr. Wb.
    Menurut saya pada identitas nasional dan globalisasi sangat di perlukan bagi kemajuan dan keutuhan negara itu sendiri. Oleh karenanya saya sangat suka dengan materi ini karena membangun semangat saya untuk tetap menjaga identitas bangsa indonesia.

    Sekian terimakasih.......

    Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  56. Muflikhatun
    26.10.5.3.068
    KPS B

    Assalamu 'Alaikum Wr. Wb.

    Menurut saya, Identitas nasional di globalisasi sangat penting untuk berkembangnya suatu bangsa. Tanpa identitas suatu bangsa tidak akan maju. Dengan adanya identitas di globalisasi, negara kita bisa di kenal dan memiliki ciri tersendiri. Dalam Materi ini juga di sebutkan pengaruh globalisasi dalam beberapa hal. Dan hal ini menyadarkan saya agar lebih selektif dan Aware terhadap globalisasi yang terjadi di zaman sekarang.

    Jazakumullah Khairun Jaza

    Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  57. ibadu rohmaniyah
    tarbiyah-pai
    26.10.3.1.080

    assalamu'alaikum wr. wb.

    menurut saya, identitas nasional sangat penting, dimisalkan seseorang tidak akan dikenal jika tanpa identitas, demikian juga pada sebuah negara. negara kita memiliki keragaman budaya, tradisi dan lain sebagainya, inilah identitas negara kita yang akan dikenal negara-negara lain.

    jazakumullah khoiron katsiron

    wassalamu'alaikum wr. wb

    BalasHapus
  58. lilis dwi hastuti
    26.10.5.3.055
    KPS B

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    menurut saya, identitas suatu negara adalah suatu ciri kas yang membedakan negara tersebut dengan negara lainnya dan oleh karena itu identitas suatu negara sangat penting kita pertahankan.Indonesia adalah suatu negara yang banyak akan berbagai budaya dan itu salah satu ciri kas indonesia.Namun dengan meningkatnya perkembangan zaman di Era globalisasi ini dan sedikitnya pelestarian budaya di indonesia menyebabkan kebudayaan yang menjadi suatu ciri kas indonesia perlahan-lahan berubah dengan adanya pengaruh kebudayaan luar.hal ini sangat dirasakan terutama di kalangan remaja indonesia.
    sebagai contoh: cara bergaul remaja indonesia kini sangtlah bebas seperti orang-orang barat pada umumnya,begitu juga cara berpakaian mereka banyak meniru budaya luar.
    Dan dampak dari semua itu lah yang menyebabkan terjadinya pergeseran makna atas nilai bubaya kita.

    BalasHapus
  59. NUNING PRATIWI
    26.10.3.1.144
    TARBIYAH PAI/ID

    Menurut saya,
    Identitas nasional merupakan suatu wujud kepribadian bangsa yang mencerminkan kehidupan bangsa yang ada di dalamnya. Walaupun demikian, identitas nasional harus mampu berkembang secara terbuka dan dengan selektif mengikuti perkembangan jaman agar tetap survive dan tumbuh menjadi bangsa yang besar. Sedangkan globalisasi, merupakan wadah perkembangan dari identitas nasional itu sendiri.

    BalasHapus
  60. Ismunatun fahmawati
    26.10.3.1.088
    TARBIYAH/PAI

    Menurut saya, identitas nasional adalah pandangan hidup bangsa, kepribadian bangsa yang mempunyai ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki bangsa lain. Yaitu dari segi sejarah, budaya, agama, suku bangsa, dan bahasa.
    Sebagai pemuda indonesia kita harus mempertahankan identitas nasional dan jati diri kita.

    BalasHapus
  61. Nama : Didit Iswannoto
    NIM : 26.10.5.3.026
    Kelas : KPS-B

    Asskum.......
    Menurut saya, identitas nasional dan globalisasi saling berkaitan.Dimana unsur nilai budaya yang berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa memiliki karakteristik yang bermacam-macam.Misalnya pada unsur sejarah, budaya, agama, dan bahasa akan berpengaruh pada perubahan sosial dalam bentuk globalisasi nasionalisme serta teknologi modern. negara yang bersifat terbuka akan lebih cepat menerima perubahan tersebut, dan negara yang tertutup akan lebih sulit menerima suatu perubahan. Meskipun didalam perubahan terdapat dampak positif maupun negatif yang akan mempengaruhi sgala aspek kehidupan negara, khususnya masyarakat didalamnya. Proses menerima perbedaan kebudayaan harus melalui tahap demi tahap dengan berbagai macam hambatan. Tapi lambat laun perbedaan tersebut akan diterima meskipun tidak menutup kemungkinan terjadinya pergeseran makna budaya.
    terimakasih.
    Wassallam.

    BalasHapus
  62. assalamualaikum wr.wb
    saya nama: putri wahyu layli
    nim:26.10.5.3.078
    kelas: kbs b


    menurut pendapat saya,
    didalam hakikat globalisasi , glokalisasi, & ketuhanan nasional mempunyai suatu persamaan yg sangat menonjol, yaitu:
    menunjukkan suatu perubahan sosial dgn faktor2 yg terjadi akibat transkulturasi & perkembangan teknologi modern. kemudian menjadikan adanya pergeseran makna atas nilai2 budaya. dengan demikian era globalisasi dpt dijumpai dalam beberapa bidang, meliputi politik, ekonomi, sosial & budaya.



    demikian pendapat dari saya tentang era globalisasi.
    terimakasih.
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  63. Saudara-saudara mahasiswa Komunikasi & Dakwah, dan Tarbiyah 1C/1D, sebagaimana mahasiswa ekonomika & bisnis Islam KPS A&B, materi kuliah civic education kali ini adalah tentang identitas nasional & globalisasi. Silahkan Anda pelajari & diskusikan. Bagaimana hasil diskusi atau komentar Anda (individual) tentang materi tersebut, silahkan Anda kemukan di kolom komentar. Selamat belajar smoga sukses...

    BalasHapus
  64. assalamualaikum wr wb
    nama : Kristianto
    kls : tarbiyah 1c
    nim : 26.10.3.1.099

    Menurut saya, globalisasi selain mempunyai dampak positif juga membawa banyak efek negatif, tinggal bagaimana kemampuan kita untuk memilah-milah dan menyaring terhadap apa yang di bawa oleh bangsa lain. Maka disilah pentingnya identitas bangsa sangat diperlukan, agar bangsa kita tidak kehilangan jati diri. Jangan sampai globalisasi menghilangkan jati diri dan rasa nasionalisme kita.


    nama:herman sabari
    kelas:tarbiyah 1c
    26.10.3.1.077
    adanya Globalisasi ini Identitas bangsa indonesia yang dulu memiliki semangat juang tinggi (semangat juang kerajaan nusantara Majapahit dan sriwijaya)
    karna adanya globalisasi ini. Apakah semangat juang tinggi yang menjadi identitas bangsa indonesia itu tetap tumbuh dengan baik di era globalisasi ini?

    BalasHapus
  65. assalamualaikum
    khoirul annisa
    261031098
    1c

    setelah saya membaca meteri di atas,menurut saya,identitas dalam suatu negara sangat penting untuk membuat ciri kas buat suatu negara tersebut,dam globalosasi itu sangat penting untuk memajukan negara kita,dan untuk memacu pendidikan dan untuk memjadikan individual ke jenjang yang lebih sukses.

    terima kasih.




    hanifah cahya m
    pai 1c
    261031076

    menurut saya indentitas negar sangat perlu karena menjadi simbol suatu negara,kemidian di dalam negara perlu adaya globalisasi supaya negara tersebut lebih maju,tetapi sebuah negara tersebut harus perlu menyaring globalisasi tersebut supaya bisa bermanfaat dengan baik.

    terima kasih

    BalasHapus
  66. NAMA : HANDOKO
    NIM :26.10.5.3.040
    KELAS : KPS B

    Menurut saya,,saya sangat setuju dengan identitas nasional..karena kita bisa memahami,mengetahui,dan menjelaskan apa itu pengertian identitas nasional dan unsur2 nasional...
    Dan dengan adanya GLOBALISASI kita bisa memiliki hubungan antar indivu,antar kelompok dan antar negara bisa saling berinteraksi...

    terima kasih...

    BalasHapus
  67. pak,komenya kuk agak bermasalah pak??????
    banyak yang gak bisa masuk!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  68. RETNO ROYANI
    KPS B
    26.10.5.3.082
    Menurut saya materi ini sangat membangun karna didalamnya dibahas tentang identitas nasional dan hakikat globalisasi beserta pengaruhnya dalam berbagai bidang.Dari penjelasan dampak-dampak tersebut menyadarkan saya untuk senantiasa selektif dan aware terhadap perkembangan globalisasi.Dan dari sekian banyak materi yang dijelaskan ada satu yang paling saya suka yaitu pembahasan penyelewengan pancasila dimasa lalu yang menyebabkan masyarakat phobia terhadap pancasila meski tidak secara detail. Tetapi ini bisa menjadi cambuk bagi kita untuk senantiasa melaksanakan demokrasi secara seimbang dan tetap menjunjungi tinggi nilai-nilai luhur pancasila sebagai ideologi negara kita.

    BalasHapus
  69. NURI WIJAYANTI
    KPS B
    26.10.5.3.073
    saya sangat senang dan atusias dengan materi ini, karena pada materi ini dibahas tentang identitas nasional yang merupakan pembeda atau ciri khas bangsa indonesia dengan bangsa lain. yaitu indonesia memiliki pancasila sebagai landasan ideologi yang dapat bertahan sampai saat ini.

    BalasHapus
  70. AVIANA PUTRI SASANTI
    BKI
    26.10.1.2.004

    SAYA MENCOMENT...
    pada dasarnya di BAB ini,adalah bab yang paling menarik untuk dipelajari dan untuk dimengerti oleh setiap mahasiswa maupun mahasiswi,karna dibab ini lah dikupas bagaimana ciri khas bangsa indonesia dibandingkan dengan bangsa2 lain.Akan tetapi ketikhadiran Bapak kemarin,membuat saya belum sepenuhnya mengerti akan pengertian Identitas Nasional yang sebernarnya!!!!
    mohon kehadiran Bapak untuk kesempatan2 diskusi berikutnya...
    karna diskusi materi ini kemarin kurang kondusif..

    terima kasih.

    BalasHapus
  71. Cahya Sasmi Kurniyasih
    BKI / 26.10.1.2.005

    Indonesia sebagai bangsa yang majemuk sudah melakukan proses globalisasi....
    tapi proses itu belum baik ...

    karena saya belum paham pak...bab ini..kemarin pas diskusi kurang kondusif...
    kurang efektif..
    mohon bapak sedikit mengulang dan mengulas bab ini...
    terimakasih..

    BalasHapus
  72. Nama : Laili Maghfiroh
    NIM : 26.10.3.1.101
    Kelas: 1C Tarbiyah/PAI

    Identitas nasional menurut saya sangat penting karena sebagai simbol atau tanda yang membedakan antara satu dengan yang lainnya.
    Adapun dengan adanya multikulturalisme antara nasionalisme dan globalisasi itu mempermudah interaksi antara satu dengan yang lainnya, karena multikulturasi itu sendiri yaitu kesediaan menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan tanpa memperdulikan perbedaan budaya, etnik, gender, bahasa ataupun agama.

    BalasHapus
  73. Nama : Lina Sih Isnawati
    Kelas : 1c
    NIM : 26.10.3.104

    menurut saya, suatu bangsa itu harus memiliki identitas tersendiri karena dengan identitas suatu bangsa memiliki perbedaan dengan bangsa lain. dilihat dari pengertian identitas itu merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri-ciri khas.
    dan suatu bangsa tidak menutup kemungkinan untuk melakukan globalisasi agar suatu bangsa tersebut dapat berinteraksi dengan bangsa lain.

    BalasHapus
  74. nama :hanan nurwati
    kelas :1c
    NIM :26.10.3.1.075

    menurut saya, identitas memang harus dimiliki oleh suatu bangsa karena unsur-unsur identitas tersebut dimiliki suatu bangsa, jadi secara tidak langsung bangsa tersebut telah memiliki identitas yang berbeda dengan bangsa lain.
    sedangkan dengan adanya globalisasi dapat mempermudah interaksi antar bangsa.tetapi suatu bangsa tersebut harus memiliki identitas agar tidak terpengaruh dengan dampak negatif dari globalisasi.

    BalasHapus
  75. Lussy Kurnia Wijayanti
    KPS.B
    26.10.3.5.056



    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menurut saya,setiap bangsa mempunyai identitas sendiri-sendiri.Begitu pula dengan bangsa Indonesia.Bansa Indonesia mempunyai PANCASILA sebagai dsar negara sekaligus sebagai Identitas Negara.
    Dan di Era Globalisasi ini Pancasila semakin tidak di Indahkan Nilai-nilainya.
    Sedangkan Globalisasi menurut saya adalah suatu perkembangan di semua aspek kehidupan.

    BalasHapus
  76. Nama : Septiani Prasetyorini
    NIM : 26.10.5.3.093
    Kelas : KPSB

    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut pendapat saya unsur pembentuk identitas nasional Indonesia, sudah dapat dikatakan kompleks dan khas indonesiapun sangat begitu terasa,baik dari segi kebudayaan,agama,suku bangsa,sejarah dan bahasa. namun dengan adanya pengaruh globalisasi di dunia membawa dampak yang positif juga negatif bagi kehidupan di indonesia.
    dampak positifnya antara lain adanya modernisasi teknologi yang dapat memudahkan gaya hidup masyarakat sehingga lebih efisien dan efektif.
    dampak negatif antara lain: pergeseran kebudayaan di indonesia semakin meninggalkn budaya timur sehingga lebih condong ke kebudayaan barat yang bebas.
    Demikian. Terimakasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  77. Dwi Muslimah Ningtyas
    26.10.5.3.029
    KPS B

    Assalammu'alaikum wr.wb

    Menurut saya,Globalisasi adalah suatu proses dari gagasan yang di munculkan, kemudian ditawarkan untuk di ikuti oleh bangsa lain yang akhirnya pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh Dunia.
    Dampak dari Globalisasai :
    Positif :
    - Menambah Integritas,mengetahui wawasan lebih intelektual dalam kalangan remaja,
    Negatif :
    - berfikir malas,dan Mengabaikan.

    BalasHapus
  78. Vivin Fitriana
    26.10.5.3.101
    KPS.B

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Menurut saya, identitas negara adalah nama baik atau buruk suatu negara yang dinilai dari negara lain. Dan baik buruknya negara tergantung pada penilaian negara lain.
    Globalisasi adalah suatu perubahan zaman dari zaman primitif jadi modern.

    BalasHapus
  79. nur kasanah
    BKI
    261012018
    globalisasi memang sangat berpengaruh besar pada kemajuan jaman. tapi alangkah baiknya sebagai warga indonesia yang bekebudayaan ketimuran dapat memanfaatkan globalisasi supaya tidak bertentangan dengan nilai pancasila

    BalasHapus
  80. Nama :Istiqomah

    Nim :26.10.1.2.010

    Prodi :BKI



    ASSALAMU'ALAIKUM.......



    menurut saya Sebuah identitas merupakn sebuah jati diri yg dmiliki olh seseorang.dlm bab ini yg d bcrkn adlh identitas negara.

    DIndonisia mmlki sebuah identitas yg khas dan bnyk pula identitas itu sgt d segani oleh negara lain.sprt sebuah budaya yg bermacam macam yg qt miliki menjadi sbuah identitas yg khas untk negara qt."BINEKA TUUNGGAL IKA" BERBEDA BEDA TP TTP SATU.

    idntitas nasional memang berubh sesuai zaman,akn ttp haruskh kekhasan qt hilang dngan pengaruh pengaruh budaya bngsa lain.

    Bngsa indonesia memang hrz mju dlm bidang IT akn ttp identitas yg menjd ciri khas qt tdk bleh hilang.
    WASSALAMU'ALAIKUM......

    BalasHapus
  81. IRENA FITRIANI
    26.10.3.1.086
    TARBIYAH/PAI 1C

    Menurut saya, identitas nasional sangat pentung adanya. Karena identitas nasional itu untuk menandai atau mengenali suatu negara. setiap negara mempunyai identitas atau ciri tersendiri, sehingga negara tersebut dapat bikenal negara lain dikarenakan identitas negaranya tersebut. identitas nasional suatu negara akan tetap terjaga jika unsur-unsur terbentuknya intitas suatu negara tersebut terpelihara dengan baik.

    BalasHapus
  82. Nama : Ahmad Fanani
    NIM : 26.10.5.3.001
    Prodi : KPS B

    Assalamualaikum Wr.Wb
    di era globalisasi ini banyak budaya barat yang masuk ke indonesia, untuk menyaringnya kita harus tahu identitas nasional kita sendiri. kita boleh mengikuti alur golobalisasi tetapi jangan sampai kita melupakan identitas kita sebagai warga negara. negara kita adalah negara yang beradab yang berdasarkan pancasila, dari pancasila tersebut terdapat nilai-nilai yang baik untuk menyaring budaya-budaya tersebut.
    di ndonesia sendiri terdapat banyak sekali budaya asli indonesia. sebagai generasi penerus bangsa kita harus melestarikan budaya-budaya asli indonesia dengan begitu budaya asli indonesia tidak akan hilang.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  83. nama:isna nurul latifah
    kelas:1c
    prodi:pai

    menurut saya....
    pengertian globalisasi yaitu suatu perubahan sosial dalam bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi modern yang mempunyai unsur global space ,kecenderungan gelombang globalisasi terhadap nasionalisme.
    tantangan masa depan dalam gelombang globalisasi oleh karena itu kita banyak mencegah dari dampak globalisasi dengan cara menjaga keindahan alam agar tetap alami untuk selamanya.

    BalasHapus
  84. nama:luluk hamidah
    kelas:1c
    prodi:pai


    menurut saya.............
    pengertian glokalisasi yaitu munculnya interpretasi produk-produk global dalam konteks lokal yang di lakukan oleh masyarakat tersebut kemudian membuka kemugkinan adanya pergeseran makna dan budaya,oleh karenanya kita menjaga dampak glokalisasi dengan keadaan yang baik.

    BalasHapus
  85. Nur hidayah
    26.10.3.1.147
    PAI 1D

    Assalamu'alaikum wr.wb

    menurut saya pembentukan identitas nasional dapat menganalis keberadapan pancasila sebagai nilai bersama dalam kehidupan keluarga,bangsa dan negara.glodalisasi dapat menimbulkan solidaritas global yang melintasi kelompok etnis dan batas teritorial negara.


    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  86. anik
    26.10.5.3.016
    KPS B


    assalamuaaikum......
    menurut saya perkembangan globalisasi sangat membantu indonesia sebagai negara berkembang untuk semakin maju.
    perkembangan globalisasi harus kt manfaatkan sbg alat utk mendongkrak kreatifitas dalam belajar.perkembangan tersebut tidak haya membawa dampak positif bagi bangsa tetapi jg berdampak negatif.misal saja pengaruh gambar atau video yang tak bermoral.
    dan kita sebagai mahasiswa tentunya harus mengambil sisi positifnya,dengan perkembangan tehnologi harus kita manfaata untuk mencari ilmu dan berreasi.kita harus berfikir dewasa dalam menanggapi perkembangan tersebut.

    wasalamualaikum.....

    BalasHapus
  87. ITSNIYATI MARFU'AH
    26.10.3.1.091
    TARBIYAH/PAI 1C

    ASSALAMU'LAIKUM..

    Setelah membaca dan memahami materi tentang identitas nasicnal,menurut pendapat saya:
    identitas nasional merupakan suatu tatanan kehidupan suatu negara yang berisikan ciri- ciri karakteristik suatu bangsa yang membedakan suatu negara tersebut berbeda dengan negara lain.
    Identitas negara sangatlah penting bagi suatu negara karena selain merupakan suatu ciri khas pembeda dari negara lain,juga bisa mempermudah urusan suatu negara dengan negara lain.misalnya saja,dengan adanya bermacam-macam agama didunia bisa menjadikan hubungan yang harmonis dalam menjalankan diplomasi ataupun kerjasama diberbagai bidang.Terjalin sikap saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama diberbagai dunia.
    Disamping itu identitas suatu negara akan tetap ada dan terjaga jika warga negara dan masyarakat didalamnya mau menjaga dan tetap melestarikan sehingga tidak mudah direbut dan diakui oleh negara lain.

    BalasHapus
  88. NIKEN LARASATI
    26.10.3.1.137
    TARBIYAH PAI / 1D

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menanggapi tema identitas nasional indonesia dari aspek sejarah, kebudayaan, suku bangsa, agama, bahasa di mana hal ini terwujud tidak seperti mudahnya membalik telapak tangan yang mana para nenek moyang kita dan founding fathers kita mewariskan dan menetapkan peninggalan-peninggalan penting dan 'ampuh' bagi kedaulatan, kesatuan, dan tegaknya NKRI yang diperjuangkan dengan pemikiran, kekuatan, pengorbanan jiwa raga dan harta. Maka sudah sepantasnya lah bagi kita para mahasiswa untuk menghargai, menjaga, melestarikan serta mengisi warisan peninggalan yang berupa warisan budaya kemerdekaan, bahasa, dan persatuan yang solid ini. Dengan kegiatan-kegiatan yang positif mempelajari (belajar) mengenang dan melestarikan budaya asli Indonesia dan menerima budaya asing dengan penyaringan yang ketat yang disesuaikan dengan norma-norma yang ada di Indonesia.
    AL MUAHAFADZATU ALA' QADIMI ASH SHALIH WAL AKHDZU BI JADIDI AL-ASHLAH (melestarikan khasanah lama yang bagus sekaligus mengadopsi kebaruan inovasi yang konstruktif). Dalam akulturasi globalisasi dan modernisasi yang dalam pengaplikasiannya pastinya harus disesuaikan dengan agama, budaya, efek baik buruknya.
    Contoh konkrit yang harus dilakukan kita, bahasa Indonesia yang telah ditetapkan menjadi bahasa (identitas) nasional kita pada saat kongres sumpah pemuda II di Jakarta, 28 Oktober 1928 (82 tahun yang lalu). Mengingat sekarang di era modernisasi dan globalisasi ini ada kejadian yang sangat memilukan oleh anak bangsa kita sendiri saat ini dengan melengserkan bahasa persatuan kita, yakni dengan adanya bahasa gaul yang muncul awal tahun 2000an. Yang terbaru, bahasa "ALAY" yang marak di kalangan anak muda sekarang ini. Ironis sekali karena dari sini pantas kita bertanya seberapa besar rasa nasionalisme kita, bangsa Indonesia kini?
    Dalam hal budaya, isu-isu yang berkembang terakhir adalah penjualan ilegal benda-benda bersejarah yang tak ternilai harganya yang menjadi identitas nasional kita. Adanya pencurian hak milik atas kebudayaan asli Indonesia kita, seperti Reog Ponorogo, Angklung, Kain Batik, Labu Daerah oleh negara tetangga kita, Malaysia. Oleh karena itu, mari kita berbenah diri mengubah sikap dengan cara banyak mensyukuri, mempelajari, mengenali, dan melestarikan budaya asli Indonesia yang tak ternilai harganya ini.
    Dari unsur agama, marilah kita perteguh dan kita mantapkan rasa toleransi, tenggang rasa dalam urusan hidup berdampingan dengan keragaman agama. Mari kita renungkan dan amalkan Tri Kerukunan Beragama dengan sebaik-baiknya. Semoga persatuan dan kesatuan negara tetap terjaga dengan adanya kita melihat, memahami realita sejarah tentang identitas nasional Indonesia sehingga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari agar terwujud Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Gemah ripah loh jinawi, "Baldatin thoyyibatun wa rabbun ghafur" amin-amin ya rabbal 'alamin.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  89. NIKEN LARASATI
    26.10.3.1.137
    TARBIYAH PAI / 1D

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menanggapi tema identitas nasional indonesia dari aspek sejarah, kebudayaan, suku bangsa, agama, bahasa di mana hal ini terwujud tidak seperti mudahnya membalik telapak tangan yang mana para nenek moyang kita dan founding fathers kita mewariskan dan menetapkan peninggalan-peninggalan penting dan 'ampuh' bagi kedaulatan, kesatuan, dan tegaknya NKRI yang diperjuangkan dengan pemikiran, kekuatan, pengorbanan jiwa raga dan harta. Maka sudah sepantasnya lah bagi kita para mahasiswa untuk menghargai, menjaga, melestarikan serta mengisi warisan peninggalan yang berupa warisan budaya kemerdekaan, bahasa, dan persatuan yang solid ini. Dengan kegiatan-kegiatan yang positif mempelajari (belajar) mengenang dan melestarikan budaya asli Indonesia dan menerima budaya asing dengan penyaringan yang ketat yang disesuaikan dengan norma-norma yang ada di Indonesia.
    AL MUAHAFADZATU ALA' QADIMI ASH SHALIH WAL AKHDZU BI JADIDI AL-ASHLAH (melestarikan khasanah lama yang bagus sekaligus mengadopsi kebaruan inovasi yang konstruktif). Dalam akulturasi globalisasi dan modernisasi yang dalam pengaplikasiannya pastinya harus disesuaikan dengan agama, budaya, efek baik buruknya.
    Contoh konkrit yang harus dilakukan kita, bahasa Indonesia yang telah ditetapkan menjadi bahasa (identitas) nasional kita pada saat kongres sumpah pemuda II di Jakarta, 28 Oktober 1928 (82 tahun yang lalu). Mengingat sekarang di era modernisasi dan globalisasi ini ada kejadian yang sangat memilukan oleh anak bangsa kita sendiri saat ini dengan melengserkan bahasa persatuan kita, yakni dengan adanya bahasa gaul yang muncul awal tahun 2000an. Yang terbaru, bahasa "ALAY" yang marak di kalangan anak muda sekarang ini. Ironis sekali karena dari sini pantas kita bertanya seberapa besar rasa nasionalisme kita, bangsa Indonesia kini?
    Dalam hal budaya, isu-isu yang berkembang terakhir adalah penjualan ilegal benda-benda bersejarah yang tak ternilai harganya yang menjadi identitas nasional kita. Adanya pencurian hak milik atas kebudayaan asli Indonesia kita, seperti Reog Ponorogo, Angklung, Kain Batik, Labu Daerah oleh negara tetangga kita, Malaysia. Oleh karena itu, mari kita berbenah diri mengubah sikap dengan cara banyak mensyukuri, mempelajari, mengenali, dan melestarikan budaya asli Indonesia yang tak ternilai harganya ini.
    Dari unsur agama, marilah kita perteguh dan kita mantapkan rasa toleransi, tenggang rasa dalam urusan hidup berdampingan dengan keragaman agama. Mari kita renungkan dan amalkan Tri Kerukunan Beragama dengan sebaik-baiknya. Semoga persatuan dan kesatuan negara tetap terjaga dengan adanya kita melihat, memahami realita sejarah tentang identitas nasional Indonesia sehingga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari agar terwujud Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Gemah ripah loh jinawi, "Baldatin thoyyibatun wa rabbun ghafur" amin-amin ya rabbal 'alamin.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  90. Noviana Rahayu
    26.10.3.1.142
    PAI/1D


    Nilai-nilai dasar dari pada identitas nasional hendaknya tetap sebagai penyanggah untuk kehidupan berbangsa dalam menghadapi kekuatan-kekuatan luar sehingga bangsa tsb tetap berkarakter secara tersendiri dan yang membedakan dengan bangsa lain.Kita tidak patut menutup diri dari globalisasi dengan segala keuntungannya seperti dalam putaran ilmu teknologi dan informasi dunia , namun di sisi lain kita harus mempertahankan karakter kita sebagaimana yang telah dirumuskan dalam philosofhie groundslag bangsa kita.

    BalasHapus
  91. Mitayani
    26.10.3.1.120
    PAI/1D

    Era globalisasi memang menimbulkan perubahan yang signifikan.Globalisasi di segala aspek,membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Suatu bangsa dan negara tidak dapat menutup diri terhadap era globalisasi.Khususnya bagi bangsa indonesia harus bersikap selektif terhadap pengaruh-pengaruh globalisasi,menerima pengaruh globalisasi tsb tanpa kehilangan jati diri kepribadian bangsa.Guna mewujudkan hal ini, maka didalam menerima pengaruh globalisasi harus didasarkan pada konsep dasar pancasila,yang telah memiliki beberapa fungsi dan kedudukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    BalasHapus
  92. Masna Sarifah
    26.10.3.1.116
    PAI / 1D


    Menurut saya
    Identitas negara adalah sesuatu yang mencerminkan negara tersebut baik dilihat dari budaya,bahasa,suku bangsa,dan sejarahnya. Suatu negara bisa dikatakan maju jika negara tersebut mampu berkembang dan mampu mempertahankan nilai-nilai positif identitas bangsanya di era globalisasi.

    BalasHapus
  93. nur fatma
    26.10.1.2.017
    bki

    assalamu'alaikum.wr.wb
    identitas nasional sangat penting dan harus dimiliki oleh suatu negara.Karena IDENTITAS NASIONAL dapat menunjukan jati diri dan ciri yang dimiliki suatu negara.namun dengan perkembangan suatu jaman,jati diri negara inonesia seakan memudar dari pribadi bangsa indonesia.

    BalasHapus
  94. MAGFIROTUL HASANAH
    26.10.3.1.112
    PAI/1D

    Assalamu'alaikum.wr.wb
    Menurut saya ,
    Globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara

    Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.

    BalasHapus
  95. Nama :Ismi nur hidayati
    Nim :26.10.3.1.087
    Kelas :1c Tarbiyah/pai

    Menurut saya identitas nasional itu sangat penting.Terutama untuk negara indonesia,karena tanpa identitas negara tersebut sulit untuk di bedakan apalagi di kenalinya.Dan negara indonesia sudah memiliki identitas diantaranya:memiliki bermacam-macam suku,ras,agama,bahasa dan kebudayaan.Tiap negara memiliki identitas yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  96. NAMA : NUR ARIFATUR ROHMAH
    NIM : 26.10.3.1.146
    KELAS: 1D TARBIYAH-PAI

    Globalisasi adalah suatu perubahan sosial dalam bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi modern. Tapi kebanyakan orang Indonesia salah mengartikan Globalisasi sbg westernisasi, padahal antara globalisasi dan westernisasi itu berbeda.
    Dan akibat dari westernisasi telah menghilangkan identitas nasional bangsa indonesia yang dulunya dikenal sebagai bangsa yang berbudaya ketimuran, bukan bangsa yang bebas seperti yang hendak diraih masyarakat indonesia saat ini.

    BalasHapus
  97. Novianti E.N.U
    26.10.3.1.143
    Tarbiyah/PAI/1D

    Assalamu'alaikum.wr.wb
    Menurut saya keberadaan identitas nasional sangatlah penting di suatu negara,karena dengan identitas,negara mempunyai ciri khas atau sifat spesifik maupun sifat umum yang terus berkembang sesuai keadaan perubahan zaman,sehingga dapat mengantarkan negara tersebut dapat diketahui dan dikenal oleh negara-negara lain.
    Selain itu identitas nasional juga sebagai pembeda antara negara satu dengan yang lainnya.Negara tidak akan dapat berdiri tanpa adannya identitas,oleh karena itu identitas nasional dalam suatu negara sangatlah wajib ada.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  98. Nama : Mardhiyah
    Nim : 26.10.3.1.114
    Kelas : 1d Tarbiyah-PAI

    Menurut saya, dengan adanya globalisasi pasti akan membawa pengaruh terhadap identitas suatu negara. Baik menyangkut kebudayaan, politik, ekonomi, dan sosial negara itu sendiri. jika hal tersebut dibiarkan, maka akan menghilangkan identitas suatu bangsa.
    Oleh karena itu, identitas nasional perlu di jaga. Untuk itu diperlukan ketahanan nasional.
    Dalam rangka ketahanan nasional, peluang dan tantangan bangsa Indonesia dalam era globalisasi dapat dijumpai dalam beberapa bidang yang meliputi bidang politik, ekonomi dan sosial-budaya. Dan ketahanan nasional itu dapat diwujudkan dengan persatuan antar suku-bangsa.

    BalasHapus
  99. Nama :Mahmudha Huni Untoro
    NIM :26.10.3.1.113
    Kelas:1D

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut saya identitas nasional adalah jati diri suatu bangsa. Unsur" nya adalah sejarah, kebudayaan, agama,suku bangsa, bahasa dll. Semua itu merupakan kemajemukan negara kita yang telah tertuang dalam semboyan negara indonesia yaitu Bineka Tunggal Ika.
    Sedangkan Globalisasi merupakan suatu perubaha sosial antara masyarakat dengan perkembangan" teknologi.
    Globalisasi ini mempunyai dampak positif dan negatif. Kita sebagai generasi muda harus selalu berfikir kritis dan mengambil dampak positi atau manfaat dari globalisasi.

    Sekian dan terima kasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  100. NAMA:MERWITA IKA FERMILIANA.
    NIM :26.10.3.1.118
    KELAS:1D/PAI

    Assalamualaikum...
    Menurut saya,
    identitas nasional adalah merupakan pembeda yg sngat menonjol yg di miliki oleh suatu negara.misalnya,bangsa indonesia yaitu pancasila.identitas dalam suatu negara tsb sangat pnting adanya.
    sedangkan globalisasi adalah suatu proses perubahan sosial.yg kmudian diikuti oleh bangsa-bangsa yg maju yg menginginkan perubahan.
    Globalisasi jg merupakan suatu perkembangan disemua aspek kehidupan.
    wassalamualaikum....

    BalasHapus
  101. Nama : Muchtar Syaifudin
    NIM :26.10.3.1.123
    Prodi:PAI
    Kelas:I D

    Ass.
    Menurut saya Identitas Nasional merupakan jati diri atau ciri khas dari suatu bangsa, sehingga bangsa tersebut mempunyai karakteristik (ciri khas) tersendiri yang membedakan dengan bansa bangsa lain.
    Dan di Negara Indonesia Identitas Nasional telah tertuang dalam suatu lanasan negara kita yaitu Pancasila yang di dalamnya terkandung dan telah mencakup semua kemajemukan dari bansa kita yaitu meliputi: Berketuhanan, berkemanusiaan, berpersatuan, kerakyatan, dan keadilan.
    5 azaz / 5 unsur ini telah menunjukkan bahwa negara kita adalah negara yang majemuk dan memiliki karakteristik.
    Kemudian, pada era globalisasi ini jati diri (identitas) kita hampir tergeser oleh budaya budaya barat yang tidak sesuai dengan identitas negara kita yang secara perlahan telah menjajah moral moral anak bangsa kita.
    sehingga, kita sebagai generasi penerus perlu menyaring budaya budaya asing yang tidak sesuai dan bertentangan dengan karakteristik negara kita.
    Tapi, kita juga tidak boleh fanatik terhadap budaya lain. Sehingga kita dapat terbuka tapi tetap memfilter terhadap budaya yang ingin masuk ke negara kita.
    Karena masa depan bangsa berada di tangan kita (pemuda).

    makasih.
    wass...

    BalasHapus
  102. Nama : NINA KURNIANINGSIH
    NIM : 26.10.3.1.138
    Jurusan : TARBIYAH/PAI (kelas 1D)

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Menurut saya, identitas nasional suatu negara itu sangatlah penting, bahkan harus ada. Karena identitas nasional suatu negara sebagai ciri-ciri suatu negara yang dapat membedakan dengan negara lain. Dengan adanya persatuan bangsa Indonesia yang sudah merdeka, maka bangsa lain tidak akan berani menjajah bangsa Indonesia karena sudah ada identitas bangsa Indonesia untuk merdeka.
    Unsur-unsur pembentuk identitas nasional itu sangatlah penting yaitu dengan adanya sejarah, kebudayaan, suku bangsa, agama, dan bahasa. Jika salah satu diantaranya tidak ada, maka tidak akan ada penbentuk identitas nasional. Jadi unsur-unsur tersebut harus ada dalam negara.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  103. Nama :Nashrul Haqqi F.
    NIM :26.10.3.1.135
    kelas :1D

    ass...
    Menurut saya Globalisasi adalah suatu perubahan sosial dalam bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi modern.
    Jadi globalisasi ini sangat pentimg bagi kehidupan masyarakat, karena globalisai mempunyai peranan penting di era yang modern ini.
    namun kita harus menghindari dampak negatif globalisasi
    ....

    thanks
    wass...

    BalasHapus
  104. NAMA :MASRUROH
    NIM :26.10.3.1.117
    JRSN :TARBIYAH/PAI

    ASSALAMU'ALAIKUM.WR.WB

    Menurut saya,identitas nasional adalah salah satu bagian terpenting suatu negara.Oleh sebab itu dalam suatu negara harus memiliki identitas yang sangat jelas dan jangan sampai diduplikat oleh negara lain.Sebagai warga negara yang baik dan taat seperti saya ini,maka kita harus ikut serta menjaga nama baik negara kita apapun itu.
    Saran saya untuk para pemuda penerus bangsa,Mari kita jaga dan perjuangkan bangsa kita selalu.SEMOGA BANGSA KITA SENANTIASA MENDAPAT YANG TERBAIK.
    AMIEEEEEEEE...........N

    BalasHapus
  105. Nama: Nina Sulistyawati
    NIM : 26.10.3.1.139
    Kelas: 1D

    Assalam...
    Menurut saya,hal yang mengakibatkan kritisnya identitas nasional bangsa salah satunya adalah maraknya globalisasi.contohnya dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar "2010 gag bisa internet gag gaul".tanpa mereka sadari bahwa yang mereka banggakan tersebut merupakan hasil karya luar negeri.tak ada larangan untuk berkembang di dunia maya,tetapi selaras dengan itu kita harus membanggakan hasil karya negara kita untuk menghindari dampak negatif dari globalisasi.
    thanks..
    Wassalam...

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. Nama:MUSTAFIDATUL'ALAWIYYAH
    NIM:26.10.3.1.133
    KLS:1D TARBIYAH/PAI

    Menurut pendapat saya,secara harfiah teridentitas adalah ciri-ciri,tanda-tanda atau jati diri yang melat pada seseorang.Maka dari itu identitas diri sangatlah penting bagi semua masyarakat,Dan masyarakat sendiri wajib mempunyai identitas diri.

    BalasHapus
  108. Nama : Muchtar Adhy Pamungkas
    NIM : 26.10.3.1.112
    Prodi : PAI/Tarbiyah
    Kelas : ID


    Assalamu'alaikum,,,
    izinkan saya ikut mengomentari artikel ini...

    menurut saya, saat ini telah banyak negara yang meremehkan identitas bangsa Indonesia ini. maka dari itu, kita harus sekuat tenaga untuk mengembalikan harkat derajat kita ini, agar bisa menjadi negara yang disegani....
    "CINTA TANAH AIR ADALAH SEBAGIAN DARI IMAN",,artinya, kalau kita diremehkan negara lain,kemudian kita diam saja, berarti belumlah sempurna iman kita.
    "WAKTU LAKSANA PEDANG, JIKA KITA TIDAK CEPAT, MAKA AKAN DIGILASNYA KITA"..
    Ungkapan diatas menggambarkan pesatnya globalisasi di negara kita. jika kita ingin maju, kita harus secepat mungkin mengikuti perkembangan ini.
    dengan cara demikian, Insya Allah negara kita akan menjadi negara yang disegani oleh negara lain.
    AAAMMMIIINNN..


    matur nuwun..
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  109. kelompok empat civic education

    bayu rahadian:26.10.5.3.019
    azizah nova fatmawati:26.10.5.3.17
    dewi fatmawati:26.10.5.3.022
    feri budi santoso:26.10.5.3.035
    hidayati:26.10.5.3.043
    PBS_B

    assalmualaikum....
    IDENTITAS NASIONAL DAN GLOBALISASI
    Identitas :cirri atau jati diri untuk membedakan dg yg lain.
    Identitas nasional :sesuatu yg berubah dan terbuka untuk diberi makna baru agar sesuai dg tuntutan zaman.
    Unsur identitas secara normative berbantuk sbg nilai,bahasa,adat istiadat,n letk geografi.
    Beberapa dimensi dlm indentitas nasionalisme;
    1.pola perilaku.ex adat n budaya.
    2.lembaga lembaga.ex..bendera ,bahasa ,lagu kbgsaan.
    3.alat2 perlengkapan.ex…candi n mesjid.
    4.tujuan yg ingin dicapai.exteryuang dalam pembukaan UUD 1945
    Unsur pembentuk identitas nasional
    1.sejarah…2.kebudayaan…3.suku bangsa…4.agama…5.bahasa…
    PANCASILA
    Nilai bersama dalam kehidupan dan kenegaraan
    Nilai bersama dalam kehidupan kebangsaan dan kenegaraan dan pancasila sbg produk kebudayaan bangsa indonesiasimbol persatuan dan kesatuan yg tak dapat di ubah
    GLOBALISASI,GLOKALISASI DAN KETAHANAN NASIONAL.
    A.Hakikat globalisasi
    yaitu…perubahan social karna factor factor yg terjadi akibat technology modern
    B.glokalisasi:
    Penyesuaian produk global dg karakter local
    Ex:produk luar menggunakan artis Indonesia
    C.ketahanan nasional
    Kondisi dinamik suatu bangsa yg berisi keuletan dan ketangguhan,yg mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional.
    MULTIKULTURALLISME
    Antara nasionalisme dan globalisasi
    Multikulturallisme yaitu menerima kelompok lain dg tidak memandang ras ,suku,agama ,dan bahasa.
    Multikulturallisme diantara nasionalisme dan globalisasi
    Dlm sejarah nasionalisme bangsa Indonesia,melalui beberapa tahap perkembangan .
    Tahap 1 .di tandai dg tumbuhnya perasaan kebangsaan dan persamaan nasib yg di ikuti dg perlawaan thdp pjjjah .
    Tahap 2.semangat revolusioner pd masa perjuangan kmerdekaan.dg peran pemimpin yang besar.
    Tahap 3.nasionalisme dan kesatuan
    Tahap 4.nasionalisme komopolitan .indonesia sbg bangsa yang tak dpt menghindar dri bngsa lain,tp dg nasionalisme cosmopolitan indonesia dpt memberikan kesempatan kpd actor daerah untk menjadi actor cosmopolitan.

    walaikumsalam

    BalasHapus
  110. Nama : Novi Eriyani
    Nim : 26.10.3.1.141
    Kelas: 1d Tarbiyah-PAI

    dari uraian diatas, kita sudah mengetahui bahwa pengertian identitas adl sesuatu yang berubah dan terbaik untuk diberi makna baru agar sesuai dengan tutuntan zaman. maka dapat diambil kesimpulan bahwa identitas itu sangt penting untuk menunjukkan perbedaan jati diri masyarakat maupun bangsa.

    BalasHapus
  111. Identitas nasional berarti kepribadian nasional atau jati diri nasional yang di miliki oleh suatu bangsa Kepribadian nasional atau jati diri nasional adalah jati diri yang dimiliki oleh suatu bangsa.
    indentitas nasional terbentuk sebagai rasa bahwa bangsa indonesia mempunya pengalaman bersama, sejarah yang sama dan penderitaan yang sama . Identitas nasional diperlukan dalam interaksi karena di dalam setiap interaksi para pelaku interaksi mengambil suatu posisi dan berdasarkan posisi tersebut para pelaku menjalankan peranan-peranannya sesuai dengan corak interaksi yang berlangsung, maka dalam berinteraksi seorang berpedoman kepada kebudayaannya. Jika kebudayaan di katakan bagian dari identitas nasional maka kebudayaan itu juga dapat dijadikan pedoman bagi manusia untuk berbuat dan bertingkah laku.sedangkan globalisasi adalah istilah yang menilai hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia baik perdagangan investase ,budaya populer dan bentuk2 interakse yang lain sehingga batas batas suatu negara menjadi bias . globalisase memberi efek positif maupun negatif bagi suatu negara
    misalnya dalam hal budaya, apabila negara tidak selektif dalam memasukkan budaya barat maka moral anak bangsa akan hancur sehingga menyebabkan negaranya menjadi hancur
    misalnya efek positif bagi suatu negara adalah apabila negara bisa bekerjasama dalam perekonomian, perdagangan dan teknologi maka negara tersebut akan makmur sekaligus maju

    BalasHapus
  112. nama :nur laily fauziyah
    kelas : 1 D
    NIM : 26.10.3.1.148

    PAK NI MENYUSUL KARENA TADI LUPA

    BalasHapus
  113. Nama: Mukhlis Adi Nugraha
    Nim : 26.10.31.131
    Kelas: 1D

    Menurut saya Identitas suatu negara sangat penting sekali karena identitas itu merupakan jati diri yang harus ada pada diri seseorang.
    Unsur pembukaan identitas nasional meliputi:
    1. Sejarah
    sejarah merupakan asal usul terbentuknya suatu negara negara maju, katrena negara yang maju tidak bisa lepas dari namanya sejarah
    2.Kebubayaan
    Kebudayaan melipeti 3 unsur : budi, akal, peradaban dan pengetahuan.
    3.Suku Bangsa
    meskipun kita berbeda-beda tetapi harus tetep satu jua seperti asas bhineka tunggal ika.
    4.Agama
    Agama tidak bisa lepas dari Identitas suatu Negara karena agama akan menjaga dari pergaulan dan norma adat serta kesopanan ,, tapi kita harus tetap bertoleransi dengan agama lain.
    5. Bahasa
    bahasa di daerah indonesia sangat beragam sekali oleh karena itu kita harus menggunakan bahasa resmi untuk mensatukan negara yaitu dengan bahasa indonesia.

    Didalam era globalisasi ini pemuda hampir melupakan jati diri bangsa karena pemuda sekarang lebih cenderung kepada ego dan mementingkan teknologi tanpa memperdulikan negaranya.

    BalasHapus
  114. nama :mila khoiri
    NIM :26.10.3.1.119
    kelas :1 D

    assalamu'alaikum...
    menurut sepengetahuan saya mengenai identitas bangsa indonesia sebagai sebuah bangsa yang majemuk.
    kemajemukan bangsa indonesia dapat kita lihat dari sisi agama.
    dengam adanya keanekaragaman agama itu merupakan identitas dari kemajemukan alamiah indonesia.
    mensyukuri nikmat kemajemukan pemberian ALLAH dapat dilakukan dengan salah satunya, sikap dan tindakan untuk tidak memaksakan keyakinan dan tradisi suatu agama, baik mayoritas maupun minoritas.
    dahulumya pada awal-awal pembentukan negara republik indonesia islam dijadikan sebagai dasar negara dengan alasan islam sebagai agama mayoritas tetapi sekarang ditarik kembali demi terwujudnya persatuan dan kesatuan indonesia.
    semua itu memiliki dampak yang besar bagi perjalanan negara indonesia dan islam di indonesia dikemudian hari.

    wassalamu'alaikum.........

    BalasHapus
  115. nama:itaq seseto
    tarbiyah/pai/ic

    assalamu'alaikum..
    menurut saya identitas nasional penting dan perlu di pertahankan apa lagi di jaman globalisasi spti ini& kita sebagai generasi penerus bangsa wajib pertahankan ciri khas/identitas nasional itu

    terimakasih..
    wassalamualaikum...

    BalasHapus
  116. Nama :Ngatmini
    Nim :26.10.3.1.136
    Kelas :1D/PAI
    Assalamu'alaikum wr,wb.
    identitas nasional merupakan susunan yang terbuka untuk diberi warna baru agar selalu sama dengan tuntutan lama,tetapi budaya kita telah berubah,yang dulu terkenal kesantunannya serta kesopanannya kini mulai sirna, maka dari itu kita perlu meningkatkan kembali nilai-nilai yang mulai luntur itu.
    Wassalamu'alaikum wr,wb.

    BalasHapus
  117. Nama:Muhammad Thoriq Fauzan
    NIM:26.10.3.1.128
    kelas:1D/PAI
    Assalamu'alaikum wr,wb
    identitas nasional menurut saya tdk bisa lepas dari suatu bangsa itu sendiri. Contoh nyata bangsa yang berhasil menjadi bangsa besar tanpa meninggalkan identitas nasionalnya adalah bangsa jepang. Pada awal-awal kemajuan di mulai pada masa restorasi meiji. Pada waktu sebelum itu bangsa jepang juga terbelakang, namun karena tekad yang kuat dari kaisar meiji untuk membuat jepang maju dan di perhitunkan dunia. maka pemuda -pemuda jepang dikirim ke berbagai negara untuk menimba ilmu tetapi nilai-nilai perajurit samurai tetap dipertahankan oleh kaisar saat itu seperti pantang menyerah,rajin,pemberani,ulet,sederhana dan dijadikan standart nilai kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.Maka lahirlah orang orang -besar seperti akio toyoda,pendiri toyota maupun soichiro honda,pendiri honda motor,yang bisa mengguncang dunia, terutama dunia barat.Karena berhasil membuat inovasi-inovasi teknologi bidang otomotif yang melampaui teknologi bangsa-bangsa barat.Namun dunia mencatat orang -orang besar tadi juga tetap sederhana ,ulet,nasionalisme tinggi terhadap negara yang masih mempertahankan nilai-nilai budaya asli jepang meskipun telah mencapai puncak kesuksesan.Dari kasus diatas dapat kita analisis bahwa bangsa jepang bisa besar karena tetap mempaertahankan identitas nasionalnya seperti budaya asli jepang yaitu sifat -sifat ksatria samurai.Untuk itu, kita bisa mengambil pelajaran seperti bangsa jepang untuk mengembangkan negara kita agar menjadi negara yang besar tanpa kehilangan identitas nasionalnya.Kita sebetulnya punya banyak identitas nsional seprti adat- istiadat,budaya,tata- krama yang telah di akui oleh dunia.Untuk itu kita sebagai warga negara harus mempertahankan identitas nasionalnya dan dijadikan sebagai standart kehidupan berbangsa dan bernegara.
    was,,,

    BalasHapus
  118. Ninda Indari
    26.10.3.1.140
    Tarbiyah/PAI/1D

    Assalamu'alaikum wr,wb
    Menurut saya, suatu bangsa itu harus memiliki identitas tersendiri karena dengan identitas suatu bangsa memiliki perbedaan dengan bangsa lain.Diantaranya bagaimana adatistiadatnya,budaya,ras,suku,dan agama dalam suatu negara menjadi pembeda antara negara satu dengan negara lain.
    Indentitas nasional terbentuk sebagai rasa bahwa bangsa indonesia mempunya pengalaman bersama, sejarah yang sama dan penderitaan yang sama.Oleh karena itu identitas sangat penting keberadaannya dalam suatu negara.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  119. Kelompok 5
    Nur syamsih (26.10.5.3.033)
    Refi agus saputro (26. 10.5.3.038)
    Sri sayekti (26.10.5.3.044)
    Lilis Dwi Hastuti (26.10.5.3.055)
    Lussy Kurnia Wijayanti(26.10.5.3.056)
    Muflikhatun (26.10.5.3.068)

    DEMOKRASI TEORI DAN AKSI

    Demokrasi memiliki suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat.
    Hakikat demokrasi ialah peran utama rakyat dalam proses sosial dan politik.Dengan kata lain sebagai pemerintahan ditangan rakyat mengandung pengertian 3hal yaitu pemerian dan rakyat, pemerintahan oleh rakyat,pemerintah untuk rakyat.
    DEMOKRASI
    1.Pandanan dan tatahidup bangsa
    Demokrasi bukanlah kata benda, tetapi lebih merupakan kata kerja yang mengandung makna sebagai proses dinamis.
    6 norma yang dibutuhkan masyarakat demokrasi
    > kesadaram akan pluralisme
    > musyawarah
    > cara haruslah sejarah dengan tujuan
    > kejujuran dalam permufakatan
    > kebebasan nurani,persamaan hak dan kewajiban.
    >trial and error (percobaan & salah)
    2.Sejarah Demokrasi
    Demokrasi lahir dari tradisi pemikiran Yunani tentang hubungan negara & hukum antara abad 6 SM- 4 Sm.Demokrasi ini hanya kalangan tertentu.Yunani kono berakhir pada abad pertengahan.Demokrasi tumbuh kembali dieropa menjelang akhir abad pertengahan ditandai adanya gerakan pencerahan dan reformasi.
    3.Demokrasi Indonesia
    a.Periode 1945-1959 (Demoksai Palrementer)
    b.Periode 1949-1965 (Demokrasi Terpimpin)
    c.Periode 1965-1998 (Ordebaru)
    d.Periode 1998-Sekarang (pasca Ordebaru)
    4.Parameter tatanan kehidupan Demokratis
    prinsip-prinsip demokratis:
    a.persamaan
    b.kebebasan
    c.pluralisme
    5.Unsur-unsur Pandukung Tegaknya Demokrasi
    a.Negara hukum
    b.Masyarakat madani
    c.Aliansi kelompok srtategis
    6.Partai polotik dan pemilu dalam kerangka demokrasi
    a.Partai polotik
    - sistem satu partai
    - sistem dwi partai
    - sistem multi partai
    b.Pemilihan umun
    - sistem distrik (single)
    - sistem propor sional (multi)
    7.Islam dan demokrasi
    wacana islam dan demokrasi dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok pemikiran, yaitu:
    a. Islam dan demokrasi adalah 2 sistem politik yang berbeda yaitu sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem politik demokrasi seperti yang dipraktikkan negara maju.
    b.Islam berbeda dengan demokrasi apabila demokrasi didefinisikan secara prosedural seperti di pahami dan dipraktekkan di negara-negara barat.
    c.Islam adalah sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem polotik demokrasi seperti yang dipraktekkan dinegara-negara maju.

    BalasHapus
  120. Kelompok 5
    Nur syamsih (26.10.5.3.033)
    Refi agus saputro (26. 10.5.3.038)
    Sri sayekti (26.10.5.3.044)
    Lilis Dwi Hastuti (26.10.5.3.055)
    Lussy Kurnia Wijayanti(26.10.5.3.056)
    Muflikhatun (26.10.5.3.068)

    DEMOKRASI TEORI DAN AKSI

    Demokrasi memiliki suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat.
    Hakikat demokrasi ialah peran utama rakyat dalam proses sosial dan politik.Dengan kata lain sebagai pemerintahan ditangan rakyat mengandung pengertian 3hal yaitu pemerian dan rakyat, pemerintahan oleh rakyat,pemerintah untuk rakyat.
    DEMOKRASI
    1.Pandanan dan tatahidup bangsa
    Demokrasi bukanlah kata benda, tetapi lebih merupakan kata kerja yang mengandung makna sebagai proses dinamis.
    6 norma yang dibutuhkan masyarakat demokrasi
    > kesadaram akan pluralisme
    > musyawarah
    > cara haruslah sejarah dengan tujuan
    > kejujuran dalam permufakatan
    > kebebasan nurani,persamaan hak dan kewajiban.
    >trial and error (percobaan & salah)
    2.Sejarah Demokrasi
    Demokrasi lahir dari tradisi pemikiran Yunani tentang hubungan negara & hukum antara abad 6 SM- 4 Sm.Demokrasi ini hanya kalangan tertentu.Yunani kono berakhir pada abad pertengahan.Demokrasi tumbuh kembali dieropa menjelang akhir abad pertengahan ditandai adanya gerakan pencerahan dan reformasi.
    3.Demokrasi Indonesia
    a.Periode 1945-1959 (Demoksai Palrementer)
    b.Periode 1949-1965 (Demokrasi Terpimpin)
    c.Periode 1965-1998 (Ordebaru)
    d.Periode 1998-Sekarang (pasca Ordebaru)
    4.Parameter tatanan kehidupan Demokratis
    prinsip-prinsip demokratis:
    a.persamaan
    b.kebebasan
    c.pluralisme
    5.Unsur-unsur Pandukung Tegaknya Demokrasi
    a.Negara hukum
    b.Masyarakat madani
    c.Aliansi kelompok srtategis
    6.Partai polotik dan pemilu dalam kerangka demokrasi
    a.Partai polotik
    - sistem satu partai
    - sistem dwi partai
    - sistem multi partai
    b.Pemilihan umun
    - sistem distrik (single)
    - sistem propor sional (multi)
    7.Islam dan demokrasi
    wacana islam dan demokrasi dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok pemikiran, yaitu:
    a. Islam dan demokrasi adalah 2 sistem politik yang berbeda yaitu sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem politik demokrasi seperti yang dipraktikkan negara maju.
    b.Islam berbeda dengan demokrasi apabila demokrasi didefinisikan secara prosedural seperti di pahami dan dipraktekkan di negara-negara barat.
    c.Islam adalah sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem polotik demokrasi seperti yang dipraktekkan dinegara-negara maju.

    BalasHapus
  121. Kelompok 5
    Nur syamsih (26.10.5.3.033)
    Refi agus saputro (26. 10.5.3.038)
    Sri sayekti (26.10.5.3.044)
    Lilis Dwi Hastuti (26.10.5.3.055)
    Lussy Kurnia Wijayanti(26.10.5.3.056)
    Muflikhatun (26.10.5.3.068)

    DEMOKRASI TEORI DAN AKSI

    Demokrasi memiliki suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat.
    Hakikat demokrasi ialah peran utama rakyat dalam proses sosial dan politik.Dengan kata lain sebagai pemerintahan ditangan rakyat mengandung pengertian 3hal yaitu pemerian dan rakyat, pemerintahan oleh rakyat,pemerintah untuk rakyat.
    DEMOKRASI
    1.Pandanan dan tatahidup bangsa
    Demokrasi bukanlah kata benda, tetapi lebih merupakan kata kerja yang mengandung makna sebagai proses dinamis.
    6 norma yang dibutuhkan masyarakat demokrasi
    > kesadaram akan pluralisme
    > musyawarah
    > cara haruslah sejarah dengan tujuan
    > kejujuran dalam permufakatan
    > kebebasan nurani,persamaan hak dan kewajiban.
    >trial and error (percobaan & salah)
    2.Sejarah Demokrasi
    Demokrasi lahir dari tradisi pemikiran Yunani tentang hubungan negara & hukum antara abad 6 SM- 4 Sm.Demokrasi ini hanya kalangan tertentu.Yunani kono berakhir pada abad pertengahan.Demokrasi tumbuh kembali dieropa menjelang akhir abad pertengahan ditandai adanya gerakan pencerahan dan reformasi.
    3.Demokrasi Indonesia
    a.Periode 1945-1959 (Demoksai Palrementer)
    b.Periode 1949-1965 (Demokrasi Terpimpin)
    c.Periode 1965-1998 (Ordebaru)
    d.Periode 1998-Sekarang (pasca Ordebaru)
    4.Parameter tatanan kehidupan Demokratis
    prinsip-prinsip demokratis:
    a.persamaan
    b.kebebasan
    c.pluralisme
    5.Unsur-unsur Pandukung Tegaknya Demokrasi
    a.Negara hukum
    b.Masyarakat madani
    c.Aliansi kelompok srtategis
    6.Partai polotik dan pemilu dalam kerangka demokrasi
    a.Partai polotik
    - sistem satu partai
    - sistem dwi partai
    - sistem multi partai
    b.Pemilihan umun
    - sistem distrik (single)
    - sistem propor sional (multi)
    7.Islam dan demokrasi
    wacana islam dan demokrasi dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok pemikiran, yaitu:
    a. Islam dan demokrasi adalah 2 sistem politik yang berbeda yaitu sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem politik demokrasi seperti yang dipraktikkan negara maju.
    b.Islam berbeda dengan demokrasi apabila demokrasi didefinisikan secara prosedural seperti di pahami dan dipraktekkan di negara-negara barat.
    c.Islam adalah sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem polotik demokrasi seperti yang dipraktekkan dinegara-negara maju.

    BalasHapus
  122. Nama:Muhammad khoirul anwar
    Kelas:1C
    NiM:26.10.3.1.109

    Menurut saya yang menjadi tantangan bangsa Indonesia pada era modern ini bukan hanya dalam bidang politik,ekonomi dan sosial budaya,tapi juga di bidang AGAMA.
    Contohnya organisasi-organisasi islam di Indonesia di era ini banyak yang saling menjelekan organisasi satu sama lain.Seandainya kita mempunyai iman yang kuat,seharusnya kita tidak menjelekan organisasi lain.
    Apabila organisasi lain salah kita harus mengatkan,dan jika kita salah kita harus mau diingatkan.

    BalasHapus
  123. Nama: Santi Kusuma Ismiati
    Kelas: KPS B/ PBS B
    NIM: 26.10.5.3.090

    Demokrasi di Indonesia
    Menurut saya' demokrasi merupakan kedaulatan dan kekuasaannya berada ditangan rakyat. Yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
    Namun, bagaimana pelaksanaan demokrasi di Indonesia itu sendiri?
    Menurut saya, demokrasi di Indonesia masih kacau balau.
    Diibaratkan pisau tajam mengiris sepotong kue.
    Semakin kedalam ujung pisau maka semakin lancip dan tajam mengenai kue.
    Kue disini bagaikan lapisan masyarakat dan pisau sebagai hukum.
    maka semakin kemasyarakat rendah, hukum semakin tegas dan jelas. Namun sebaliknya, dimasyarakat kalangan masyarakat atas hukum sama sekali tidak tegas, bahkan mungkin tidak dipedulikan dan tidak berlaku bagi mereka.
    Selain itu, konsep demokrasi juga berhubungan dengan konsep Islam. Di Indonesia, kedua konsep ini berkaitan erat dengan menggunakan model positif. Yaitu, adnya penerapan konsep-konsep islam seperti Musyawarah (As-syura) dan peradilan (Al-Adl). Walaupun konsep-konsep tersebut belum sepenuhnya terlaksana.

    BalasHapus
  124. Nama : Ninis Trisnawati
    Nim : 26.10.5.3.103
    Kelas : JEBI (KPS B)

    Assalamu 'Alaikum Wr. Wb.

    Menurut saya Hakikat Demokrasi itu adalah peran utama rakyat dalam proses sosial dan politik. Soalnya dalam Demokrasi itu terbagi 7 bagian yaitu :
    1. Padanan dan tatahidup bangsa
    2. Sejarah Demokrasi
    3. Demokrasi indonesia
    4. Parameter tatanan kehidupan Demokrasi
    5. Unsur-unsur Pandukung Tegaknya Demokrasi
    6. Partai Politik dan Pemilu dalam rangka Demokrasi
    7. Islam dan DEmokrasi

    Dalam Partai Politik itu terdapat Sistem Distrik (single) dan Sistem Propo Sional (multi). Yang saya tanyakan adalah Jelaskan dan Apa Alasannya tentang 2 sistem yang ada dalam Partai Politik !!!!!!

    Sekian terimakasih ......

    Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  125. ARDAN CAHYA P
    BKI
    26.10.1.2.002

    menurut saya demokrasi kalo diterapkan pada masyarakat kita tidak bisa berjalan dg lancar,,karena masih banyak rakyat kita masih bisa dibodohi dg politik atau many politi..

    terimakasih

    BalasHapus
  126. nama:jahid imam
    prodi:BKI
    NIM:26.10.1.2.011

    assalamualikum
    menurut saya unutk pembahasan yg 2 minggu lalu mengenaai identitas nasional itu amat sangt bgus tapi waktu pembahasan/diskusi kemarin bpk tidak hadir jady saya bingung dengan pembahasan identitas nasional kmren"
    dan saya temukan jawaban nya stelah kmren saya membaca blog ini dan penjelasan dari bapak aziz hari sabtu kmren"

    trimakasih"wslam"

    BalasHapus
  127. NAMA : ARIF RAHMAN .H
    NIM : 26.10.1.2.003
    PRODI : BKI

    Asalamuallaikum wr.wb
    Menurut pengetahuan saya Demokrasi adalah suatu pemikiran manusia yang mempunyai kebebasan berbicara, megeluarkan pendapat.

    Untuk membangun suatu system demokrasi disuatu Negara bukanlah hal yang mudah karena tidak menutup kemungkinan pembangunan system demokrasi di suatu Negara akan mengalami kegagalan. Tetapi yang harus kita banggakan dmokrasi dinegara Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat contahnya dari segi kebebasan, berkeyakinan, berpendapat atau pun berkumpul mereka bebas bergaul tanpa ada batasan-batasan yang membatasi mereka. Tapi bukan berarti demokrasi di Indonesia saat ini sudah berjalan sempurna masih banyak kritik-kritik yang muncul terhadap pemerintah yang belum sepenuhnya bisa menjamin kebebasan warga negaranya.

    Keberhasilan Indonesia dalam menetapkan demokrasi tentu harus dibanggaan karena banyak Negara yang sama dengan Negara Indonesia tetapi Negara tersebut tidak bisa menegakan system demokrasi dengan baik dalam artian gagal.

    sekian dan terimakasih.....

    walaikumsalam. wr.wb

    BalasHapus
  128. NAMA : DIAN FERDIANSYAH
    PRODI: KPI
    NIM : 26.10.1.1.007


    assalamualikum.....

    Menurut saya'
    demokrasi itu merupakan kedaulatan dan kekuasaannya yang di miliki rakyat. Yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

    tetapi demokrasi di Indonesia masih kurang baik di banding negara lain .
    contohnya :
    - amerika
    - dan negara yang berkembang lain nya.


    Demokrasi juga berperan utama kepada rakyat dalam proses sosial dan politik. Soalnya dalam Demokrasi itu,
    negara memiliki sistem pemerintahan kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat.

    tetapi kenyataan nya noL besar,,
    tidak semua berada di tangan rakyat.

    justru wakil - wakil rakyat lebih mementingkan diri sendiri dan memberikan contoh yang tidak baik..

    contohnya saja :

    - sering absen dalam sidang
    - melalaikan tugas nya
    - dan ada pula yang sampai bermain anarki ( berantem dalam sidang ) ..

    kan seperti kata bang iwan fals ( WAKIL RAKYAT, SEHARUSNYA MERAKYAT )hhee.... ^_^

    Sekian terimakasih ......

    BalasHapus
  129. NAMA: munirotun nisak
    NI: 026.10.1.1.016
    prodi: KPI

    Demokrasi di Indonesia,masih berupa tekstual saja. di sana sini di gemborkan demokrasi,namun kenyataanya... masih adanya diskriminasi, terutama terhadap rakyat kecil.. maka dari itu, sebenernya hal itu semua, dimulai oleh kita masing-masing.

    BalasHapus
  130. assalamu'alaikum.....
    nama :septian aji
    nim : 26.10.1.2.020
    prodi :bki

    menurut saya identitas nasional adalah suatu lambang negara yang didalmnya terdapat 7an negara tersebut, tp di negara kita masih perlu adanya pengawasan yang lebih dari pemerintah karena masih banyak pelanggaran2 dalam aturan2annya....

    dengan adanya globalisasi pasti negara kita lebih berkembang tp masih banyak disalahgunakan....

    sekian... wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
  131. agus iswadi
    26.10.1.2.001
    BKI
    secara global kebudayaan indonesia tlah banyak terkontaminasi oleh kebudayaan barat.

    BalasHapus
  132. NAMA :Hidayanti
    KELAS :kpsb
    NIM :26.10.5.3.043

    Asalamualaikum.
    Setelah membaca bab 5 tentang demokrasi teori dan aksi secara garis besar demokrasi belum sepenuhnya di terapkan di Indonesia.Misal:Mahasiswa demo mengutarakan pendapatnya tentang suatu masalah kurang di tanggapi oleh pemerintah.

    BalasHapus
  133. KELOMPOK 5
    KELAS 1C TARBIYAH/PAI

    1. HERMAN SABARI (26.10.3.1.007)
    2. ISMI NUR HIDAYATI (26.10.3.1.087)
    3. ITAQ SESETO (26.10.3.1.090)
    4. LATIFAH TRIANA (26.10.3.1.102)
    5. LINDA WIJAYA .P (26.10.3.1.105)

    DEMOKRASI TEORI DAN AKSI

    Demokrasi memiliki arti suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintah utuk rakyat dan kekuasaan oleh rakyat.
    Demikrasi normatif adalah demokrasi yang secara ideal hendak dilakukan disebuah negara. Sedangkan demokrasi empirik adalah demokrai dalam perwujudannya pada dunia politik praktis. Pemerintahan utuk rakyat (GOVERMENT FOR THE PEOPLE) mengandung pengertian bahwa kekuasaan yang diberikan oleh rakyat kepadaa pemerintah harus dijalankan untuk kepentingan rakyat. Kepentingan rakyat umum harus dijadikan landasan utama kebijakan sebuah pemerintahan yang demikratis.
    Demokrasi bukanlah kata benda tetapi lebih merupakan kata kerja yang mengandung makna sebagai proses dinamis. Karena itu demokrasi di upayakan dan biasakan dalam kehidupan sehari-hari.Demokrasi dalam kerangka diatas berarti sebuah proses memaksa akan nilai-nilai civicity (keadaan) dalam bernegara dan bermasyarakat. Demkrasi pada hakikanya tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi atau pemilu (pemilu sukses dan aturan mainnya). Tetapi harus dilakukan secara santun dan beradap yakni melalui proses demokrasi yang dilaksanakan tanpa paksaan, tekanan, dan ancaman dari dan oleh siapapun, tetapi dilakukan secara sukarela dialogis dan saling menguntungkan.
    Tercipta beberapa argumen teoritis yang bisa menjelaskan lambannya pertumbuhan dan perkembangan. Demokrasi di dunia islam. Pertama pemahaman doktrinal menghambat praktek demokrasi. Kedua, persoalan kultur. Ketiga, lambannya pertumbuhan demokrasi di dunia. Islam tak ada hubungan dengan teologi maupun kultur melainkan keterkaitan dengan sifat alamiah demokrasi.

    BalasHapus
  134. NAMA : RODHI MAKMUN
    NIM : 26.1.1.023
    JURUSAN : KPI

    Asalamualaikum,,,,,

    Menurut saya',,,
    sistem pemerintahan demokrasi sangat cocok diterapkan di indonesia.
    karena rakyat indonesia berbagai macam kebudayaan dan paham,,masih bnyak pula masyarakat indonesia yang miskin...
    kalau di indonesia diterapkan sistem yang lain,,menurut saya tidak cocok..


    terimakasih,,
    kurang lebihnya mohon maaf,,karena juga blm di terangkan..

    wassalammu'alaikum,,,,

    BalasHapus
  135. nama :arif nur rohman
    nim :26.10.1.1.002
    prodi:KPI

    Asalamualaikum,,,,

    menurut saya,
    mewujudkan negara demokrasi harus di awali dari nol.
    contohnya negara indonesia.

    BalasHapus
  136. nama : muh, luthfi rijalul f
    nim : 26.10.1.1.012
    Prodi: KPI

    Asalamualaikum,,,,

    menurut komentar saya,
    sistem demokrasi yang ada di indonesia, sebenarnya sudah diterapkan dengan baik, akan tetapi menjalankannya itu yang belum bisa terwujud dengan maximal oleh pemerintahan negeri kita.
    para pemimpin yang membuat demokrasi di indonesia menjadi kurang baik,masih banyak rakyat yang menderita,akan tetapi para pejabat negara malah mementingkan hidup sendiri dan tidak memperhatikan nasib rakyat!
    seharusnya demokrasikan ditujukan dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat.
    wassallam.

    BalasHapus
  137. nama : Rauf Abdul Jakpar
    NIM : 26.10.1.1.022
    Prodi : KPI

    Assalamu'alaikum wr.wb.

    menurut saya pribadi demokrasi yang ada di Indonesia atau di Negara lainnya itu kurang memuaskan karena masih ada korupsi, pertikaian di dalam rapat DPR/DPRD/MPR,dan banyaknya pelanggaran HAM diIndonesia maupun di Negara lain.

    terima kasih, kurang lebihnya saya minta maaf kepada bapak abdul aziz,,,

    wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  138. NAMA : LATIFAH TRIANA
    KELAS : 1C
    NIM : 26.10.3.1.102

    Kalau menurut saya identitas sustu negara itu sangat penting.Karena kalau suatu negara tidak memiliki identitas maka negara tersebut tidak akan diakui oleh negara lain.Dan setiap negara pasti memiliki identitas yang berbeda-beda.Salah satu unsur pembentuk identitas nasional adalah sejarah lahirnya negara tersebut.

    BalasHapus
  139. KELOMPOK 5 :(KPS.A.)
    1. Arief Setiyawan (26.10.5.3.011)
    2. Rossi Amalia Anjani (26.10.5.3.088)
    3. Santi Susilowati (26.10.5.3.091)
    4. Ummi Nur Hidayah (26.10.5.3.098)
    5. Moh. Hanung Miftahul Huda (26.10.5.3.058)
    DEMOKRASI, TEORI DAN AKSI
    Secara garis besar demokrasi adalah sebuah system social politik modern yang paling baik dari sekian banyak system maupun idiologi yang ada dewasa ini.
    Secara etimologis demokrasi terdiri dari dua kata Yunani yaitu Demos yang berarti rakyat atau penduduk suatu tempat dan cratein atau cratos yang berarti kekuasan atau kedaulatan.
    Pengertian demokrasi secara istilah menurut Joseph A.Schmeter, mengatakan demokrasi merupakan suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat.
    Demokrasi memiliki arti suatu keadaan Negara dimana dalam system pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalamkeputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaan oleh rakyat
    Pemerintahan untuk rakyat (government for the people) mengandung pengertian bahwa kekuasaan yang diberikan oleh rakyat kepada pemerintah harus dijalankan untuk kepentingan rakyat. Kepentingan rakyat umum harus jadikan landasan utama kebijakan sebuah pemerintahan yang demokratis.
    Demokrasi pada hakikatnya tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi(pemilu,suksesi, dan aturan mainnya) tetapi harus dilakukan secara santun dan beradab yakni melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan, tekanan dan ancaman dari dan oleh siapapun, tetapi dilakukan secara suka rela, dialogis dan saling menguntungkan.
    Beberapa unsure-unsur penting penopang tegaknya demokrasi antara lain :
    1. Negara hukum
    2. Masyarakat Madani
    3. Aliansi kelompok strategis

    BalasHapus
  140. lanjutan dari kelompok 5

    Tiga aspek dapat dijadikan landasan untuk mengukur sejauh mana demokrasi itu berjalan dalam suatu Negara. Ketiga aspek tersebut adalah :
    1. Pemilihan umum sebagai proses pembentukan pemerintahan
    2. Susunan kekuasaan Negara, yakni kekuasaan Negara dijalankan secara distributive untuk menghindari penumpukan kekuasaan dalam satu tangan atau satu wilayah.
    3. kontrol rakyat, yaitu suatu relasi kuasa yang berjalan secara simetris memiliki sambungan yang jelas, dan adanya mekanisme yang memungkinkan control dan keseimbangan(check and balance) terhadap kekuasaan yang dijalankan eksekutif dan legeslatif.
    Partai politik memiliki peran yang sangat stategis terhadap proses demokratisasi yaitu selain sebagai struktur kelembagaan politik yang anggotanya bertujuan mendapatkan kekuasaan dan kedudukan politik, mereka juga sebagai wadah bagi penampingan aspirasi rakyat. Peran tersebut merupakan implementasi nilai-nilai demokrasi.
    Wacanan islam dan demokrasi dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok pemikiran :
    1. islam dan demokrasi
    2. islam bebeda dengan demokrasi
    3. islam adalah system nilai yang membenarkan dan mendukung system politik demokrasi

    BalasHapus
  141. NAMA : ginanjar tri s
    nim : 26.10.1.1.0009
    PRODI :kpi

    Asalamuallaikum wr.wb

    menurut saya demokrasi di indonesia slalu warnai perbuatan anarkis. dikarenakan kelompok demonstran tidak mementingkan jalan damai, musyawarah. tetapi mementingkan egoisme masing-masing.

    sekian terimakasih

    walaikumsalam....

    BalasHapus
  142. NAMA :Linda wijaya puspitasari
    KELAS :1c tarbiyah/pai
    NIM :26.10.3.1.105

    Menurut saya identitas suatu negara sangat dibutuhkan untuk negara karena tanpa identitas suatu negara tersebut dapat dengan mudah terpicu oleh globalisasi. Misal: globalisasi dalam partai politik,globalisasi IPTEK,dll.

    BalasHapus
  143. nama : Maulida Khasanah
    kelas : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.065

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut saya,
    definisi demokrasi itu sudah bagus yang bisa dikatakan pemerintah dan rakyat harus saling mengerti,
    bisa dikatakan rakyat sudah sabar menuggu keputusan pemrintah,namun pemerintah lebih mementingkan kepentingan pribadi ,
    demokrasi tentang kebebasan berpendapat,banyak mahasiswa dan rakyat yang berdemo,namun pemerintah hanya diam ,
    pemerintah juga harus memahami dan memperhatikan keadaan rakyat kecil,banyaknya kemiskinan saat ini juga harus di perhatikan.
    lalu nasib rakyat kecil gimana .sebaiknya pemerintah,mengulik lagi yang mengatakan demokrasi yang untuk rakyat ,oleh rakyat,

    sekian terima kasih

    BalasHapus
  144. NUR KURNIA
    KPS B
    26.10.5.3.071

    Askum wr,wb
    menurut saya kehidupan demokrasi di indonesia itu masih kurang,. karena walaupun sudah menerapkan sistem demokrasi tapi para pejabat tinggi indonesia tidak konsekuen dgn aturan yang sudah dibuatnya,.. mreka ingin indonesia lebih maju dlm kehidupan demokratisnya,..seperti negara2 maju yang menggunakan sistem demokrasi tapi setiap aspirasi yang disampaikan oleh rakyat hanya dianggap angin lalu,. mereka hanya cuek dg aspirasi2 yg tlah disampaikan rakyat,. mereka hanya mengutamakan keegoisan mereka,.. ya saya harap para pejabat hrs lbh konsekuen aja,. jadi prinsip dari rakyat,oleh rakyat,dan untuk rakyat itu harus bnar2 dilaksanakan,. karna bagi saya demokrasi di indonesia masih sangat kurang.dan masih perlu ditingkatakan!!!!
    Dengan adanya pembelajaran DEMOKRASI,TEORI,dan AKSI ini lebih meningkatkan rasa demokrasi mahasiswa,. yang besok insyaAllah dpt menjadi pemimpin bangsa yang bijaksana,konsekuen,dan dapat mendengar aspirasi rakyat,. agar indonesia bisa lbh maju dan makmur.
    Sekian dan trimakasih
    Waskum wr,wb.

    BalasHapus
  145. NAMA : RETNO ROYANI
    NIM :26.10.5.3.082
    KPS B
    assallammuallaikum wr.wb.
    setelah mempelajari bab ini saya menjadi sadar dan tahu mengapa demokrasi di Indonesia terkesan anarkis. ternyata hal itu disebabkan karena keawaman masyarakat akan apa dan hakikat dari demokrasi itu sendiri. Maka dari itu saya berharap agar pengetahuan tentang apa dan hakikat demokrasi dijelaskan atau dikupas secara detail oleh pemerintah melalui audio visual,nonvisual maupun dalam forum diskusi secaralangsung.Sehingga masyarakat benar-benar memahami apa itu demokrasi dan mereka dapat berperan dalam demokrasi itu secara utuh,membangun dan beradap. Mengingat indonesia telah mengalami empat kali periode demokrasi, dimana setiap periode terjadi peristiwa menyimpang yang merugikan dan menghambat perkembangan demokrasi bangsa indonesia.
    wassalamuallaikum wr.wb

    BalasHapus
  146. NAMA : SRI ENDARTI
    NIM : 26.10.5.3.096
    PRODI : KPS A

    Assalamua'alaikum wr.wb

    Setelah membaca dan mempelajari bab lima tentang demokrasi,teori, dan aksi maka dapat saya simpulkan bahwa demokrasi pada hakikatnya merupakan sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat pula. Namun yang terjadi dewasa ini pada bangsa kita adalah demorasi tidak dilaksanakan dengan baik. Misalnya saja pada saat pemilihan umum masih saja terjadi pemaksaan. Saya berharap pemerintah mau melaksanakan demokrasi dengan sebaik-baikya agar bansa ini menjadi aman dan damai.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  147. ka.Sri.Winarsih
    26.10.5.3.047
    KPS B

    assalm,
    menurut saya demokrasi di indonesia memberikan harapan akan tumbuhnya masyarakat baru yg memiliki kebebasan berpendapat,berserikat,berkumpul,berpolitik,dimana masyarakat mengharap adanya iklim ekonomi yg kondusif.Untuk menghadapi tantangan dan mengelola harapan ini agar menjadi kenyataan,dibutuhkan kerjasama antar kelompok dan partai politik agar demokrasi bs berkembang ke arah yg lebih baik.
    sekian dan terima kasih
    Wasslm,wr.wb

    BalasHapus
  148. NAMA : Aprillia Riqqi Kurniasari
    NIM : 26.10.5.3.10
    KPS A

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Menurut saya demokrasi di Indonesia tidak sesuai dengan tujuan awal dari demokrasi tersebut. Yang pada awalnya tujuan dari demokrasi Indonesia diprioritaskan untuk rakyat. Tetapi dewasa ini pelaksanaan demokarasi lebih didominasi oleh pemerintah yang berkuasa.
    Maka dari itu, kita sebagai generasi muda harus bisa mengembalikan tujuan awal dari demokrasi Indonesia dan melaksanakannya sesuai dengan tujuan tersebut.

    sekian dan terima kasih

    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  149. NAMA : DYAH TAUFIQ BAIDURI
    NIM : 26.10.5.3.031
    PRODI : KPS A

    Assalamu'alaikum wr wb

    setelah saya mempelajari bab lima tentang Demokrasi, teori dan aksi, maka saya memberikan komentar sebagai berikut.
    pada hakikatnya demokrasi memiliki arti suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaan oleh rakyat.demokrasi tidak datang dengan tiba - tiba dari langit, ia merupakan proses panjang melalui pembiasaan, pembelajaran dan penghayatan.
    keberhasilan demokrasi ditunjukkan oleh sejauh mana demokrasi sebagai prinsip dan acuan hidup bersama antar warga negara.
    jadi kita sebagai bangsa indonesia harus melaksanakan sistem demokrasi yang sebaik - baiknya agar negara kita terhindar dari ancaman bahaya dari luar.
    wassalamuallaikum wr.wb

    BalasHapus
  150. Nama: Rahmah Nurul Hidayah
    NIM: 26.10.5.2.044
    KPS-A

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    menurut saya demokrasi di Indonesia perlu diperbaiki. Karena masyarakat di Indonesia masih banyak yang miskin dan belum mencapai taraf kesejahteraan. Padahal tujuan dari demokrasi di Indonesia diprioritaskan untuk rakyat.

    sekian wasalamu'alaikum

    BalasHapus
  151. Nama: Auliya Rizqi
    NIM: 26.10.5.3.015
    KPS_A

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dengan demikian Negara yang meganut sistem demokrasi adalah Negara yang di selenggarakan bedasarkan kehendak dan kemauan rakyat. Jika di lihat dari sudut pandang organisasi, demokrasi berarti pengorganisasian Negara yang di lakukan oleh Rakyat sendiri atau atas persetujuan rakyat karena kedaulatan berada di tangan rakyat. demokrasi juga membutuhkan ketegasan dan dukungan pemerintah sebagai alat Negara yang memiliki kewajiban menjaga dan mengembangkan demokrasi. Misalnya, pemerintah harus tegas menindak individu atau kelompok dan organisasi politik yang melakukan tindakan anarkis dapat mengganggu ketertiban umum dengan dalih kebebasan berekspresi dan berdemokrasi. Ketegasan juga harus di lakukan pemerintah pusat manakala mendapatkan perda yang di buat oleh pemerintah di bawahnya bertentangan dengan prinsip universal demokrasi dan semangat UUD 45 sarta dasar negara Pancasila.

    Sekian
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  152. NAMA:AJI PURWO KUSUMO
    NIM:26.10.5.3.002
    KPS A

    ASSALLAMUALLAIKUM WR WB

    MENURUT SAYA:
    Berbicara mengenai demokrasi adalah membicrakan mengenai kekuasaan, atau lebih tepatnya pengelolaan kekuasaan secara tepat dan terkontrol.demokrasi merupakan system manajemen kekuasaan yang dilandasi oleh nilai-nilai dan etika serta peradaban yang menghargai martabat manusia.Pelaku utama demokrasi adalah kita semua, setiap orang yang selama ini selalu diatasnamakan namun tak pernah ikut menentukan.Menjaga proses demokratisasi adalah memahami secara benar hak-hak yang kita miliki,jadi pahamilah apa itu demokrasi,terapkan dan ajarkanlah agar demokrasi kita tidak bertentangan dengan tujuan pergerakan nasional yg mencita-citakan pembentukan negara demokrasi yang berwatak anti-feodalisme dan anti-imperialisme, dengan tujuan membentuk masyarakat sosialis.Demokrasi di Indonesia terkesan hanya untuk mereka dengan tingkat kesejahteraan
    ekonomi yang cukup. Sedangkan bagi golongan ekonomi bawah, demokrasi belum
    memberikan dampak ekonomi yang positif buat mereka. Inilah tantangan yang harus
    dihadapi dalam masa transisi. Demokrasi masih terkesan isu kaum elit, sementara
    ekonomi adalah masalah riil kaum ekonomi bawah yang belum diakomodasi dalam
    proses demokratisasi. Ini adalah salah satu tantangan terberat yang dihadapi bangsa
    Indonesia saat ini.TERIMAKASIH
    WASSALLAMUALLAIKUM WR WB

    BalasHapus
  153. NAMA: MINI LESTARI
    NIM :26.10.1.1.013
    PRODY: KPI
    Assalamu'alaikum
    indonesia di katakan menganut paham demokrasi karena memiliki beberapa unsur-unsur penting penopang tegaknya demokrasi diantaranya : Negara hukum, Masyarakat madani,Aliansi kelompok strategis.tetapi menurut saya demokrasi di negara kita belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena banyak aksi-aksi yang menyuarakan aspirasinya dan belum ditanggapi oleh pemerintah.sedangkan itu merupakan salah satu bentuk demokrasi.
    terimakasih....
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  154. nama : Uswatun hasanah
    Nim : 26.10.5.3.099
    Prodi:kps b
    Assalamu'alaikum
    demokrasi memiliki arti suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya berasal dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat dan kekuasaan tertinggi di tangan rakyat.tetapi di indonesia dalam pelaksanaanya belum sepenuhnya sesuai dengan arti demokrasi itu sendiri karena adanya pengambilan keputusan oleh wakil rakyat tidak memihak kepada rakyat melainkan hanya untuk dirinya sendiri.seharusnya para wkil rakyat sadar bahsa mereka di tunjuk oleh rakyat untuk kepentingan rakyat bukan unuk diri sendiri

    BalasHapus
  155. Nama:Mahiro dacholal jannah
    Nim:26.10.5.3.062
    Prody:KPS B
    Dalam era globalisasi,kita harus lebih meningkatkan ketahanan nasional agar identitas nasional tetap terjaga.karena dalam era globalisasi keterikatan masyarakat terhadap faktor-faktor akibat adanya transkulturasi dan perkembangan teknologi modern semakin meningkat,serta masyarakat cenderung melupakan budaya nasional.
    Globalisasi sangat menguntungkan walaupun ada dampak buruknya,karena dengan adanya globalisasi kegiatan2 dapat dikejakan secara cepat debgan teknologi2 canggih yang ada.

    BalasHapus
  156. nama:uswatun hasanah
    nim :26.10.5.3.099
    prodi:kps b
    Indonesia disebut suatu bangsa karena mempunyai unsur-unsur pembentuk identitas yaitu sejarah,kebudayaan,suku bangsa,agama dan bahasa.Dalam perkembangan globalisasi,warga indonesia belum siap untuk menerima secara menyeluruh globalisasi itu sendiri.contohnya dalam segi sosial masih banyak warga yang menggunakan perkembangan teknologi untuk kejahatan dan perbuatan yang tidak baik.dari segi ekonomi misal,adanya pasar bebas yang mengakibatkan adanya persaingan pasar antara produk lokal dengan import sehinagga banyakna perusahaan yang gulung tikar akibat kalah bersaing.disamping itu globalisasi dapat digunakan untuk perluasan informasi dan penigkatan taraf hidup suatu bangsa.
    terimakasih
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  157. nama : sakinatun nissa'
    kelas : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.089

    Assalamu'alaikum
    Pendapat saya tentang ringkasan dari kelompok 4,
    Menurut saya,
    Sudah cukup jelas pngertian globalisasi dari ringkasan di atas adalah perubahan sosial karena faktor faktor yang terjadi akibat tekhnologi modern..
    Jadi, sebagai suatu bangsa seharusnya kita dapat memanfaatkan arus globalisasi ini dengan seperlunya saja..
    Kita mengambil sisi positif dari globalisasi tersebut dan mengembangkannya demi kemajuan bangsa Indonesia dan menghindari bagian negatifnya agar kita tidak terjerumus pada jalur yang salah.
    Sekian..
    Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  158. Nama : Lestiana Ririn Hastutik
    Nim : 20.10.3.1.103
    Kelas: Ic

    menurut saya, Identitas Nasional merupakan nilai-nilai budaya yang tumbuh & berkembang dalan suatu bangsa dengan ciri-ciri yang khas. sehingga ada perbedaan dengan bangsa lain.
    Sedangkan Globalisasi adalah perubahan sosial yang terjadi di nasyarakat akibat dari transkulturasi dan perkembangan teknologi modern.

    BalasHapus
  159. nama : sakinatun nissa'
    kelas : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.089

    Assalamu'alaikum,
    Pendapat saya mengenai bab 5 yaitu demokrasi,
    Dalam ringkasan di atas sudah dituliskan bahwa sebenarnya arti demokrasi yaitu pemerintahan dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat.
    Jadi, seharusnya para pejabat DPR, DPd yang telah dipilih oleh rakyat harus selalu mementingkan kepentingan rakyat yang telah memilihnya.
    Seharusnya mereka memperjuangkan aspirasi rakyat yang telah disampaikan, bukan selalu menomorsatukan kepentingan pribadi dan kepentingan partai mereka masing-masing.
    Sebagai seorang anggota parlemen yang baik, mereka harus memperjuangkan hak-hak rakyat demi kesejahteraan rakyat Indonesia.
    Sekian dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  160. Febri ayu N.R
    KPS_B
    26.10.5.3.034

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Menurut saya, bagaimana demokrasi suatu bangsa juga mencerminkan bangsa itu sendiri.
    Misalnya, jika suatu bangsa memiliki pola demokrasi yang teratur dan tidak merugikan satu sama lain, maka bangsa tersebut dapat dikatakan bangsa yang ideal karena mampu menampung aspirasi warganya.
    Yang perlu kita lakukan sebagai seorang mahasiswa adalah, ikut meberikan aspirasi, kritik dan saran bagi pemerintahan Indonesia dengan cara yang baik.
    Buktikan bahwa kita bukan lagi mahasiswa yang hanya bisa berdemo tetapi tidak mampu memberikan solusi apa-apa bagi negara kita.
    Terima kasih..
    Wa'alaikumussalam wr wb.

    BalasHapus
  161. 11 November 2010
    nama :Tedi maulana effendi
    Jurusan :Dakwah
    Prodi :Kpi

    Assalamu'alaikum.wbr
    Demokrasi memiliki suatu arti suatu keadaan negara di mana sistem kepemerintahan nybrasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,bukan untuk kepentingan pribadi.
    yang saya ingin tau,apakah Demokrasi di indonesia itu bisa berkemungkinan untuk menjadi suatu Demokrasi yang LIBERAL.
    Trimakasih...

    BalasHapus
  162. Nama : Ria andriyati mardiana
    Kelas : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.083
    menurut saya
    demokrasi juga membutuhkan ketegasan dan dukungan pemerintah sebagai alat Negara yang memiliki kewajiban menjaga dan mengembangkan demokrasi. Misalnya, pemerintah harus tegas menindak individu atau kelompok dan organisasi politik yang melakukan tindakan anarkis dapat mengganggu ketertiban umum dengan dalih kebebasan berekspresi dan berdemokrasi. Ketegasan juga harus di lakukan pemerintah pusat manakala mendapatkan perda yang di buat oleh pemerintah di bawahnya bertentangan dengan prinsip universal demokrasi dan semangat UUD 45 sarta dasar negara Pancasila.

    BalasHapus
  163. Septiani Prasetyorini
    KPS B
    26.10.5.3.093

    Asslmkm wr wb
    Menanggapi mengenai masalah identitas bangsa dan globalisasi pada bab IV ini, menurut saya identitas merupakan suatu hal yang khas yang menjadi pembeda antara yang satu dg yg lainnya. identitas indonesia dapat dilihat dari berbagai segi,sprti agama,budaya,bahasa,dan pola hidup, sudah menjdi kas Indonesia yg berbeda dg bangsa lain.
    sedang globalisasi yang terjadi di dunia saat ini telah mmbawa dampak yang sangat luar biasa di Indonesia,sperti yg sudah saya postingkan pada komentar terdahulu.
    namun sbg bangsa yg baik sudah sewajarnya kita pandai memfilter kebudayaan yg masuk Indonesia dg baik sesuai karakter negara kita tnpa meninggalkan budaya khas bangsa ini.
    Demikian pndapat saya.
    Terima kasih.
    Wassalamlkm wr wb.

    BalasHapus
  164. Nama : Julia Agustina
    Kelas : PBS .B
    NIM : 26.10.5.3.054

    Assalamualaikum wr .wb

    Dengan demikian Negara yang meganut sistem demokrasi adalah Negara yang di selenggarakan bedasarkan kehendak dan kemauan rakyat. Jika di lihat dari sudut pandang organisasi, demokrasi berarti pengorganisasian Negara yang di lakukan oleh Rakyat sendiri atau atas persetujuan rakyat karena kedaulatan berada di tangan rakyat.
    Tiga faktor yang merupakan tolak ukur umum dari suatu pemerintahan yang demokrasi adalah :
    Ø Pemerintahan dari rakyat.
    Ø Pemerintahan oleh rakyat.
    Ø Pemerintahan untuk rakyat.

    BalasHapus
  165. Nama : Dewi Handayani
    Kelas : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.023

    Assalamu'alaikum wr.wb..
    Menurut saya identitas suatu negara sangatlah penting, karna dengan identitas suatu negara bisa lebih dihormati dan dihargai daripada negara yang tanpa identitas.
    Dan selain itu identitas juga bisa menyatukan rakyat dalam suatu negara, karna identitas tercipta awalnya atas dasar sejarah, agama, budaya dan yang lainnya yang disesuaikan dengan negara tersebut.
    Maka dari itu identitas suatu negara perlu dijaga dan dilestarikan.

    BalasHapus
  166. Nama :Dwi muslimah ningtyas
    Kelas :PBS .B
    NIM :26.10.5.3.029



    Secara etimologis “demokrasi” terdiri atas dua kata “demos” yang berarti rakyat atau penduduk suatu tempat, dan “cratein” atau “cratos” yang berarti kekuasaan, kedaulatan atau pemerintahan. Gabungan dari kedua kata tersebut memiliki arti suatu keadaan Negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat. Rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaan oleh rakyat.

    BalasHapus
  167. Nama : Dewi Handayani
    Kelas : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.023

    Assalamu'alaikum wr.wb
    DEMOKRASI....
    Menurut saya demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
    Namun dizaman sekarang ini pernyataan itu hanya tinggal teori saja, karna dalam pelaksanaannya sangat menyimpang dari itu semua. Para wakil rakyat sekarang ini tidak lagi sadar bahwa apa yang mereka kerjakan hanya semata mata untuk negara dan untuk rakyat.Mereka kebanyakan hanya memikirkan diri mereka sendiri tanpa memperdulikan bagaimana keadaan rakyatnya..
    Dan hal itu sangat memprihatinkan, apalagi dalam keadaan indonesia yang seperti sekarang ini, bisa-bisanya mereka tetap belum sadar akan semua tanggung jawab mereka.

    BalasHapus
  168. assalamu'alaikum wr wb
    menurut saya,Demokrasi itu adalah pemerintahan dari rakyat,untuk rakyat dan oleh rakyat.suatu faktor ketulusan dalam usaha bersama mewujudkan tatanan sosial yang baik untuk semua warga merupakan hal yang terpeting dalam membangun tradisi demokrasi.mari kita bangun dn wujudkan demkorasi indonesia ini agar menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  169. Nama : M.Abdul.Kohar
    jurusan : Dakwah
    Prodi : KPI
    asslm-ikum

    mnrut saya IDENTITAS NASIONAL/identitas bangsa itu sangatlah berguna untuk bangsa itu sendiri maupun untuk negara lain, krn byk sekali mangfa'atnya, diantaranya,
    dengan identitas nasional dapat memberikan nuansa/ciri yang membedakan antara negara satu dengan negara yang lain. sehingga orang2nya pun kadang juga beda, mungkin bisa dari segi postur tubuh, warna kulit, sopan santun,adat istiadat, dll.

    BalasHapus
  170. NAMA : PUJI WIDOYANTI
    KELAS : KPS B
    NIM : 26.10.5.3.075

    Demokrasi adalah satu bentuk kehidupan bersama manusia yang ideal, sebagaimana disepakati Habermas, di mana semua anggota masyarakat dapat secara bebas mengutarakan kemauan mereka. Dalam berbagai pengambilan keputusan, aspirasi setiap warga masyarakat selalu mendapatkan tempat dan dihitung sebagai satu faktor pengambilan keputusan demokratis.

    BalasHapus
  171. NAMA : dita chaniago
    NIM :
    KELAS : KPS B

    demokrasi menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai sebuah sistem dan proses politik pemerintahan. Dengan kata lain, demokrasi menjadi sebuah “cara memerintah” yang kini paling tepat dalam menjembatani ragam perbedaan dalam masyarakat “yang diperintah”. Ini karena demokrasi mengedepankan aspek manusia dan kemanusiaan.

    BalasHapus
  172. NAMA : MUCHAMAD IMRON NURROCHMAN
    NIM : 26.10.1.2.014
    PRODI : BKI

    Assalamuallaikum wr.wb

    Menurut saya Demokrasi juga adalah adalah bentuk pemerintahan politik dimana kekuasaan pemerintahan berasal dari rakyat, baik secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan (demokrasi perwakilan)

    sekian terimakasih

    wassalam...

    BalasHapus
  173. NAMA : YANURI PAMUNGKAS
    NIM : 26.10.1.2.023
    PRODI : BKI

    Assalamuallaikum wr.wb

    Menurut saya Demokrasi adalah sebuah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.[1] Begitulah pemahaman yang paling sederhana tentang demokrasi, yang diketahui oleh hampir semua orang

    sekian terimakasih

    wassalam...

    BalasHapus
  174. NAMA : TRI WIDODO
    NIM : 26.10.1.1.026
    PRODI : KPI

    Assalamuallaikum wr.wb

    menurut saya demokrasi di indonesia belum secara maksimal dilaksanakan oleh pemerintahan indonesia,karena masih banyak terjadi pelanggaran didalam tubuh demokrasi itu sendiri.para pejabat kita malah mengajarkan pelanggaran demokrasi.KKN terus berkembang dimana.

    sekian terimakasih

    wassalam....

    BalasHapus
  175. KELOMPOK 5 :

    1.DEDI PRAYETNO (26.10.1.1.005)
    2.GINANJAR 26.10.1.1.009
    3.M. LUTFI 26.10.1.1.012
    4.NURAIDA ULFA 26.10.1.1.019
    5.NURUL FATHINAH 26.10.1.1.020



    DEMOKRASI TEORI DAN AKSI

    Demokrasi memiliki arti suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintah utuk rakyat dan kekuasaan oleh rakyat.
    Demikrasi normatif adalah demokrasi yang secara ideal hendak dilakukan disebuah negara. Sedangkan demokrasi empirik adalah demokrai dalam perwujudannya pada dunia politik praktis. Pemerintahan utuk rakyat (GOVERMENT FOR THE PEOPLE) mengandung pengertian bahwa kekuasaan yang diberikan oleh rakyat kepadaa pemerintah harus dijalankan untuk kepentingan rakyat. Kepentingan rakyat umum harus dijadikan landasan utama kebijakan sebuah pemerintahan yang demikratis.
    Demokrasi bukanlah kata benda tetapi lebih merupakan kata kerja yang mengandung makna sebagai proses dinamis. Karena itu demokrasi di upayakan dan biasakan dalam kehidupan sehari-hari.Demokrasi dalam kerangka diatas berarti sebuah proses memaksa akan nilai-nilai civicity (keadaan) dalam bernegara dan bermasyarakat. Demkrasi pada hakikanya tidak hanya sebatas pelaksanaan prosedur-prosedur demokrasi atau pemilu (pemilu sukses dan aturan mainnya). Tetapi harus dilakukan secara santun dan beradap yakni melalui proses demokrasi yang dilaksanakan tanpa paksaan, tekanan, dan ancaman dari dan oleh siapapun, tetapi dilakukan secara sukarela dialogis dan saling menguntungkan.
    Tercipta beberapa argumen teoritis yang bisa menjelaskan lambannya pertumbuhan dan perkembangan. Demokrasi di dunia islam. Pertama pemahaman doktrinal menghambat praktek demokrasi. Kedua, persoalan kultur. Ketiga, lambannya pertumbuhan demokrasi di dunia. Islam tak ada hubungan dengan teologi maupun kultur melainkan keterkaitan dengan sifat alamiah demokrasi.

    WASSALAM.....

    BalasHapus
  176. NAMA : NURUL FHATINAH
    NIM : 26.10.1.1.020
    PRODI : KPI

    ASSALAMUALLAIKUM WR.WB

    Agama yg seharusnya menjadi penyebar kasih sayang dan sumber keadilan bagi semua manusia telah di salah artikan oleh sebagiaan kelompok dgn sikap n' tindakan anarkis n' sikap merasa pandangan n' perilaku beragamanya yg benar n' palinng benar.

    BalasHapus
  177. NAMA : NURAIDA ULFA
    NIM : 26.10.1.1.019
    PRODI : KPI

    Assalamuallaikum wr.wb

    ketidak mengertian akan makna sebagai tatanan ketertiban, taat aturan, dan hukum, masih banyak di pahami oleh sebagian masyarakat dgn kebebasan utk bertindak anarkis n' main hakimsendiri.

    wassalam....

    BalasHapus
  178. NAMA : DEDI PRAYITNO
    NIM : 26.10.1.1.005
    PRODI: KPI

    Assalamuallaikum wr.wb

    demokrasi adalah sebuah system social politik modern yang paling baik dari sekian banyak system maupun idiologi yang ada dewasa ini.
    Secara etimologis demokrasi terdiri dari dua kata Yunani yaitu Demos yang berarti rakyat atau penduduk suatu tempat dan cratein atau cratos yang berarti kekuasan atau kedaulatan.

    demokrasi menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai sebuah sistem dan proses politik pemerintahan. Dengan kata lain, demokrasi menjadi sebuah “cara memerintah” yang kini paling tepat dalam menjembatani ragam perbedaan dalam masyarakat “yang diperintah”. Ini karena demokrasi mengedepankan aspek manusia dan kemanusiaan.

    WASALLAM..

    BalasHapus
  179. nur aisah b.a
    26.10.1.1.018
    Dakwah komunikasi/ kpi

    assalammualaikum,
    menurut saya demokrasi adalah suatu kumpulan komentar/pendapat dari masyarakat untuk menuju kesejahteraan bersama.....
    Indonesia ada demokrasi tapi seperti tidak ada, karena mereka hanya mementingkan diri sendiri bukan kepentingan bersama,terimakasih.
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  180. bekti laksono putri
    26.10.1.1.004
    dakwah komunikasi/kpi


    assalamu"alaikum...


    menurut saya demokrasi di indonesia perlu d benahi ulang,,, karena dari arti demokrasi sendiri tdak tercermin di indonesia..
    banyak hak2 dari rakyat yang terabaikan atau belum terpenuhi....

    wasalamu'alaikum

    BalasHapus
  181. nama : isnu aji santoso
    NIM : 26.10.5.3.049
    kelas kps B

    assalamualaikum,,

    menurut saya demokrasi di negara indonesia sekarang ini sudah bagus,,tetapi menurut saya masih banyak kekurangannya seperti dalam masalah pemilihan umum di indonesia masih banyak kekurangan nya seperti contohnya masih banyak warga negara yang tidak melaksanakan pemilihan umum ( golput )
    dan juga masalah hukum masih berdemokrasi...
    terimakasih.

    wassalamualaikum...

    BalasHapus
  182. septiani prasetyorini
    kpsb
    26.10.5.3.193

    asslmlkm wr wb.
    demokrasi menurt pndapat saya adalah menempatkan posisi rakyat sbg pemegang kekuasaan tertinggi.
    pelaksanaan demokrasi di indonesia menurut teori sudah bagus karena semua prosedural sudah melengkapi suatu negara demorasi, ttapi scara praktk msh belum spenuhnya demokrasi di tangan rakyat krena justru orang2 yg mengaku wakil rakyat malah justru mengkhianati rakyat.
    Demikian menurt pndapat saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
    terimakasih.
    Wasslmlkm wr wb.

    BalasHapus
  183. feri budi santoso
    26.10.5.3.035
    PBS_B

    assalamualaikum
    demokrasi adalah berasal dari demos dan kratos yg berarti kekuasaan di tangan rakyat.
    dan dari pengertian diatas sangat bersimpangan dlam prilaku pejabat2 indonesia yang semena-mena
    terhadap rakyat.
    bisa saya ambil kesimpulan bahwa sistem demokrasi di indonesia masih kurang benar dalam penjalannannya.
    kalau dari segi peraturannya negara ber demokrasi sudah benar,karna sudah memenuhi syarat seperti pemilu,setruktur

    negara,dan pendukung tegaknya demokrasi.sekian dan terimakasih
    wasalamualaikum

    BalasHapus
  184. Asti Anggraini
    26.10.5.3.014
    KPS.A

    Demokrasi bkan kata benda tetapi kata kerjayg mengandung maknaproses dinamis...

    BalasHapus
  185. nama :vivin fitrana
    nim :26.10.5.3.101
    kelas :KPS B


    mnurut saya
    demokrasi adalah suatu sistem suatu negara yang memperbolehkan rakyatnya untuk beraspirasi atau untuk berpendapat di depan umum dan kebijakan tersebut di atur dalam UUD
    Indonesia adalah negara yang menganut sistem tersebut....

    BalasHapus
  186. Danik Miyatun
    26.10.5.3.021
    KPS.B

    Demokrasi di tanah air ini blum brjalan scra maksimal karena masih bnyak di salah gunaKan

    BalasHapus
  187. Septi Nur Hayati
    26.10.5.3.092
    KPS.B

    demokrasi di indonesia perlu banyak perbaikan karena belum berjalan sesuai yang di harapkan.

    BalasHapus
  188. aziz zullah
    26.10.5.3.016
    PBS_B
    Asalamiaikum
    pendapat saya demokrasi adalah sekelompok warga negara yg berperilaku dan mencerminkan nilai2 demokratis dan nasionaldemokratis di indonesia sudah memenuhi peraturan.tapi ada juga yg belum menaati peraturan di sebabkan warga negara belum bnyak mengerti tentang demokratis.
    warga negara indonesia harus konsekkuen.
    walaikumsalam

    BalasHapus
  189. REFISI KELOMPOK 5 KPS B

    Lussy kurnia wijayanti (26.10.5.3.056)
    Lilis dwi hastuti (26.10.5.3.055)
    Muflikhatun (26.10.5.3.068)
    Ibnu sa'ban magfuri (26.10.5.3.045)
    Refi (26.10.5.3.081)


    DEMOKRASI TEORI DAN AKSI

    Demokrasi memiliki suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat.
    Hakikat demokrasi ialah peran utama rakyat dalam proses sosial dan politik.Dengan kata lain sebagai pemerintahan ditangan rakyat mengandung pengertian 3hal yaitu pemerian dan rakyat, pemerintahan oleh rakyat,pemerintah untuk rakyat.
    DEMOKRASI
    1.Pandanan dan tatahidup bangsa
    Demokrasi bukanlah kata benda, tetapi lebih merupakan kata kerja yang mengandung makna sebagai proses dinamis.
    6 norma yang dibutuhkan masyarakat demokrasi
    > kesadaram akan pluralisme
    > musyawarah
    > cara haruslah sejarah dengan tujuan
    > kejujuran dalam permufakatan
    > kebebasan nurani,persamaan hak dan kewajiban.
    >trial and error (percobaan & salah)
    2.Sejarah Demokrasi
    Demokrasi lahir dari tradisi pemikiran Yunani tentang hubungan negara & hukum antara abad 6 SM- 4 Sm.Demokrasi ini hanya kalangan tertentu.Yunani kono berakhir pada abad pertengahan.Demokrasi tumbuh kembali dieropa menjelang akhir abad pertengahan ditandai adanya gerakan pencerahan dan reformasi.
    3.Demokrasi Indonesia
    a.Periode 1945-1959 (Demoksai Palrementer)
    b.Periode 1949-1965 (Demokrasi Terpimpin)
    c.Periode 1965-1998 (Ordebaru)
    d.Periode 1998-Sekarang (pasca Ordebaru)
    4.Parameter tatanan kehidupan Demokratis
    prinsip-prinsip demokratis:
    a.persamaan
    b.kebebasan
    c.pluralisme
    5.Unsur-unsur Pandukung Tegaknya Demokrasi
    a.Negara hukum
    b.Masyarakat madani
    c.Aliansi kelompok srtategis
    6.Partai polotik dan pemilu dalam kerangka demokrasi
    a.Partai polotik
    - sistem satu partai
    - sistem dwi partai
    - sistem multi partai
    b.Pemilihan umun
    - sistem distrik (single)
    - sistem propor sional (multi)
    7.Islam dan demokrasi
    wacana islam dan demokrasi dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok pemikiran, yaitu:
    a. Islam dan demokrasi adalah 2 sistem politik yang berbeda yaitu sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem politik demokrasi seperti yang dipraktikkan negara maju.
    b.Islam berbeda dengan demokrasi apabila demokrasi didefinisikan secara prosedural seperti di pahami dan dipraktekkan di negara-negara barat.
    c.Islam adalah sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem polotik demokrasi seperti yang dipraktekkan dinegara-negara maju.

    BalasHapus
  190. NAMA:ANIK
    NIM :26.10.5.3.006
    KLAS:KPS B

    ASSALAMUALAIKUM WR WB
    DEMOKRASI YANG DITERAPKAN DIINDOSIA BELUM BISA BERJALAN DENGAN TERATUR DAN BENAR,MASIH BANYAK KENDALA YANG DIHADAPI BANGSA INDONESIA DALAM MENERAPKANN SISTEM DEMOKRASI INI.
    DALAM HAL PEMILU CONTONNYA,
    SAAT PEMILU SEDANG DILAKSANAKAN,BANYAK OKNUM YANG CURANG DALAM PELAKSANAANNYA.PARA CALON PEMIMPIN MENYUAP RAKYAT YANG AKAN MEMILIH MEREKA.

    WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB

    BalasHapus
  191. nama : Handoko
    NIM : 26.10.5.3.040
    kelas : kps B

    assalamualaikum,,

    menurut saya,,demokrasi di indonesia sudah berjalan dengan baik dan sudah memenuhi prisedur yang ada di negara indonesia
    sebagai contoh demokrasi di indonesia adalah pemilu,,karena pemilu di indonesia tidak sepenuhnya bebas memilih sesuai dengan hak asai manusia masing - masing.
    pemilu di indonesia sekarang kalau ada MONEY atau UANG pasti berjalan dengan lancar,,karena itu pemilu di indonesia belum terlaksana dengan baik,,dan belum memenuhi prosedur di indonesia...

    wassalamualaikum..

    BalasHapus
  192. Nama : Didit Iswannoto
    NIM : 26.10.5.3.026
    Kelas: KPS B

    asalamualikum.........
    menurut saya demokrasi merupakan sebuh sistem sosial politik modern yg paling baik dari sekian banyak sistem pemerintahan di dunia.demokrasi memiliki makna suatu keadaan negara di mana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat.di Indonesia demokrasi belum bejalan dengan baik sesuai idealnya suatu demokrasi karena mayoritas masyarakat Indonesia masih berpola fikir mengutamakan kebutuhan.karna itu demokrasi harus diupayakan dan di biasakan dalam kehidupan sehari hari.demokrasi pada hakikatnya tidak sebatas pelaksanaan prosedur ,melainkan juga melalui proses demokrasi yang dilakukan tanpa paksaan dan tekanan.
    sekian dan terimakasih
    wasalamualaikum.

    BalasHapus
  193. nama : Ahmad Fanani
    NIM : 26.10.5.3.001
    KLS : KPS B


    ASSALAMUALAIKUM WR WB

    Menurut saya demokrasi di indonesia ini belum berjalan secara maksimal Karena masih banyak hak-hak rakyat yang delum terpenuhi seperti banyaknya busung lapar, kemiskinan, dll. Seharusnya pemerintah ingat dan melakukan janji-janji yang telah di gembargemborkan pada saat kampanye pemilu yang katanya akan mengentaskan kemiskinan, memberantas korupsi dll. Kita butuh realitas bukan hanya janji-janji.

    WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB

    BalasHapus
  194. Nama : Amiluhur Nindiarso
    Nim : 26.10.5.3.004
    Kelas: KPS B

    assalamualaikum,,
    Dengan begitu banyaknya persoalan yang telah melanda bangsa Indonesia ini. Keberhasilan Indonesia dalam menetapkan demokrasi tentu harus dibanggaan karena banyak Negara yang sama dengan Negara Indonesia tetapi Negara tersebut tidak bisa menegakan system demokrasi dengan baik dalam artian gagal. Akibat demokrasi jika dilihat diberbagai persoalan dilapangan adalah meningkatnya angka pengangguran, bertambahnya kemacetan dijalan, semakin parahnya banjir masalah korupsi, penyelewengan dan itu adalah contoh penomena dalam suatu Negara system demokrasi, demokrasi adalah system yang buruk diantara alternative-alternatif yang lebih buruk tetapi demokrasi memberikan harapan untuk kebebasan, keadilan dan kesejahtraan oleh karena itu banyak Negara-negara yang berlomba-lomba menerapkan system demokrasi ini.

    BalasHapus
  195. NAMA : YUDHA TRI NUROHMAT
    NIM : 26.10.1.2.024
    PRODI : BKI

    ASSALAMUALLAIKUM WR.WB

    demokrasi bukan hanya dilihat dari segi pembangunan sistem demokrasi dengan diiringi upaya pembangunan ekonomi saja, melainkan juga dari upaya pembangunan sistem pemerintahannya

    SEKIAN

    BalasHapus
  196. nama: Muh anwar
    nim : 26.10.11.027
    Dakwah {KPI}

    Assalamualaikum wrwb.

    Demokrasi adalah suatu pemikiran manusia yang mempunyai kebebasan berbicara, megeluarkan pendapat. Negara Indonesia menunjukan sebuah Negara yang sukses menuju demokrasi sebagai bukti yang nyata, dalam peemilihan langsung presiden dan wakil presiden.Semua warga negar bebas berbicara, mengeluarkan pendapat, mengkritik bahkan mengawasi jalannya pemerintahan. Demokrasi memberikan kebebasan untuk mengeluarkan pendapat bahkan dalam memilih salah satu keyakinan pun dibebaskan.namun kebebasan itupun tidak sedikit masyarakat yang menyalahgunakannya, fakta membuktikan masih banyak para koruptor yang mengtasnamakan demokrasi untuk kepentingan peribadi mereka atau golongan inilah bentuk penodaan dari kesucian demokrasi di Indonesia.

    BalasHapus
  197. nama: putri wahyu layli
    nim : 26.10.5.3.078
    kelas : kps.b (jebi)

    assalamualaikum wr wb
    menurut pandangan saya demokrasi yang berjalan di Indonesia belumlah bdikatakan baik karena arti demokrasi sendiri adalah dari rakyat,untuk rakyat,olerakyat tetapi dalam prakteknya rakyat lah yang menjadi korban atas sistem demokrasi yang diterapkan selama ini di indonesia,contoh saja perekonomian yang makin memberatkan rakyat..

    wassalamualaikum wr b

    BalasHapus
  198. Nama :Mardhiyah
    NIM :26.10.3.1.114
    Kelas :1d/Tarbiyah (PAI)
    Assalamu'alaikum wr wb

    Menurut pendapat saya pemerintahan yang demokratis sangatlah baik untuk negara indonesia.Karena pada hakikatnya demokrasi itu sendiri adalah pemerintahan dari,untuk,dan oleh rakyat.Tapi pada penerapannya,untuk mewujudkan negara yang demokratis memerlukan proses yang bertahap dan kerjasama yang baik antara rakyat ,lembaga negara dan pemerintah.

    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  199. kelompok 6
    1. amiluhur nindiarso
    2. dita chaniago
    3. julia agustina
    4. putri
    5. puji widoyanti
    6. ria andryati mardiana
    BAB VI
    OTONOMI DAERAH DALAM KERANGKA NKRI

    Hakekat Otonomi Daerah
    Otonomi daerah berarti kemandirian suatu daerah dalam pembuatan dan pengambilan keputusan mengenai kepentingan daerahnya masing-masing.
    Desentralisasi berhubungan dengan masalah pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.
    Ada beberapa alasan indonesia membutuhkan desentralisasi antara lain:
    1) kehidupan berbangsa dan bernegara selam ini sangat terpusat di Jakarta, sementara wilayah alin dilalaikan
    2) pembagian kekayaan tidak adil dan merata
    3) kesenjangan sosial antara satu daerah dengan daerah lain yang sangat mencolok.
    Berbagai fungsi pemilihan desentralisasi-otonomi daerah antara lain:
    1) untuk terciptanya efesiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan
    2) sebagai sarana pendidikan politik
    3) pemerintahan daerah sebagai persiapan untuk karir politik lanjutan
    4) stabilitas politik
    5) kesetaraan politik (political equality)
    6) akuntabilitas publik.

    Visi Otonomi Daerah
    Visi Otonomi Daerah dapat dirumuskan dalam tiga ruang lingkup yang saling nerkaitan yaitu politik, ekonomi, sosial dan budaya.
    Visi Otonomi Daerah di bidang politik adalah sebuah proses untuk membuka ruang bagi lahirnya kepala pemerintah daerah yang dipilih secara demokratis, memungkinnya berlangsungnya penyelenggaraan pemerintah yang responsif terhadap masyarakat, dan memelihara mekanisme pengambilan keputusan yang berdasarkan asaa yang bertanggung jawab.
    Visi Otonomi Daerah dibidang ekonomi berarti memungkinkan lahirnya prakarsa pemerintah daerah yang menawarkan fasilitas investasi, memudahkan perizinan usaha, dan membangun berbagai infrastruktur yang menunjang pertumbuhan ekonomi daerah
    Visi Otonomi Daerah dalam bidang sosial dan budaya memelihara dan mengembangkan nilai, tradisi, karya seni, bahasa dan karya sastra lokal yang dipandang kondusif dalam mendorong masyarakat untuk merespon dinamika disekitarnya dan kehidupan global.
    Bentuk dan tujuan desentralisasi dalam konteks otonomi daerah.
    Rondinelli membagi desentralisasi ke dalam empat bentuk yaitu:
    1) dekosentrasi
    2) delegasi
    3) devolusi
    4) privatisasi dan tugas pembantuan

    BalasHapus
  200. RETNO ROYANI
    26.10.5.3.082
    KPS B
    Program otonomi daerah yang digalakkan pemerintah pusat dengan memberi kewenangan kepada pemerintah daerah ini cukup bagus dan membangun. Karena melalui program ini pemerintah daerah benar-benar berfungsi sebagai kepala pemerintah daerah untuk bertangung jawab mengatur,menjaga dan mengembangkan daerah yang dipimpinnya itu. Melalui program ini juga masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam berbagai bidang seperti politik dan ekonomi, yang pada akhirnya akan membawa pada terbentuknya masyarakat yang maju,tertib dan mandiri.
    tetapi menurut pengamatan saya otonomi daerah yang berjalan di Indonesia belum maksimal pemerintah pusat masing sering ikut campur. Maka perlu diadakan kajian secara detail mengenai apa itu otonomi daerah dan hakikat dari otonomi itu sendiri.

    BalasHapus